√ 5 Gangguan yang Sering Menghampiri Blogger Saat Ngeblog

5 Gangguan yang Sering Menghampiri Blogger Saat Ngeblog


Gangguan Saat Mulai Ngeblog

Blogging adalah proses membangun sebuah blog yang membutuhkan waktu yang lumayan lama, dan membutuhkan konsistensi dalam menjaga fokus untuk membuat artikel-artikel yang baik dan benar. Terkadang ada beberapa gangguan disaat kita menjalankan blogging, diantaranya dibawah ini akan dibahas sebaik mungkin. 

Blogging atau kegiatan mengelola blog membutuhkan fokus yang cukup besar untuk menjadi sukses. Ya, hanya dengan fokus seorang blogger bisa membuat konten blog dan postingan artikel yang bagus.

Sayangnya, untuk mencapai level fokus total ini tidaklah mudah. Pasalnya para blogger selalu diganggu oleh berbagai gangguan yang muncul pada saat ngeblog. Dan tidak sedikit blogger yang kemudian terlena dengan gangguan ini dan akhirnya membuat aktivitas bloggingnya tidak maksimal atau terbengkalai.

Saya termasuk salah satu orang (blogger) yang sering mengalami gangguan blogging juga. Saya tidak tahu mengapa saya merasa sangat sulit untuk menghindarinya. Namun, dengan niat dan keikhlasan yang ada, alhamdulillah sedikit demi sedikit gangguan tersebut dapat saya atasi. Sehingga konsistensi ngeblog terjaga dan tidak terkena distraksi. Apa sebenarnya bentuk gangguan yang sering ditemui blogger dalam proses ngeblognya? Berikut ikhtisarnya.

Baca juga : Pengaruh Besar Media Sosial Dalam Kegiatan Blogging

1. Media Sosial

Gangguan pertama yang sering ditemui para blogger saat ngeblog adalah media sosial. Hari ini, dengan semua fitur menarik yang ditawarkan media sosial, banyak orang, termasuk para blogger, terbuai di dalamnya. Asyiknya memposting status atau foto dan saling berkomentar membuat para blogger lupa bahwa mereka sedang ngeblog.

Jika blogger tidak segera memahami dan menyadari dampak dari media sosialnya, aktivitas bloggingnya mungkin akan terabaikan begitu saja. Nah, jika Anda ingin lebih fokus ngeblog, matikan smartphone dan putuskan sambungan internet dari laptop adalah solusi yang bisa Anda lakukan. 

Fokus untuk membuat artikel blog tanpa adanya gangguan smartphone, dan jangan letakkan hp Anda didekat laptop agar tidak menganggu pada saat membuat konten blog.

Media sosial memang selalu menjadi alat yang membuat seorang terlena dengan fitur-fitur menarik yang ditawarkannya, sehingga membuat semua orang lupa bahwa ada tugas yang lebih penting diutamakan. Jadi, waspadalah terhadap gangguan media sosial yang bisa berdampak negatif terhadap proses membangun blog.

Baca juga : 11 Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

2. Televisi

Alat elektronik  ini sudah lama dari jaman dahulu dikenal sebagai musuh orang tua yang ingin melihat anaknya fokus belajar. Seiring perkembangannya, ternyata televisi terus mengganggu bukan hanya anak-anak yang ingin belajar, tapi juga para blogger pada saat menjalankan aktifitas sebagai seorang blogger.

Selain itu, saat ini televisi sudah beralih dari tv analog menjadi tv digital dan perubahan ini membuat channel siaran tv menjadi lebih banyak. Perubahan ini membuat kita menjadi lebih sering nonton tv yang bisa menunda pekerjaan dalam membuat konten blog.

Ya, suara TV bisa sangat mengganggu seorang blogger ketika sedang membuat artikel. Anda mungkin berjanji tidak ingin melihat layar persegi panjang itu, tetapi jika ada audio dari film atau iklan yang menarik, Anda mungkin ingin melihatnya dan terus menonton tv. Dengan adanya distraksi seperti inilah kegiatan blogging menjadi terbengkalai.

Seperti para entrepreneur mengatakan bahwa jika ingin sukses dan produktif setiap hari, maka jauhi aktifitas menonton televisi, bahkan jangan pernah nonton tv karena bisa berdampak buruk terhadap perkembangan kemampuan kita. Pepatah ini ada benarnya juga karena televisi saat ini hanya menyajikan film-film yang kurang bermanfaat seperti sinetron, berita gosip, dan lainnya.

Lebih baik tidak perlu menonton televisi sama sekali dan berfokuslah dalam menjalankan kegiatan blogging, mulai dari membuat artikel, membuat gambar untuk ilustrasi artikel, mencari backlink, dan lainnya.

Baca juga : Manfaat dan Keuntungan Update Artikel Blog Setiap Hari

3. Instant Messaging (Pesan Singkat)

Instant messaging atau pesan singkat yang muncul sebagai obrolan di smartphone juga bisa mengganggu para blogger. Bagaimana tidak ketika Anda membuka percakapan, itu berlanjut dengan membalas chat terus menerus dan membahas hal-hal yang tidak penting.

Siapa yang tidak mengenal whatsapp, telegram, dan media chat online lainnya. Dengan adanya aplikasi chat tersebut bisa membuat para blogger terganggu karena yang ngobrol pasti tidak ada ujungnya, tentunya harus bijak dalam menggunakan teknologi sehingga tidak menganggu dalam menjalankan kegiatan blogging.

Apalagi jika perbincangan itu antara pacar, bisa jadi aktivitas blogging Anda akan terganggu karena perhatian Anda akan teralihkan ke smartphone dan pacar Anda. Makanya mematikan smartphone bisa jadi solusi agar kamu bisa benar-benar fokus ngeblog. Setelah selesai membuat artikel blog barulah bisa menghidupkan kembali smartphone Anda, takutnya ada pesan dari keluarga yang penting untuk dibalas dan pesan penting lainnya mungkin terkait perkembangan blog Anda.

4. Panggilan Telepon

Selain aplikasi chatting dan media sosial serta TV, panggilan telepon juga dapat mengganggu aktivitas blogging Anda. Ya, jika ada seseorang yang benar-benar ingin berkomunikasi dengan Anda melalui telepon, bisa jadi panggilan telepon tersebut membuat blog menjadi terbengkalai. Karena yang namanya obrolan apalagi sesuatu yang penting pastinya berlangsung lama.

Walaupun berlangsung dalam waktu yang singkat, namun jika terjadi berkali-kali juga dapat mengganggu proses ngeblog Anda. Itu sebabnya jika Anda sering mendapat telepon dan tidak ingin aktivitas blogging Anda terganggu, Anda harus mematikan ponsel Anda sementara.

Panggilan telepon tersebut bisa melalui smartphone atau telepon rumah, keduanya sama saja bisa menganggu kegiata blogging Anda, jadi bijaklah dalam mengatur waktu dalam menjalankan kegiatan blogging sehingga tidak terganggu oleh panggilan telepon tersebut.

Baca juga : Cara Membangun Blog dan Mengembangkan dengan Cara Anda Sendiri

5. Urusan Mendadak dan Tiba-Tiba

Hal yang dapat mengalihkan perhatian blogger dari aktivitas ngeblog selanjutnya adalah kegiatan yang tiba-tiba dan mendadak. Ya, itu memang tidak bisa dihindari untuk semua orang. Seorang blogger yang urusan tak terduga ini mau tidak mau harus meninggalkan aktifitas bloggingnya.

Lantas bagaimana caranya agar urusan medadak ini tidak menganggu kegiatan blogging? Ini cukup sulit untuk dijawab karena tergantung pada kemampuan Anda untuk melakukannya. Oleh karena itu solusinya adalah anda harus bisa menemukan atau memilih hal-hal yang tidak terduga yang datang kepada anda.

Selain itu, pentingnya menyelesaikan urusan lain terlebih dahulu sebelum memulai aktifitas blogging Anda, misalnya ada beberapa tugas dalam keluarga yang harus diselesaikan. Maka, selesaikanlah tugas tersebut sampai dengan tuntas, sehingga tidak menganggu lagi pada saat menjalankan aktifitas blogging.

Baca juga : Ingin Cepat Menjadi Blogger Sukses, Jangan Teori Saja, Segera Praktikkan!

Manajemen Waktu

Waktu yang kita butuhkan untuk membuat artikel blog itu bisa dibilang lumayan memakan waktu tergantung kemampuan kita dalam menulis sebuah artikel. Tentunya artikel yang dibuat harus berkualitas dan berisi informasi yang bermanfaat, maka dari itu hindari kegiatan lain yang bisa menganggu proses dalam membuat artikel blog tersebut. 

Cerdaslah dalam manajemen waktu antara aktifitas blogging dan menyelesaikan tugas-tugas lainnya dalam kehidupan Anda. Waktu adalah hal yang paling krusial dalam mencapai sebuah target atau goals dalam hidup Anda, maka bijaklah dalam mengatur waktu tersebut sehingga tujuan-tujuan dalam ngeblog bisa segera tercapai.

Share

0 Response to "√ 5 Gangguan yang Sering Menghampiri Blogger Saat Ngeblog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel