√ Apakah Bisa Konsisten Ngeblog? Berikut 5 Caranya untuk Anda

√ Apakah Bisa Konsisten Ngeblog? Berikut 5 Caranya untuk Anda


Cara Konsisten Ngeblog? Berikut 5 Caranya untuk Anda

Konsisten adalah kebiasaan yang penting untuk dimiliki. Anda akan cenderung tidak mencapai hal-hal besar jika Anda tidak secara teratur membuat keputusan yang cerdas dan mengambil tindakan yang tepat. Konsisten adalah perilaku yang terkait dengan dedikasi dan komitmen.

Menjalankan blog membutuhkan strategi untuk memberikan manfaat yang diharapkan. Tapi apapun strategi yang kita ambil, semua ini tidak berarti apa-apa tanpa konsistensi. Terutama dalam memperbarui konten blog. Mengapa? Karena konsisten ngeblog dapat meningkatkan peringkat blog dan pengunjung blog. Di situlah letak perbedaan antara blogger yang sukses dan yang gagal.

Ngeblog atau blogging benar-benar aktivitas yang sangat menantang dan menarik, Bagaimana tidak, seorang blogger dalam bisnis ini dituntut untuk konsisten dalam menjalankan blognya. Tidak dalam hitungan mingguan, namun seorang blogger yang ingin blognya sukses harus terus menerus mengelola blognya setiap hari. 

Disinilah blogger sering jatuh dan mengalami kegagalan dalam pengelolaan blognya. Hal Itu terjadi karena mereka tidak bisa menjalankan blog mereka secara konsisten setiap hari. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi blogger yang sukses, Anda harus bisa membuat blog secara konsisten. Apakah itu bisa? Tentu saja pasti bisa. Dan inilah cara menjadi blogger yang konsisten.

Baca juga : 5 Langkah Blogger Menghasilkan Uang dari Kegiatan Blogging

1. Yakinkan Diri Bahwa Anda Pasti Bisa

Cara pertama untuk menjadi konsisten dalam kegiatan blogging adalah dengan meyakinkan diri sendiri bahwa Anda bisa membuat blog yang bagus. Nah, jangan ragu untuk membuat niat serius untuk membuat blog yang bagus. Jangan hanya menulis untuk bersenang-senang. Namun lebih dari itu, Anda perlu memiliki niat dan keyakinan untuk bisa membuat konten blog yang bagus dan informatif.

Memang tidak mudah membuat blog yang bagus dari awal, karena harus melalui masa perjuangan yang berdarah-darah. Namun Anda jangan putus asa dan perlu percaya diri untuk membuat blog yang bagus dan diapresiasi oleh pengunjung blog. Dengan niat ngeblog yang terus membara, Anda akan selalu termotivasi untuk ngeblog setiap hari.

2.  Buka Mata dan Pikiran Anda 

Cara untuk tetap konsisten dalam blogging adalah dengan menjaga mata dan pikiran Anda terbuka untuk segala sesuatu yang ada di sekitar Anda. Dengan cara ini akan lebih mudah bagi Anda untuk memiliki banyak ide untuk ditulis setiap hari.

Blogger yang benar-benar berpikiran terbuka lebih cenderung memunculkan ide daripada blogger yang tidak ingin terbuka terhadap lingkungan mereka dan segala sesuatu di sekitar mereka. Jadi jika Anda ingin konsisten dalam blogging, Anda harus tetap membuka mata dan pikiran Anda terhadap segala apapun sesuatu di sekitar Anda.

3.Berkelana Mencari Ide dan Pengetahuan Setiap Hari 

Layaknya seorang pejuang ksatria, seorang blogger juga harus berkeliling mencari ide dan pengetahuan agar dapat terus tumbuh dan berkembang. Ide dan pengetahuan tidak akan otomatis datang kepada Anda (blogger) dengan duduk berdiam diri. Setidaknya Anda harus bergerak untuk mencari ide dan pengetahuan tersebut di dunia maya dengan membuka laptop atau perangkat melalui internet

Tetapi Anda juga dapat menjelajahi ide dan pengetahuan ini di dunia nyata dengan keluar dari rumah ke tempat tertentu. Dengan Anda terus-menerus mengembara dalam mencari ide dan pengetahuan, Anda memiliki lebih banyak peluang untuk bisa ngeblog secara konsisten.

Baca juga : 11 Tips Untuk Meningkatkan Percaya Diri Seorang Blogger

4. Cari Blogger Lain yang Konsisten 

Selanjutnya, cara konsisten dalam ngeblog adalah dengan mencari panutan bagi blogger biasa. Benar sekali, dengan menjadi model blogger, Anda akan selalu tertantang untuk tetap ngeblog setiap hari. Selain menjadi panutan, Anda juga bisa menjadikan blogger terus-menerus blog sebagai "musuh" untuk mengaktifkan Anda dan mendorong Anda untuk ngeblog. 

Jadi ketika mereka memposting sesuatu artikel blog yang tidak Anda lakukan, Anda harus membuat postingan juga dengan dengan cepat. Dengan adanya referensi blogger lain Anda akan termotivasi untuk terus ngeblog secara konsisten setiap hari.

5. Jangan Puas Dengan Pencapaian 

Terakhir, cara untuk konsisten dalam blogging adalah jangan berpuas diri dengan semua pencapaian Anda. Nah, ketika Anda bisa membuat blog Anda bagus, maka jangan pernah sombong dan bangga. Tetapi lebih dari itu, Anda harus tetap santai atau rendah hati. 

Daripada berpuas diri, lebih baik Anda menetapkan tujuan lain yang bisa membuat Anda lebih baik. Dengan pendekatan tanpa kompromi ini, Anda akan selalu ditantang untuk terus meningkatkan blog Anda. Maka dari situ, konsistensi Anda sebagai blogger akan terjaga dengan baik.

Jangan membual tentang semua pencapaian blogging Anda. Lebih baik Anda terus fokus menjadi blogger yang bermanfaat dan menginspirasi. Sehingga semangat menulis tetap ada, bahkan setelah mencapai tujuan tertentu.

6. Tentukan Visi Blog 

Visi blog akan membuat kita tetap termotivasi untuk mencapai tujuan blogging kita. Jika rasa malas tiba-tiba muncul, kita bisa dengan mudah menghilangkannya. Karena ada alasan bagus untuk terus membuat artikel blog yang efektif. Terutama mereka yang memiliki visi menjadi blogger profesional yang dapat menciptakan keseimbangan dalam akun rekening bank.

7. Jangan Pernah Menyerah 

Tanpa komentar atau bahkan pembaca, jangan biarkan semangat blogging mati. Karena sekali Anda tidak bisa menulis lagi, akan sangat sulit untuk memulai dari awal. Terus buat artikel. Yakinlah bahwa setiap karya pada akhirnya akan menemukan pembacanya sendiri.

8. Niat Lurus 

Berawal dari niat baik pada akhirnya akan menghasilkan hal yang baik. Demikian juga untuk tetap konsisten dalam blogging. Jadi ketika kita menulis kita tidak merasa terbebani. Karena pikiran akan terbebas dari hal-hal yang menguras energi yang berhubungan dengan kepentingan diri sendiri, yang akhirnya menjadi malas untuk menulis.

Saya hanya menulis agar saya dapat terus berbagi dan menjadi orang yang lebih bermanfaat. Dengan cara ini niat kita akan terhubung untuk terus menghabiskan waktu mengupdate blog. Dan menurut saya, niat adalah modal awal yang memungkinkan kita untuk terus ngeblog secara konsisten, meski tanpa feedback.

Baca juga: Investasi Seorang Blogger yang Seharusnya Dilakukan

9. Memperkaya Ide 

Ide adalah harta seorang penulis. Jadi jangan pernah biarkan ide itu terbang. Tangkap, simpan, dan perluas saat Anda ingin memperbarui blog Anda. Banyak ide, itu akan membantu kita untuk menulis artikel lebih mudah. 

Saya biasanya membawa buku harian ke mana-mana untuk menuliskan ide-ide yang datang kepada saya. Karena secara eksternal, ide-ide menarik sering muncul untuk konten tertulis. Dengan cara ini saya  bisa selalu aktif mengisi konten blog.

10. Manajemen Waktu 

Banyak orang bermasalah dengan waktu seolah 2jam sehari tidak cukup. Hal inilah yang seringkali menjadi kendala bagi sebagian blogger dalam upaya menjaga konsistensi blog. Untuk melakukan ini, Anda harus mengatur waktu Anda dengan baik. Jadwalkan waktu untuk blog. Cobalah untuk memilih jadwal yang fleksibel atau menyesuaikannya jadwal untuk ngeblog, atau dia bisa memanfaatkan waktu luangnya dengan cerdas untuk membuat konten blog. 

Nah, untuk menghindari kebosanan atau ide mentok, Anda juga bisa menggunakan teknik pomodoro saat menulis, termasuk mengatur waktu antara bekerja dan istirahat. Itu bisa membuat kita lebih fokus dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

11. Bergabung dengan Komunitas 

Komunitas blogging akan membantu Anda berkembang lebih jauh lagi. Disini kita bisa mendapatkan banyak ilmu tentang blogging. Bahkan dari orang-orang yang sudah lanjut usia dan profesional. Selain itu, kita memiliki lingkaran pertemanan yang luas di antara para blogger. Jangan lupa bahwa teman memiliki pengaruh yang kuat pada pembentukan keadaan pikiran. Dan seringkali, teman yang berpikiran sama akan saling memotivasi dan menyemangati. Dan penting bagi kita untuk bekerja secara efisien.

12. Ingin Terus Belajar 

Terus memperkaya pengetahuan Anda tentang dunia blogging. Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Jika Anda tidak mengerti, jangan ragu untuk bertanya kepada blogger lama. Biasanya mereka ramah dan senang membantu. Semakin kita mengerti, semakin sayang jadinya jika kita tidak membuat karya tulisan blog.

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

Demikian tips yang bisa diterapkan pada blog secara konsisten. Semoga cara di atas bisa menjadi referensi bagi Anda. Jangan khawatir, tidak ada yang rumit. Yang rumit adalah cara berpikir kita. Percaya pada kemampuan Anda sendiri bahwa Anda juga bisa menjadi blogger yang profesional dan efektif.

Share

0 Response to "√ Apakah Bisa Konsisten Ngeblog? Berikut 5 Caranya untuk Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel