√ 5 Langkah Blogger Menghasilkan Uang dari Kegiatan Blogging

√ 5 Langkah Blogger Menghasilkan Uang dari Kegiatan Blogging


Tahapan Seorang Blogger Menghasilkan Uang dari Blog

Apakah Anda seorang blogger profesional dan aktif? Dan apakah Anda sudah menghasilkan uang dari aktivitas blog Anda? Sebagai seorang blogger, akan lebih menyenangkan jika kita bisa mendapatkan uang dari kegiatan ini. Dalam blogging (pekerjaan menjalankan blog), seseorang sebenarnya dapat menghasilkan uang melalui kegiatan blogging dengan cara monetisasi.

Tapi bagaimana cara atau langkah para blogger untuk memonetisasi aktivitas bloggingnya? Perhatikan ulasan dibawah ini.

1. Membuat Blog 

Langkah pertama untuk menghasilkan uang adalah dengan membuat blog. Tentu saja, kita membutuhkan blog untuk mulai menghasilkan uang. Namun ada beberapa strategi yang harus Anda terapkan untuk membuat blog yang produktif, yaitu: 

  • Identifikasi calon pembaca blog kita 
  • Buat blog yang niche dan ikuti passion atau kemampuan
  • Buat blog dengan template responsif 
  • Posting sesuatu yang menarik dan disukai pembaca
Baca juga : 5 Investasi Seorang Blogger yang Seharusnya Dilakukan

2. Dapatkan 100 Pengunjung Blog Loyal 

Untuk dapat menghasilkan uang atau berhasil di tahap monetisasi, Anda tidak cukup hanya dengan strategi internal. Anda juga harus meneliti jaringan untuk menarik pembaca dan pengunjung ke blog Anda. Karena semakin banyak pengunjung dan pembaca berarti traffic Anda akan semakin tinggi dan pada akhirnya peluang atau kesempatan Anda untuk menghasilkan uang dari blogging semakin meningkat.

Jadi bagaimana Anda mempertahankan banyak pengunjung blog? Begini caranya:

Jadi Tamu di Blog Orang Lain (Guest Blog) 

Menjadi tamu di blog orang lain akan membuat blog Anda lebih dikenal  luas. Kenapa seperti itu? Karena ketika Anda menulis konten di blog Anda, Anda  mendapatkan link yang bisa Anda arahkan ke blog Anda. Seiring dengan membuat blog Anda lebih dikenal, Anda juga akan dapat memasarkan diri Anda lebih baik sebagai penulis yang baik.

Baca juga : Cara Menentukan Niche Blog yang Tepat Untuk Anda? Berikut Ini Jawabannya

Blogwalking

Pada dasarnya blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog lain untuk tujuan tertentu. Biasanya blogwalking adalah ketika seorang blogger mencari ide konten di blognya. Namun, seringkali blogwalking juga menjadi salah satu cara untuk bersosialisasi dengan blogger lain.

Jadi, bagaimana blogger melakukannya? 

Pertama, seorang blogger akan mengunjungi banyak blog yang cocok dan memenuhi kriteria lensa mereka. Secara khusus, banyak blog memiliki topik atau niche yang sama. Apalagi memiliki popularitas yang tinggi, bukti bahwa konten blog menarik bagi pembaca.

Kemudian blogger akan menemukan beberapa artikel yang bermanfaat dan kemudian dia akan meninggalkan pesan di kolom komentar yang disediakan. Cara ini pasti akan memicu diskusi dengan pemilik blog atau pembaca lainnya. 

Selain bisa memperluas ilmu, blogger juga bisa memperluas jaringan antar sesama blogger.

Aktivitas blogger tidak terbatas pada penerbitan dan konfigurasi widget dan template. Namun lebih dari itu, Anda harus melakukan aktivitas bersama blogger lain dengan melakukan blogwalking. Ketika Anda blogwalking (mengunjungi blog lain) Anda akan memiliki banyak teman (blogger) dan Anda juga akan mendapatkan kunjungan yang dapat meningkatkan lalu lintas (traffic).

Baca juga : 4 Hal yang Biasanya Menjadi Tujuan Seseorang Ketika Ngeblog

Gunakan Iklan Berbayar

Jika SEO organik tidak memberi Anda lalu lintas yang Anda butuhkan, mengapa tidak coba beriklan? Dengan menggunakan iklan berbayar, Anda dapat menjalankan kampanye PPC (bayar per klik) untuk menarik banyak pengunjung ke blog Anda! 

Jadi, bagaimana cara kerjanya? seperti iklan yang Anda lihat di TV, tapi sedikit berbeda. Alih-alih membayar di muka, Anda hanya membayar saat seseorang mengklik iklan Anda.

Apa yang lebih baik, bebas repot - temukan layanan periklanan, daftar dan mulai beriklan untuk blog Anda!

Berikut adalah beberapa layanan periklanan populer yang dapat Anda pilih. 

  • Google Ads - selain  peringkat SEO blog Anda, Anda dapat langsung meningkatkan peringkat  Google Anda dengan program periklanan ini 
  • Iklan Facebook Berbayar (Facebook Ads)- dengan  banyak orang di Facebook hari ini Sekarang Anda dapat mengubah media sosial populer menjadi sumber lalu lintas Anda 
  • Iklan Bing (Bing Ads) - mengapa  puas hanya untuk satu mesin pencari? Jadikan blog Anda muncul di Bing, Yahoo!, dan juga AOL! 
  • BlogAds - layanan periklanan ini memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens target tertentu dan menampilkan iklan Anda di berbagai jaringan (blog dan situs web)

Beriklan di Google Ads

Jika Anda memiliki lebih banyak uang, Anda dapat menggunakan iklan Google Ads untuk dapat menghasilkan lebih banyak pengunjung ke blog Anda. Teknik ini dilakukan dengan menempatkan iklan berbayar di Google. Dengan mempromosikan blog Anda melalui PPC, Anda akan dengan mudah mendapatkan lalu lintas dan membangun kepercayaan dan kredibilitas untuk blog Anda.

Baca juga : Linda Ikeji, Blogger Sukses Penghasilannya Ratusan Juta Rupiah per Bulan Dari Blog

Gunakan SEO dan Media Sosial

Teknik lain untuk meningkatkan pengunjung adalah dengan memaksimalkan SEO dan media sosial. SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi efektif untuk menempatkan blog atau website Anda pada urutan paling strategis (halaman utama) dari sebuah mesin pencari. 

Dengan lokasi yang strategis, Anda akan cepat mendapatkan pengunjung dari pencarian. jangan lupa juga tentang media sosial. Buat halaman penggemar media sosial yang efektif agar blog Anda  dikenal luas dan dapat menghasilkan lalu lintas yang baik.

SEO untuk Mendorong Traffic Organik 

Kami telah menyebutkan SEO berkali-kali sebelumnya, tetapi sebenarnya, apa itu SEO (search engine optimization)? Optimisasi mesin pencari adalah praktik yang digunakan untuk membuat situs web Anda muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari. 

Google memiliki algoritma sendiri untuk menentukan halaman mana yang pantas berada di urutan teratas  daftar. Meskipun tidak ada yang tahu cara kerjanya, ada beberapa faktor yang dapat membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi. 

  • Performa situs web - seberapa cepat  situs web Anda dimuat, apakah gambar Anda dioptimalkan dengan benar, dan lain-lain. 
  • Kualitas Konten - panjang artikel Anda, panjang setiap kalimat dan paragraf, dan banyak lagi. 
  • Distribusi kata kunci - kepadatan kata kunci Anda, apakah Anda menggunakan kata kunci yang paling mudah dicari, dan lain-lain.
  • Struktur situs - memiliki situs yang terstruktur dengan baik dapat membantu perayap menemukan semua informasi di blog Anda, terutama jika Anda memiliki peta situs (sitemap
  • Tautan (link)- ketika ada beberapa halaman tautan web yang relevan dengan blog Anda, mesin pencari akan menganggap ini sebagai pertanda baik dan tingkatkan peringkat Anda

Baca juga : Ingin Jadi Guest Blogger? Berikut Ini Prosedur yang Harus Dipahami

3. Membangun Otoritas Blog 

Membangun otoritas blog adalah kegiatan untuk membangun tingkat konsistensi blog secara teratur. Sebagai sebuah bisnis, tentunya Anda tidak ingin kehilangan pelanggan atau pengunjung setia blog  Anda. Oleh karena itu, Anda harus terus-menerus membuat konten blog yang bagus dan mempublikasikannya secara teratur.

4. Mulai Menghasilkan Uang (Monetisasi)

Setelah Anda memiliki lalu lintas yang cukup, Anda dapat segera mulai menghasilkan uang. Anda dapat mendaftarkan blog Anda ke Google Adsense atau Anda juga dapat memilih model bisnis blogging lain yang sesuai dengan minat dan keinginan Anda.

Jenis bisnis atau monetisasi  blog ini di luar Google Adsense termasuk pemasaran afiliasi, penerbit PPC, Endorsment, ruang iklan atau menjual produk Anda sendiri. Pilihlah salah satu yang menurut Anda paling baik dan mudah diterapkan dalam blog Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

5. Menerima Bayaran

Langkah terakhir dalam blogging adalah menghasilkan uang, tentu saja dibayar. Berapa banyak yang Anda dapatkan tergantung pada strategi monetisasi yang Anda jalankan. Anda bisa mendapatkan gaji ini setelah semua kerja keras Anda. Ingatlah bahwa ini bukan proses instan. Anda harus berjuang dan bekerja keras sampai Anda bisa memonetisasi blog Anda.

Share

0 Response to "√ 5 Langkah Blogger Menghasilkan Uang dari Kegiatan Blogging"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel