√ Pengaruh Besar Media Sosial Dalam Kegiatan Blogging

Pengaruh Besar Media Sosial dalam Kegiatan Blogging


Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Blog

Sebelum mempelajari pengaruh media sosial terhadap blog, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu media sosial? Media sosial adalah sarana untuk berkomunikasi satu sama lain dan berlangsung secara online, yang memungkinkan manusia untuk saling berkomunikasi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Pengertian media sosial adalah mampu menghilangkan batasan manusia, batasan ruang dan waktu dalam sosialisasi, media sosial memungkinkan orang untuk berkomunikasi satu sama lain di mana saja dan kapan saja, tidak peduli seberapa jauh jaraknya, siang atau malam.

Seperti yang sudah kita ketahui sekarang, media sosial telah menjadi hal yang sangat fenomenal di abad ini. Tentu saja, jumlah penggunanya yang terus meningkat setiap tahunnya membuat statusnya sebagai fenomenal media sosial tak terbantahkan lagi. Pemanfaatan dan penggunaan media sosial saat ini semakin meluas.

Media sosial dapat membuat keberadaan Anda menjadi popularitas dan eksis bahkan hingga pertumbuhan penjualan. Dan salah satu bidang yang juga terkena dampak ledakan media sosial ini adalah blogging. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sosial media benar-benar dapat meningkatkan popularitas, popularitas pribadi, bisnis, dan blog.

Tidak jarang para blogger menggunakan dan memanfaatkan media sosial sebagai strategi untuk meningkatkan popularitas blognya. Misalnya dengan menggunakan twitter, facebook, Instagram, linkedIn, Pinterest, dan lainnya. Benarkah media sosial lebih banyak bermanfaat untuk aktifitas blogging? Berikut ikhtisarnya

Baca juga : Kekurangan dan Kelebihan Menulis Artikel Blog Dengan Smartphone

Apakah Media Sosial Membantu atau Justru Malah Mengganggu Anda? 

Perlu kita ketahui bahwa dampak negatif media sosial dan dampak positifnya bisa mempengaruhi proses menjalankan kegiatan blogging. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, media sosial sangat membantu para blogger meningkatkan popularitas blog mereka. Berkat peran media sosial, postingan yang diunggah justru bisa dibagikan atau dishare di media sosial, yang bisa menarik pengunjung blog. Nah, semakin kuat pengaruh media sosial saat ini, semakin besar pula peluang para blogger untuk mendapatkan pengunjung ke blognya.

Di sisi lain, beberapa blogger menganggap keberadaan media sosial sebagai pengalih perhatian dari blogging. Beberapa blogger yang menganggap media sosial membosankan mengatakan bahwa mereka telah membuang-buang waktu, bahwa mereka yang seharusnya memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk membuat konten blog terbaik. Saat ini, para blogger ini lebih memilih cara atau strategi lain untuk mempopulerkan blog mereka tanpa bergantung pada media sosial.

Baca juga : 5 Peran Situs Media Sosial Untuk Sebuah Blog

Media Sosial Mengacaukan Fokus dan Konsentrasi 

Seperti yang saya bahas tempo hari lalu, media sosial memang menjadi salah satu faktor yang bisa menghambat blogging. Jika Anda saat harus berfokus pada pembuatan konten yang bagus untuk diposting di blog Anda, maka konten tersebut dapat berantakan karena blogger terbagi dalam fokus dan konsentrasi karena media sosial mengalihkan perhatian mereka. Media sosial memang menjadi salah satu hal yang bisa membuat seseorang kecanduan untuk terus menerus memainkannya.

Ketika satu unggahan dibuat dan komentar datang silih berganti, pemilik unggahan di jejaring sosial pasti penasaran ingin melihatnya dan mengomentari komentar tersebut. Komentar yang dibalas kemudian dikomentari ulang oleh orang lain dan berlanjut hingga siklus tanpa henti berakhir. Ini salah satu kemungkinan dan juga faktor chat yang bisa membuat para blogger kehilangan konsentrasi dan fokus karena media sosial.

Jadi Apa Solusinya? 

Ya, kalian para blogger yang sering terdistraksi oleh media sosial saat ngeblog, tentu tidak ingin langsung menghadapi situasi ini. Ada solusi atau cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi hal ini.

Pertama, disiplinkan diri Anda untuk membagi waktu antara bermain di media sosial dan mengerjakan blog Anda. Solusi pertama ini bisa dilakukan jika Anda masih bisa mengontrol diri dari bermain di media sosial. Solusi lainnya, kamu bisa menghapus media sosial yang mungkin mengganggumu. Tentu saja, tidak semua media sosial dapat memengaruhi upaya blogging Anda. Nah dari sini pilih dan hapus media sosial yang hanya bisa mengalihkan perhatian Anda.

Langkah yang terakhir, jika Anda sudah sangat ketergantungan dengan media sosial, Anda bisa menutup akun media sosial Anda dan tidak lagi menghubungkan blog Anda dengan media sosial. Ini menjauhkan Anda dari media sosial dan memungkinkan Anda untuk fokus pada aktivitas blogging Anda.

Baca juga : Travel Blogger Profesional Sering Menggunakan 4 Media Sosial Ini

Blogging Adalah Blogging

Sosial media atau media sosial adalah aktifitas blogging yang juga semakin populer, banyak blogger yang membuat persaingan sangat ketat. Ini karena sebagian besar blogger mencoba untuk tetap berada terdepan. Untuk menjadi yang terdepan, seorang blogger menerapkan berbagai strategi, salah satunya adalah memaksimalkan media sosial.

Namun satu hal yang harus diwaspadai oleh setiap blogger dalam hal ini adalah bagaimana Anda akan berhasil jika tidak fokus pada bisnis intinya. Jadi, jika Anda menggunakan strategi media sosial untuk meningkatkan popularitas blog Anda, pastikan blogging adalah prioritas utama.

Selain memiliki dampak negatif media sosial dan dampak positif media sosial, ada manfaat media sosial yang bisa gunakan sebaik mungkin untuk perkembangan blog agar lebih populer dikalangan semua orang. Contoh media sosial yang sering kita gunakan seperti facebook, Instagram, twitter, pinterest, dan lain-lain. 

Baca juga : Ingin Cepat Menjadi Blogger Sukses, Jangan Teori Saja, Segera Praktikkan!

Tujuan media sosial dibuat adalah untuk mempermudah berkomunikasi tanpa tatap muka, sehingga dalam jarak jauh kita bisa berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan bahkan kekasih hati. Kemudahan ini tentunya membantu setiap orang yang ingin sekedar ngobrol melepas rasa rindu dengan jarak jauh.

Share

0 Response to "√ Pengaruh Besar Media Sosial Dalam Kegiatan Blogging"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel