√ 5 Kesalahan Pada Halaman Kontak Sebuah Blog yang Perlu Diperbaiki

√ 5 Kesalahan Pada Halaman Kontak Sebuah Blog yang Perlu Diperbaiki


Langkah Memperbaiki Halaman Kontak Sebuah Blog

Sebuah blog saat ini tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Dengan menggunakan blog yang profesional, sangat memungkinkan dan sangat bisa untuk mendatangkan banyak peluang dan keuntungan bagi pemiliknya. Dengan ketekunan, strategi dan taktik, seorang blogger tidak hanya dapat menghasilkan uang melalui iklan, tetapi juga memiliki kesempatan untuk menerima penawaran menarik atau penawaran yang menggiurkan.

Bagaimana langkahnya? Dengan demikian, jika Anda benar-benar ingin menangkap banyak peluang, Anda harus gigih dan strategis. Salah satu strategi untuk dapat menangkap beberapa peluang tersebut adalah dengan memasang halaman kontak di blog.

Mengapa harus mengatur halaman kontak? Karena dengan halaman ini, seorang blogger bisa lebih banyak berinteraksi dengan pengunjung bahkan bisa mendapatkan berbagai peluang yang  disebutkan tadi. Meski setiap blogger mengetahui banyak manfaat kontak halaman, sayangnya masih banyak blogger yang tidak menganggap serius situs ini dan tidak memperhatikan situs ini dengan baik.

Sebenarnya cara membuat halaman kontak blog memang mudah, tetapi ada beberapa kesalahan yang tidak disadari mengenai halaman kontak blog yang baik dan benar. Maka dari itu perhatikan kesalahan-kesalahan dibawah ini mengenai halaman kontak blog.

Akibatnya, mereka tidak dapat menarik merek potensial karena kesalahan sembarangan pada halaman kontak mereka. Berikut adalah beberapa jenis kesalahan umum pada halaman kontak blog.

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

1. Tidak Ada Halaman Kontak 

Kesalahan pertama dan utama dalam membuat website adalah tidak adanya halaman kontak di blog. Ini tentu saja kesalahan blog yang paling mendasar. Anda yang ingin mendapatkan kesempatan untuk dihubungi dan menerima penawaran dari brand pasti membutuhkan keberadaan halaman ini. Tanpa  halaman kontak ini tentunya blog Anda seperti sesuatu yang tidak berguna.

Memang, beberapa blogger masih menampilkan kontak mereka di footer atau di sidebar blog. Ada juga blogger yang memasang informasi kontaknya di halaman about. Namun yang perlu Anda ketahui adalah sebagian besar pengguna internet membutuhkan informasi kontak yang lebih detail dan akurat pada halaman atau menu tersendiri. Dan halaman yang berisi detail seperti alamat email, akun media sosial, dan formulir kontak dikenal sebagai halaman kontak.

Sering kita lihat bahwa sebuah blog memiliki halaman kontak kami, Halaman tersebut berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog bahwa jika ingin menghubungi lebih lanjut bisa menelpon lewat kontak tersebut.

Baca juga : 6 Tipe Pengunjung Blog, Anda Termasuk Tipe yang Mana?

2. Hanya Sertakan Alamat Email 

Sekalipun Anda sudah memiliki halaman kontak, Anda tetap perlu memastikan bahwa halaman kontak yang Anda miliki adalah halaman kontak yang baik. Blogger tertentu masih hanya menaruh alamat email di halaman kontak yang jelas ini bukan contoh yang lengkap.

Selain itu, Anda harus menyediakan banyak informasi kontak untuk memberikan pilihan kepada pengunjung untuk memudahkan mereka menghubungi Anda. Beberapa informasi kontak non-email yaitu akun media sosial, WhatsApp, Instagram, Line, Pinterest, Telegram, Facebook,  dan lain-lain.

Alamat email saya yang dicantumkan dalam halaman kontak sangat penting bagi pengunjung blog, karena dengan adanya email tersebut pengunjung blog akan lebih mudah dalam memberikan penawaran terhadap sebuah blog. Oleh karena itu, alamat email merupakan kontak paling krusial dalam sebuah blog dan harus diperhatikan keberadaanya dalam sebuah blog.

Baca juga : 4 Hal yang Biasanya Menjadi Tujuan Seseorang Ketika Ngeblog

3. Hanya Mencantumkan Kontak Form 

Contact form atau formulir kontak adalah halaman yang tidak boleh dilewatkan pada sebuah website anatomi. Pasalnya dengan formulir yang sederhana ini, pengunjung dapat menyampaikan keluhan berupa pertanyaan, kritik atau saran langsung kepada pengelola situs.

Menggunakan formulir kontak sangat mudah dan cepat. Ketika pengunjung melengkapi dan mengirimkan formulir, email secara otomatis dikirimkan kepada mereka. Namun Anda harus ingat bahwa tidak semua pengunjung blog menginginkan interaksi instan seperti itu. Beberapa dari mereka juga ingin berkomunikasi dengan Anda lebih lama dan lebih lama melalui obrolan. Oleh karena itu, pastikan halaman kontak blog Anda selalu memiliki informasi lengkap tentang kontak Anda.

Baca juga : 5 Alasan Pengunjung Blog Malas Berkomentar di Blog Anda

4. Kontak Form Tidak Berfungsi dengan Baik 

Formulir kontak adalah formulir di situs web yang memungkinkan pengunjung mengirimi Anda pesan. Pemberitahuan kemudian akan masuk ke kotak masuk email admin Anda di WordPress dan Blogspot.

Dengan plugin Formulir Kontak, membuat formulir kontak menjadi lebih nyaman. Karena fitur berbeda yang dimilikinya dapat memenuhi kebutuhan komunikasi yang Anda inginkan, seperti: 

  • Editor formulir memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyesuaikan formulir kontak Templat formulir formulir siap pakai 
  • Mengintegrasikan dengan layanan pihak ketiga untuk membantu upaya pemasaran email  dan menambahkan pilihan pembayaran

Bagi Anda yang masih menyediakan formulir kontak di halaman ini, Anda harus waspada terhadap kasus kesalahan. Ini memang titik lemah dari formulir kontak. Anda pasti harus memeriksa secara teratur untuk memastikan bahwa formulir kontak Anda masih berfungsi. 

Kesalahan formulir kontak dapat menyesatkan pengunjung untuk berpikir bahwa email telah terkirim, tetapi kenyataannya, email tidak terkirim karena kesalahan tersebut. Dari situ, peluang Anda untuk mendapatkan tawaran dari suatu merek bisa hilang begitu saja.

Baca juga : Apakah Cara Membuat Blog Anda Sudah Efisien? Coba Cek 5 Hal Ini

5. Tidak Mencantumkan Link Ke Akun Media Sosial 

Media sosial adalah situs atau aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk berpartisipasi dalam jejaring sosial. Hal-hal yang dilakukan di media sosial berinteraksi dengan menciptakan, berbagi, dan bertukar informasi dan ide secara virtual atau melalui dunia maya. Media sosial adalah platform yang memungkinkan individu untuk berkomunikasi secara instan dan terus menerus menggunakan koneksi Internet.

Terakhir, kasus kesalahan halaman kontak ini tidak menyertakan akun media sosial. Anda tidak perlu membual tentang menampilkan akun media sosial Anda di halaman kontak blog Anda. Memang, sekarang saatnya menggunakan akun media sosial. Jadi dengan menyertakan akun media sosial di halaman kontak Anda, Anda akan memudahkan pengunjung yang ingin bekerja sama dengan Anda untuk menghubungi Anda melalui akun media sosial mereka.

Jadi, pentingnya untuk menautkan link ke akun media sosial agar pengunjung blog lebih mudah dalam menghubungi Anda. Pada saat pengunjung blog ingin bertanya terkadang ada juga yang malas berkomentar dan ingin membuka obrolan langsung melalui media sosial.

Oleh karena itu, media sosial perlu diperhatikan keberadaannya dan dipasang semaksimal mungkin dalam sebuah blog. Dengan begitu ketika konten blog memiliki banyak visitor akan banyak penawaran dari brand terkenal terhadap blog Anda melalui media sosial.

Baca juga : Travel Blogger Profesional Sering Menggunakan 4 Media Sosial Ini

Demikianlah penjelasan sederhana mengenai kesalahan-kesalahan pada halaman kontak yang sering kita temui. Kesalahan tersebut harus diperbaiki sesegera mungkin untuk menghindari ketidakpuasan pengunjung blog ketika membaca artikel blog Anda. Selain itu untuk memberikan kemudahan dalam melayani pengunjung blog dalam meberikan kritik dan saran terhadap blog kita. Semoga tulisan artikel blog ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.


Share

0 Response to " √ 5 Kesalahan Pada Halaman Kontak Sebuah Blog yang Perlu Diperbaiki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel