√ Pengertian Workshop: Arti Workshop, Manfaat, Jenis, dan Tujuan Workshop

Pengertian workshop


Arti Workshop Adalah

Penting untuk memahamai apa yang dimaksud dengan workshop (lokakarya)? Secara umumnya, pengertian workshop adalah sekelompok orang yang memiliki minat, keahlian, dan profesi pekerjaan dalam bidang tertentu untuk berdiskusi dan melakukan kegiatan intensif pada topik atau proyek tertentu.

Pendapat lain berpendapat bahwa pengertian workshop adalah adalah suatu kegiatan di mana para ahli di beberapa bidang tertentu dan sekelompok orang dengan latar belakang profesional yang sama berkumpul untuk berkomunikasi satu sama lain dan membahas masalah tertentu.

Dalam praktiknya, kegiatan workshop biasanya lebih fokus membahas secara tuntas isu-isu tertentu dan disertai dengan pelatihan bagi peserta. Peserta workshop akan mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat dan dapat diterapkan sesuai dengan bidang keahliannya.

Baca juga: Pengertian Koordinasi

Ciri-Ciri Kegiatan Workshop

Secara umumnya, workshop berbeda dengan kegiatan diskusi lainnya. Mengacu pada pengertian workshop, ciri-ciri workshop adalah diantaranya sebagai berikut:

  • Kegiatan workshop harus dihadiri oleh sejumlah pakar atau pakar di bidang tertentu sesuai dengan topik yang akan dibahas.
  • Topik atau isu yang akan dibahas dalam workshop biasanya sangat terfokus dan berasal dari peserta workshop itu sendiri (life centered).
  • Kegiatan workshop biasanya dilakukan melalui komunikasi dua arah (musyawarah) antara pembicara dan peserta, sehingga diperlukan semangat peserta agar workshop tidak membosankan.
  • Kegiatan workshop menggunakan materi narasumber dan metode narasumber, sehingga peserta harus berpartisipasi aktif, sehingga kegiatan tersebut dapat membawa hasil yang baik bagi seluruh peserta.

Baca juga: Pengertian Komunikasi

Pengertian Workshop Menurut Para Ahli

Dibawah ini merupakan pengertian workshop menurut para ahli atau beberapa definisi ahli tentang workshop yang harus Anda ketahui:

Pengertian workshop adalah suatu kegiatan atau acara di mana beberapa orang yang memiliki keahlian di bidang tertentu berkumpul untuk membahas masalah tertentu dan mengajari para peserta workshop. Singkatnya, workshop adalah kombinasi antara teori dan praktik.

Workshop artinya mengacu pada pelatihan di mana peserta bekerja secara individu atau kelompok untuk menyelesaikan pekerjaan yang terkait dengan tugas-tugas aktual untuk mendapatkan pengalaman.

Pengertian workshop adalah adalah program pendidikan tunggal yang dirancang untuk mengajar atau memperkenalkan peserta pada keterampilan praktis, teknik, atau ide yang dapat digunakan dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari mereka. Wrokshop yang baik biasanya kecil dan biasanya terdiri dari 6-16 peserta sehingga bisa lebih fokus.

Workshop sering diselenggarakan untuk orang-orang dengan minat yang sama atau bekerja di bidang yang sama. Kegiatan workshop penuh dengan para ahli dan orang-orang dengan banyak pengalaman di dunia yang nyata.

Baca juga: Pengertian Kinerja

Pengertian Workshop Wikipedia

Wikipedia telah memberikan sebuah penjelasan sederhana tentang bahwa pengertian workshop adalah acara di mana banyak orang berkumpul untuk mengatasi masalah tertentu dan menemukan solusi, workshop ini adalah suatu konferensi kecil.

Tujuan dan Manfaat Workshop

Pada dasarnya kegiatan workshop dirancang untuk memberikan informasi dan pengetahuan baru kepada peserta sesuai dengan bidang keahliannya melalui pelatihan. Misalnya, workshop strategi pemasaran online yang diadakan melalui Google Ads dapat dijadikan referensi bagi para pelaku bisnis agar dapat memasarkan produknya melalui internet.

Kegiatan workshop juga membantu meningkatkan kualifikasi profesional sesuai bidang pekerjaannya. Dengan kata lain, kegiatan workshop dapat memberikan dan meningkatkan keterampilan dan kualitas seseorang.

Oleh karena itu, kegiatan workshop juga dapat menjadi wadah untuk menjalin kemitraan, solidaritas dan kerjasama antar peserta. Kegiatan workshop juga merupakan media yang efektif untuk berdiskusi dan merumuskan strategi dan metode serta mensosialisasikan rencana kepada peserta.

Baca juga: Pengertian Perencanaan

Jenis-Jenis Workshop

Workshop dapat dibagi menjadi beberapa jenis menurut kategori tertentu. Menurut pengertian workshop, jenis workshop adalah sebagai berikut:

1. Jenis Workshop Berdasarkan Sifat

Menurut sifatnya, kegiatan workshop dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Workshop Terikat, yaitu jenis workshop yang pesertanya diwajibkan mengikuti hasil yang diperoleh oleh workshop tersebut. Contohnya; Workshop standarisasi ISO.
  • Workshop tidak mengikat, yaitu jenis workshop yang pesertanya tidak perlu mengikuti hasil yang diperoleh dari seminar tersebut. Contohnya; Workshop strategi pemasaran online Google Ads.

2. Jenis Workshop Berdasarkan Waktu

Menurut waktunya, kegiatan workshop dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Workshop Berkelanjutan, yaitu jenis workshop yang diadakan dalam jangka waktu tertentu. Contoh: Workshop diadakan selama 3 hari berturut-turut.
  • Workshop Reguler, yaitu seminar yang diadakan secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Contoh; Workshop diadakan setiap bulan atau setiap enam bulan sekali.
Artikel lainnya: Manajemen Pers

Demikian penjelasan sederhana dan secara singkat pengertian workshop, ciri, tujuan, manfaat dan beberapa jenis workshop. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menambah wawasan Anda.

Share

Belum ada Komentar untuk "√ Pengertian Workshop: Arti Workshop, Manfaat, Jenis, dan Tujuan Workshop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel