√ Pengertian Apresiasi : Fungsi, Manfaat, Tujuan, Bentuk Apresiasi Lengkap

Pengertian Apresiasi adalah suatu penghargaan terhadap suatu karya seni

Pengertian Apresiasi Secara Umum

Banyak orang yang masih belum mengetahui apa yang dimaksud dengan apresiasi? Tentunya pengertian apresiasi akan kita bahas secara ringkas dan sederhana, sehingga mudah dimengerti oleh semua kalangan.

Apa artinya apresiasi? Apa yang dimaksud apresiasi? Pengertian apresiasi adalah proses atau bentuk mengapresiasi, penghargaan, atau penilaian terhadap suatu hal yang berkaitan dengan sebuah karya seni dan karya sastra dan juga mengevaluasi hal-hal yang berkaitan dengan karya seni dan karya sastra tersebut.

Secara etimologis, kata "Apresiasi" berasal dari bahasa Latin yaitu "apreciatio" yang artinya adalah menghargai. Secara terminologi, arti kata “apresiasi” adalah proses penilaian atau sebuah penghargaan yang bersifat positif terhadap sesuatu yang dilakukan olehe seseorang dan memberikan penilaian positif.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dimaksud dengan apresiasi adalah setiap penilaian baik, apresiasi karya seni maupun karya sastra.

Baca juga : Pengertian Perencanaan

Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami pengertian apresiasi dan apa arti apresiasi, kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli tentang pengertian apresiasi. Berikut ini adalah pemahaman atau pengertian apresiasi menurut para ahli:

1. Prayogi

Menurut pendapat Prayogi pengertian apresiasi adalah semua aktivitas memberikan penghargaan yang dilakukan terhadap hasil penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang terhadap sebuah karya sastra ataupun karya seni tertentu. Apresiasi juga ialah bentuk rasa kagum dan ungkapan dari diri seorang penikmat karya seni ataupun karya sastra tertentu.

2. S. E Effendi

Menurut pendapat S. E Effendi pengertian apresiasi adalah aktivitas menyertai cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuhlah penghargaan, pengertian, kepekaan pikiran kritis dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra apapun.

3. Verbeek

Menurut Verbeek, konsep pengertian apresiasi adalah sejenis kesadaran penilaian, yang dievaluasi dengan mengapresiasi karya seni dengan memberikan kemampuan kepada setiap orang yang berhubungan dengan perasaan, pengalaman, keinginan, dan asumsi seseorang.

4. Hornby

Menurut pendapat Hornby arti apresiasi adalah suatu pengenalan dan pemahaman yang benar, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian terhadap karya seni dan karya sastra.

5. Elliyati

Menurut pendapat Elliyati definisi apresiasi adalah setiap kegiatan yang mendalami karya sastra secara sungguh-sungguh yang berkaitan kesungguhan penikmat sastra untuk menghargai, mengenali, dan menghayati, sehingga setiap penikmat karya seni dan karya sastra dapat menemukan penjiwaan yang benar-benar dalam terhadap karya tersebut.

6. Albert R. Candler

Menurut pendapat Albert R. Candler pengertian apresiasi adalah suartu proses memahami serta mengenali dan menyadari sepenuhnya seluk beluk terhadap karya seni, serta harus peka, sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga setiap orang dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara tepat dan semestinya.

Baca juga : Pengertian Ekspetasi

Fungsi Apresiasi Secara Umum

Mengacu pada pengertian apresiasi di atas, secara umum fungsi apresiasi adalah bentuk ekspresi apresiasi terhadap karya. Berikut adalah beberapa fungsi dari karya seni tersebut:

Mengacu pada pengertian apresiasi di atas, secara umum fungsi apresiasi adalah apresiasi terhadap karya. Berikut adalah beberapa fitur dari karya seni tersebut:

  • Sebagai cara untuk memberikan sebuah edukasi, empati, dan penilaian, terhadap sebuah karya seni atau sastra.
  • Sebagai sarana untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap karya seni dan karya sastra anak bangsa, dan bentuk kepedulian terhadap sesame masyarakat.
  • Sebagai cara untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan setiap orang dalam berbagai hal.

Manfaat Apresiasi

Memberikan sebuah apresiasi kepada seniman atas karyanya akan memberikan dampak bagi individu dan masyarakat atas hasil karya seni dan karya sastra mereka. Berikut ini adalah beberapa manfaat apresiasi yang bisa diterapkan dengan baik:

  • Supaya kita memahami tentang karya seni dan karya sastra dari berbagai sisi.
  • Meningkatkan rasa kecintaan kita terhadap karya seni dan sesama manusia.
  • Menjadi sarana untuk melakukan hiburan, empati, edukasi, dan lain-lain.
  • Meningkatkan dan mengembangkan suatu karya seni menjadi lebih baik lagi dari masa ke masa terutama di masa depan.

Tujuan Apresiasi

Sebenarnya apa tujuan memberikan apresiasi kepada orang lain? Secara umumnya, tujuan memberikan atau melakukan apresiasi adalah untuk mengedukasi masyarakat agar mengetahui apa, bagaimana, dan alasan dari suatu karya seni dibuat. Dengan mengedukasi masyarakat tentang tujuan, metode dan alasan penciptaan karya. Dengan cara ini, masyarakat dapat mengapresiasi dan mengevaluasi karya, serta mengembangkan nilai estetika karya seni. 

Selain itu, masyarakat dapat menghayati dan menilai suatu karya seni dan karya sastra dan mengembangkan nilai estetikan dari karya seni tersebut.

Selain itu, tujuan apresiasi adalah sebagai berikut:

  • Untuk menilai, mengevaluasi dan mengembangkan nilai estetika terhadap suatu karya seni
  • Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berkreasi dan berimajinasi dalam karya seni dan karya sastra
  • Untuk menyempurnakan dan meningkatkankeindahan karya seni

Baca juga : Pengertian Kompetensi

Jenis-Jenis Apresiasi

Apresiasi terbagi menjadi beberapa kategori, secara umumnya, jenis apresiasi dapat dibedakan dalam 4 (empat) kelompok. Berikut ini adalah beberapa jenis apresiasi tersebut:

1. Apresiasi Empatik

Untuk Jenis apresiasi ini merupakan sebuah aktivitas menilai atau menghargai suatu karya seni dan karya sastra yang dapat diterima secara indera saja.

2. Apresiasi Estetis

Nah, Jenis apresiasi ini ialah suatu kegiatan menilai atau menghargai suatu karya seni dengan melibatkan penghayatan dan pengamatan mendalam.

3. Apresiasi Kritik

Untuk Jenis apresiasi ini adalah aktivitas menilai atau menghargai suatu karya seni  dan karya sastra dengan melibatkan analisis, deskripsi, tafsiran, klasifikasi, evaluasi, dan penghargaan terhadap karya tersebut.

Baca juga; Pengertian Amanat

Tahap-Tahap Apresiasi

Padahal pada praktiknya, kegiatan apresiasi memiliki beberapa tahapan khusus. Berikut ini adalah tahapan apresiasi yang umum:

  • Pengamatan; proses pengamatan suatu karya seni dan karya sastra tidak hanya melalui indera saja, tapi memberdayakan seluruh pribadi setiap orang.
  • Aktivitas Fisiologis; aktivitas ini adalah suatu tindakan atau gerakan nyata saat melakukan pengamatan.
  • Aktvitas Psikologis; kegiatan ini merupakan sebuah persepsi dengan evaluasi yang menimbulkan suatu interpretasi imajinatif sebagai pendorong atau perangsang kreativitas seseorang.
  • Aktivitas Penghayatan; kegiatan ini merupakan pengamatan suatu karya seni dan karya sastra secara mendalam.
  • Aktivitas Penghargaan; kegiatan ini meliputi evaluasi terhadap obyek karya seni dan karya sastra serta menyampaikan suatu masukan terhadap karya seni tersebut.

Demikianlah penjelasan ringkas dan sederhana mengenai pengertian apresiasi, fungsi, tujuan, manfaat, jenis dan tahapan apresiasi pada umumnya. Semoga bermanfaat dari artikel ini dan memberikan wawasan terhadap suatu pengertian apresiasi.


Share

0 Response to "√ Pengertian Apresiasi : Fungsi, Manfaat, Tujuan, Bentuk Apresiasi Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel