√ Peluang Usaha Makanan ada 7 Ide Bisnis yang Harus Anda Coba

Peluang usaha makanan mulai dari makana ringan, makanan murah dan makanan modal kecil


Peluang Usaha Makanan

Peluang bisnis dari hobi makan? Mungkin Anda bertanya-tanya dengan judulnya, tapi kenyataannya orang yang sering kuliner atau sering makan justru berhasil memulai bisnis makanan lho.

Hobi atau kesukaan tidak dapat dipisahkan dari setiap orang. Meskipun saat ini Anda mungkin sedang bekerja di suatu bidang, keinginan untuk mengejar hobi atau hasrat itu pasti akan tetap ada. Misalnya, jika Anda menyukai futsal, tentu sesering mungkin Anda akan menemukan waktu untuk bermain futsal meskipun Anda sedang sibuk.

Hobi seringkali dapat merusak karir atau bisnis Anda jika tidak dikelola dengan baik. Namun banyak juga orang yang sebenarnya hanya memulai sebagai hobi dan berhasil menjadi pekerjaan tetap.

Baca Juga : Peluang Usaha

7 Peluang Usaha Makanan Dari Hobi Makan

Banyak kisah sukses yang sering kita jumpai, mulai dari hobi makan hingga menjadi sebuah peluang bisnis. Nah, jika saat ini Anda memiliki hobi kuliner, ada beberapa peluang bisnis kuliner yang cocok untuk dicoba. Selain menyalurkan hobi tentunya kamu juga bisa menambah penghasilan.

1. Buka Restoran Atau Warung Makan

Seperti yang Kita semua tahu bahwa bisnis warung makan atau restoran adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Tidak hanya bisa memuaskan hobi makan Anda, tetapi ada peluang bagus untuk menjadi bisnis yang besar.

Ada banyak restoran sukses yang berawal dari suka makan kulineran.

Burger and Steak Cafe dengan merek Red Label adalah salah satu contoh restoran sukses yang berawal dari hobi kuliner. Restoran ini dijalankan oleh mahasiswa Andrew Ryan, yang sedang belajar di Sydney, Australia.

Baca Juga : Motivasi Bisnis

Apalagi jika Anda memiliki pengetahuan manajemen yang baik, tentu membuka peluang bisnis bisa lebih baik. Jaman modern saat ini banyak orang memiliki gaya hidup dengan lebih suka makan di luar ketimbang dirumah dengan alasan lebih nyaman dari cari suasana baru. Prospek bisnis ini tetap positif ke depan karena masyarakat di Indonesia menyukai makanan di luar rumah.

2. Usaha Katering

Bisnis katering adalah salah satu contoh peluang bisnis yang berawal dari hobi kuliner. Hobi makan sambil berbisnis memang mengasyikkan. Menjalankan bisnis katering sepertinya sangat cocok bagi mereka yang menyukai makanan atau memasak.

Seperti halnya putra Presiden Joko Widodo yang memiliki bisnis katering sendiri yang sangat menjanjikan dan terus berkembang pesat sampai saat ini.

Baca juga : Bisnis yang Laku Setiap Hari

Dengan semakin meningkatnya intensitas gathering atau event, peluang bisnis ini seperti angin segar. Bisa juga untuk melengkapi katering anda dengan memberikan pesanan pembuatan kue, karena banyak sekali acara atau hajatan di masyarakat saat ini yang membutuhkan makanan seperti jenis kue-kue kering dan kue basah.

3. Peluang Usaha dari Hobi Kuliner : Food Blogger

Food blogger, profesi yang tidak populer, tetapi banyak orang melakukannya. Tidak cukup hanya mencintai industri makanan, Anda juga harus memiliki beberapa keterampilan lainnya.

Food blogger harus memiliki keterampilan berikut:

  • Kemampuan untuk meneliti makanan.
  • Kemampuan menulis tentang makanan.
  • Kemampuan untuk memotret makanan.
  • Kemampuan manajemen keuangan.
  • dan kemampuan pemasaran konten makanan.

Jadi, bukan sekedar hobi makan. Namun Anda harus memiliki kemampuan pendukung lain untuk menjadi food blogger yang sukses.

Sebagai inspirasi, Anda bisa mengamati beberapa food blogger ternama di Indonesia berikut ini:

  • Dokter Lapar (thehungrydoctor.net)
  • Bonanza Kuliner (culinarybonanza.com)
  • Pelarian Makanan (thefoodescape.com)
  • Jajanan Anak (anakjajan.com)

4. Peluang Usaha Menjadi Food Vlogger

Sama halnya dengan food blogger, menjadi food vlogger merupakan salah satu peluang bisnis yang berawal dari hobi makan. Selain menikmati hobi, mereka juga bisa menghasilkan uang dari konten yang mereka buat. Mereka melakukan kegiatan hobi makan dan menceritakan rasa dan tampilan makanannya kemudian  dibuat menjadi sebuah video dan diunggah ke media massa seperti youtube, tiktok, dan sosial media lainnya.

Baca juga : Peluang Usaha Digital Printing

Di Indonesia, ada banyak orang yang bekerja di industri ini. Food vloggers membuat konten berupa video dan mengunggah video tersebut ke platform media sosial berbasis video, khususnya YouTube.

Biasanya setiap food vlogger memiliki tema dan konsep video yang unik dan menarik. Konten di saluran YouTube mereka hanya terkait dengan makanan/minuman atau memasak.

Untuk inspirasi Anda, berikut adalah beberapa saluran YouTube vlogger makanan Indonesia yang terkenal:

  • Tanboy Kun
  • Nex Carlos
  • Ken & Grat
  • Mgdalenaf
  • Ria SW
  • Farida Nurhan
  • Gerry Girianza

5. Membuka Toko Makanan

Membuka toko dan berjualan makanan juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda yang suka dengan aneka makanan kuliner. Jika Anda lihat di sekitar, pasti banyak toko yang menjual makanan terutama kue-kue basah dan kue-kue kering.

Apalagi musim menjelang hari-hari besar nasional seperti Idul Fitri, Idul Adha tentu peluang semakin besar. Pasalnya, ada banyak orang yang mencari kue untuk menjamu keluarga mereka.

Makanan khas suatu daerah juga bisa menjadi bisnis yang sangat potensial. Dengan semakin gencarnya mempromosikan makanan tersebut yang dilakukan oleh daerah masing-masing, dengan sendirinya akan meningkatkan pengetahuan masyarakat luas terhadap produk khas dari daerahnya masing-masing.

Hal seperti ini bisa menjadi pemicu semakin meningkatnya keinginan masyarakat untuk sekedar merasakan atau mencicipi kuliner khas daerah tertentu.

Baca juga : Peluang Usaha Makanan

6. Menjadi Kritikus Makanan

Kritikus makanan adalah profesi yang paling sesuai bagi seorang yang memiliki hobi makanan dan mempunyai ability menulis. Profesi kritikus makanan ini bisa dibilang mengalami perkembangan yang sangat cepat.

Dikarenakan semakin beraneka ragamnya jenis makanan atau masakan yang diviralkan melalui media televisi maupun media online.

Tidak seperti yang lainnya, seorang kritikus makanan harus membahas kelebihan dan kekurangan dari makanan yang telah dicoba. Jadi, profesi ini bisa menuai pro dan kontra bagi pengusaha makanan.

Untuk memulai profesi ini, Anda harus melakukan beberapa hal, seperti;

  • Melatih skill atau kemampuan menulis.
  • Mempelajari usaha restoran.
  • Menguji indra perasa hingga maksimal.
  • Belajar menjadi ahli di bidang makanan.
  • Membaca dan mempelajari makanan dari koki.
  • Cobalah menulis ulasan  makanan yang telah dicoba.
  • Mencoba untuk tetap anonim atau sulit dikenali.
  • Buat portofolio dan  contoh tulisan Anda, lalu kirimkan ke media tertentu, seperti majalah atau media online lainnya.

7. Menjadi Pembuat Resep Hidangan Makanan

Pembuat resep sering tertarik pada bidang memasak dan kuliner. Mereka membuat resep  dari awal atau  juga memodifikasi resep orang lain menjadi sesuatu yang baru sehingga berbeda dengan lainnya.

Jika Anda memiliki hasrat untuk makanan dan  sering memasak resep sendiri untuk dicoba, sayang untuk tidak membagikannya kepada orang lain. Memodifikasi  resep atau bahkan membuat resep baru  membutuhkan keahlian khusus.

Peluang bisnis di bidang food hobby dengan menjadi  pembuat resep juga sangat menjanjikan. Di AS, penjualan produsen formulasi makanan bisa mencapai ratusan juta sebulan. Bagaimana tahap memulainya?

Kumpulkan karya resep  Anda  dalam  catatan khusus. Jika Anda telah mengumpulkan beberapa resep baru, Anda dapat menawarkannya kepada penerbit untuk membuat buku, peluang besar bukan?

Baca juga : Fakta Bisnis Online

Kesimpulan

Berikut adalah beberapa peluang bisnis katering hobi  yang bisa Anda coba. Ternyata kegemaran yang besar terhadap makanan terbayar, ya. Selain bisa menikmati aneka makanan, kita juga bisa memiliki bidang bisnis yang menjanjikan untuk masa depan. 

Jadi jangan ragu untuk mengubah hobi Anda  menjadi bisnis yang lebih serius. Hobi bisa dialihkan dan dapur masih bisa tetap menyala dan terus memasak.


Share

0 Response to "√ Peluang Usaha Makanan ada 7 Ide Bisnis yang Harus Anda Coba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel