√ Apakah Cara Membuat Blog Anda Sudah Efisien? Coba Cek 5 Hal Ini

√ Apakah Cara Membuat Blog Anda Sudah Efisien? Coba Cek 5 Hal Ini


Cara Membuat Blog Secara Efisien

Menurut saya, memulai sebuah blog hampir seperti memulai bisnis. Jika kita membuat blog dari awal, kita juga harus mampu menangani blog yang sedang kita bangun secara efisien. Jangan biarkan apa yang kita lakukan membuang banyak waktu dan energi kita. Dalam pengalaman beberapa teman blogging saya, bertindak secara cerdas dan sistematis lebih mungkin berhasil daripada hanya asal-asalan dalam mengelola pertumbuhan sebuah blog.

Saya pikir lebih baik menjadi produktif dan efisien daripada menghabiskan waktu dan energi kita untuk bekerja tetapi tidak mendapatkan apa yang kita inginkan. Dengan bekerja secara teratur dan sistematis, belum tentu ia mampu membuat blog dengan hasil maksimal, hasil blog tidak akan maksimal jik Anda melakukannya secara asal-asalan. Pastinya setiap orang ingin berhasil dalam mengelola blog, bahkan ingin membuat blognya menghasilkan uang.

Bagaimanapun membuat blog harus memiliki value, mulai dari artikel blog berkualitas, tampilan sudah Search Engine Optimization (SEO), Mobile Friendly, Informasi Akurat, Informasi terpercaya, Solusi dari setiap masalah, dan memberikan wawasan kepada pembaca. Contohnya blog pendidikan situs yang membahas seputar ilmu pengetahuan, blog makanan mengulas tentang wisata kuliner untuk edukasi jenis-jenis makanan kepada pemirsa, blog militer indonesia tentang kegiatan atau aktivitas yang berkaitan dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan contoh-contoh blog lainnya.

Jenis-jenis blog bervariasi dan banyak di Google bisa Anda temukan untuk sekedar blogwalking atau belajar memahami cara membuat blog yang baik dan benar. Contohnya blog berita terkini, blog cerita dewasa, blog otomotif, motor blog, travel blog, blog ruangguru, indo defence blog, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

1. Membuat To Do List yang Harus Dikerjakan

To do list artinya adalah daftar tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Biasanya dilakukan harian, mingguan atau bulanan. Itu adalah bagian dari sebuah perencanaan yang sudah ditentukan. To do list juga dapat dibuat untuk grup atau individu tergantung dengan kebutuhan setiap orang.

Lalu, bagaimana cara buat to do list? Cara membuatnya bisa menggunakan kertas hvs untuk sekedar corat coret, menggunakan catatan di smartphone, menulisnya di Microsoft Word, Mengetiknya di Microsoft Excel, dan bisa menggunakan media lain sesuai dengan kemampuan Anda. Untuk sebuah blog buatlah planner contoh to do list yang menarik agar lebih semangat dalam menulis artikel blog.

Buatlah to do list Anda, setiap kali Anda mulai bekerja atau memulai membuat blog dari awal, apa yang menurut saya perlu Anda lakukan adalah memetakan dan membuat to do list. Terserah Anda memulainya dari mana. Mungkin dimulai dengan penelitian, atau mungkin minat Anda, atau mungkin hobi Anda sendiri.

Maksud saya, membuat daftar tugas (to do list) sangat penting dalam membangun sebuah blog. Dapat dikatakan bahwa itu adalah sebuah peta jalan untuk blog yang akan Anda mulai kerjakan sendiri. Tanpa peta yang jelas, saya rasa sangat sulit untuk menentukan arah blog Anda, misalnya dalam menentukan niche blog. Nantinya, blog yang Anda buat bisa tidak terarah bahkan mungkin menghentikan Anda di tengah jalan.

To do list merupakan langkah-langkah membuat blog agar kedepannya blog semakin berkembang dan terarah sesuai dengan to do list yang dibuat dari awal. Hal ini berkaitan dengan seberapa besar manfaat blog yang kita buat untuk diberikan kepada pembaca, meskipun membuat blog pribadi akan tetapi harus memberikan wawasan dan solusi terhadap visitor blog.

Baca juga : Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

2. Lakukan Dengan Cerdas dan Konsisten, Jangan Sembarangan

Konsisten adalah arti kata dari "Latin consistentem" yang artinya "berdiri diam". Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) konsisten adalah tetap, tidak berubah-ubah, taat asas, atau ajek. Konsisten juga berarti selaras atau sesuai.

Setelah Anda memiliki daftar tugas, Anda juga harus dapat menjalankannya dengan cerdas dan konsisten. Ikuti dan patuhi daftar tugas yang telah Anda buat, jangan beralih ke tugas lain sampai Anda menyelesaikan tugas Anda.

Selanjutnya, bekerja secara sistematis dan terencana agar dapat membuat waktu anda lebih efisien dan tentunya akan mempermudah pekerjaan anda dan tentunya blog tertata rapi dan tidak semrawut. Contoh sederhana, artikel blog masi sedikit, Anda sudah mempromosikan di berbagai media, ini adalah tindakan bodoh dan harus dihindari.

Dalam proses membangun sebuah blog pentingnya menjaga konsistensi untuk terus-menerus membuat artikel blog. Artikel blog yang dibuat harus original bukan copy paste, kenapa? Karena konten original lebih baik daripada COPAS. Tulisan hasil karya sendiri tentunya lebih unik dibandingkan copy paste, maka dari itu semaksimal mungkin buatlah konten blog yang membuat pembaca merasa puas terhadap artikel yang dibaca.

Baca juga : Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

3. Perkembangan Blog Diperhatikan dan Lakukan Analisis 

Analisis atau lebih dikenal analisa adalah suatu upaya yang dilakukan dengan metode tertentu untuk mengamati sesuatu secara detail. Istilah ini sering digunakan dalam berbagai bidang keilmuan, baik dalam ilmu sosial, ilmu alam, maupun ilmu pengetahuan.

Analisis sering digunakan ketika meninjau sebuah esai atau penelitian. Maka tidak heran jika istilah tersebut banyak muncul dalam karya ilmiah, seperti tesis, artikel, atau disertasi. Keterkaitan dan keterikatan antara blog dan analisis sangatlah penting dimana sebelum membuat konten blog, kita harus mencari ide konten yang akan ditulis. Misalnya mencari keyword terlebih dahulu untuk membuat judul artikel yang menarik.

Dalam dunia blogging, analisis dibutuhkan untuk meneliti sebuah kejadian atau keadaan yang kemudian ditulis dalam sebuah artikel blog, kemudian dipublikasikan kepada khalayak umum. Artikel blog tersebut merupakan hasil karya dari proses penelitian tersebut, tujuannya adalah untuk memberikan solusi terhadap apa yang dicari pembaca.

Setelah Anda selesai dengan hal-hal yang harus dilakukan pada daftar tugas yang Anda buat, berikutnya perhatikan pertumbuhan blog. Anda dapat melakukan ini berdasarkan rencana awal Anda untuk membuat blog baru.

Lakukan analisis terhadap blog yang Anda buat, yang bisa memakan waktu dua bulan, tiga bulan, atau empat bulan. Perhatikan perkembangannya, apakah cukup memuaskan seperti yang Anda harapkan atau justru sebaliknya. Di sini, nantinya, Anda mungkin mengalami berbagai masalah terkait dengan blog yang sedang Anda bangun.

Baca Juga : Panduan dan Tips Belajar Membuat Blog Untuk Pemula

4. Terapkan Cara yang Paling Efektif Saat Membuat Blog

Efektif adalah usaha untuk mencapai suatu goals atau tujuan berdasarkan hasil dan target yang direncanakan. Kata efektif sering digunakan untuk sebuah tujuan yang ingin segera tercapai. Misalnya prestasi dalam pendidikan dan pekerjaan. Efektif dalam blog ialah proses membangun sebuah blog dengan mengontrol apapun kekurangan pada blog yang kita buat, untuk dievaluasi dan diperbaiki secara detail.

Karakteristik sebuah blog bisa berbeda-beda dan tidak sama antara blog dengan blog lainnya. Metode yang digunakan untuk membuat blog juga berbeda. Cara pertama mungkin berhasil di satu  blog, tapi belum tentu berhasil di blog lain.

Jadi, disitulah Anda membutuhkan sebuah analisis Anda. Dari hasil analisis yang Anda lakukan, pilihlah metode yang paling akurat dan sesuai untuk kebutuhan blog Anda. Apalagi dari segi promosi, SEO dan hal lainnya, juga sangat mempengaruhi metode pengembangan blog.

Baca juga : Cara Meningkatkan Konsentrasi Menulis Seorang Blogger

5. Jangan Sungkan Untuk Bertanya

Nah, ini jurus terkuat menurut saya, bila kita sering bertanya ilmu menjadi lebih bertambah, Jangan ragu dan tanyakan kepada seseorang yang menurut Anda kompeten di bidang yang Anda sedang jalani. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengikuti kursus atau sekolah yang berhubungan dengan blog dan saat ini banyak tersedia.

Carilah informasi dengan cara bertanya kepada teman atau gurumu, dalam dunia blog Anda bisa bergabung dengan komunitas blogger, forum-forum blogger, dan organisasi yang berkaitan dengan blog. Misalnya saya mau bertanya tentang domain dan hosting, maka saya akan tanyakan dalam komunitas blog tersebut agar lebih mudah dan cepat dalam memahami hal itu.

Bahkan sering kita dengar ada pribahasa “malu bertanya sesat dijalan” itu artinya jika kita tidak berani bertanya maka kita tidak akan menemukan jawaban dari apa yang sedang kita cari. Berani bertanya harus dibiasakan setiap hari, karena bertanya merupakan salah satu skill yang penting untuk meningkatan kemampuan dalam berkomunikasi. Tetapi kita harus tahu cara bertanya yang sopan kepada siapapun orang yang ingin kita tanya, misalnya bertanya kepada guru harus bersikap sopan santun dan menjaga etika ketika berbicara.

Baca juga : Membuat Banyak Blog? Pahami Resikonya

Di atas segalanya poin terpentingnya, jangan biarkan diri Anda memilih guru yang salah. Untuk membangun sebuah blog, menurut saya mulkiaja.com sangat lengkap untuk dijadikan referensi dalam belajar membuat blog. Berbagai pertanyaan dari pembaca yang dikirim melalui komentar juga mendapat jawaban yang berwawasan luas, hal tersebut merupakan sebuah upaya untuk merespon apa yang sedang dicari oleh pengunjung blog.

Share

0 Response to "√ Apakah Cara Membuat Blog Anda Sudah Efisien? Coba Cek 5 Hal Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel