Pengertian Banner (Spanduk): Arti, Fungsi, Tujuan,Ukuran, dan Jenis-Jenis Banner Lengkap

 

Banner adalah

Pengertian Banner Adalah

Apa yang dimaksud dengan banner (spanduk)? Secara umum banner diartikan sebagai media informasi non personal yang berisi informasi promosi, digunakan untuk tujuan promosi atau untuk memperkenalkan sesuatu kepada Publik.

Banner artinya adalah bentuk periklanan yang digunakan di Internet. Bentuk iklan online ini biasanya merupakan bagian dari halaman web dan digunakan untuk menarik perhatian browser ke situs web yang relevan. Spanduk ini biasanya dibuat menggunakan format gambar (JPG, GIF, PNG), script Java dan objek multimedia lainnya. Banner modern atau bahkan memiliki suara dan animasi agar terlihat lebih menarik. Tersedia berbagai ukuran, dari yang sangat kecil, sangat lebar, ramping hingga horizontal.

Pendapat lain menunjukkan bahwa pengertian spanduk adalah media promosi / publikasi yang menggunakan media print digital dengan ukuran tertentu dalam format vertikal atau potrait. Sebelum mencetak, Digital banner dibuatkan desainnya menggunakan perangkat lunak pengolah gambar (seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw) untuk mendesain Banner.

Di era digital, istilah spanduk sering digunakan untuk mendeskripsikan media promosi yang berisi gambar dan teks pada sebuah website atau blog. Banner pada website / blog biasanya memiliki link aktif, dan mengklik / mengklik link tersebut akan mengarahkan pengguna website / blog ke halaman website yang dipromosikan.


Pengertian Banner Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa itu banner, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Rachmat Kriyantono

Menurut Rachmat Kriyantono, pengertian banner merupakan salah satu bentuk komunikasi non personal yang menyampaikan pesan dalam menjual suatu produk, sehingga lebih banyak konsumen yang membeli produk yang dijual dan membayar media yang digunakan.

2. Darmadi Durianto

Menurut Darmadi Durianto, pengertian banner adalah proses komunikasi yang dirancang untuk mengajak banyak orang membeli dan menggunakan produk yang diiklankan, serta menjadi kegiatan promosi yang dapat meningkatkan daya beli masyarakat yang membutuhkan produk tersebut.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, iklan spanduk merupakan salah satu jenis media promosi yang memuat pesan atau berita yang menjadi informasi publik dan juga menjadi bahasa promosi dagang yang akan menarik konsumen untuk mengidentifikasi produk yang diiklankan.

4. Wikipedia

Menurut Wikipedia, iklan banner web adalah bentuk iklan yang digunakan di Internet. Bentuk iklan ini biasanya menjadi bagian dari halaman blog atau website, digunakan untuk menarik perhatian pengunjung yang mengunjungi (mengklik iklan) website yang diiklankan.

Baca Juga : Pengertian Banner

Fungsi dan Tujuan Banner

Pada dasarnya ciri-ciri banner adalah sebagai media pemasaran yang memuat publikasi, iklan, promosi dan berbagai keperluan lainnya. Sedangkan tujuan dari penempatan banner adalah untuk mempromosikan atau mengiklankan sehingga bila dilihat akan menarik lebih banyak perhatian orang.
Merujuk pada penjelasan pengertian banner di atas, beberapa fungsi banner adalah sebagai berikut:
  1. Media Informasi; Pemasangan banner merupakan cara yang sangat efektif untuk memberikan informasi kepada masyarakat baik berupa banner offline maupun banner pada suatu website / blog.
  2. Media Promosi: Selain sebagai media informasi, banner juga dapat digunakan secara efektif sebagai media promosi. Namun iklan banner tentunya harus ditempatkan pada posisi-posisi penting dan sering dilihat oleh masyarakat umum.
  3. Identitas / Fitur: Banner pada website / blog dapat berfungsi sebagai identitas atau fitur dari website tersebut, sehingga memudahkan pengunjung untuk mengingatnya. Banner di situs web juga bisa menjadi cara branding online.

Jenis-Jenis Banner

Banner dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan ukurannya. Adapun beberapa jenis atau contoh banner informasi adalah sebagai berikut:

A. Jenis Banner Berdasarkan Ukuran

1. Ukuran Standar

Banner ukuran standar sering digunakan untuk keperluan promosi, seperti window pop-up. Berikut adalah contoh ukuran Banner ukuran standar:
  • 300 x 250 IMU/ Pixel – Medium Rectangle
  • 250 x 250 IMU/ Pixel – Square Pop-up
  • 240 x 400 IMU/ Pixel – Vertical Rectangle
  • 336 x 280 IMU/ Pixel – Large Rectangle
  • 180 x 150 IMU/ Pixel – Rectangle

2. Banner dan Buttons

Banner semacam itu digunakan untuk situs media di Internet atau blog. Ini adalah beberapa ukuran yang sering digunakan:
  • 468 x 60 IMU/ Pixel – Full Banner
  • 234 x 60 IMU/ Pixel – Half Banner
  • 88 x 31 IMU/ PIxel – Micro Bar
  • 120 x 90 IMU/ Pixel – Button 1
  • 120 x 60 IMU/ Pixel – Button 2
  • 120 x 240 IMU/ Pixel – Vertical Banner
  • 125 x 125 IMU/ Pixel – Suara Button
  • 728 x 90 IMU/ Pixel – Leaderboard

B. Jenis-Jenis Banner Berbasis Bentuk

Berikut ini adalah contoh banner yang bisa digunakan dalam kegiatan promosi diantaranya sebagai berikut:

1. X-Banner

X Banner adalah spanduk yang berbentuk huruf X dengan dua buah tiang penyangga. Umumnya batang penopang terbuat dari aluminium yang ringan, sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. X-Banner dapat digunakan kembali dan sangat cocok digunakan di dalam maupun di luar ruangan.

Ukuran x banner yang standar ada di pasaran yang benar adalah tiang penyangga berbentuk X digunakan untuk pemasangan, maka dinamakan X Banner atau X Banner Tumpukan jenis ini terbuat dari pipa dan alumunium kecil sehingga mudah untuk dipindahkan.

Banner semacam itu bisa ditempatkan di dalam atau di luar ruangan. Keunikan dari banner ini adalah tiangnya dapat digunakan kembali, sehingga Anda dapat menghemat lebih banyak uang karena Anda hanya perlu mencetak ulang banner tersebut.

2. Banner-Y

Y banner adalah sebuah media promosi mirip dengan X banner, nama banner ini didasarkan pada tiang penyangga berbentuk Y, yang memiliki model batang penyangga yang dapat dipisahkan dari rangka. Ini memiliki alas bawah, jadi lebih kuat.

Namun promosi yang menggunakan spanduk Y sedikit lebih rendah dari spanduk X, dan ukuran standar jenis ini biasanya 60 x 160 cm.

3. Mini X-Banner

Bentuk banner mini X sama dengan banner X, namun ukurannya lebih kecil. Spanduk semacam itu biasanya diletakkan di atas meja untuk mempromosikan informasi, seperti jadwal acara atau menu makanan.

Iklan Mini X-Banner sama dengan iklan X-Banner, tetapi ukurannya berbeda. Keduanya menggunakan batang penyangga berbentuk X, dan ukuran banner ini 26 x 38 cm atau terkadang lebih kecil.

Bahan untuk banner ini ada dua macam, yaitu banner stainless steel lapis x, dan bahan banner tanpa lapis x. Banner ini biasanya dipasang di atas meja restoran sebagai alat untuk mempromosikan menu restoran.

4. Roll Banner

Bentuk roll banner adalah gulungan, yang sangat praktis digunakan di sini. Tarik saja spanduk dari atas ke bawah untuk melihatnya secara keseluruhan.

Banner ini fungsinya mirip dengan Mini X-Banner, biasanya diletakkan di atas meja. Keunikan dari jenis ini adalah bentuknya bisa digulung setelah dipakai. Oleh karena itu, saat Anda menggunakan banner ini, Anda hanya perlu menyeret banner dari atas ke bawah.

Ukuran banner ini biasanya 80 x 200 cm, atau 85 x 200 cm dan 120 x 200 cm, ada juga yang 15 x 200 cm. Tagline tersebut sangat efektif karena mudah digunakan dan dibawa kemana-mana.

Demikianlah uraian singkat tentang arti banner, fungsi dan tujuan banner, serta beberapa jenis banner yang sering digunakan dalam kegiatan promosi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan dapat menambah wawasan Anda.

Ada juga cara membuat favicon blog di postingan sebelumnya yang bisa anda pelajari juga. Juga bisa belajar bisnis di Blog ini.  Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat tentang cara mengoptimalkan website. Bila ada masukan ataupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.

Share

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Banner (Spanduk): Arti, Fungsi, Tujuan,Ukuran, dan Jenis-Jenis Banner Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel