√ Travel Blogger Profesional Sering Menggunakan 4 Media Sosial Ini

Travel Blogger sering menggunakan 4 media sosial ini


Media Sosial yang Sering Digunakan Oleh Travel Blogger

Media sosial adalah media online yang terus berkembang pesat sampai saat ini, dimana perkembangannya begitu cepat sehingga kemajuan teknologi semakin membantu memudahkan setiap pekerjaan. Media sosial saat ini semakin banyak mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan lainnya.

Dampak negatif media sosial adalah membuat setiap orang menjadi kurang beraktifitas secara offline, contohnya biasa anak-anak jaman dulu sering berkumpul bareng dan cerita tentang berbagai macam hal. Namun, saat ini anak-anak lebih banyak bermain dengan gadget sehingga tingkat sosialnya semakin berkurang. Selain itu, Dampak positif media sosial adalah membantu memudahkan setiap orang dalam menemukan informasi, baik itu berita online, berita terkini, berita politik dan informasi lainnya.

Pertumbuhan media elektronik saat ini benar-benar luar biasa. Coba bayangkan, di sana-sini telah terjadi pergeseran yang signifikan terhadap arah perkembangan media sosial yang ada. Jika dulu surat kabar cetak mendominasi pasar, kini perannya digantikan oleh media elektronik seperti televisi, website, blog, dan media online, khususnya media sosial.

Media sosial menjadi semakin populer setiap tahunnya. Dampak dari media sosial sendiri sudah dirasakan hampir di segala hal. Salah satu area yang terpengaruh adalah seorang blogger. 

Ya, banyak blogger saat ini tidak mau ketinggalan dengan perkembangan media sosial yang ada. Mereka (blogger) sibuk menggunakan media sosial demi pertumbuhan blog mereka. Seorang travel blogger yang juga tidak mau ketinggalan dengan tren media sosial ini. Untuk membuat blog mereka sukses, mereka sering menggunakan media sosial untuk mempromosikan blognya.

Baca juga : Keuntungan dan Manfaat Bergabung dengan Komunitas Blog

Jadi, media sosial apa yang biasanya digunakan oleh travel blogger? Ini adalah ulasannya

1. Flickr

Flickr adalah situs berbagi foto dan menjadi komunitas online yang merupakan contoh aplikasi Web 2.0. Sebagai situs web berbagi foto pribadi yang populer, layanan ini digunakan oleh banyak blogger sebagai tempat penyimpanan foto dan menjadikan tempat portofolio blognya.

Meskipun Flickr sekarng tidak lagi sepopuler Instagram, media sosial bernama Flickr yang terbilang cukup tua ini juga cukup sering digunakan oleh para travel blogger. Kapasitas penyimpanan yang besar dan fitur galeri foto menjadi alasan mengapa para travel blogger ini masih menggunakan Flickr sebagai media sosial mereka untuk mengembangkan blog mereka.

Dengan storage sebesar ini, travel blogger akan dapat menampilkan sebanyak mungkin karyanya, baik thumbnail maupun foto beresolusi tinggi. Tapi bagi kamu yang tidak ingin hak cipta fotomu dicuri, sebaiknya jangan mengunduh karya dengan resolusi tinggi.

Cara menggunakan flickr sangat mudah Anda tinggal mengunjungi website flickr, kemudian melakukan pendaftaran pada flickr agar menjadi pengguna resmi. Setelah itu bisa mulai upload foto pertamamu untuk dijadikan postingan pertama.

Baca juga : Apakah Cara Membuat Blog Anda Sudah Efisien? Coba Cek 5 Hal Ini

2. Google Bisnis

Selanjutnya, media sosial yang biasa digunakan oleh para travel blogger adalah Google Bisnis. Meski tidak sepopuler Facebook dan Twitter, Instagram. Google Plus masih dianggap oleh para travel blogger sebagai media sosial yang mumpuni untuk mendukung upaya pengembangan blogging mereka. Kemampuan untuk berbagi foto dan informasi menarik membuat media sosial milik Google ini populer di kalangan blogger perjalanan.

Belum lagi kemampuan pengindeksan foto cepat Google Bisnis, saat ini Google bisnis semakin menjadi pilihan bagi para travel blogger untuk membuat konten mereka lebih dikenal dan populer dikalangan netizen. Google bisnis bisa dijadikan portofolio bisnis Anda, misalnya membuat postingan produk atau jasa yang sedang dijual.

Cara membuat google bisnis cukup mudah, pertama kunjungi situs web google bisnis, kemudian mendaftarkan akun Anda menggunakan email yang selalu aktif. Selanjutnya upload foto produk beserta dengan spesifikasi dan harga untuk dipublikasikan dalam google bisnis tersebut.

Keuntungan khusus penggunaan google bisnis dalam pemasaran online adalah tanpa biaya alias gratis, lebih mudah menggunakan fitur-fiturnya, lebih cepat di indeks oleh Google, jangkauan terhadap audiens luas dan mudah dibagikan ke seluruh Indonesia.

Baca Juga : Panduan dan Tips Belajar Membuat Blog Untuk Pemula

3. Instagram

Media sosial pertama yang biasa digunakan oleh para travel blogger adalah Instagram. Ketika Anda menjadi seorang travel blogger harus mendokumentasikan hasil perjalanannya, travel blogger menggunakan media sosial Instagram lebih mudah dan sangat terbantu dengan adanya media sosial berbasis gambar ini. Bahkan sekarang Instagram juga mendukung konten video untuk travel blogger seperti Reels.

Oleh karena itu, travel blogger menggunakan Instagram mereka untuk memamerkan karya foto mereka agar lebih banyak orang mengetahuinya. Untuk menarik minat pengguna Instagram lain,  para Instagrammer lain ini sering mengikuti akun Instagram para travel blogger. Ketika blogger perjalanan ini mendapatkan banyak pengikut, mereka memiliki potensi untuk menjadi sukses dan terkenal.

Contoh seorang travel blogger mendokumentasikan kegiatannya ketika menjelajahi tempat-tempat indah misalkan naik gunung. Ketika banyak pengikutnya melihat konten-kontennya. Maka produk-produk yang berkaitan dengan perlengkapan naik gunung akan meminta trave blogger tersebut untuk mempromosikan produknya, istilah paling populernya saat ini adalah endorse. Endorse merupakan cara promosi suatu produk oleh pengguna Instagram yang memiliki banyak pengikut, endorse tersebut ditujukan kepada audiens agar membeli produk tersebut.

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

4. Pinterest

Media sosial yang biasa digunakan oleh para travel blogger adalah Pinterest. Media sosial yang tergolong baru ini memang identik dengan kemampuannya memaksimalkan foto. Dengan konsep unik berbagi foto atau gambar dalam bentuk Pinboard, para travel blogger akan senang dengan adanya fitur ini. Fitus buat pin dalam media sosial pinterest ditujukan untuk membuat postingan tentang blog kita dan bisa dibuatkan beberapa kategori dalam pin tersebut.

Memvisualisasikan Pinterest berasal dari Pin Gambar dengan potensi besar untuk menarik perhatian orang ke Pin. Agar foto Anda menarik lebih banyak orang, Anda harus  terlebih dahulu membuat Pin pada kategori/topik Pin yang akan disematkan di Pinterest.

Pin bisa di download atau bisa dari link atau copy URL psotingan blog atau website kita tergantung  gambar yang ingin kita tambahkan. Pinterest kemudian akan membagikan dan menampilkan pin lain berdasarkan kesamaan Pinboard.

Ini adalah empat media sosial yang biasa digunakan oleh para travel blogger. Dengan segala kelebihan dan keunikannya, para travel blogger bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan trafik foto atau artikel mereka.

Jadi, tidak hanya mengandalkan blog atau galeri, blogger yang sudah ada juga perlu memanfaatkan outlet media sosial mereka untuk meningkatkan traffic. Ketika lalu lintas blog mereka meningkat, akan ada peluang besar untuk menghasilkan uang dari blog dan pendapatan melalui monetisasi lalu popularitas blog akan terus meningkat.

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

Demikianlah pembahasan sederhana mengenai media sosial yang sering digunakan oleh travel blogger, informasi ini dibagikan yang bertujuan untuk berbagi ilmu dan informasi untuk semua kalangan, terutama untuk para blogger yang sedang mencari ide konten blog maupun tentang media sosial yang banyak digunakan blogger. Jika ada pertanyaan mengenai hal tersebut, Anda bisa meninggalkannya pada kolom komentar.


Share

0 Response to " √ Travel Blogger Profesional Sering Menggunakan 4 Media Sosial Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel