√ 7 Cara Membuat Pengunjung Blog Betah Berada di Website Anda

√ 7 Cara Membuat Pengunjung Blog Betah Berada di Website Anda


Tips Membuat Pengunjung Blog Betah Berada di Blog Anda

Salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung tetap ke blog kita adalah dengan membuat pengunjung merasa nyaman di blog kita. Buat dia betah saat membaca postingan blog kita, sehingga mendapatkan tempat di hati pembaca kita. 

Membuat blog yang menghasilkan lalu lintas tinggi bukanlah prestasi kecil. Apalagi jika kita mengharapkan pengunjung yang masuk ingin berlama-lama di blog kita. Sama seperti sebuah tempat di dunia nyata, seseorang bisa benar-benar betah sehingga pengunjung blog kita bisa betah berlama-lama. Karena jika rata-rata pengunjung blog kita betah berlama-lama dalam blog, peluang kita untuk mendapatkan trafik lebih besar lagi.

Lalu bagaimana cara membuat blog agar orang yang datang mengunjunginya betah? Selain jumlah pengunjung yang banyak, salah satu impian seorang blogger adalah ingin para pengunjung blog betah berada di blognya. 

Biasanya, jumlah dan durasi pengunjung blog kita dapat dilihat di dasbor statistik dan alat analisis lainnya. Kita sangat ingin pengunjung tetap berada di blog kita, bukan? Namun sayangnya  banyak faktor yang membuat pengunjung blog enggan berlama-lama di blog kita. Nah, pada artikel kali ini, akan diulas berbagai tips agar pengunjung blog betah di blog kita.

Tentunya sebagai blogger, Anda sangat berharap pengunjung blog Anda bisa betah berlama-lama. Karena jika rata-rata pengunjung blog Anda betah berlama-lama, Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas. Jadi bagaimana sebuah blog bisa membuat orang mengunjunginya untuk waktu yang lama? Berikut ini adalah ulasannya.

Baca juga: Investasi Seorang Blogger yang Seharusnya Dilakukan

1. Menulis Sesuatu yang Menarik dan Bermanfaat 

Tips pertama untuk membuat pengunjung blog betah adalah dengan memperkenalkan konten blog atau artikel yang menarik dan bermanfaat. Blog yang konsep utamanya adalah menyajikan sarana untuk menampilkan artikel pasti terikat untuk memiliki integritas atas dasar ini. Semakin menarik dan bermanfaat artikel Anda, semakin banyak peluang dan kesempatan yang Anda miliki untuk membuat pengunjung Anda betah di blog Anda.

2. Memasang Plugin Related Post

Tidak jarang pengunjung blog menjadi orang yang mencari topik atau tema tertentu. Anda sekarang dapat memanfaatkan situasi ini dengan membuat plugin posting terkait atau plugin yang akan menampilkan posting lain yang terkait dengan topik yang dibaca pengunjung. Ini dapat dilakukan oleh pengguna blog WordPress dengan menginstalnya.

Dengan plugin ini, pengunjung yang mencari tema akan dimanjakan dengan pilihan tema yang serupa dan akhirnya akan betah di blog Anda.

Baca juga : Apakah Cara Membuat Blog Anda Sudah Efisien? Coba Cek 5 Hal Ini

3. Membuat Link Random Post di Sidebar Blog 

Selain memposting topik serupa, Anda juga dapat membuat pengunjung Anda betah dengan  menampilkan link posting acak di sidebar blog Anda. Meskipun tidak sama, topik lain yang mungkin menginspirasi mereka untuk membaca patut dicoba. Menampilkan tautan acak ini juga akan mencegah artikel lama Anda tenggelam seiring waktu. 

Kemudian cukup tampilkan tautan posting lama ini di sidebar blog agar pengunjung memiliki lebih banyak konten dan membaca. Gerakan ini seringkali efektif membuat pengunjung biasa dan blogger yang sedang blogwalking didalam blog Anda.

4. Menampilkan Menu dan Link Ke Postingan Populer 

Cara lain untuk membuat pengunjung yang secara tidak sengaja menemukan blog Anda atau blogger yang menjelajahi blog Anda merasa betah adalah dengan menampilkan menu dan link ke postingan populer. Tentu dari sekian banyak artikel, akan ada satu artikel yang paling sering dibaca oleh pengunjung. Dari situ, cukup tampilkan menu dan link-nya di lokasi yang strategis dan sering dilihat  pengunjung.

Baca juga: Cara Menjadikan Tampilan Blog Anda Lebih Fresh, Berikut Ini Tipsnya

5. Menyediakan Halaman Arsip Blog 

Selain menampilkan postingan yang serupa, acak, dan populer, Anda juga harus membuat halaman arsip blog untuk membuat pengunjung Anda betah dalam jangka panjang. Halaman arsip blog itu sendiri adalah daftar isi yang berisi semua judul posting blog Anda. Pada halaman ini, pengunjung akan dapat melihat isi blog secara lengkap. 

Dari sana, mereka bisa menemukan judul-judul yang menarik untuk dibaca. Pada akhirnya, pengunjung  akan dapat tinggal lebih lama di blog Anda.

Baca juga : 6 Tipe Pengunjung Blog, Anda Termasuk Tipe yang Mana?

6. Membuat Navigasi dan Menu yang Jelas 

Perhatikan navigasi dan tampilan menu di halaman utama blog Anda. Jika Anda membuat kedua elemen ini tidak jelas dan berantakan, kemungkinan besar pengunjung di masa depan akan segera  meninggalkan blog Anda. Oleh karena itu, usahakan navigasi dan tampilan menu menjadi jelas dan mudah dilihat. Hal ini akan membuat pengunjung merasa nyaman dan betah di blog Anda.

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

7. Membuat Template yang Rapi dan Unik 

Tips terakhir untuk membuat pengunjung blog betah dalam jangka panjang adalah dengan mengadopsi template yang rapi dan unik. Tampilan dan desain blog mempengaruhi seberapa menarik dan membosankannya blog tersebut. Kemudian, semakin cantik, rapi, dan unik template blog Anda, semakin banyak pengunjung yang menyukainya. Dari cinta ini, peluang Anda untuk membuat mereka betah juga akan lebih besar.

Share

0 Response to " √ 7 Cara Membuat Pengunjung Blog Betah Berada di Website Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel