√ Inovasi: Pengertian Inovasi, Ciri-Ciri Inovasi, Contoh Inovasi, Tujuan, dan Manfaat Inovasi

Inovasi adalah


Pengertian Inovasi Secara Umum

Pentingnya memahami apa arti inovasi? Sebenarnya apa yang dimaksud dengan inovasi? Pengertian inovasi mempunyai nilai lebih, karena inovasi adalah proses dan/atau hasil pengembangan dari penggunaan produk/sumber daya yang sudah ada sebelumnya. Jadi, Inovasi artinya menambah nilai suatu produk dari sebelumnya.

Inovasi adalah ide baru yang diterapkan untuk meluncurkan atau memperbarui produk atau proses dan layanan. Inovasi adalah ide, gagasan, objek, dan praktik yang ditetapkan dan diterima sebagai sesuatu yang baru yang diadopsi atau diaplikasikan oleh orang atau kelompok tertentu.

Beberapa orang mengatakan Inovasi berarti pembaharuan dari berbagai sumber daya, dan beberapa orang mengatakan bahwa sumber daya ini meningkat dan lebih bermanfaat bagi manusia. 

Proses inovasi sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu inovasi menjadi lebih mudah untuk membuat hal-hal baru dan berbeda. Orang yang melakukan inovasi disebut inovator.

Pada dasarnya manfaat inovasi adalah untuk memperbaiki atau meningkatkan penggunaan produk dan sumber daya sehingga masyarakat dapat lebih menikmatinya. 

Inovasi terjadi di banyak bidang kehidupan, termasuk bisnis, pendidikan, dan media dan lain sebagainya. Proses inovasi ini terus terjadi dalam kehidupan masyarakat karena keinginan untuk membuat segalanya lebih mudah dan lebih cepat. 

Contoh inovasi adalah evolusi telepon yang berubah dan semakin canggih. Sebelumnya , telepon menggunakan kabel, tetapi sekarang Anda dapat membawa telepon berfitur smartphone lengkap ke mana pun Anda pergi.

Baca juga: Pengertian Evaluasi

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

Sebenarnya faktor faktor personal yang mendorong inovasi adalah Keinginan untuk berprestasi, adanya rasa ingin tahu, kemauan mengambil resiko, faktor pendidikan dan pengalaman. Kehadiran inovasi yang lahir dari diri sendiri dan mendorongnya untuk mencari pemicu untuk memulai bisnis.

Anda dapat merujuk pendapat ahli untuk lebih memahami apa itu inovasi. Pengertian inovasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Van de Ven, Andrew H.

Menurut pendapat Van de Ven, Andrew H., definisi inovasi adalah pengembangan dan implementasi ide-ide baru oleh orang-orang selama periode pelaksanaan tertentu didalam susunan organisasi tertentu.

2. UU No. 19 Tahun 2002

Menurut UU No. 19 Tahun 2002, pengertian inovasi adalah  sebagai kegiatan penelitian, pengembangan dan / atau rekayasa yang dilakukan untuk membawa nilai-nilai baru dan konteks ilmiah untuk penggunaan praktis, atau untuk mengembangkan aplikasi baru yang dilakukan . Ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada untuk produk atau proses manufaktur.

3. Everett M. Rogers

Menurut pendapat Everett M. Rogers, pengertian inovasi adalah suatu ide , gagasan, objek, dan praktik yang diterima oleh seseorang atau kelompok tertentu dan akan diaplikasikan dan diadopsi.

4. Kuniyoshi Urabe

Menurut Kuniyoshi Urabe, pengertian inovasi adalah inovasi muncul dari proses kumulatif dan berjangka panjang yang melibatkan berbagai proses pengambilan keputusan, mulai dari penemuan ide hingga pengembangan sampai dengan implementasinya ke pasar.

Baca juga: Pengertian Koordinasi

Tujuan Inovasi

Inovasi terjadi karena orang memiliki tujuan tertentu yang ingin mereka capai. Tujuan inovasi adalah:

1. Menciptakan Pasar Baru 

Dengan menyediakan banyak produk bernilai tambah tinggi melalui inovasi, pasar baru di masyarakat akan tercipta bagi perusahaan. 

2. Memperluas Jangkauan Produk

Memperluas jangkauan Produk contoh dalam bisnis e-commerce saat ini seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan lain-lainnya. Pengusaha memperluas jangkauan produk mereka dengan menggunakan Internet untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan potensial. 

3. Perubahan Produk/Layanan 

Inovasi juga bertujuan untuk menggantikan produk atau jasa yang dianggap tidak efisien/efektif. Salah satunya adalah inovasi mesin sepeda motor yang hemat bahan bakar dan ada juga teknologi terbaru kendaraan yang menggunakan listrik seperti Tesla dan lainnya. 

4. Peningkatan Kualitas 

Secara umum, tujuan inovasi di berbagai sektor adalah untuk meningkatkan kualitas dan nilai dari apa yang sudah ada, baik itu produk maupun jasa yang dihasilkan. diharapkan dengan inovasi terbaru, produk-produk ini akan memiliki manfaat dan manfaat yang lebih berharga dari sebelumnya.

5. Pengurangan Biaya 

Inovasi juga bertujuan untuk berkontribusi pada pengurangan biaya, khususnya biaya tenaga kerja. Sebagai contoh, banyak mesin atau perangkat yang diciptakan saat ini yang dapat menggantikan tenaga kerja manusia dalam proses produksi. 

Mesin dan peralatan ini mengurangi biaya tenaga kerja produksi dan tentunya mengurangi penggunaan tenaga kerja manual. Selanjutnya, penggunaan mesin dan peralatan dalam produksi barang/jasa tertentu untuk meningkatkan efisiensi dan akan menghasilkan kinerja yang lebih baik.

6. Mengurangi Konsumsi Energi 

Orang selalu ingin menghemat energi, itu sebabnya orang membuat begitu banyak inovasi. Salah satunya adalah adanya energi terbarukan yang memanfaatkan alam sebagai sumber energi, seperti tenaga surya, tenaga angin dan air.

Baca juga: Pengertian Koordinasi

Ciri-Ciri Inovasi

Tidak semua ide dan gagasan dapat digolongkan sebagai inovasi. Ciri-ciri inovasi adalah sebagai berikut. 

  • Ciri Khusus, dengan kata lain, jika suatu gagasan memiliki ciri-ciri tertentu, maka gagasan tersebut dapat dikatakan sebagai suatu inovasi. 
  • Ide baru. Artinya, ide yang belum pernah dipublikasikan atau diungkapkan oleh orang lain. 
  • Ide-ide yang direncanakan, dapat diklasifikasikan sebagai inovasi jika dipertimbangkan dan direncanakan untuk pengembangannya. 
  • Memiliki Tujuan, Inovasi yang disengaja terkait dengan poin sebelumnya adalah ide yang dieksekusi dan direncanakan dengan sengaja untuk tujuan tertentu. 

Contoh Inovasi

Adapun contoh inovasi sosial dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. Sebagai berikut:

1. Produk 

Produk merupakan bidang penting yang dapat ditemukan dalam studi sistem ekonomi. Produk ini membantu memenuhi kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder masyarakat. Sebagai contoh, contoh nyata dari produk ini menggunakan air sebagai pengganti bensin.

2. Pendidikan 

Dalam hal inovasi pendidikan, Program ini tidak tersedia pada masa Indonesia baru merdeka karena masalah sulitnya tingkat korupsi yang tinggi KPK dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Iptek dan Teknologi yang membentuk program anti-korupsi.

3. Pelayanan Publik 

Dari perspektif inovasi, kita melihatnya dalam pelayanan publik dari yang manual hingga saat ini ingin dilakukan secara online. 

Online ini dilakukan tidak hanya untuk menyeimbangkan bentuk-bentuk perubahan sosial yang ada di masyarakat dengan munculnya teknologi baru, tetapi juga untuk mengurangi birokrasi yang menjadi nilai negatif bagi masyarakat umum.

4. Kewirausahaan

Kewirausahaan  Segmen wirausahalah yang dapat dipelajari dari inovasi ini, dan langkah ini secara langsung mengurangi dampak pengangguran bagi pemerintah dan masyarakat. Seperti yang terkait dengan Markobar bisnis makanan milik putra Jokowi, markobar merupakan produk bisnis yang tergolong baru.

Markobar adalah martabak biasa yang sebelumnya dianggap sebagai makanan murah dan tidak memiliki nilai potensial. Seorang pengusaha seperti putra Jokowi Kaesang memiliki kemampuan untuk memperluas bisnis markobar ke berbagai wilayah Indonesia dan dilaporkan akan diluncurkan di Asia Tenggara dan wilayah Asia. 

Baca juga: Pengertian Delegasi

5. Teknologi 

Teknologi, khususnya media sosial, dapat mempelajari bentuk-bentuk inovasi secara detail. Pada awal kemerdekaan Indonesia, media sosial tidak berkembang secepat sekarang, tetapi karena globalisasi dan tingkat penemuan yang tinggi, media sosial seperti Facebook, Blogger, Situs web, Twitter, dan Instagram telah menjadi tempat untuk bersosialisasi dan berinteraksi secara online.

6. Budaya 

Lambang budaya dapat diambil, dan nilai-nilai budaya yang menyertai kehidupan masyarakat Indonesia saat ini menjadi poin yang menarik untuk dipelajari negara lain. Misalnya, festival budaya, festival batik untuk mmemperkenalkan budaya Indonesia.

7. Transportasi

Dari gerakan masyarakat, kita harus mengambil tindakan dan tuntutan strategis yang kita hadapi dalam hidup ini. Melakukan terus menerus untuk menemukan bentuk inovasi yang terus muncul dan bermanfaat. Contoh inovasi dengan transportasi. Misalnya, ada aplikasi pemesanan ojek online seperti Gojek dan Grab.

Gojek dan Grab benar-benar bagian dari inovasi yang menghubungkan pengemudi ojek online dengan mereka yang membutuhkan. Tentu saja kelebihan dari sistem ini adalah dapat dengan mudah digunakan oleh semua masyarakat untuk menghindari harga-harga ojek yang mahal. 

Di sisi lain tukang ojek online tidak perlu menunggu dalam suatu wilayah, karena hanya tinggal menggunakan smartphone bilamana ada yang memesan tinggal pick up.

8. Pemerintahan

Beberapa ide, gagasan dan objek yang ada dalam sistem sosial pemerintahan juga tidak terlepas dari inovasi. Hal ini dapat berupa upaya untuk memecahkan suatu masalah yang muncul. 

Penemuan ide-ide inovasi dalam pemerintahan tidak selalu diterima oleh masyarakat umum dan pada akhirnya membutuhkan proses yang panjang dan penting. Misalnya, jika Anda ingin membuat NPWP online atau menjalankan perpanjangan SIM secara online dan tentunya Hemat waktu dan birokrasi. 

9. Kesehatan 

Bidang kesehatan atas inovasi dan terobosan baru yang ada di masyarakat, seperti program pemerintah untuk menanggulangi wabah virus corona. 

Aplikasi Peduli kemudian segera dibuka untuk mengatasi deteksi perjalanan manusia. Hal ini memungkinkan kita untuk langsung melacak lokasi orang tersebut ketika ada tanda-tanda covid.

Baca juga: Pengertian Implementasi

Demikianlah penjelasan sederhana dan secara singkat tentang pengertian inovasi, tujuan dan manfaatnya, serta ciri-cirinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.



Share

Belum ada Komentar untuk "√ Inovasi: Pengertian Inovasi, Ciri-Ciri Inovasi, Contoh Inovasi, Tujuan, dan Manfaat Inovasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel