√ 5 Investasi Seorang Blogger yang Seharusnya Dilakukan

√ 5 Investasi Seorang Blogger yang Seharusnya Dilakukan


Blogging Adalah

Sejak popularitas Internet berkembang, banyak orang telah menggunakannya untuk mendapatkan penghasilan uang, terutama dengan membuat situs web profesional dan menyediakan konten yang menarik dan bermanfaat. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, semakin banyak orang yang beralih ke blog. 

Blogging adalah kegiatan menjalankan web blog atau blog, dalam artian menambahkan konten secara berkala berupa teks dan gambar. Dengan kata lain, konsep blogging dalam dunia web adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam mengelola dan mengembangkan sebuah website atau blog sendiri, sehingga orang tersebut dapat diakses oleh banyak orang. 

Blogging bukanlah kegiatan yang  mudah untuk dilakukan, karena  pengelola harus melakukan berbagai upaya agar situsnya terus bertambah jumlah pengunjungnya. Apalagi harus selalu diupayakan agar website selalu berada di peringkat teratas pada halaman pertama mesin pencari Google. 

Alasannya, semakin populer sebuah website/blog dengan peningkatan kunjungan, semakin banyak pendapatan yang bisa dihasilkan. Namun, semua itu tidak lepas dari strategi, optimasi SEO, dan upaya lain  untuk meningkatkan profesionalisme sebuah website. Namun, sebelum menyelami semua ini, Anda setidaknya harus memahami blog dan hal-hal terkaitnya.

Baca juga : Apakah Cara Membuat Blog Anda Sudah Efisien? Coba Cek 5 Hal Ini

Investasi Seorang Blogger

Untuk menjalankan sebuah bisnis jangka panjang seperti menjadi seorang blogger, maka harus menyiapkan semua peralatan pendukungnya seperti alat untuk menulis, membuat artikel, mengedit gambar, dan internet. Oleh karena itu kegiatan blogging perlu adanya peralatan pendukung tersebut sehingga proses membuat konten blog menjadi lebih mudah dan efisien.

Blogging hari ini bukan hanya kegiatan untuk mengisi waktu luang Anda. Dengan peluang penghasilan bagi blogger, bisnis ini tidak bisa lagi diabaikan. Sehingga tidak dipungkiri status blogger ini semakin diminati untuk dijadikan sebuah profesi. 

Dari situ, beberapa blogger tidak segan-segan untuk berinvestasi di blog yang mereka geluti. Berinvestasi dengan mengeluarkan sejumlah uang memang perlu dilakukan agar tujuan mendapatkan penghasilan dari blog ini bisa tercapai dengan sukses. Jadi, investasi seperti apa yang harus dilakukan seorang blogger? Dibawah ini adalah ulasannya.

1. Notebook/Laptop 

Investasi pertama seorang blogger adalah membeli laptop. Jika Anda selalu melakukan blogging  di  PC (Personal Computer), maka jika Anda memiliki anggaran yang cukup maka Anda harus membeli laptop. 

Mengapa harus membeli laptop? Karena dengan perangkat ini Anda akan lebih leluasa melakukan aktivitas blogging dimana saja. Dan bagian terbaiknya adalah dengan laptop, Anda dapat membuat blog di tempat yang nyaman dan menyenangkan. 

Untuk investasi ini saja, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli laptop mahal. Karena blogging hanya mengandalkan program Microsoft Word dan aplikasi browser sepertinya tidak mengharuskan Anda untuk membeli laptop yang mahal. Bahkan hanya dengan laptop berjenis notebook, Anda dapat melakukan aktivitas blogging dengan cepat dan nyaman.

Baca juga: Cara Menjadikan Tampilan Blog Anda Lebih Fresh, Berikut Ini Tipsnya

2. Smartphone

Jika Anda sudah memiliki laptop namun belum memiliki smartphone, saatnya berinvestasi pada perangkat ini. Kenapa smartphone? Karena dengan perangkat ini aktivitas blogging Anda akan lebih mudah. 

Kenapa begitu? Tentu saja bisa karena dengan smartphone kamu bisa melakukan aktivitas mobile blogging dimana aktivitas seperti menulis, memposting, blogging, memoderasi komentar, menulis draft dan operasi lainnya semua bisa dilakukan melalui smartphone. 

Dengan smartphone ini, Anda juga dapat berkomunikasi dengan banyak pelanggan dan pemasok untuk mengadakan program kemitraan dengan Anda. Selain itu, dengan alat canggih ini Anda juga dapat melihat paypal atau saldo rekening bank Anda yang mungkin telah menerima setoran penghasilan uang dari blog.

3. Blog, Domain, dan Hosting 

Untuk menjadi blogger profesional, Anda juga harus profesional. Salah satu cara untuk menjadi pro di dunia blogging ini adalah dengan menggunakan nama domain dan layanan hosting blog. Ya, dua faktor ini akan sangat mencerminkan keseriusan seorang blogger. Jika Anda masih menggunakan nama domain dan hosting gratis, tentu Anda bisa dianggap tidak profesional. 

Oleh karena itu, jika Anda memiliki lebih banyak uang, Anda dapat berinvestasi di blog Anda dengan membeli domain dan hosting. Nama domain dan server hostingnya sendiri tidak terlalu mahal. Karena cukup Rp 100.000 per tahun, Anda sudah bisa mendapatkan domain. Sedangkan untuk hosting, Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 10.000 per bulan.

4. Desain Blog/Website

Blog profesional dengan peluang pendapatan juga bisa dilihat dari desain blog mereka. Semakin responsif dan menarik desain blog Anda, semakin profesional tampilan blog Anda. 

Jadi jika Anda masih menggunakan desain blog dari template standar gratis, Anda dapat membeli template berbayar atau menyewa desainer web untuk mendesain blog Anda. Jangan khawatir apa yang Anda lakukan sia-sia karena tampilan blog yang profesional adalah investasi jangka panjang dalam aktivitas blogging.

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

5. Promosi (Promotion)

Terakhir, bentuk atau bentuk investasi yang harus dilakukan blogger adalah promosi. Nah, agar blog semakin terkenal dan populer, Anda memang dituntut untuk melakukan kegiatan promosi. Seperti halnya bisnis, blog juga membutuhkan promosi atau kampanye pemasaran blog yang tepat dan efektif. 

Dalam hal ini, blogger sebenarnya bisa memilih untuk berpromosi secara gratis melalui media sosial. Tapi jika punya uang lebih, tidak ada salahnya melakukan promosi berbayar seperti membuat stiker di blog, memasang iklan melalui media massa atau memasang iklan di Google Ads dan iklan lainnya.

Baca juga: Cara Menentukan Niche Blog yang Tepat Untuk Anda? Berikut Ini Jawabannya

Demikianlah penjelasan sederhana mengenai investasi seorang blogger dalam menjalankan kegiatan blogging, selain itu langkah-langkah diatas merupakan sebuah proses gambaran dalam mendukung kegiatan blog. 

Share

0 Response to " √ 5 Investasi Seorang Blogger yang Seharusnya Dilakukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel