√ Pengertian Manajemen Waktu: Fungsi, Manfaat dan Tujuannya

Manajamen waktu adalah


Pengertian Manajemen Waktu

Sebenarnya manajemen merupakan hal yang sangat penting untuk kita pelajari dalam dunia bisnis maupun pekerjaan, tetapi masih banyak orang yang belum memahami apa yang dimaksud dengan manajemen waktu? Pemahaman umum tentang manajemen waktu adalah merencanakan, mengatur, memobilisasi, dan mengukur produktivitas waktu.

Manajemen waktu adalah sumber daya yang dibutuhkan individu atau organisasi untuk dikelola dengan baik untuk mencapai tujuan mereka secara efisien dan efektif.

Pengertian manajemen waktu sebenarnya bisa diartikan sebagai suatu cara atau sarana dalam menggunakan dan mengatur setiap bagian waktu dalam melaksanakan kegiatan yang direncanakan dan harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu yang sudah kita atur untuk menyelsaikan suatu pekerjaan secara tepat waktu.

Tujuan utama dari manajemen waktu adalah menjadi efisien dan efektif dalam menggunakan waktu. Efisiensi waktu dapat dilihat dari tujuan yang telah ditetapkan dalam manajemen waktu sebelumnya atau dari pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca juga : Pengertian Manajemen

Manajemen Waktu Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen waktu menurut para ahli telah dijelaskan oleh beberapa ahli sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian produktivitas waktu kerja, Sebagai berikut:

1. Leman

Menurut pendapat Leman, pengertian manajemen waktu adalah penggunaan dan pemanfaatan waktu sebaik mungkin dengan merencanakan kegiatan secara terorganisir dan kompeten.

Manajemen waktu yang baik adalah ketika seseorang bisa menggunakan dan merencanakan waktu dengan efektif dan efisien, baik dia menggunakan waktu dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

2. Frederick Winslow Taylor 

Menurut pendapat Frederick Winslow Taylor, manajemen waktu adalah proses mencapai tujuan hidup yang besar dengan memulai kegiatan sepele yang seringkali memakan waktu lama. 

3. Hynes

Menurut pendapat Haynes, pengertian manajemen waktu  adalah proses individu menggunakan analisis dan perencanaan ketika menggunakan waktu untuk meningkatkan keuntungan dan efisiensi saat menyelsaikan suatu pekerjaan.

4. Davidson

Menurut pendapat Davidson, pengertian manajemen waktu adalah cara seseorang memanfaatkan waktu dengan baik ketika orang tersebut dapat melakukan sesuatu pekerjaan dengan lebih cepat dan lebih cerdas.

5. Akram 

Menurut pendapat Akram, manajemen waktu adalah penggunaan waktu yang tersedia untuk melakukan apa yang dianggap penting dalam sebuah kegiatan kerja. 

6. Forsyth 

Menurut pendapat Forsyth, manajemen waktu didefinisikan sebagai sarana untuk memastikan bahwa waktu dikendalikan untuk memastikan efisiensi dan efektivitas, serta produktivitas. 

7. Orr 

Menurut pendapat Orr, pengertian manajemen waktu adalah kemampuan untuk menggunakan waktu secara efektif dan efisien untuk memaksimalkan keuntungan.

8. Widyastuti

Menurut pendapat Widyastuti, pengertian manajemen waktu adalah kemampuan untuk memprioritaskan, merencanakan, dan memenuhi tanggung jawab pribadi untuk kepuasan pribadi. 

9. Atkinson 

Menurut pendapat Atkinson, manajemen waktu adalah jenis keterampilan yang terkait dengan semua bentuk upaya dan perilaku individu yang diterapkan secara sistematis untuk membantu orang memanfaatkan waktu mereka sebaik-baiknya. 

Baca juga: Pengertian Evaluasi

Manajemen Waktu Dalam Islam

Apaa yang dimaksud dengan "Manajemen waktu" apa itu manajemen waktu dalam arti sederhananya berarti "Mengatur waktu". Sebagai aturan umumnya, manajemen waktu dalam islam adalah tentang memaksimalkan organisasi, pengaturan, atau waktu untuk kegiatan dan tujuan produktif. Padahal, bila merujuk pada istilah "manajemen" dalam arti yang sebenarnya, jelas ada yang disebut perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi. 

Dalam manajemen waktu faktor-faktor ini harus benar-benar diterapkan, tetapi di sini kita dapat dengan sebutan lain atau dengan menyebutnya "seni manajemen waktu". Bahkan jika Anda perlu membuat salinan seperti itu, manajemen waktu tidak boleh terlalu ketat. 

Manfaat Manajemen Waktu

Bagi pemula atau newbie, manajemen waktu tidak bisa diabaikan dan malah harus menjadi prioritas utama dalam mencapai tujuan Anda. 

Berikut adalah beberapa manfaat dari manajemen waktu dalam organisasi, sebagai berikut: 

  • Membantu individu atau organisasi memprioritaskan. Misalnya, menentukan urgensi pelaksanaan suatu kegiatan 
  • Membantu mengurangi kecenderungan menunda pekerjaan yang diselesaikan 
  • Membantu mencegah konflik waktu saat melakukan dua atau lebih kegiatan secara bersamaan pada 
  • Membantu dalam proses evaluasi pekerjaan

Baca juga: Pengertian Koordinasi

Tetapi untuk kehidupan pribadi, manajemen waktu yang baik dapat kita lihat dari bagaiamana seseorang mengalokasikan waktunya untuk pekerjaan pribadi sehingga memungkinkan membuat manajemen waktu yang tepat. Manfaat manajemen waktu untuk kehidupan pribadi adalah: 

  • Kemampuan pribadi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi 
  • Meningkatkan reputasi profesional 
  • Menghindari tekanan dan stres
  • Meningkatkan peluang sukses 
  • Individu dan kehidupan seimbang 
  • Peluang karir yang lebih baik

Baca juga: Pengertian Perencanaan

Manajemen waktu yang baik merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Manajemen waktu adalah tentang bagaimana seseorang dapat mengatur atau merencanakan setiap kegiatan sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan benar dan tepat waktu. 

Hal ini dapat meningkatkan peluang keberhasilan Anda untuk bisnis yang sedang Anda kembangkan dengan menerapkan sistem manajemen waktu yang tepat untuk bisnis Anda, tetapi sering diremehkan oleh para pemula dalam bisnis. 

Nah, berikut adalah beberapa tips manajemen waktu yang bisa mempercepat kesuksesan dalam bisnis Anda: 

1. Disiplin Waktu 

Sebagaimana dijelaskan dalam pengertian manajemen waktu , tujuan manajemen waktu adalah untuk mencapai tujuan berdasarkan jumlah waktu tertentu. Oleh karena itu, perlu dibiasakan bekerja dengan disiplin waktu. Dengan kata lain, jangan biarkan pekerjaan Anda belum terselesaikan. 

Sikap tidak disiplin inilah yang menjadi pendorong pekerjaan menjadi tertunda dan tidak terselesaikan secara tepat waktu.

2. Fokus Pada Pekerjaan 

Jika Anda telah membuat daftar hal-hal yang perlu Anda lakukan, selalu fokuslah pada pekerjaan Anda. 

Lakukan apa yang Anda tetapkan dan jangan mudah tergoda oleh hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan Anda. Hal-hal ini dapat menunda kesuksesan, seperti bermain game atau tertidur di tempat kerja.

Baca juga: Manajemen Kinerja

3. Buat Skala Prioritas 

Tentu saja, keputusan Anda untuk terlibat dalam bisnis Anda bisa memakan waktu lama. Bahkan pengusaha sering menemukan bahwa 2 jam sehari tidak cukup untuk menyelesaikan tugas tertentu. 

Jadi, kita harus mengutamakan karena kita harus aktif dan banyak bekerja. Buat daftar kegiatan yang perlu dilakukan, kepentingannya dan kapan harus dilakukan. 

Anda dapat membuat tipe daftar yang berisi daftar tugas yang harus diselesaikan, terutama tugas yang diyakini memiliki masa tenggang yang lebih lama.

4. Manajemen Waktu untuk Bisnis Jangka Panjang 

Pengusaha sukses selalu sibuk dengan pekerjaan mereka dan pekerjaan adalah prioritas utama bagi mereka. Jika Anda merasa memiliki sedikit waktu luang karena Anda telah melakukan segalanya, jangan tergoda dan membuang waktu Anda. 

Jadikan setiap momen dalam hidup Anda menambah nilai bisnis Anda. Anda dapat menggunakan waktu luang Anda untuk mengembangkan rencana bisnis jangka panjang dan menetapkan tujuan untuk apa yang akan Anda capai dalam jangka waktu tertentu. 

Tujuannya adalah untuk mendapatkan dan mencapai tujuan perusahaan dalam jangka waktu yang ditentukan, pada dasarnya seperti yang dijelaskan dari pengertian manajemen waktu. 

Baca juga: Manajemen Organisasi

Pentingnya Manajemen Waktu

Manajemen waktu yang baik memungkinkan Anda mencapai lebih banyak hasil dalam waktu yang lebih singkat, memberi Anda lebih banyak waktu luang, lebih fokus, lebih produktif, lebih sedikit stres, dan lebih banyak waktu yang bisa digunakan untuk kegiatan bermanfaat lainnya.

Bagi para ahli dalam dunia bisnis, "waktu adalah uang, uang adalah waktu". Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang memulai bisnis dan bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin.


Share

Belum ada Komentar untuk "√ Pengertian Manajemen Waktu: Fungsi, Manfaat dan Tujuannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel