√ 5 Kegiatan Blogwalking yang Seharusnya Dilakukan Blogger Profesional

Blog walking adalah

Blogwalking Adalah

Blogwalking adalah istilah dalam dunia blogging yang sering kita dengar. Bagi seorang blogger pastinya istilah blogwalking sudah tidak asing lagi, namun sangat disayangkan terkadang beberapa blogger tidak memahami blogwalking yang semestinya. Blogwalking merupakan promosi dengan cara sederhana seperti mengunjungi blog orang lain kemudian membaca artikel secara menyeluruh, setelah membaca kemudian memberikan komentar sesuai dengan artikel yang dibaca sebelumnya. Aktivitas blogwalking atau kegiatan berkunjung ke blog orang lain tentunya harus kita gunakan sebaik mungkin untuk menambah branding pada blog sekaligus memperluas jaringan blog kita.

Artinya kegiatan blogwalking yang dilakukan bukan hanya sekedar mengunjungi blog orang lain, akan tetapi harus ada value dari blogwalking tersebut. 

Akitivitas blogwalking memberikan keuntungan timbal balik (simbiosis mutualisme) antara pengunjung blog dan pemilik blog/website. Dan harus keduanya saling menguntungkan tidak boleh sepihak. Tentunya pengunjung blog yang harus diutamakan dan mendapatkan manfaat dari aktivitas blogwalking yang dilakukan.

Lantas, Bagaimana caranya mendapatkan atau memperoleh manfaat blogwalking dari blog lain? Sebenarnya blogwalking mempunyai banyak manfaat jika kita mampu memaksimalkannya. Beberapa cara dan tehnik perlu anda pahami sebelum melakukan kegiatan blogwalking agar kegiatan tersebut tidak sia-sia.

Baca juga : 5 Hal Positif yang Harus Dilakukan Seorang Blogger

1. Baca Artikelnya Sebelum Memberikan Komentar

Contoh blogwalking yang kurang baik adalah berkomentar tanpa membaca terlebih dahulu artikelnya. Terkadang kesalahan para blogger pada saat mengunjungi blog orang lain adalah tidak membaca keseluruhan artikelnya. Tentunya ini adalah sebuah kesalahan karena pada saat memberikan komentar bakal tidak nyambung dengan artikel yang mereka psoting. Komentar yang tidak nyambung akan membuat reputasi kita terus menurun, baik itu untuk pemilik blog maupun yang memberikan komentar, tentunya hal ini harus dikoreksi dalam diri seorang blogger professional.

Pastikan saat akan berkomentar di blog yang dikunjungi, biasakan dulu membaca artikelnya sampai keseluruhan dan sampai tuntas. Membaca saja belum tentu paham, apalagi tidak dibaca sama sekali. Sarannya jika dari awal Kita tidak berminat dengan topik yang ada pada blog tersebut lebih baik ditinggalkan blognya dan tidak perlu memberikan komentar, dari pada pada saat memberikan komentar salah dan membuat reputasi kita buruk.

Baca juga : Istilah-Istilah Penting dalam Blogging

2. Jangan Memberikan Komentar Sembarangan 

Setelah artikel seluruhnya sudah dibaca selanjutnya memberikan komentar pada kolom blog yang disediakan. Berkomentar dalam blog adalah sesuatu yang wajib dilakukan dan tidak bisa dibantah. Berkunjung ke blog orang lain tapi tidak memberikan komentar sama saja seperti browsing biasa. Jika tidak berkomentar pada blog orang lain maka itu bukan kegiatan blogwalking. Berkomentar adalah hal yang sangat penting dalam blogwalking dan saling keterkaitan. Namun, berkomentar tidak sembarangan. Komentar yang kita buat harus bisa membuat nama dan blog milik kita mendapatkan reputasi yang baik, inilah yang masuk dalam tehnik memperluas personal branding.

Terus bagaimana cara membuat komentar agar meningkatkan personal branding blog? Pastinya komentar yang dibaut harus baik, sopan, memiliki value tambahan terkait dengan artikel yang dibaca, dan yang paling penting adalah komentar harus menarik. Kenapa harus menarik? Karena komentar yang menarik bisa memberikan pengaruh positif untuk orang lain sehingga orang lain tertarik untuk mengunjungi blog kita dan membuat jaringan silaturahmi antar sesame blogger.

Baca Juga : Panduan dan Tips Belajar Membuat Blog Untuk Pemula

3. Promosikan Blog Kita

Saat memberikan komentar hal terpenting yang perlu dilakukan adalah meninggalkan jejak blog milik kita. Tidak perlu gengsi dan minder dalam hal ini, Karena pada saat meninggalkan link blog kita di blog yang kita kunjungi, maka hal ini sudah tahap saling berkenalan diri antar sesame blogger dan termasuk backlink. Tetapi sebaiknya jangan memasukkan URL blog di dalam komentar, tapi tambahkan URL Blog Anda dalam kolom URL yang sudah disediakan.

4. Sesama Blogger Saling Follow

Kegiatan Blogwalking seringkali menjadi hambatan untuk bersilaturahmi dalam periode yang lama adalah keengganan sesama blogger untuk saling mengikuti (follow). Hal ini bisa dibilang kurang baik bagi para blogger.

Agar blogwalking dan tahap perkenalan ini bisa berlanjut dan terus-menerus, aktivitas blogwalking harusnya dilakukan oleh kedua belah pihak. Seorang blogger harus mempunyai intuisi untuk saling follow baik itu dalam sosial media maupun blog, bukan menunggu difollow dulu baru mau follow balik (follow back).

Baca juga : Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

5. Mendapatkan Ilmunya

Inti poin dari kegiatan blogwalking yang kita lakukan adalah mengunjungi blog orang lain kemudian membaca artikelnya secara keseluruhan dan memberikan komentar yang terkait dengan artikelnya. Pada saat kita berkunjung ke blog orang lain tentunya kita membaca artikel blog orang lain dan artikel tersebut pastinya mengandung ilmu dan wawasan, Maka pelajarilah artikel tersebut dan bacalah sampai tuntas sehingga kita mendapatkan ilmunya.

Dalam dunia ini banyak hal yang belum kita kuasai karena sejatinya pengetahuan itu luas, bahkan banyak pepatah mengatakan ”carilah ilmu sampai ke negeri china” pepatah tersebut menandakan bahwa ilmu dan wawasan itu sangat luas sehingga belajar itu tak terbatas, bahkan dimanapun dan kapanpun kita bisa mendapatkan ilmu termasuk kegiatan blogwalking yang dilakukan.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

Tentunya saat melakukan kegiatan blogwalking, kita harus mendapatkan apa yang kita cari misalnya sesuatu (pengetahuan) dari blog yang sedang kita kunjungi. Jangan sembarang dalam melakukan aktivitas blogwalking  tanpa mendapatkan ilmunya. Maka carilah blog dan tulisan yang dituju memiliki value dan memberikan ilmu lebih bagi kita sebagai visitor blog. Itulah pembahasan sederhana mengenai blogwalking, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda dan bisa menjadi solusi dalah mencari kunci dari apa yang anda cari, dan salam blogger.

Share

0 Response to " √ 5 Kegiatan Blogwalking yang Seharusnya Dilakukan Blogger Profesional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel