√ 5 Keuntungan dan Manfaat Bergabung dengan Komunitas Blog

5 Keuntungan dan Manfaat Bergabung dengan Komunitas Blog

Manfaat Blog Adalah

Berbicara manfaat blog tentunya pasti banyak dan luas, dimana kita bisa melihat setiap bisnis memilki sebuah website untuk mempromosikan produk-produk yang mereka jual. Hal ini menunjukkan bahwa blog merupakan media online yang bisa membantu mempromosikan produk secara online dan tingkat penyebarannya bisa lebih cepat dengan adanya blog.

Setelah menelusuri di artikel sebelumnya tentang jenis-jenis komunitas blog yang ada di media sosial, sekarang kita akan mencoba membahas tentang pentingnya bergabung dengan komunitas blog. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang blogger profesional tentunya keberadaan komunitas blog ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Manfaat blog dalam kehidupan sehari-hari adalah belajar menuliskan ide-ide yang ada dibenak setiap orang dan membagikannya melalui tulisan-tulisan secara online dan dipublikasikan menggunakan blogger ataupun wordpress. Selain itu, blog adalah cara setiap orang untuk mengekspresikan diri melalui sebuah karya yang dibuat dengan menulis artikel blog dan menjadikannya sebagai catatan pribadi.

Contoh blog Mulkiaja.com adalah sebuah media online yang berisi tulisan-tulisan tentang berbagai macam kategori untuk berbagi pengalaman,ilmu, dan wawasan kepada semua pembaca yang berminat belajar dan mengamalkannya. 

Daripada berjalan diri sendiri sebagai seorang blogger, Anda harus bergabung dengan komunitas blog. Mengapa? Tentunya akan banyak manfaat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan bergabung di komunitas blogging ini. Lantas, apa saja manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan seseorang dari komunitas blogging? Berikut ini adalah ulasannya.

Baca juga : Cara Meningkatkan Konsentrasi Menulis Seorang Blogger

1. Mendapatkan Pengetahuan dan Wawasan

Manfaat pertama bergabung dengan komunitas blog adalah mendapatkan pengetahuan dan ide tentang blogging. Ilmu blogging, selalu berkembang dan berubah, tentunya Anda harus selalu harus mengikuti pertumbuhannya. Dalam komunitas blogging, Anda akan diajak untuk berbincang dan berdiskusi secara rutin tentang blogger.

Baik di forum diskusi online maupun pertemuan secara langsung, kebanyakan diskusi atau pembahasan tidak akan jauh dari blog dan topik terkait yang mendukungnya. Jadi, jika Anda benar-benar ingin sukses dan serius menekuni dunia blogging, maka bergabung dengan komunitas blogging adalah hal yang tepat untuk Anda.

Namun, perlu diingat bahwa dengan semakin banyaknya komunitas blogging di luar sana, Anda harus lebih selektif dalam menentukan komunitas blog mana yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan blogging Anda.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

2. Menambah Relasi Teman dan Memperluas Network Blogger

Dengan bergabung dalam komunitas blogger, Anda pasti akan mendapatkan banyak teman dan jaringan blogging. Tentu akan menyenangkan jika kita memiliki banyak teman bukan. Namun, ada satu syarat bagi Anda untuk memiliki banyak teman dan jaringan blogger dalam suatu komunitas, yaitu Anda harus berpartisipasi secara aktif dalam komunitas blog tersebut.

Tidak ada gunanya jika Anda bergabung dengan komunitas blog tetapi Anda pasif. Tidak hanya teman dan jaringan Anda dapat menjauh dari Anda, tetapi juga pengalaman dan ilmu yang menarik yang mungkin Anda lewatkan.

Aktif dalam komunitas blog itu banyak memberikan manfaat, karena ketika seseorang memutuskan bergabung dengan komunitas blog maka dia akan mendapatkan timbal balik dari komunitas tersebut. Contohnya Anda memiliki sebuah blog motor yang membahas tentang otomotif, setiap orang dalam komunitas blog tersebut akan membaca artikel blog Anda sebagai referensi dalam belajar otomotif.

Baca Juga : Panduan dan Tips Belajar Membuat Blog Untuk Pemula

3. Promosikan Blog Anda Agar Mudah Dikenal 

Sebagai seorang blogger, tentunya anda ingin blog anda dikunjungi oleh banyak visitor atau banyak orang. Tapi bagaimana Anda bisa mengundang orang untuk mengunjungi blog Anda tanpa mempromosikan diri Anda sendiri dengan merekomendasikan blog Anda.

Dengan bergabung dalam komunitas blog, Anda memiliki kesempatan yang sangat baik untuk mempromosikan blog Anda lebih luas dan lebih banyak lagi. Memang pada umumnya komunitas blog memiliki intro yang meminta Anda untuk menyebutkan nama blog yang Anda miliki.

Selain itu, komunitas blog sering menyediakan layanan berbagi ulang postingan blog yang dapat dilihat dan dibaca oleh anggota lain. Jadi, ketika Anda memperkenalkan blog Anda dan secara aktif berbagi artikel dengan komunitas, blog Anda akan mendapatkan lebih banyak pengakuan dari teman-teman blogging lainnya. Dari situ, peluang untuk mendapatkan trafik tinggi dan jumlah pengunjung akan semakin luas.

Mempromosikan blog itu bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya promosi melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Pinterest, Twitter, dan lain-lain. Contohnya blog pendidikan yang dipromosikan kepada dunia pendidikan seperti kepada para guru disekolah maupun instansi pendidikan yang terkait dengan niche blog Anda.

Baca juga : Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

4. Dapatkan Inspirasi dan Ide Menulis yang Variatif

Blogger pasti tidak akan pernah bisa lepas dari kegiatan menulis karena tidak punya ide menulis. Biasanya hal ini terjadi karena mereka tidak memiliki banyak media atau tempat untuk dijadikan inspirasi. Dalam komunitas blogging, Anda akan mendapatkan banyak inspirasi yang dapat Anda gunakan sebagai bahan untuk menulis konten blog.

Hasil diskusi blog atau daftar blog dengan banyak teman untuk blogwalking dapat digunakan sebagai inspirasi dan ide untuk menulis postingan blog. Belum lagi daftar posting blog anggota yang dibagikan ulang oleh komunitas setiap hari, lebih banyak inspirasi dan ide untuk tulisan Anda.

Kegiatan blogwalking adalah contoh dimana anggota dalam komunitas blog saling mengunjungi dan saling memberikan saran dan kritik terhadap blog yang dimiliki setiap anggota. Blogwalking menjadikan kegiatan untuk saling mengevaluasi apa kekurangan blog yang perlu diperbaiki, baik itu dari artikelnya maupun Search Engine Optimization (SEO).

Baca juga : Manfaat Menulis Artikel Blog Abadi

5. Lebih Banyak Motivasi untuk Blogging 

Terakhir untuk Anda, keuntungan dan manfaat bergabung dengan komunitas blog adalah meningkatkan motivasi blogging Anda. Saat Anda merasa malas untuk ngeblog, ada ratusan rekan blogger di komunitas yang siap membuat Anda bersemangat kembali. Begitu kamu curhat soal malas ngeblog, teman-temanmu akan langsung menyemangati kamu untuk bangun kembali dan semangat lagi dalam ngeblog.

Pentingnya tali silaturahmi dalam komunitas blog adalah setiap anggota yang merasa ada kendala dalam blognya maka anggota lain akan turut membantu, contohnya jika blog Anda punya kendala dalam ide artikel blog tentunya mereka akan memberikan ide-ide kepada Anda. Selain membantu dalam hal teknis mereka juga akan membantu dalam hal psikologis baik itu berbentuk motivasi maupun nasehat. 

Beberapa posting blog yang dibagikan kembali oleh admin grup teman blogger Anda pasti akan memberi Anda sedikit motivasi ekstra untuk segera kembali semangat menulis postingan blog.

Baca juga : Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Demikianlah pembahasan sederhana tentang keuntungan dan manfaat bergabung dengan komunitas blog. Pada artikel lainnya telah dibuat pembahasan tentang topik terkait blogging, Anda bisa membacanya dan untuk menambah wawasan. Semoga artikel tentang blog ini bermanfaat untuk Anda bilamana ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan di kolom komentar.


Share

0 Response to " √ 5 Keuntungan dan Manfaat Bergabung dengan Komunitas Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel