√ Membuat Banyak Blog? Pahami Resikonya Berikut Ini

Membuat blog banyak tentu ada resikonya


Pengertian Blog Adalah

Banyak orang masih belum tahu dan bertanya apa yang dimaksud dari blog? Blog adalah suatu kegiatan menulis artikel yang dibuat berdasarkan pengalaman pribadi atau hasil dari sebuah penelitian. Terkadang artikel blog dibuat untuk menyelesaikan sebuah masalah ataupun kendala yang dialami setiap orang dan memberikan solusinya terhadap masalah tersebut. Manfaat blog adalah bisa membuat pembaca lebih mudah dalam memahami konteks masalah yang dihadapi.

Cara membuat blog pribadi bisa menggunakan platform gratisan seperti Blogger.com atau Wordpress.com. Pilihlah kedua platform tersebut sesuai dengan selera Anda, tetapi harus belajar untuk menguasai dashboard keduanya, agar lebih mudah dalam menggunakan platform tersebut.

Blogging kini menjadi kegiatan yang banyak disukai oleh banyak orang. Kegiatan ini membawa banyak keuntungan bagi mereka yang mengelola dan menjalankannya. Selain bisa menuangkan ide, minat dan emosi, aktivitas ngeblog juga bisa menghasilkan uang. Inilah poin terakhir yang membuat banyak orang tertarik dengan kegiatan blogging.

Bahkan ketika seorang blogger sedang bersemangat, mereka sering membuat lebih dari satu blog. Untuk berbagai alasan, mereka membuat lebih dari dua blog. Namun nyatanya, jika melihat lebih dalam dalam membuat kedua blog ini, ternyata di sisi lain jika dijalankan keduanya memiliki kekurangan.

Jadi sebelum memutuskan untuk membuat beberapa blog, Anda harus lebih berhati-hati dan memperhatikan beberapa kekurangan dan kelebihannya. Berikut adalah beberapa pro dan kontra ketika mempunyai lebih dari satu blog.

Baca juga : Manfaat Menulis Artikel Blog Abadi

Keuntungan Mempunyai Banyak Blog

1. Dapat Menangkap Semua Bakat Anda

Mulkiaja.com merupakan contoh blog pribadi yang dibuat untuk memberikan informasi seputar bisnis dan internet marketing. Nah, keuntungan memiliki lebih dari satu blog adalah bisa memisahkan niche-niche blog agar lebih fokus dalam membuat artikelnya.

Keuntungan pertama memiliki lebih dari satu blog adalah dapat menangkap semua bakat dan minat Anda di banyak bidang. Beberapa blogger sering memiliki banyak bakat atau minat, seperti bisnis, sepak bola, desain, mobil, dan lain-lain.

Jadi, untuk memamerkan masing-masing niche blog favorit mereka, blogger sering membuat lebih dari satu blog. Dengan memiliki lebih dari satu blog yang dapat mewakili masing-masing bidang favorit mereka, mereka menjadi lebih luwes dan lega untuk bisa mengekspresikan diri dengan membuat  blog beraneka ragam.

Baca juga : Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

2. Membuat Blog Lebih Profesional dan Relevan (Khusus)

Niche blog (khusus) selalu dianggap lebih profesional dan memiliki peluang lebih besar untuk menghasilkan uang. Jadi dengan memiliki lebih dari satu blog, tentunya tema atau topik tertentu akan memisahkan diri dan akhirnya membuat niche blog. Selain itu, blogger petualang juga berbakat di suatu bidang, jadi memiliki banyak blog akan membuat mereka menjadi lebih profesional dan membuat blog mereka lebih relevan.

Baca juga : Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

3. Menambah Potensi Blog

Selain hal-hal diatas, keuntungan memiliki banyak blog adalah dapat meningkatkan banyak potensi. Misalnya, Anda memiliki 11 blog dengan topik yang berbeda. Sekarang ini dapat digunakan untuk tujuan lain, seperti promosi iklan bertarget.

Jadi blog yang mempunyai niche khusus sendiri memiliki banyak kelebihan, terutama bagi yang sudah memiliki banyak trafik. Anda dapat bernegoisasi ketika seseorang ingin memasang iklan di blog. Misalnya, mereka juga dipersilakan untuk beriklan di blog lain yang Anda miliki.

Potensi blog juga bisa sebagai kendaraan iklan yang ditargetkan dengan keyword tertentu. Jadi, jika Anda memiliki produk yang ingin Anda pasarkan, maka jika Anda memiliki banyak blog, Anda dapat menggunakannya secara gratis sebagai bahan promosi, jadi Anda tidak perlu beriklan, benerkan?

Jika, blog yang satu dan yang lain bisa saling melengkapi satu sama lain, sehingga kedepannya akan lebih baik lagi dan bisa menjadi menambah penghasilan uang dari blog.

Baca Juga : Panduan dan Tips Belajar Membuat Blog Untuk Pemula

Kekurangan Mempunyai Banyak Blog

1. Perhatian Terpusat atau Terbagi 

Selain kelebihan, pasti ada kekurangan atau kelemahan ketika seorang blogger memiliki blog lebih dari satu, yaitu yang pertama adalah konsentrasi. Harus diakui, ketika Anda memiliki banyak blog, fokus atau perhatian Anda akan berkurang. Ini karena Anda harus membagi perhatian Anda ke beberapa blog yang perlu Anda kelola. Jadi, jika Anda merasa menjadi orang yang harus fokus pada satu pekerjaan, lebih baik menjalankan satu blog terlebih dahulu daripada membuat banyak blog yang terbengkalai dan tidak update.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

2. Sulit Berkomentar di Blog Lain

Memiliki banyak blog juga akan menyulitkan Anda untuk berkomentar di blog lain, padahal kegiatan blogwalking dan berkomentar di blog adalah hal yang sangat penting. Karena Anda hanya dapat mengisi satu tautan URL. Jadi ketika Anda memasukkan komentar, Anda harus memilih salah satu dari sekian banyak URL blog yang Anda miliki. Kecuali setiap kali Anda berkomentar, Anda mengisi URL blog yang berbeda, namun tentunya hal ini akan tetap membingungkan pengunjung blog atau visitor Anda.

Baca juga : Cara Meningkatkan Konsentrasi Menulis Seorang Blogger

3. Menghabiskan Lebih Banyak Waktu Blogging

Mempunyai lebih dari satu blog pasti ada resiko, jadi tentu saja Anda harus mempersiapkan dengan segenap tenaga dan waktu Anda untuk bekerja sangat keras. Ini seperti pekerjaan utama, jadi memiliki lebih dari satu blog berarti Anda memiliki beban kerja ganda. Dan satu hal lagi yang perlu diingat bahwa ketika Anda memiliki lebih dari satu blog, waktu luang untuk keluarga Anda akan berkurang.

Waktu luang yang dapat Anda habiskan bersama keluarga atau bersantai secara otomatis akan  berkurang seiring dengan meningkatnya beban kerja Anda. Jadi sebelum membuat banyak blog, Anda benar-benar perlu mempertimbangkan resiko ini.

Oleh karena itu, pentingnya mempertimbangkan jika ingin memilki lebih dari satu blog. Harus siap dalam segalanya mulai dari waktu, pikiran untuk mencari ide artikel, berkurangnya jam tidur, dan pecahnya konsentrasi untuk mencari keyword-keyword blog yang dikelola. Anda harus memahami bahwa banyaknya blog mungkin bisa meningkatkan penghasilan uang dari blog, baik itu dari Google Adsense maupun paid promotion.

Baca juga : Cara Membuat Blog Anda Mendapatkan Job Review

4. Frekuensi Posting Blog Berkurang

Kelemahan memiliki banyak blog adalah penurunan frekuensi posting blog. Itu sudah menjadi sesuatu yang tidak bisa disangkal. Semakin banyak blog yang Anda miliki, semakin sedikit posting yang  muncul di setiap blog. Bahkan, tidak jarang  beberapa blog bahkan sempat disuspend karena postingannya sudah lama tidak diupdate. Sedangkan postingan blog penting untuk menunjukkan eksistensi blog dan untuk kegiatan monetisasi blog.

Misalnya, pada saat mengelola hanya satu blog dalam sehari bisa memposting artikel blog 2 postingan, ternyata setelah memiliki banyak blog satu hari hanya bisa memposting satu artikel. Bahkan terkadang kesulitan dalam membuat artikel blog karena blog yang dikelola terlalu banyak. 

Hal ini menunjukkan bahwa lebih baik satu blog dikelola dengan baik sampai dengan populer, setelah satu blog sudah sukses dan bisa menghasilkan uang dari blog. Maka, selanjutnya tinggal membuat blog baru untuk menambah niche blog baru yang Anda kuasai.

Ingat, Niche blog baru yang dibuat harus Anda kuasai terlebih dahulu karena jika bukan niche yang disukai akan membuat Anda malas menulis artikel blog.

Baca juga : Linda Ikeji, Blogger Sukses Penghasilannya Ratusan Juta Rupiah per Bulan Dari Blog

Demikianlah penjelasan sederhana resiko membuat banyak blog, jika Anda belum mempunyai blog silahkan kunjungi platform Blogger.com atau Wordpress.com untuk memulainya, cara membuat blog bagi pemula yang dapat digunakan pada blogspot (Blogger.com). Tujuan membuat blog adalah untuk memberikan informasi atau solusi terhadap masalah tertentu yang dituangkan dalam sebuah tulisan dan semoga informasi tersebut bermanfaat bagi pembaca.

Share

0 Response to "√ Membuat Banyak Blog? Pahami Resikonya Berikut Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel