√ 5 Hal Positif yang Harus Dilakukan Seorang Blogger, Bukan Hanya Sekedar Ngeblog

5 Hal Positif yang Harus Dilakukan Seorang Blogger, Bukan Hanya Sekedar Ngeblog


Blogging atau lebih dikenal ngeblog adalah kegiatan mengelola blog (situs web) dan dapat berupa berbagai kegiatan seperti memperbarui postingan blog, mempercantik blog dengan mengubah dan mengedit template blog, memoderasi komentar pengunjung. Bagi seorang blogger sejati, blogging adalah rutinitas yang sangat menyenangkan. Tetapi bagi yang lain, mereka mungkin hanya melakukan sebagian dari banyak aktivitas blogging.

Dalam proses perkembangannya, blogging memang telah menjadi aktivitas yang terus berkembang, didorong oleh banyak hal, seperti teknologi dan internet yang grafiknya terus naik. Namun, di antara sekian banyak blogger yang bermunculan bak jamur, banyak yang tidak menyadari bahwa dunia blogging sedang mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Jadi apa yang terjadi di dunia blogging yang lebih luas selain kegiatan ngeblog itu sendiri? Dibawah ini ulasannya.

Baca juga : Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog Dengan Cepat

1. Blogwalking

Selain aktivitas ngeblog, aktivitas pertama yang bisa dicoba seorang blogger adalah Blogwalking. Sebenarnya apa itu blogwalking? Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog orang lain untuk membangun keakraban dengan cara membaca artikelnya, mengomentari, dan/atau mengikuti blog orang lain. Semakin banyak blog bermunculan setiap hari, membuat aktivitas blog walking semakin seru dan menyenangkan. Bahkan jika kita terlalu sibuk, blogwalking bisa membuat kita lupa waktu padahal kita juga harus merawat blog kita. Jadi kegiatan blogwalking itu baik yang terpenting bisa membagi waktunya antara blogwalking dan merawat blog kita sendiri.

Jadi, bagaimana blogwalking itu sendiri bermanfaat bagi blog kita? Tentu saja, ada banyak manfaat kegiatan blowalking yang bisa kita ambil. Selain untuk berkenalan dengan blogger lain, blogwalking juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan personal branding (kegiatan untuk eksis dan memperkenalkan blog dan nama sendiri). 

Manfaat lainnya, blogwalking berguna untuk meningkatkan lalu lintas (traffic) ke blog kita sendiri. Hal ini karena jika kita sudah mengenal blogger lain, pasti mereka juga akan mengunjungi blog kita yang artinya trafik blog kita akan meningkat.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

2. Bergabunglah Dengan Komunitas Blogger

Pertumbuhan dunia blogging saat ini diiringi dengan pertumbuhan komunitas blogging yang semakin berkembang di mana-mana. Bahkan, komunitas ini ada dan bisa ditemukan hampir di setiap daerah. Komunitas blogger dengan identitas sendiri ini lebih menarik karena sering mengadakan kopdar atau pertemuan antar anggota.

Kegiatan dan agenda acara kopdar tersebut bisa bermacam-macam, dari acara formal yang mengundang penulis terkenal dan berkisar pada blog yang membahas dunia dan tulisan, hingga yang sekedar bertemu, berkenalan, dan makan. Berbagai prosedur juga telah ditemukan dalam hal pendaftaran anggota blogger, Dalam proses pendaftaran anggota komunitas blogger, prosedurnya pun bermacam-macam, ada yang hanya perlu mengisi nama dan blog sendiri, dan ada juga yang harus menunggu konfirmasi administrator selama 1x24 jam sebelum verifikasi.

Dalam dunia blogging yang terus berkembang, komunitas blogger kini menjadi fenomena tersendiri. Dengan menggunakan nama-nama tertentu, mereka berusaha untuk lebih hadir dan profesional di komunitas lain. Dengan bergabung dalam komunitas blogger, Anda dapat menambah teman, menulis pemikiran dan pengetahuan tentang dunia menulis dan blogging, asalkan Anda adalah bagian dari komunitas blogging yang serius dan tidak biasa-biasa aja.

Memang saat ini ada juga beberapa komunitas yang tidak serius dan sembarangan, jadi Anda perlu berhati-hati dalam memilih komunitas blog untuk tempat silaturahmi dan belajar.

Baca juga : Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

3. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Hal positif lainnya menjadi seorang blogger adalah tetap up-to-date dengan perkembangan teknologi suka atau tidak, blogger harus selalu siap untuk mengikuti perkembangan teknologi. Karena membangkitkan rasa ingin tahu adalah nafas seorang blogger selain berbagi konten. Seperti selalu ingin tahu tentang perkembangan teknologi terkini, jika bukan demi blog sendiri, maka rasa penasaran untuk update perkembangan teknologi harus terus diasah terutama dalam informasi terbaru dalam dunia blog, setidaknya tidak ketinggalan dengan perkembangan teknologi yang ada.

Baca Juga : Panduan dan Tips Belajar Membuat Blog Untuk Pemula

4. Meningkatkan Kemampuan Marketing

Asah keterampilan pemasaran Anda, tanpa disadari, ketika Anda menjadi seorang blogger dengan keterampilan menulis, Anda akan mengundang pengunjung blog untuk berinteraksi melalui artikel yang disajikan. Setelah interaksi terjadi (minimal dengan mengunjungi blog), produk yang ditawarkan melalui artikel/postingan lebih mudah masuk ke dalam pikiran pembaca. Tidak mudah bagi pembaca untuk membeli atau menyukai produk dalam satu postingan atau dalam sekali baca, setidaknya pembaca dididik tentang produk yang ditawarkan dan mempertimbangkan saat memutuskan beli atau tidak. Hal ini termasuk dalam teknik soft selling dalam pemasaran.

Baca juga : Istilah-Istilah Penting dalam Blogging

5. Coba Ikut Lomba Menulis

Secara umum blogger aktif adalah mereka yang suka menulis, jadi jika Anda salah satu blogger yang aktif, Anda harus tahu bahwa sekarang banyak kontes menulis yang diadakan oleh beberapa penyelenggara adalah hal yang baik dan bermanfaat bagi Anda untuk mencoba mengikuti kontes menulis. Siapa tahu kamu jadi pemenang utama dan juara satu.

Baca Juga : Pentingnya Update Postingan Blog Untuk Peringkat Google & Alexa 

Tentunya hal yang menyenangkan dilakukan dengan berbagai hadiah dan sertifikat bagi para pemenangnya, selain blogging yang juga Anda sukai. Jadi jika kamu tertarik, kamu bisa mulai mencari informasi tentang lomba menulis artikel melalui search engine atau #sosial media. Setelah Anda menemukan informasi yang cocok, ikuti semua prosedur yang diperlukan, mulailah menulis, dan tunggu hasilnya. Selamat mencoba semoga menjadi penulis yang baik dan bermanfaat bagi semua orang.

Share

0 Response to " √ 5 Hal Positif yang Harus Dilakukan Seorang Blogger, Bukan Hanya Sekedar Ngeblog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel