√ Bingung Dengan Ide Menulis Blog? Cobalah Buat Artikel Berita Dengan Cara Berikut Ini

√ Bingung Dengan Ide Menulis Blog? Cobalah Buat Artikel Berita Dengan Cara Berikut Ini


Cara Mencari Ide Menulis Blog Melalui Berita Online

Mengelola blog tidak semudah yang dibayangkan, karena setiap hari kita dituntut untuk membuat artikel blog dan mempublikasikannya. Selain itu terkadang ada rasa malas untuk membuat artikel akan tetapi semua halangan itu harus kita lawan agar blog kita terus berkembang dan menjadi blog nomor satu di Indonesia.

Mengupdate blog untuk seorang blogger memang sudah menjadi kewajiban dan kebiasaan yang harus dilakukan setiap hari. Namun sayangnya, ternyata tidak semua blogger bisa memposting kegiatan atau mengupdate blog ini secara rutin.

Ada banyak alasan dan motif yang memungkinkan hal ini terjadi. Salah satunya adalah kurangnya ide menulis artikel blog. Ide menulis memang sesuatu yang penting bagi seorang blogger untuk mengupdate blognya secara rutin. Bagaimana jika sebagai blogger kita kehabisan ide konten blog? Apakah ada cara untuk menyelesaikannya? Ya, tentu saja ada caranya.

Ketika blogger memiliki kebutuhan mengenai ide konten blog, Anda dapat menggunakan artikel berita untuk memperbarui blog Anda. Mengapa artikel berita? Karena berita ini akan terus muncul setiap hari dan Anda tidak akan pernah kehabisan ide dalam artikel ini. Jadi, bagaimana cara Anda memiliki artikel berita, menulis dan memperbarui blog Anda dengan artikel berita terbaru ini? Ini adalah ulasannya.

Baca juga : Apakah Cara Membuat Blog Anda Sudah Efisien? Coba Cek 5 Hal Ini

1. Nonton Berita di Televisi (TV)

Langkah pertama untuk membuat artikel berita adalah dengan sering-sering menonton berita di televisi. Saat ini, banyak penyiar berita untuk terus menyiarkan informasi berita tentang kejadian-kejadian terbaru. Jadi Anda tidak perlu bingung untuk mencarinya.

Dari informasi yang disiarkan oleh saluran tv ini, Anda dapat mengambil ide-ide yang relevan dengan pasar blog Anda, kemudian menuliskannya dan mempostingnya di blog Anda. Bagaimana jika kita tidak menemukan berita yang sesuai dengan niche blog kita? Jangan kecewa, Anda dapat mencari saluran atau penyiar lain atau Anda dapat melompat dengan cara berikutnya.

Televisi banyak menyiarkan berita terkini mulai dari berita bola, berita hari ini, berita selebritis, berita politik, berita kriminal, dan lainnya. Berita tersebut bisa menjadi pilihan dalam membuat artikel blog. Niche blog yang sesuai dengan berita tersebut harus sesuai dan bisa menambahkan ide menulis, ide menulis bisa Anda dapatkan dari media TV. Banyak media televisi menyiarkan berita seperti RCTI, SCTV, Trans 7, Trans TV, Indosiar, dan lainnya. 

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

2. Kunjungi Berita Online Terkini

Jika Anda tidak dapat menemukan berita yang sesuai dengan niche blog Anda di TV, Anda dapat mencarinya di tempat lain dengan mengunjungi portal berita di website online. Ada banyak portal berita media online saat ini. Bahkan beberapa saluran TV kini memiliki portal di media virtual ini.

Dari sana, Anda dapat mencari konten berita yang sesuai dengan niche blog Anda. Secara umum, konten berita ditampilkan di website berita online terkini lebih banyak daripada konten yang ditampilkan di TV. Oleh karena itu, kemungkinan Anda mendapatkan berita yang Anda inginkan akan lebih luas dari berita online.

Untuk mendapatkan ide konten blog Anda hanya perlu mencarinya di Google dengan mengetikkan keyword berita online hari ini, Anda bisa menemukan banyak ide berita online yang sesuai dengan niche blog Anda. Hal yang terpenting adalah sering-sering mencari berita online untuk menambah ide menulis konten blog.

Contohnya seorang blogger yang mempunyai blog dengan niche blog bola, ketika Anda bingung soal ide konten blog. Anda tinggal mencari berita bola di Google kemudian pada portal berita sepakbola tersebut terdapat banyak bahkan ribuan berita bola terkini yang bisa dijadikan ide dalam menulis konten blog. Jadi, Anda tidak perlu khawatir soal ide konten blog karena ketika kita menggunakan niche blog berita bola tentunya banyak portal berita online yang bisa dikunjungi untuk dijadikan referensi blog Anda.

Baca juga : Niche Blog Terbaik yang Diminati oleh Blogger Perempuan

3. Cari Trending Topik di Media Sosial 

Saat ini sosial media sangat aktif dan berkembang pesat. Peningkatan jumlah pengguna tahun ini benar-benar dapat membantu Anda menemukan solusi untuk ide blog Anda. Media sosial saat ini  tidak hanya digunakan oleh pengguna sebagai tempat untuk curhat, tetapi banyak pengguna internet juga berbagi informasi yang dibahas secara luas, bahkan banyak orang mengggunakan media sosial sebagai promosi untuk menjual produk-produk yang mereka tawarkan. 

Banyak informasi berita online terkini yang ramai dibahas oleh netizen, sehingga kita bisa mencari ide konten blog yang sesuai dengan niche blog. Berita online sampai kapanpun akan selalu update karena untuk mendapatkan banyak pengunjung blog harus rajin update berita online terkini. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketika kita bingung menulis blog, kita hanya perlu mencari berita terkini untuk dijadikan referensi dalam menulis blog.

Berita online selalu muncul trending topic yaitu yang ramai diperbincangkan di media sosial. Beberapa trending topik yang muncul di media sosial biasanya adalah berita media massa. Jadi dari sana, Anda bisa menemukan ide-ide yang bisa Anda lakukan untuk dibuatkan artikel pada blog Anda.

Portal berita online atau berita terkini saat ini menjadi media massa yang up to date dalam memberikan informasi-informasi terkini, sehingga memudahkan kita dalam mencari artikel blog untuk menambahkan ide-ide dalam menulis artikel.

Baca juga : Travel Blogger Profesional Sering Menggunakan 4 Media Sosial Ini

4. Blogwalking di Niche Blog Berita Terkini

Dengan berkembangnya dunia blogging yang semakin pesat, kini Anda bisa mendapatkan ide untuk menulis artikel dari blog. Sekarang  sudah banyak blog yang memiliki niche blog berita terkini. Jadi Anda bisa mendapatkannya dari media online ini. Bagaimana cara mendapatkan blog niche berita ini? Anda dapat mencarinya dari mesin pencari atau dengan blogwalking (berkunjung dari blog ke blog lain).

Blogwalking bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan berita terkini sebagai ide menulis artikel blog, dengan atkivitas tersebut kita bisa mencari berita terkini yang berkaitan dengan blog kita, misalnya berita hari ini tentang pendidikan. Jika, berita pendidikan sesuai dengan niche blog Anda, maka blog tersebut bisa menjadi acuan untuk menambah ide dalam menulis artikel blog.

Saat ini banyak berita online yang memberikan berita hari ini, sepeti tribunnews.com, detik.com, kapanlagi.com, cnbc.com, dan berita online lainnya. Anda tinggal mencari pada portal berita online tersebut, berita terbaru mana yang berhubungan dengan niche blog Anda. Karena niche blog menjadi patokan agar ide konten blog sesuai dengan apa yang dibahas dalam blog yang Anda buat. Sekedar saran buatlah niche blog berita agar lebih mudah dalam memperbarui artikel blog setiap harinya.

Baca juga : Cara Meningkatkan Konsentrasi Menulis Seorang Blogger

5. Mencari Informasi Berita Terkini di Luar Rumah

Terakhir, cara menemukan ide menulis blog adalah dengan keluar rumah dan meneliti berita secara mandiri sebagai jurnalis atau reporter. Jika Anda seorang pengambil risiko atau suka melaporkan, Anda dapat menggunakan metode ini.

Dengan cara ini, Anda akan bisa mendapatkan banyak ide untuk menulis artikel blog yang Anda inginkan dan sesuai dengan niche blog Anda. Selain kemampuan memiliki berbagai ide, dengan menulis artikel langsung di lapangan Anda bisa mendapatkan keuntungan lain, yaitu orisinalitas dan objektivitas data yang diperoleh.

Dengan menggunakan langkah ini sepertinya harus memilki keahlian di bidang jurnalis atau reporter, dan Anda harus bekerja keras untuk mendapatkan informasi akurat dan terpercaya. Tentunya hal ini membuat kita menjadi lebih sibuk karena harus keluar rumah untuk mendapatkan berita hari ini yang sedang viral, kemudian mengumpulkan informasi-informasi tersebut dan dijadikan sebagai ide-ide dalam menulis konten blog. Jika kegiatan ini membuat Anda lebih semangat dalam membuat artikel blog, tidak ada salahnya untuk dicoba sebagai pengalaman dalam mencari ide menulis.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

Demikianlah cara mencari ide menulis blog, mulai dari berita online hari ini, berita terkini, portal berita online, blogwalking, media sosial, dan mencari berita terkini di luar rumah. Apapun yang metode yang Anda pilih itu tergantung dari diri masing-masing, dimana kenyamanan dalam mencari ide menulis konten blog adalah hal yang utama untuk dijadikan alasan. Hal yang terpenting adalah untuk mencari ide menulis artikel blog kita harus rajin dalam membaca berita online agar kosa kata maupun ide bertambah dalam menulis artikel.

Share

0 Response to "√ Bingung Dengan Ide Menulis Blog? Cobalah Buat Artikel Berita Dengan Cara Berikut Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel