Ingin Jadi Guest Blogger? Berikut Ini Prosedur yang Harus Dipahami

Ingin Jadi Guest Blogger? Berikut Ini Prosedur yang Harus Dipahami


Prosedur Untuk Jadi Guest Blogger

Cara membuat blog semakin dikenal oleh semua kalangan adalah menjadi guest blog di situs web terkenal, langkah ini dilakukan untuk meningkatkan popularitas blog kita terhadap semua kalangan. Contoh blog motor untuk menjadi guest blog maka Anda harus mencari situs web yang membahas tentang kendaraan motor kemudian Anda menjadi penulis tamu pada web tersebut, sehingga konten blog yang di posting akan sesuai dengan niche blog yang Anda kelola.

Setelah membahas tentang pentingnya menjadi blogger tamu (guest blogger), sekarang kita akan membahas bagaimana menjadi seorang guest blogger atau lebih dikenal dengan blogger tamu.

Guest blogger atau lebih dikenal penulis tamu sungguhan akan membuat nama Anda lebih dikenal. Selain branding dan jaringan pertemanan yang kuat, Anda yang memiliki blog juga berpeluang mendapatkan trafik tinggi dari pengunjung blog karena adanya kemitraan dengan pemilik blog lain ketika Anda memutuskan untuk menjadi blogger tamu.

Untuk menjadi seorang blogger tamu itu mudah dan sederhana langkahnya. Anda hanya perlu melalui lima prosedur atau langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

Baca juga : Cara Meningkatkan Konsentrasi Menulis Seorang Blogger

1. Harus Percaya Diri

Percaya diri adalah seseorang yang memiliki kemampuan berpikir positif dan percaya bahwa kemampuannya memiliki kualitas dan dapat berguna bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungannya. Tingkat kepercayaan diri sangatlah penting dalam dunia blogging, karena berkaitan erat dengan kesuksesan dalam dunia blog. Maka dari itu seorang blogger diwajibkan untuk percaya diri terhadap karya tulisan atau konten blog yang dibuatnya.

Orang yang percaya diri akan selalu yakin dengan kemampuan dan bakatnya, sehingga ia akan melihat segala sesuatu dengan cara yang positif dan optimis, tidak ragu untuk mencoba hal-hal baru dan selalu memberikan yang terbaik karena mereka selalu percaya bahwa hanya dengan usaha terbaik mereka bisa mencapai apa yang diimpikan.

Langkah atau proses pertama untuk menjadi blogger tamu (guest blogger) adalah membangun rasa percaya diri. Tingkat kepercayaan diri sangat penting bagi seorang blogger untuk menjadi blogger tamu. Apalagi jika Anda menjadi blogger tamu di tempat yang terkenal atau populer. Seringkali, kegagalan menjadi penulis tamu terjadi karena blogger tidak mempunyai rasa kepercayaan diri.

Jadi yakinkan diri Anda bahwa Anda memiliki kemampuan dan bakat untuk membuat artikel Anda dapat diterima dan dibaca, kemungkinan besar akan menarik banyak pengunjung blog. Hilangkan perasaan rendah diri atau takut ditolak oleh orang lain. Jika Anda masih ragu dengan artikel Anda, sebaiknya jangan submit terlebih dahulu. Kembali dan perbaiki kesalahan dalam artikel blog yang Anda tulis.

Baca juga : Niche Blog Terbaik yang Diminati oleh Blogger Perempuan

2. Kejar Blog yang Anda Targetkan Sebagai Guest Blogging

Ketika Anda sudah merasa yakin dengan kemampuan menulis artikel blog Anda dan percaya diri Anda tinggi maka Anda siap menjadi blogger tamu, saatnya untuk mengambil langkah selanjutnya, yaitu mencari blogger tamu. Pengajuan dan mempublikasikan artikel Anda. Saat ini sudah ada beberapa blogger yang menawarkan tempat untuk penulis buku tamu. Anda tinggal mencari saja dimesin pencari (search engine).

Beberapa blog yang membuat situs penulisan tamu memiliki penawaran untuk backlink, branding, dan terkadang uang (biaya fee). Tapi dari sini, Anda tidak boleh terombang-ambing oleh salah satu penawaran di atas, terutama uang. Anda perlu menyelaraskan diri Anda dan blog tamu Anda dengan tujuan yang ingin Anda segera capai.

Dalam kegiatan guest blogger ini, umumnya blogger akan menargetkan blog dengan page rank tinggi dan sudah populer. Kenapa begitu? Memang, blog dengan popularitas yang kuat akan memberikan banyak efek positif dan keuntungan bagi blogger tamu.

Baca juga : Niche Blog Terbaik yang Diminati oleh Blogger Perempuan

3. Ikuti dan Baca Ketentuan Guest Blogger

Setelah menemukan blog yang sesuai dengan tujuan blogging Anda, langkah selanjutnya adalah membaca dan memahami peraturan dan regulasi guest blog tersebut. Memahami aturan dan peraturan ini akan memudahkan Anda untuk diterima dan, tentu saja, Anda akan mendapatkan atau mendapatkan keuntungan menjadi guest blogger dari blog tersebut.

Setiap blog yang menawarkan ruang penulis lepas biasanya memiliki aturan dan ketentuan berbeda yang harus diikuti oleh blogger tamu yang akan mengirimkan artikel mereka. Oleh karena itu, mohon untuk membaca, memahami dan memenuhi ketentuan tersebut sebelum mengirimkan artikel yang sudah Anda buat.

Peraturan dan ketentuan dalam sebuah komunitas blog harus diperhatikan dan dijalankan dengan baik. Sebagai tamu kita harus mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh blog yang ingin kita jadikan guest blogging, dengan mengikuti dan menjalankan peraturan tersebut tentunya kita akan mendapatkan guest blog lainnya.

Baca juga : Bingung Dengan Ide Menulis Blog? Cobalah Buat Artikel Berita Dengan Cara Berikut Ini

4. Pastikan Isi Artikel Adalah Asli (Original)

Sebelum mengirimkan artikel, Anda harus sekali lagi memastikan keaslian artikel blog. Tentu saja, semua blog yang menawarkan ruang penulisan tamu memerlukan konten asli (bukan copy-paste). Bahkan jika tidak disebutkan dalam persyaratan, jangan berpikir Anda dapat mengirimkan konten asli dan menyalin dan menempelkannya begitu saja.

Jika Anda masih bertekad untuk mengirimkan artikel seperti itu, bersiaplah untuk kecewa karena artikel Anda akan ditolak mentah-mentah. Ingat juga jika Anda diharuskan melengkapi artikel Anda dengan gambar untuk menyertakan URL sumber.

Dalam membuat konten blog tentunya harus dibuat oleh diri sendiri, sehingga artikel blog yang kita buat bisa bermanfaat untuk semua orang. Artikel blog original akan lebih dihargai oleh pembaca dibandingkan dengan artikel copy paste dari blog orang lain. Jadi, buatlah semaksimal mungkin artikel blog yang dibuat berdasarkan riset atau penelitian dari ide sendiri.

Konten blog yang berisi artikel berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca memiliki traffic yang tinggi, karena ketika kita menulis artikel yang berisi informasi-informasi yang dicari pembaca akan memberikan dampak yang sangat baik terhadap blog. Oleh karena itu, konten blog original lebih baik daripada membuat artikel COPAS dari blog orang lain. Tindakan seperti itu tidak disarankan oleh semua blogger, Jadi, menulislah seperti air mengalir dan berikanlah pengunjung sebuah solusi dari setiap masalah yang mereka hadapi.

Baca juga : Waktu Produktif Menulis Untuk Seorang Blogger

5. Mengirimkan Artikel 

Artikel adalah pondasi utama untuk membuat blog kita lebih profesional, perhatikan setelah membuat artikel dengan membaca ulang kata demi kata sehingga tidak ada kesalahan dalam penulisan. Sebagai penulis tamu artikel blog yang ingin kita publis di guest blogging harus berisi konten yang bermanfaat untuk para pembaca. Pentingnya evaluasi sebelum mempublikasikan tulisan yang telah dibuat, contoh artikel yang tidak di evalusi hasilnya akan kurang maksimal dan bisa jadi ada kata-kata yang salah diketik.

Belajarlah cara membuat artikel yang baik dan benar sesuai dengan EYD (ejaan yang dibenarkan), agar kualitas artikel blog yang dipublish sempurna tanpa ada kesalahan sedikitpun. Tulisan juga harus sesuai dengan peraturan yang ditentukan oleh pemillik blog.

Terakhir, prosedur di blogger tamu ini adalah mengirimkan artikel blog. Nah, setelah memahami dan menyelesaikan semua langkah sebelumnya, ya, yang harus Anda lakukan hanyalah mengirimkan artikel ke blog yang Anda tentukan. Anda dapat mengirimkan artikel Anda melalui email, formulir kontak atau lainnya tergantung pada apa yang diperlukan atau ditentukan oleh sang pemilik blog.

Jangan lupa sertakan nama penulis dan url website/blog anda untuk menikmati manfaat dan keuntungan dari guest blog ini. Dan terakhir, tunggu kabar dan hasil dari pemilik blog yang menyediakan ruang untuk penulis tamu. Dalam hal ini, Anda mungkin diminta untuk meningkatkan atau memodifikasi kualitas artikel sesuai kebutuhan.

Setelah membuat artikel, selanjutnya mengirimkan artikel blog yang telah dibuat kepada guest blog agar dipublikasikan dan menjadi backlink tambahan untuk blog Anda. Demikianlah pejelasan sederhana dan ringkas mengenai guest blogging pada blog-blog populer untuk meningkatkan rank blog Anda pada mesin pencari (search engine).

Baca juga : 4 Tahapan Membuat Ilustrasi Tulisan Untuk Blog Agar Menarik

Demikianlah penjelasan ringkas dan sederhana mengenai guest blogging yang bisa dijadikan ajang silaturahmi dalam dunia blogging, pentingnya memahami langkah-langkah dalam proses menjadi gues blog. Terkadang setiap blog memiliki ketentuan dan peraturan yang berbeda-beda, jadi setiap blogger harus memahami peraturan yang ditetapkan oleh masing-masing blog tersebut. Semoga bermanfaat bilamana ada pertanyaan silahkan tinggalkan dikolom komentar.

Share

0 Response to " Ingin Jadi Guest Blogger? Berikut Ini Prosedur yang Harus Dipahami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel