√ Kebingungan yang Selalu Ditemui Saat Awal Memulai Ngeblog

Kebingungan yang Selalu Ditemui Saat Awal Memulai Ngeblog


Kebingungan Pertama Pada Saat Memulai Blog

Ngeblog adalah istilah dalam bahasa indonesia yang disebut blogging, kegiatan ngeblog adalah cara berbagi konten blog yang berisi informasi-informasi yang banyak dicari oleh pengunjung blog. Sebelum terjun ke dalam dunia blogging, ada baiknya untuk membaca informasi mengenai blog untuk dijadikan pertimbangan untuk menentukan seberapa bagus bisnis dalam dunia blog. Tetapi tidak perlu khawatir karena panduan blog bisa Anda baca di blog ini.

Kegiatan blogging memang bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin mencoba peruntungan mencari uang di internet. Ada banyak cara untuk memonetisasi blog sehingga bisa menghasilkan banyak uang. 

Anda bisa menjadi publisher Google Adsense, Anda bisa menjalankan bisnis afiliasi dan saya rasa masih banyak lagi. Jadi, ketika blog Anda bagus, pengunjungnya banyak, potensi untuk menghasilkan uang dari blog tentu saja akan lebih tinggi.

Membangun dan menjalankan blog, bagi yang sudah berpengalaman, mungkin bukan hal yang sulit. Namun bagi seorang pemula atau newbie, ada beberapa langkah yang seringkali sulit bagi pemula dalam menekuni dunia blogging. Berikut adalah beberapa kebingungan yang sering saya temui dan juga alami ketika saya pertama kali mulai belajar blogging.

Banyak orang yang kini mulai terjun ke dunia blogging, baik itu mahasiswa, mahasiswi, ibu rumah tangga, dan lain-lain. Tentunya setiap orang memiliki jawaban yang berbeda ketika ditanya tujuan dari blog pertama mereka. 

Ada orang yang tujuannya hanya untuk melakukan hobi menulis, ada juga yang ingin berbagi sesuatu yang berguna untuk orang lain. Dan ada juga yang ingin mendapatkan penghasilan dari ngeblognya.

Namun di sisi lain, di antara banyak orang yang ingin menjadi seorang blogger, pasti ada yang merasa bingung setelah memulai blogging, terutama bagi para pemula seperti saya. Mengapa blogger pemula merasa bingung? 

Karena mereka tidak dipersiapkan dengan baik sebelum mereka membuat blog untuk pertama kalinya dan terjun ke dunia blogging. Sementara terkadang banyak pemula yang tidak tahu harus menulis apa setelah memiliki blo, Berikut ini ulasannya.

Baca juga: 5 Langkah Blogger Menghasilkan Uang dari Kegiatan Blogging

1. Menentukan Tema Atau Niche Blog

Meski terkesan sepele, banyak newbie blogger yang masih bingung memilih niche blog (topik utama) untuk blognya. Kebanyakan dari mereka bingung karena ada begitu banyak contoh blog yang sukses dengan banyak niche berbeda yang terdaftar. Ada banyak niche blog yang bisa dikerjakan, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih niche blog ini. Yang paling sederhana sering kali cocok dengan passion dan hobi Anda sendiri.

Hal yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda menyukai sesuatu, biasanya hal itu bertahan lama dalam hal konsistensi. Pertimbangan selanjutnya adalah Anda dapat memulai blogging dengan niche blog yang sesuai dengan pengalaman kerja offline Anda. Misalnya, jika Anda seorang guru, Anda dapat membahas topik niche blog pendidikan.

Jika Anda seorang dokter atau perawat, Anda dapat mendiskusikan topik niche blog kesehatan. Mengingat karir ini bisa sangat bagus karena tentunya anda akan memiliki ilmu yang lebih dari yang lain, dan bisa menjadi modal utama anda untuk ngeblog.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih niche blog terbaik yang sesuai dengan passion Anda. Saat ini banyak pilihan niche blog adsense bayaran tinggi tentunya akan lebih besar kesempatan Anda dalam menghasilkan uang dari blog.

Baca juga : 7 Cara Membuat Pengunjung Blog Betah Berada di Website Anda

2. Memilih Platform yang Cocok Untuk Ngeblog

Di samping platform blogging, blogger sering bingung memilih platform mana untuk blogging. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk blogging seperti wordpress, blogspot dan lain-lain. Jika demikian, saya pikir yang terbaik adalah memilih platform yang sudah Anda kenal.

Ini berarti Anda dapat menguasai bahkan sebagian kecil dari platform sehingga Anda tidak membuang waktu untuk mempelajari platform baru yang belum Anda kuasai. Jika Anda sudah familiar dengan blogspot, gunakan platformnya terlebih dahulu, kemudian jika Anda benar-benar mahir dan bisa menghasilkan uang dengan blogspot, Anda bisa mencoba platform baru yang lainnya.

3. Bingung Memilih Antara Platform Berbayar Atau Gratisan

Ini hampir seperti poin nomor dua, kebingungan ini juga sering dialami oleh blogger baru. Ada yang bilang yang berbayar pasti lebih kuat, memang benar. Tapi jangan salah, ada juga blog gratis scalable maksimum untuk menghasilkan uang seperti blogger.com.

Jadi, menurut pendapat saya, jika Anda seorang blogger pemula yang belum pernah menghasilkan uang dari aktivitas blogging, maka Anda harus menggunakan blog gratis terlebih dahulu. Apabila blog Anda bisa sukses dan sudah menarik banyak pengunjung, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan blog berbayar.

Baca juga : Cara Menentukan Niche Blog yang Tepat Untuk Anda? Berikut Ini Jawabannya

4. Bingung Menentukan Cara Memonetisasi

“Bagaimana cara Anda menghasilkan uang dari blog? Atau lebih dikenal, monetisasi blog?” Pertanyaan ini sering muncul di benak para penulis website. Alasannya adalah karena selama beberapa tahun blog situs tidak lagi berfungsi sebagai profil pribadi penulis tetapi juga sebagai cara untuk berbagi informasi dengan publik, jadi Anda perlu tahu cara menghasilkan uang yang cocok untuk blogging.

Memonetisasi blog, atau "memonetisasi blogging", adalah aktivitas pemasaran yang dapat menawarkan manfaat, baik fisik maupun eksposur. Sedangkan dari sisi fisik Anda bisa mendapatkan keuntungan langsung berupa uang, sisi eksposure bisa meningkatkan awareness website Anda di mata audiens yang Anda targetkan. 

Sebenarnya, ada banyak cara menghasilkan uang atau memonetisasi blog, dan mungkin itulah yang membingungkan blogger pemula. Yang paling populer sejauh ini adalah menjadi publisher Adsense. Namun pada kenyataannya, ada cara lain, seperti mendapatkan komisi dari pemasaran afiliasi, menyediakan ruang iklan di blog, menawarkan layanan atau produk mereka sendiri, jasa ulasan produk perusahaan atau blog orang lain, dan lain-lain.

Namun perlu diingat bahwa untuk dapat menghasilkan uang dari blogging, tentunya blog Anda harus layak dulu, yaitu memiliki banyak pengunjung dan stabil. Jadi jangan berpikir untuk mencari uang dulu, yang terpenting adalah meningkatkan kualitas blog Anda agar bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung. Jika Anda sudah memiliki banyak pengunjung, maka pintu menghasilkan uang dari blog Anda akan semakin terbuka lebar.

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

Demikianlah beberapa kebingungan yang sering dialami oleh para pemula di dunia blogging. Sebagai permulaan, perbanyak informasi dan jangan langsung berpikir cepat untuk menghasilkan uang dari blog.


Share

0 Response to " √ Kebingungan yang Selalu Ditemui Saat Awal Memulai Ngeblog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel