√ 5 Keuntungan Menjadi Seorang Blogger di Era Modern Komunikasi Digital

Keuntungan Jadi Blogger


Keuntungan Jadi Blogger

Di era kebebasan berkomunikasi dan berpendapat saat ini, banyak sekali bermunculan media massa, baik itu media cetak, media elektronik, maupun media online. Dan dengan situasi dan perkembangan politik di negeri ini, khususnya pada tahun 2019, media massa berperan ditengah masyarakat untuk mengarahkan opini publik kepada saat pemilu.

Pada akhirnya beberapa media massa tertentu dengan orientasi politik yang dimiliki oleh pemiliknya seolah-olah menganut prinsip jurnalistik yang berpihak pada salah satu orientasi politi. Berita yang mendukung politik tertentu kini menjadi tantangan bagi media massa untuk saling bersaing dalam memberikan dukungan kepada politik tertentu.

Selain berkurangnya kepercayaan publik terhadap media massa akibat pemberitaan yang tidak objektif, partisipasi sebelah pihak dalam jurnalisme juga mengalami kemunduran bagi jurnalisme itu sendiri. Blog sebagai salah satu media online yang dikelola oleh individu juga muncul di era komunikasi yang bergejolak saat ini.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

1. Menjadi Sumber Informasi yang Objektif

Seperti yang sudah diulas sebelumnya fakta bahwa jurnalisme saat ini berpihak pada label politik tertentu jelas membuat masyarakat mencari sumber yang lebih objektif. Bahkan banyak masyarakat yang beralih ke media blog yang dapat memenuhi kebutuhannya, yaitu berita yang objektif. Ini adalah kesempatan besar bagi para blogger.

Jika blogger bisa memanfaatkan keadaan tersebut, bukan tidak mungkin masyarakat akan beralih ke blog Anda. Asalkan, tentu saja, Anda memberikan informasi yang objektif (berdasarkan fakta). Anda tidak boleh membuat blog tentang mendukung arah politik tertentu. Jika bisa melakukannya, bukan tidak mungkin para blogger dan blogger lainnya akan sukses dan menjadi pesaing media berita lainnya.

Baca juga : Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

2. Mudah Dikenal

Di era komunikasi digital saat ini, menjadi seorang blogger memiliki keuntungan tersendiri jika Anda tahu caranya. Bagi para blogger yang ingin eksis dan ingin cepat dikenal (personal branding) melalui karya atau tulisan-tulisan. Seorang blogger dapat melakukaknnya dengan mengoptimalkan kinerja blognya.

Maksud saya, selain aktif mempublikasikan karya terbaik Anda di blog Anda, Anda juga harus aktif memamerkan postingan Anda ke media lain, seperti media sosial dan optimasi SEO. Jika Anda bisa memainkan ini dengan baik, Anda akan segera eksis dan dikenal banyak orang, dan itu bukan tidak mungkin. Sangat menarik kan.

Baca Juga : Panduan dan Tips Belajar Membuat Blog Untuk Pemula

3. Menjadi Portofolio Online

Blog dengan segala keunikan dan konten yang bermanfaat jelas menjadi keuntungan dan manfaat bagi para blogger. Apalagi jika seorang blogger aktif mempublikasikan karya terbaiknya. Postingan blog Anda adalah portofolio online yang dapat dilihat oleh orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda.

Tapi tidak ada gunanya jika Anda hanya diam setelah memposting karya Anda di blog Anda. Blogger juga harus aktif mempresentasikan karyanya - misalnya melalui media sosial, jika ingin dilihat orang atau perusahaan, maka perusahaan akan merekrut Anda menjadi penulis sebagai tim penulis atau tim pemasaran online perusahaan tersebut.

Baca juga : Istilah-Istilah Penting dalam Blogging

4. Lebih Banyak Teman

Banyak media yang bisa dimanfaatkan bukan hanya media sosial yang memungkinkan Anda mendapatkan banyak teman. Blogging sebagai media online yang saling berhubungan juga memungkinkan para blogger memiliki banyak teman. Dengan banyaknya blog yang bermunculan setiap hari, Anda dapat membuat blog atau saling mengunjungi blog untuk mendapatkan relasi teman baru.

Di era komunikasi digital yang sangat cepat saat ini, Anda dapat memperluas jaringan blogging Anda dengan bergabung dengan beberapa komunitas blog atau komunitas penulis seperti forum-forum. Dengan bergabung dengan komunitas ini, blogger memiliki peluang besar untuk menambah jumlah relasi teman sebanyak mungkin.

Baca juga : 5 Hal Positif yang Harus Dilakukan Seorang Blogger

5. Menjadi Wadah Kreatifitas

Seberapa kreatif Anda? Anda bisa melihatnya di blog yang sedang Anda bangun. Kreativitas di zaman sekarang ini seperti hal yang menyenangkan dan menarik. Industri kreatif tanah air yang berkembang seharusnya mendorong para blogger untuk mengembangkan karya mereka di blog.

Hal ini menjadi tantangan dan keuntungan bagi seorang blogger untuk lebih berkreasi dan lebih produktif. Jika blogger bisa melakukan ini, bukan tidak mungkin output kreatif mereka di blog, baik berupa teks, gambar, video, dan lain-lain, dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan orang lain.

Baca Juga : 5 Kegiatan Blogwalking yang Seharusnya Dilakukan Blogger Profesional

Demikianlah kelebihan dan kekurangan menjadi blogger terutama blogger di Indonesia, semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Share

0 Response to "√ 5 Keuntungan Menjadi Seorang Blogger di Era Modern Komunikasi Digital"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel