√ Langkah Sederhana Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog Dengan Cepat

Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog Dengan Cepat


Traffic sangat penting bagi seorang blogger atau bisnis online karena semua blogger atau internet marketer ingin websitenya terkenal dan bisnis yang menguntungkan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung website kita. Anda dapat melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web secara gratis, tetapi ada beberapa sumber lalu lintas yang memang membutuhkan dana. Strategi mana yang terbaik untuk blog/situs web Anda?

Pada artikel kali ini, saya akan mencoba menjelaskan beberapa cara untuk meningkatkan potensi trafik ke website kita, baik yang gratis maupun yang berbayar. Meskipun ada banyak cara yang bisa kita lakukan, tidak semuanya cocok dengan jenis blog/website yang kita miliki. Kita harus memilih sumber lalu lintas kita dengan bijak untuk memaksimalkan hasilnya.

Baca juga : Langkah Sederhana Untuk Memaksimalkan SEO Sebuah Website

Meningkatkan Trafik Blog/Situs Web Secara Gratis

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, siapapun bisa mendapatkan lalu lintas ke situs web atau blog bisnis kita secara gratis. Namun butuh usaha terus menerus dan melakukannya dengan cara yang benar agar traffic yang kita dapatkan sesuai dengan yang kita targetkan. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan traffic pengunjung blog/website Anda secara gratis:

1.  Blog Walking

Browsing blog atau biasa disebut blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog/situs orang lain yang masih berhubungan dengan blog kita dan kemudian meninggalkan komentar di blog/situs tersebut. Ada banyak blogger yang menawarkan kolom untuk meninggalkan URL situs web untuk orang-orang yang berkomentar di situs mereka, dan itulah yang harus kita manfaatkan.

Anda tidak boleh meninggalkan komentar SPAM di blog orang lain karena hanya akan memberikan citra buruk sebagai blogger atau internet marketer.

Biasakan membaca artikel yang sudah ditulis sebelum memposting komentar agar Anda tahu cara memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel.

Dengan memberikan komentar yang baik dan meninggalkan URL blog kita pada kolom yang disediakan, Anda akan mendapatkan backlink ke website Anda. Selain itu, pengunjung lain ke blog Anda lebih cenderung mengunjungi situs Anda ketika mereka melihat komentar Anda. Kita bisa mendapatkan trafik yang cukup sedikit dari blog walk ini, namun butuh usaha ekstra untuk berkomentar di blog lain terlebih dahulu.

Baca juga : Kenapa Bisnis Anda Harus Memiliki Sebuah Website atau Blog Bisnis?

2. Menggunakan Situs Social Bookmarking

Situs social bookmarking ini awalnya dibuat untuk membantu para netizen dalam menyimpan alamat website favoritnya sehingga nantinya akan lebih mudah untuk membuka website tersebut. Dalam perkembangannya, situs social bookmarking sering digunakan untuk optimasi SEO sekaligus untuk mendulang trafik.

Nah, disini saya menulis tentang direct traffic dari social bookmarking, bukan dampaknya terhadap SEO website.

Kita dapat menyimpan URL blog/situs web kita atau URL posting blog ke situs bookmark sosial dengan harapan pengguna lain akan tertarik dengan URL yang kita kirimkan dan mengunjungi situs kita melalui media social bookmarking. Juga, social bookmarking sering mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari juga. Jadi, saya pikir potensi lalu lintas dari social bookmarking sangat besar dan harus dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan trafik blog kita.

3. Menggunakan Situs Social Media

Banyak orang mengatakan bahwa ini adalah zaman media sosial, dan itu benar. Di Indonesia sendiri telah terjadi peningkatan pertumbuhan pengguna media sosial yang sangat signifikan. Selain itu, perkembangan smartphone di Indonesia sangat pesat. Sebagian besar pengguna smartphone pasti memiliki akun di situs media sosial, Setidaknya salah satu situs media sosial. Nah, itu adalah potensi trafik yang sangat besar bagi kita pemilik blog/website.

Bisnis yang populer di media sosial tidak akan kesulitan mendapatkan perhatian pengguna media sosial lainnya. Inilah sebabnya mengapa banyak bisnis menghasilkan lebih banyak keuntungan setelah mengoptimalkan media sosial untuk bisnis mereka. Beberapa media sosial yang sering digunakan untuk mendapatkan traffic antara lain Instagram, Facebook, Twitter,  YouTube, LinkedIn, dan Pinterest. Sebenarnya ada beberapa media sosial yang bisa digunakan, namun menurut pengalaman saya, 6 situs yang saya sebutkan adalah yang paling populer.

Baca Juga : Pentingnya Update Postingan Blog Untuk Peringkat Google & Alexa 

4. Menggunakan Situs Forum

Internet marketer sering menggunakan situs forum sebagai media untuk mendapatkan traffic ke blog/website bisnis mereka.

Ada beberapa situs forum yang mengizinkan tautan di thread mereka atau signature ketika sudah menjadi member mereka. Tentu saja, ini harus digunakan sebaik-baiknya dalam upaya meningkatkan trafik website.

Satu hal yang perlu kita perhatikan adalah  menjaga nama baik kita di forum, membaca aturan forum  sebelum mengambil tindakan lain. Jangan membuat thread yang tidak berguna atau dapat merusak reputasi Anda. Dapatkan yang terbaik dari fitur penautan tanda tangan forum, manfaatkan fitur penautan thread forum dengan benar. Terkadang beberapa forum tidak mengizinkan link dalam topik, jadi jangan melanggar aturan ini.

Berikut ini ada beberapa forum yang saya rekomendasikan untuk mendapatkan traffic dan backlinks adalah forum.detik.com, kaskus.co.id, pengusaha.co, bersosial.com, forum.kompas.com,  dan lain-lain. Masih  banyak forum yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan referral trafik, tetapi saya sarankan untuk fokus pada beberapa yang paling potensial untuk bisnis Anda.

Baca juga : Istilah-Istilah Penting dalam Blogging

5. Menjadi Tamu/Guest Posting di Blog Lain

Pada saat ini  banyak blog yang memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengirimkan artikel/konten dan memposting link ke blog mereka. Tentunya artikel/konten yang kita publikasikan di blog  harus memenuhi aturan yang mereka tentukan. Kita dapat menempatkan tautan ke situs web profesional kita di bagian penulis, beberapa blog mengizinkan penulisnya memposting tautan di  artikel. Selain memberikan efek SEO, traffic SEO dari blog-blog tersebut sudah pasti penting, apalagi jika kita menulis artikel di blog populer.

Sebenarnya masih banyak cara gratis lainnya untuk mendatangkan pengunjung ke blog/website kita. Namun kelima cara yang  saya sebutkan di atas  sangat bagus jika kita bisa mengoptimalkannya. Saya sendiri fokus pada keempat hal tersebut karena selain memberikan traffic langsung, keempat cara yang  saya sebutkan di atas sudah terbukti memberikan dampak  yang baik untuk SEO blog saya. SEO yang baik pasti akan memungkinkan website kita  mendapatkan traffic gratis dari search engine, seperti Google.

Baca Juga : Panduan dan Tips Belajar Membuat Blog Untuk Pemula

Meningkatkan Trafik Blog/ Website Dengan Cara Berbayar

Jika Anda yang tidak ingin menunggu lama proses optimasi secara gratis, cara berbayar bisa digunakan untuk meningkatkan trafik blog/website bisnis Anda. Beriklan di beberapa media dapat memberikan dampak yang sangat baik dalam meningkatkan traffic, supaya tidak terlalu boros, sebaiknya pilih media yang benar-benar efektif dan sesuai dengan target bisnis kita. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan traffic blog/website dengan cara berbayar:

1. Pasang Iklan di Media Sosial

Facebook merupakan media sosial yang paling efektif untuk beriklan karena konversi iklan media sosial di dalamnya dinilai sangat baik. Di Facebook Ads kita bisa bebas dalam memilih target audiens yang paling sesuai dengan kategori bisnis yang kita inginkan, hal inilah yang akan mempengaruhi efektifitas dari iklan yang kita pasang. 

Menurut pengalaman saya, memasang iklan di Facebook Ads sangat gampang dan mudah dilakukan. Kita dapat mengatur anggaran (budget) yang ingin kita keluarkan untuk sebuah klik iklan dan kita juga dapat menetapkan target audiens berdasarkan bisnis kita.

Baca juga : Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

2. Pasang iklan PPC

Google Adwords adalah penyedia media periklanan PPC paling terkenal saat ini. Perusahaan milik Google ini sudah memiliki banyak pengiklan dan penerbit di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kelebihan Google Adwords adalah iklan yang muncul di situs penerbitnya adalah iklan yang relevan dengan artikel.

Secara pribadi, saya belum pernah beriklan di Google Adwords, namun sudah banyak testimoni dari para pengiklan mereka yang mengatakan bahwa mereka puas dengan layanan Google Adwords dan berdampak positif bagi bisnis mereka. Bagi Anda yang ingin mengarahkan potensi traffic ke website bisnis Anda, tidak ada salahnya untuk mencoba Google Adwords yang penting sesuaikan anggaran iklan anda.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

Kesimpulan

Kita tidak perlu melakukan strategi pemasaran apa pun untuk mendapatkan lalu lintas ke situs web kami. Pertama, kita perlu memahami website kita dengan baik, dengan begitu kita bisa mengetahui strategi mana yang paling efektif dalam meningkatkan traffic ke blog/website kita. 

Terkadang metode gratis cukup efektif, namun dalam banyak kasus metode berbayar lebih cepat dan efektif dalam memberikan potensi traffic ke blog/website bisnis kita. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kualitas website kita seperti kualitas konten, sistem navigasi, kecepatan loading, dll. Saya harap artikel ini akan membantu Anda.

Share

0 Response to " √ Langkah Sederhana Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog Dengan Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel