5+ Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Menulis Seorang Blogger

5+ Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Menulis Seorang Blogger

Cara Menulis Blog

Blog adalah tempat menuangkan ide-ide setiap penulis untuk berbagi ilmu ataupun informasi yang dibutuhkan oleh orang lain. Maka dari itu kita harus tahu bagaimana cara menulis blog yang baik. Jika saat ini Anda seorang blogger, kegiatan menulis blog pasti tidak akan terlepas dari jadwal harian Anda. Sayangnya, banyak blogger berjuang untuk menulis setiap hari karena masalah konsentrasi saat menulis. Menulis pada dasarnya adalah kegiatan mengungkapkan ide dan kata-kata yang menghubungkan, dan tentunya membutuhkan konsentrasi yang intens.

Banyak orang yang bertanya, apakah benar bahwa menulis blog dibayar, menulis blog dapat uang? Jawabannya tentu saja dibayar, karena setiap tulisan Anda yang dipublikasikan lewat website bisa dipasang Google Adsense maupun jasa iklan yang Anda sediakan untuk orang lain.

Dengan adanya sedikit gangguan, tulisan Anda akan berantakan dan mungkin tidak terealisasikan. Jadi bagi Anda sebagai seorang blogger, fokus adalah hal utama yang perlu Anda pertahankan terus menerus agar tetap produktif. Karena contoh blog yang baik adalah tulisannya sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca.

Baca juga : Niche Blog Potensial dan Selalu Ramai Pengunjungnya

Namun, jika Anda sering mengalami kesulitan berkonsentrasi, Anda harus segera mencari solusi. Berikut adalah beberapa tips untuk blogger yang berjuang dengan produktivitas untuk meningkatkan konsentrasi saat menulis blog. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan fokus menulis untuk para blogger:

1. Hilangkan Gangguan Sebelum Menulis

Tips menulis blog pertama untuk meningkatkan konsentrasi saat menulis adalah menghilangkan gangguan sesaat sebelum menulis. Pada umumnya gangguan yang sering terjadi di sekitar blogger sebelum menulis adalah menonton TV, bermain playstation (PS), keluar rumah dan sejenisnya. Saat Anda menonton TV, meskipun hanya sebentar, Anda dapat termotivasi untuk terus menonton jika acara yang Anda tonton benar-benar sesuatu yang  Anda sukai.

Bermain Playstation itu sama saja, walaupun mungkin kamu mengira bermain sebentar, jika kamu serius melakukannya, aktivitas ini akan membuatmu ketagihan. Dan jika Anda berada di luar rumah, Anda juga bisa kehilangan fokus untuk menulis. Karena di sana Anda bisa bertemu teman atau orang lain yang memaksa Anda mengobrol lama dan akhirnya aktivitas menulis blog pun terlupakan.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

2. Jauhkan Gadget Anda atau Non-Aktifkan Gadget

Gadget adalah hal-hal yang akan sangat mengganggu para blogger saat menulis. Bagaimana tidak,  notifikasi konstan atau notifikasi pesan instan seperti WhatsApp, Telegram, Instagram,Facebook, dan lainnya pasti akan membuat Anda ingin mencobanya.

Tambah lagi notifikasi yang muncul dari email dan sosial media serta panggilan telepon masuk, tentunya akan mengganggu konsentrasi Anda saat menulis blog. Jadi untuk masalah gangguan gadget ini Anda tidak boleh berkompromi untuk menghindarinya. Dalam hal ini, Anda dapat membisukan perangkat atau mematikannya saat Anda bersiap untuk menulis. Cara menulis blog yang menarik membutuhkan konsentrasi penuh, maka dari itu penggunaan gadget sementara dihindari dulu.

Baca Juga : Panduan dan Tips Belajar Membuat Blog Untuk Pemula

3. Tunda Dulu Mengakses Media Sosial 

Munculnya media sosial, fenomena yang sedang berlangsung saat ini, sedikit banyak akan mempengaruhi aktivitas blog para blogger. Ya, kebanyakan blogger yang masih banyak menggunakan laptop untuk menulis konten akan tetap tergiur dengan jejaring sosial yang bisa diakses langsung melalui perangkat yang sama. Jejaring sosial yang selalu menggoda para blogger ini pasti akan mengacaukan fokus Anda saat menulis blog.

Karena mungkin ketika Anda pergi ke media sosial, Anda akan menghabiskan terlalu banyak waktu di sana. Untuk menghindari media sosial yang mengganggu, Anda dapat melakukan ini tanpa terhubung ke Internet sejak Anda menyalakan laptop. Dan yang pasti jangan terhubung ke internet sampai Anda mencapai tujuan menulis Anda. Cara menulis blog yang baik dan benar adalah tidak adanya gangguan apapun termasuk media sosial.

Baca juga : Alasan Kegiatan Blogging Cocok Untuk Seorang Introvert

4. Pastikan Semua Tugas Lainnya Selesai 

Sebelum Anda memulai aktivitas menulis apa pun, Anda harus memastikan bahwa semua pekerjaan atau aktivitas lain yang telah Anda lakukan telah diselesaikan. Terkadang gangguan ini juga  disebabkan oleh aktivitas lain yang masih menghambat penulisan blogger.

Pada akhirnya, mereka membiarkan laptop mereka menyala dan pergi mengerjakan urusan lain yang belum selesai. Jadi, untuk dapat melakukan aktivitas menulis Anda dengan fokus, santai, dan bebas gangguan, Anda perlu memastikan bahwa semua pekerjaan lain telah diselesaikan dengan benar.

Baca juga : Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

5. Cari Posisi yang Kondusif Untuk Fokus Menulis 

Tips menulis blog yang terakhir bagi blogger untuk meningkatkan fokus menulis mereka adalah menemukan posisi yang nyaman dan aman. Lokasi sebenarnya merupakan hal yang sangat penting untuk menciptakan perhatian dan fokus  yang intens.

Bahkan jika Anda adalah seseorang yang tidak memiliki masalah dengan tempat yang bising, sebaiknya Anda memilih tempat yang tenang dan nyaman. Secara umum, tempat dengan karakteristik seperti itu akan menciptakan perasaan nyaman dan tentram. Sekarang ketika Anda merasa nyaman, perhatian dan fokus  Anda pada tulisan Anda akan meningkat berkali-kali lipat.

Baca juga : Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Demikianlah tips sederhana dan ringkas mengenai cara menulis blog agar menghasilkan tulisan blog yang baik dan benar, tentunya tulisan blog yang informatif dan solutif agar bisa dimanfaatkan oleh para pembaca. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan dikolom komentar.

Share

0 Response to " 5+ Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Menulis Seorang Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel