√ 5 Fakta Bisnis Online yang Wajib Diketahui Oleh Banyak Orang

5 Fakta Bisnis Online yang Wajib Diketahui Oleh Banyak Orang

5 Fakta Bisnis Online yang Wajib Diketahui Oleh Banyak Orang

Memiliki bisnis online sendiri adalah impian hampir setiap orang, termasuk saya sendiri. Suatu kepuasan tersendiri bagi kami ketika bisnis online kami berjalan dengan baik dan memberikan penghasilan rutin setiap bulannya. Bisnis online merupakan salah satu peluang usaha yang selalu memberikan solusi bagi pemilik bisnis dan menciptakan sebuah lowongan bisnis online atau lapangan pekerjaan bagi lingkungan dan menghidupkan kesejahteraan bagi masyarakat. 

Banyak orang telah sukses dalam bisnis online mereka dan telah membuat pendapatan besar dari bisnis online yang mereka jalani. Bahkan ada yang mengatakan bahwa bisnis online adalah solusi terbaik untuk memulai bisnis karena dapat dengan mudah dijalankan dimana saja. Apakah benar demikian?

Jika seseorang mengatakan bahwa bisnis online dapat memberi Anda penghasilan besar dengan cepat, mudah, dan santai, saya kira tidak sepenuhnya benar. Tidak semudah yang kamu pikirkan, tapi tidak sesulit yang kamu pikirkan. Pada Intinya, menjalankan bisnis online akan mudah, menyenangkan, dan memberikan banyak pendapatan, tetapi hanya jika Anda memahami dan mengerti cara menjalankannya dengan baik.

Baca juga : Pengertian Kewirausahaan

Saya melihat banyak pemula yang sangat ambisius dalam menjalankan bisnis online, salah satunya adalah teman saya. Dia selalu berkata, "Enak ya kamu bisa bekerja dari rumah dan kamu bisa mendapatkan uang dari luar negeri setiap bulan." Di lain waktu dia berkata, "Ajari aku, bro, aku ingin belajar berbisnis online sepertimu." Namun, teman-teman saya tidak tahu bagaimana saya memulai semua bisnis online yang saya jalankan. Faktanya, bisnis online tidak semudah yang dibayangkan banyak orang, dan tidak sesantai yang dipikirkan orang-orang. Banyak pengorbanan yang dilakukan pada saat awal memulai bisnis online.

Memang banyak orang yang sukses menjalankan bisnis onlinenya, namun lebih banyak yang gagal dalam bisnis onlinenya. Bisnis online hampir sama dengan bisnis offline yang membutuhkan kerja keras, keseriusan dan kesabaran dalam menjalankannya. Berbeda dengan yang sering kita dengar dan baca diberita, untuk bisa sukses di bisnis online butuh proses dan waktu yang lama.

Pada saat kita mulai berbisnis online, ada baiknya kita mengetahui beberapa hal tentang bisnis internet ini. Kita harus bisa melihat peluang, kekuatan dan kelemahan bisnis online agar kita bisa lebih cerdas memprediksi kemungkinan yang akan terjadi di masa depan. Beberapa orang yang telah gagal dalam bisnis online mereka mungkin dapat bangkit kembali dan berjuang lebih keras, tetapi yang lain mungkin merasa frustrasi dan putus asa tentang bisnis mereka.

Baca Juga : Peluang Usaha

Nah, hal inilah yang harud kita pahami dari awal, yang namanya berbisnis resikonya mengalami kegagalan dan kerugian yang pasti kita akan alami. Sudah siapkah Anda menjadi orang yang berhasil dalam bisnis online? Sudah siapkah mengalami kegagalan dihadapan kita nanti?

Dibawah ini adalah beberapa fakta tentang bisnis online yang harus Anda pahami:

1. Bisnis Online Membutuhkan Modal

Fakta pertama bisnis online adalah bisnis yang membutuhkan modal. Modal yang dimaksud di sini adalah modal material dan modal immaterial. Menurut saya, modal yang paling penting adalah modal immaterial, modal yang berasal dari diri kita sendiri. Kita harus memiliki keinginan berwirausaha yang kuat, kita harus konsisten, gigih, mau bekerja keras, kreatif, kreatif, dan pantang menyerah.

Tentunya selain modal imaterial, kita juga harus memiliki modal materi. Tentunya yang namanya bisnis online hanya bisa berjalan jika kita memiliki koneksi internet, dan itu pasti membutuhkan dana. Meski nilainya tidak terlalu besar, namun tetap harus diperhitungkan dengan dana yang kita keluarkan.

Baca Juga : Motivasi Bisnis

Jika kita tidak memiliki alat untuk menjalankan bisnis online, seperti PC/laptop dan modem internet, kita bisa menjalankan bisnis online dari warung internet (warnet). Namun, pastikan Anda dapat menyimpan semua akun Anda dengan aman di internet.

Pada tahap ini kita sudah memulai bisnis online dan bisa melihat bahwa bisnis online membutuhkan modal materiil dan non materi. Jadi, jangan percaya bahwa bisnis online bisa dijalankan tanpa modal sama sekali alias modal keinginan saja.

2. Bisnis Online Harus Kerja Keras dan Cerdas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bisnis online membutuhkan kerja keras. Orang-orang yang mampu menjalankan bisnis online tanpa repot adalah mereka yang telah melalui banyak tahapan pembelajaran dan berhasil mengatasi berbagai kendala. Tidak seperti pemula, setiap orang yang baru belajar bisnis online membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas untuk membangun bisnis online mereka.

Tentunya untuk dapat menjalankan bisnis internet dengan baik, kita harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang bisnis online. Ini adalah proses pembelajaran dan pengalaman yang memberikan segalanya, ilmu pemasaran internet bukanlah sesuatu yang dapat Anda kuasai dalam satu atau dua malam, bahkan jika Anda seorang jenius tetap harus belajar terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia bisnis online.

3. Bisnis Online Membutuhkan Waktu

Mirip dengan poin 2 di atas, bisnis online  butuh waktu untuk sukses. Nah, kalau ada tawaran jual ebook yang bilang bisnis online  bisa sukses dalam jangka pendek, bisa dibilang itu sebuah penipuan atau Scam, hati-hati dengan bahasa marketing seperti itu.

Baca juga : Peluang Usaha Digital Printing

Jika Anda serius ingin memulai bisnis online,  Anda harus menganggapnya sebagai  investasi jangka panjang. Memang  beberapa bentuk bisnis online dapat menghasilkan keuntungan dalam waktu yang relatif singkat, namun tidak semua  bisnis online seperti itu. Contohnya adalah forum kaskus yang dibangun oleh Andrew Darwis dan temannya Ken Dean Lawadinata. Keberhasilan forum terbesar di Indonesia ini membutuhkan waktu  beberapa tahun untuk sampai  seperti sekarang ini.

4. Semua Orang Bisa Berbisnis Online

Salah satu keuntungan berbisnis online adalah  siapa saja bisa melakukannya. Ketika saya melamar di perusahaan tempat saya  bekerja, saat wawancara, mereka menanyakan tentang gelar sarjana saya, IPK, nama universitas, dan pengalaman kerja saya. Memang sebuah proses yang harus kita ikuti jika ingin bekerja di dunia perkantoran.

Namun hal itu tidak terjadi dalam dunia bisnis online karena siapapun bisa melakukannya tanpa harus mengenyam pendidikan formal yang tinggi. Yang terpenting dalam bisnis online adalah kerja keras, kecerdasan, selalu siap belajar dan  semangat juang yang tinggi. Anda mungkin  seorang pemula hari ini, tetapi mungkin dalam beberapa tahun  Anda akan menjadi  ahli dalam dunia internet marketing.

Baca  juga : Bisnis yang Laku Setiap Hari

Saya tidak mengatakan  pendidikan formal  tidak penting. Yang ingin saya tekankan adalah siapa saja bisa sukses di bisnis online jika serius, apapun latar belakangnya, karena  banyak sekali jenis bisnis online yang bisa dimulai.

5. Banyak Jutawan dan Miliarder Berbisnis Online 

Berikut adalah fakta menarik tentang e-commerce bagi siapa saja yang menyukai perdagangan internet. Setiap orang berpeluang menjadi miliuner atau bahkan triliuner dari bisnis online. Beberapa contoh orang Indonesia yang sukses di bisnis online dan berpenghasilan besar adalah Anne Ahira (pemilik AsianBrain.com), Andrew Darwis (pemilik Kaskus.co.id), Hendrik Tio (pendiri Bhineka.com), Budiono Darsono ( pendiri Detik.com), dan lain-lain.

Jadi dengan fakta-fakta bisnis online tersebut di atas, apakah Anda siap untuk memulai bisnis online Anda sendiri? Bisnis online  menawarkan potensi keuntungan yang menarik, namun bisnis online juga memiliki resiko tersendiri, walaupun resikonya tidak sebesar bisnis biasa. 

Apalagi bisnis online bisa dijalankan secara 24 jam, sehingga potensi keuntungannya akan lebih tinggi dari bisnis offline. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menganggapnya sebagai hal yang mudah karena  menjadi  pebisnis online  membutuhkan waktu, Anda harus belajar keras dan tidak mudah menyerah. Sekali lagi, sesuaikan bisnis yang ingin Anda jalankan dengan minat dan kemampuan Anda. Karena proses yang sukses bisa memakan waktu.


Share

0 Response to "√ 5 Fakta Bisnis Online yang Wajib Diketahui Oleh Banyak Orang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel