√ 5 Hal yang Sering Ditakuti Seorang Blogger

5 Hal yang Sering Ditakuti Seorang Blogger


Jalan Hidup Para Blogger

Banggalah jika Anda memilih jalan hidup Anda sebagai blogger profesional. Anda menjadi orang yang kreatif, seseorang yang ingin berbagi ilmu dan aktivitas dengan banyak orang melalui blog Anda. Tentu saja, blogging lebih bermanfaat daripada terjun ke kegiatan yang mengarah pada hal-hal negatif. Sebenarnya banyak keuntungan jadi seorang blogger yang bisa Anda coba.

Banyak orang menganggap blogger yang sukses adalah yang memiliki halaman blog dengan banyak pengunjung. Apakah pengunjung blog benar-benar indikator suksesnya sebuah blog?

Mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa blogger yang sukses adalah mereka yang menghasilkan pendapatan besar dari aktivitas blogging. Ini mungkin benar atau tidak, karena tidak semua blogger menilai kesuksesan berdasarkan berapa banyak yang mereka peroleh dari blogging.

Setiap aktivitas pasti ada resiko dan masalah, begitu juga dengan ngeblog. Ternyata kebanyakan blogger masih dirundung rasa cemas dan takut dalam beraktivitas. Lantas apa saja yang sering menghantui seorang blogger?

Baca Juga : 5 Kegiatan Blogwalking yang Seharusnya Dilakukan Blogger Profesional

Berikut ini telah saya rangkum 7 hal yang sering ditakuti blogger, mungkin Anda juga saat ini merasakannya:

1. Hasil Tulisan Dicopy Orang Lain

Pernahkah Anda merasa khawatir tentang hasil tulisan blog Anda yang diambil atau disalin dan ditempel (copy paste) oleh orang lain? Ya, ketakutan seperti ini wajar dialami oleh para blogger, karena copy paste adalah tindakan mencuri hasil karya orang lain. Menulis artikel dengan susah payah yang telah diambil oleh orang lain dan diposting di blog mereka sendiri, bahkan tanpa menyebutkan penulis aslinya, adalah sebuah tindakan pencurian.

Jika hal seperti ini terus berlanjut, solusi paling "mainstream" adalah mencegah pencurian konten. Anda dapat mengatur blog untuk menghapus fungsi pemilihan posting atau blok tulisan agar tidak bisa di copy paste, kemudian metode kedua adalah menonaktifkan fungsi klik kanan. Banyak tutorial di berbagai blog yang bisa Anda cari melalui browser #Google. Namun perlu dicatat bahwa ada juga blogger yang tidak takut ditiru oleh orang lain, dan tentunya adalah blog Mulkiaja.com.

Baca juga : 5 Hal Positif yang Harus Dilakukan Seorang Blogger

2. Blog Sedikit Pengunjung

Sudah lelah dalam mendesain blog, lelah menulis artikel dalam berbagai kategori, namun kenyataan pahit harus terasa bahwa blog itu kosong tidak ada pengunjung. Ini adalah sesuatu yang sangat dikhawatirkan para blogger. Tentu saja, ada masalah dengan blog yang tidak memiliki pengunjung, dan salah satunya mungkin menghasilkan konten yang kurang menarik, atau menulis artikel yang kurang berkualitas dan kurang informative sehingga visitor tidak ada. Hal inilah yang perlu di evaluasi oleh seorang blogger, dimana tulisan yang dibuat harus informatif dan membantu pembaca dalam mencari solusi atas masalah yang dicari.

Jika tulisan Anda dianggap tidak memenuhi syarat kualitas tulisan, harap segera merevisi kembali tulisan Anda. Pertanyaan kedua, mungkin Anda tidak menggunakan mesin pencari sebagai alat untuk membuat blog Anda lebih mudah diakses oleh orang lain. Jika demikian halnya, gunakan teknik #SEO (Search Engine Optimization) yang sebenarnya mudah dipelajari dan banyak forum yang membahas tentang SEO pada sebuah blog.

Baca juga : Istilah-Istilah Penting dalam Blogging

3. Blog Tidak Terindeks di Mesin Pencari Google

Kebanyakan blogger pasti berpikir bahwa ranking di mesin pencari adalah hal yang sangat penting. Hal ini akhirnya membuat banyak blogger khawatir bahwa blog mereka tidak akan terindeks oleh beranda SERP Google, atau bahkan tidak sama sekali terindeks oleh Google.

Sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan teknik SEO On Page, terutama dengan menggunakan kata kunci yang tepat (keyword). Juga, relevansi konten memiliki dampak yang cukup besar pada peringkat Google. Jadi pastikan tulisan Anda relevan dan berkualitas, karena jenis konten ini cenderung berperingkat tinggi di SERP Google.

Baca Juga : Panduan dan Tips Belajar Membuat Blog Untuk Pemula

4. Blog Tidak Menghasilkan Uang

Orang-orang membuat blog untuk berbagai tujuan, ada yang murni untuk berbagi informasi dan pengetahuan, ada yang ingin berbagi pengalaman pribadi, dan ada pula yang untuk mencari uang. Jadi, memang benar beberapa blogger takut atau khawatir blog mereka tidak menghasilkan uang.

Pertanyaannya kemudian menjadi, bagaimana Anda menghasilkan uang dari blogging? Beberapa cara populer untuk menghasilkan uang dengan blog Anda termasuk menawarkan ruang iklan di blog Anda, mengikuti program Google Adsense, dan banyak lagi. Tentu saja, untuk menghasilkan pendapatan dari blog Anda melalui iklan mandiri atau iklan Google Adsense, blog kita harus memiliki banyak pengunjung dan Anda harus mengikuti aturan yang ditentukan oleh Google Adsense.

Baca juga : Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

5. Blog Diretas (Hack)

Dibandingkan dengan beberapa masalah di atas, mungkin yang satu ini yang paling menakutkan. Ya, blogger akan sangat takut jika blognya diretas oleh orang lain. Tentu saja, ini sama saja dengan pembajakan, dan Anda mungkin kehilangan akses admin atau pemilik diblog. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya memperkuat sistem keamanan seperti password, backup database, dan lain-lain.

Maka dari itu pentingnya merawat blog baik itu dari tulisan yang berkualitas, konten edukatif, informatif, dan juga memiliki solusi dari setiap masalah yang dibahas. Setelah itu pastinya pengunjung akan terus berdatangan dan menjadikan blog Anda sebagai referensi dalam membaca.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

Jika pengunjung sudah banyak maka blog akan lebih mudah untuk menghasilkan uang, baik itu dari Google Adsense maupun dari space iklan yang disediakan untuk perorangan.


Share

0 Response to " √ 5 Hal yang Sering Ditakuti Seorang Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel