√ 5 Alasan Kegiatan Blogging Cocok Untuk Seorang Introvert

Alasan Kegiatan Blogging Cocok Untuk Seorang Introvert


Manfaat Blog untuk Seorang Introvert

Ketika seseorang merasa sendirian dan cenderung menjadi seorang introvert bukanlah pilihan yang tepat. Bahkan beberapa dari kita menjadi introvert karena berbagai alasan, termasuk pengalaman buruk dan perilaku yang pernah kita alami di masa lalu. Tapi apakah introvert adalah akhir dari perjalanan hidup kita? Tentu saja tidak!

Introvert dapat didefinisikan sebagai orang yang cenderung tertutup dan sulit mengungkapkan sesuatu dengan mudah kepada orang lain. Belum lagi, bagi beberapa introvert, itu menjadi seperti neraka ketika berada di tengah keramaian. Padahal, jika kita bisa mendengar dan memahami lebih jauh, mereka sebenarnya memiliki sisi yang menginginkan berbagi opini, perspektif, cerita, dan banyak hal lainnya pada dunia.

Untungnya, di era teknologi informasi yang semakin meningkat, kita semua bisa lebih mudah mengekspresikan diri dan ide-ide kita, salah satunya melalui aktifitas #blogging. Bahkan, blogging juga sangat cocok bagi para introvert untuk mengembangkan diri. Blog bisa digunakan oleh introvert sebagai media yang tidak perlu tatap muka dan bisa menuangkannya dalam bentuk tulisan, blog menjadi solusi bagi setiap orang yang merasa ingin menyampaikan sesuatu hal kepada publik tanpa perlu khawatir.

Dibawah ini ada beberapa alasan utama yang mendukung kenapa kegiatan blogging ini bisa menjadi wadah yang tepat untuk introvert. Silahkan dibaca dan disimak semoga memberikan inspirasi untuk Anda.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

1. Kesempatan Untuk Berbagi Ide Secara Bebas

Ketika Anda menjadi seorang introvert, menghadapi situasi sosial bisa terasa seperti momok yang selalu ingin Anda hindari. Meskipun kita sebenarnya memiliki pemikiran tentang apa yang terjadi dan banyak hal lainnya, introvert hanya bisa diam-diam memilih untuk menyimpan pemikiran itu untuk diri mereka sendiri.

Namun, disadari atau tidak sebenarnya ada banyak ide cemerlang yang terpendam di otak kita. Melalui blogging, kita dapat mengekspresikan pemikiran dan ide-ide ini tanpa tekanan sosial. Kita bebas menyampaikan pendapat bahkan secara tidak langsung melatih kita untuk lebih terbuka kepada orang lain.

Seorang introvert harus belajar apa itu blog, cara membuat blog, dan mempelajarinya secara terus menerus, hal ini membantu agar lebih cepat dalam memahami blog.

Baca juga : Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

2. Tempat Untuk Menunjukkan Bakat Anda

Kita harus berterima kasih dan bersyukur kepada tuhan yang maha esa karena adanya teknologi yang dikembangkan melalui jaringan #internet. Dengan adanya internet, manusia dapat berkomunikasi dengan lebih mudah tanpa dibatasi oleh jarak. Ini adalah potensi besar bagi para introvert untuk terlibat dan mengikuti perkembangan internet.

Saya sangat percaya bahwa setiap orang memiliki keunggulan dalam dirinya. Pertanyaannya adalah apakah kita bisa menyadari apa bakat dan kekuatan kita. Dan apakah kita berani menggali potensi ini ke dalam bentuk yang lebih nyata.

Begitu juga dengan mereka yang memiliki sindrom anti-sosial tentunya memiliki bakat yang bisa dibagikan kepada banyak orang. Bukan hal yang aneh jika bakat ini membantu, menginspirasi, atau bahkan mengubah kehidupan orang lain. Blog adalah aktifitas yang sempurna untuk seorang introvert. Melalui media online ini, kita dapat mulai berbagi bakat atau keahlian kita dan mulai melakukan apa yang kita bisa untuk mengubah dunia. Misalnya seorang introvert membuat blog makanan karena dirinya memiliki keahlian dalam memasak.

Baca Juga : Panduan dan Tips Belajar Membuat Blog Untuk Pemula

3. Membangun Relasi Pertemanan

Saat ini dunia blogging semakin meluas, kita juga sering mendengar banyak #komunitas khusus yang bisa menjadi payung bagi para blogger. Inilah alasan selanjutnya mengapa para introvert harus mencoba blogging sebagai sarana pemenuhan diri atau aktualisasi diri.

Contohnya saat kita menjadi anggota komunitas online, kita dapat bertemu banyak orang dan bahkan mendapatkan teman baru dari seluruh dunia. Namun pada dasarnya bukan berarti kita akan melupakan apa artinya memiliki persahabatan sejati (dalam kehidupan sosial). Karena pada akhirnya, tujuan utama kita tetap membangun pola pikir dan melatih kita untuk lebih berani bersosialisasi.

Juga, jika Anda mengikuti komunitas #blogger lokal Anda, terkadang ada pertemuan atau acara kopdar di mana anggota bertemu secara offline. Dengan dasar pertemanan online yang berkembang dengan baik, kita pasti bisa perlahan-lahan menjadi lebih nyaman dengan anggota komunitas saat kita bertemu langsung.

Baca juga : Istilah-Istilah Penting dalam Blogging

4. Menata Mental dan Merubah Pola Pikir

Inilah alasan utama mengapa introvert harus mencoba blogging. Ketakutan akan dunia sosial dan pola pikir berbahaya di luar mungkin menjadi alasan utama introvert. Selanjutnya secara tidak langsung kita akan menciptakan zona nyaman dengan tidak berkomunikasi dengan orang lain.

Ini perlahan-lahan akan berubah saat kita mulai membuat blog. Memang tidak ada yang tercapai dalam semalam, semuanya butuh proses dan waktu yang lama. Namun jika kita ingin mencoba untuk mulai berkomunikasi secara online melalui pertemanan atau komunitas, maka mindset dan keberanian itu perlahan akan muncul seiring berjalannya waktu.

Seperti yang penulis sarankan, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah berteman seperti biasanya. Anda kemudian dapat membalas komentar satu sama lain di blog Anda atau berkomunikasi melalui media sosial. Tahap selanjutnya, jika kita sudah berkenalan, kita bisa mencoba tool #video call, yang melatih kita untuk berkomunikasi secara tatap muka dengan orang lain. Sebagai pelengkap, kopdar bersama komunitas bisa menjadi tempat kita mulai mengubah karakter introvert kita.

Namun tentunya kita tidak boleh asal dalam memilih teman di dunia internet. Harus bisa memastikan bahwa teman yang kita pilih betul-betul orang baik dengan melihat track record orang tersebut, serta menjalin pertemanan antar sesama blogger lain.

Baca juga : 5 Hal yang Sering Ditakuti Seorang Blogger

5. Mulailah Buat Blog Dari Sekarang

Tidak ada hal lainnya selain memulai dari sekarang, karena salah satu cara paling tepat setelah membaca adalah mempraktekkannya. Oleh karena itu seorang introvert harus bisa memahami apa yang ingin disampaikan melalui blognya. Pengertian blog untuk introvert adalah untuk memudahkan dalam berbagi ilmu baik itu dalam tulisan maupun pesan sederhana.

Baca Juga : 5 Kegiatan Blogwalking yang Seharusnya Dilakukan Blogger Profesional

Demikian pembahasan sederhana tentang blog untuk seorang introvert, semoga memberikan inspirasi dan menambah wawasan Anda. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar.


Share

0 Response to " √ 5 Alasan Kegiatan Blogging Cocok Untuk Seorang Introvert"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel