6 Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil


Ide Bisnis Rumahan Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Kali ini kita akan membahas tentang ide bisnis rumahan untuk seseorang ibu yang menjadi ibu rumah tangga dan belum memiliki penghasilan sampingan, pada dasarnya perempuan dan laki-laki memiliki hak dan tanggung jawab yang sama dalam banyak bidang, termasuk dalam urusan keuangan rumah tangga. Jika kita perhatikan, saat ini banyak wanita yang sukses di dunia kerja, bahkan beberapa di antaranya memiliki karir yang lebih gemilang dibandingkan pria. Setelah menikah, banyak wanita sukses terpaksa meninggalkan pekerjaan mereka untuk mengurus keluarga, tetapi beberapa lainnya terus bekerja di kantor.

Perempuan yang memilih berkarir sekaligus menjadi ibu rumah tangga pasti sangat sulit dijalani apalagi jika sudah memiliki anak. Beberapa wanita mungkin memilih untuk menjadi ibu rumah tangga dan berhenti dari pekerjaan mereka, tetapi yang lain lebih memilih untuk tetap bekerja dan mendapatkan uang. Bagi wanita yang sudah terbiasa bekerja, pasti merasa stres jika hanya di rumah untuk mengurus keluarga dan anak-anaknya maka dari itu ada juga Ide bisnis rumahan yang bisa dilakukan dirumah tanpa menganggu aktifitas lain.

Ide bisnis rumahan adalah pilihan terbaik bagi ibu rumah tangga yang terbiasa bekerja dan ingin membantu situasi keuangan keluarga. Menjalankan bisnis rumahan memang bisa dilakukan tanpa meninggalkan tugas ibu rumah tangga dan berdiam diri di rumah, namun tentunya lebih ribet karena harus melakukan banyak hal.

Berikut dibawah ini ada 6 ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa Anda pilih:

1. Bisnis MLM Kosmetik

Wanita dan kosmetik adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Tidak peduli seberapa sibuknya seorang wanita yang bekerja atau ibu rumah tangga, dia selalu memperhatikan masalah kecantikan dan perawatan diri. Menjual produk kecantikan merupakan salah satu ide bisnis rumahan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga. Lantas, mengapa berbisnis MLM?

Bisnis MLM adalah satu-satunya model bisnis yang menawarkan banyak keuntungan bagi setiap anggotanya. Tentunya ada beberapa kriteria menurut aturan bisnis Multi Level Marketing yang sehat.

Setiap member menjual maka ia akan mendapatkan komisi, dan setiap downlinenya menjual maka ia juga akan mendapatkan komisi, dan seterusnya. Ya, kurang lebih begitu. Saya akan memberikan ulasan yang lebih komprehensif tentang bisnis MLM perawatan kulit DRW Skincare dalam artikel khusus.

Bisnis rumahan ini bisa dijalankan oleh siapapun karena saat ini banyak bisnis rumahan di desa yang memulai Bisnis MLM yang sehat.

Baca juga : Peluang Usaha Makanan

2. Bisnis Makanan/ Cemilan

Ide bisnis rumahan ibu rumah tangga selanjutnya adalah bisnis makanan atau snack. Anda pasti setuju bahwa industri makanan adalah industri yang tidak pernah mati. Pangan merupakan kebutuhan pokok manusia dan akan selalu dicari, oleh karena itu para pengusaha pangan tidak pernah kehilangan pasarnya. Namun selain bisnis makanan yang selalu banyak diminati, tentunya bisnis tersebut juga perlu dikemas dan dipromosikan dengan cara yang unik dan menarik.

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan memasak, peluang bisnis makanan adalah pilihan yang baik. Makanan yang dimaksud di sini bisa berupa makanan utama (nasi, lauk pauk, sayur-sayuran) atau snack, tergantung dari potensi bisnis makanan yang ada di sekitar Anda.

2.1 Membuka Usaha Restoran

Jika tempat tinggal Anda dekat dengan kantor, kampus atau daerah yang sering dikunjungi orang, peluang bisnis warung makan bisa sangat menggiurkan. Pelajar dan pekerja kantoran pasti mencari tempat makan siang setiap hari. Coba perhatikan restoran atau warteg setiap makan siang, pasti selalu ramai dan tidak pernah sepi. Makanan adalah Ide usaha rumahan yang tidak ada matinya dan merupakan ide usaha rumahan modal kecil karena dengan membuka warung makan sederhana anda bisa memulainya dengan modal kecil.

Keuntungan per porsi makanan yang dijual biasanya tinggi. Bahkan menurut sebagian orang, keuntungan dari bisnis warteg makanan bisa mencapai 5 juta hingga 7 juta rupiah per hari. Keuntungan bulanan tinggal dikalikan dengan 30 hari.

Jika menurut Anda bisnis ini cocok untuk Anda, tidak ada salahnya untuk mencoba.

2.2 Memulai Bisnis Makanan Ringan/Snack

Indonesia memiliki berbagai macam makanan lezat dan jajanan, termasuk jajanan goreng, kue kering dan kue basah, jajanan renyah, dan banyak lagi. Kebiasaan masyarakat Indonesia membeli jajanan dan makanan membuat peluang bisnis jajanan ini sangat enak.

Sementara bisnis snack food semakin menjamur, setiap varian terbukti memiliki peminatnya masing-masing. Jadi sudah pasti hampir semua jenis jajanan laris manis di pasaran Indonesia, tinggal kita bagaimana cara memasarkannya saja.

Nah, Bisnis makanan ringan ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat bagi ibu rumah tangga yang ingin menjalankan bisnisnya dari rumah. Anda harus memilih jenis cemilan yang akan dijual, karena jenis cemilan yang berbeda akan memperlakukan bisnis Anda secara berbeda. Ide bisnis rumahan ini termasuk dalam kategori ide bisnis rumahan online karena anda dapat menjualnya secara online melalui online shop seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan olshop lainnya.

Misalnya, Anda ingin berbisnis kue basah atau jajanan gorengan. Oleh karena itu, proses penjualan harus cepat, dan dalam sehari akan habis terjual, karena jajanan seperti itu tidak akan bertahan lama dan cepat basi. Berbeda dengan snack chips atau kue kering yang bisa bertahan lama.

Baca juga : Fakta Bisnis Online

3. Bisnis Kerajinan Tangan 

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan membuat kerajinan tangan, hal ini bisa dijadikan peluang bisnis untuk menghasilkan uang. Menurut saya, potensi bisnis kerajinan tangan sangat besar, apalagi jika Anda berada di kawasan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kerajinanan tangan merupakan ide usaha rumahan di desa dan termasuk ide usaha rumahan kreatif.

Kerajinan tangan yang unik seringkali memiliki nilai jual yang tinggi. Selain mempromosikan budaya lokal kepada wisatawan melalui kerajinan tangan, Anda juga bisa menghasilkan uang dengan menjual kerajinan tangan tersebut.

Ketika saya pergi berlibur ke Yogyakarta, saya berkali-kali menemukan kerajinan tangan yang unik dan menjadi tertarik untuk membelinya. Misalnya seperti gelang yang terbuat dari batok kelapa, baju batik bola, blankon, cincin perak uni dan lain-lain. Beberapa barang yang saya beli walaupun akhirnya tidak dipakai hanya dijadikan hiasan tapi menjadi sebuah kenang-kenangan dari Yogyakarta.

Meski lokasi Anda tidak berada di kawasan wisata, peluang bisnis kerajinan masih sangat bagus. Namun, kerajinan yang Anda buat harus memiliki keunikan, nilai seni, serta manfaat bagi pembeli.

4. Bisnis Jual Beli Saham

Jual beli saham atau reksa dana cukup populer di kalangan ibu rumah tangga karena  bermain saham bisa menghasilkan uang dalam waktu yang relatif singkat. Ide bisnis rumahan ini sangat populer dan dipraktekkan oleh para ibu rumah tangga. Tanpa harus keluar rumah bisa mendapatkan keuntungan. Modal saham bisa berapapun yang anda punya karena termasuk ide usaha rumahan modal 50 ribu. 

Namun, sebelum melakukan perdagangan saham, seseorang harus  terlebih dahulu mempelajari metode jual beli. Bisnis ini bisa dilakukan secara online dan tidak perlu keluar rumah karena bisa dilakukan secara online. Sebagai pemula anda bisa belajar tentang saham melalui kanal Youtube dan media online lainnya.

Sebenarnya berdagang surat berharga bukanlah pekerjaan yang mudah, namun tidak terlalu rumit karena hampir semua orang bisa mempelajarinya. Inilah sebabnya mengapa kami menyarankan Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum "melompat" dan memahami risiko dan manfaatnya.

Ellen May adalah salah satu ibu rumah tangga yang sukses di bisnis sekuritas. Beliau memulai karirnya sebagai investor pasar saham sebagai  trader pada tahun 2006. Meskipun Ellen  mengalami kerugian pada tahun 2008 dan  berhenti berdagang, ia akhirnya  bangkit  menjadi salah satu investor paling terkenal di pasar saham.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang praktik perdagangan saham  Ellen May, silahkan kunjungi situs webnya di EllenMay.com.

5. Menjadi Penulis Blog/Website

Menjadi Penulis naratif, tutorial, atau artikel informatif/tema di Google.com. Selain dapat mengembangkan hobi menulis saya, blogging/menulis website juga menawarkan penghasilan yang cukup menjanjikan.

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai media online yang  bermunculan saat ini. Salah satunya Hipwee.com. Tentunya media online ini menuntut penulis untuk konsisten menghasilkan artikel yang berkualitas di websitenya. Nah, inilah peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para penulis  untuk menghasilkan uang dari hobi menulis mereka.

Bagaimana jika Anda kesulitan menemukan situs web untuk mencari penulis?

Ada banyak cara  untuk mencoba menjual jasa penulisan yang Anda tawarkan. Cara termudah adalah dengan menawarkan layanan penulisan melalui situs web komersial. Beberapa situs marketplace yang saya rekomendasikan adalah Contentesia.com, Projects.co.id, Sribulancer.com, atau Anda juga bisa bergabung dengan  komunitas Writerpro.net, Ads.id dan Anda bisa menjual jasa penulisan di sana.

Baca juga : 12 Pola Pikir Pengusaha yang Wajib Ditiru Bila Anda Ingin Sukses

6. Menjadi Perancang Busana

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan desain busana,  keterampilan ini bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menguntungkan. Anda tidak harus selalu membuat pakaian sesuai dengan tren, tetapi Anda bisa menciptakan sesuatu yang lebih kreatif dalam desain pakaian Anda. Menjadi perancang pakaian termasuk usaha rumahan modal kecil dan ide usaha rumahan kreatif.

Mungkin langkah pertama adalah mendesain pakaian yang indah untuk putri Anda atau orang yang Anda cintai. Ketika lebih banyak orang melihat desain Anda  dan tertarik, kemungkinan pesanan akan  terus berdatangan. Tentu saja, Anda tidak ingin melewatkan peluang bisnis rumahan  ini.

Saya tidak bisa menjelaskan secara detail di  artikel ini bagaimana memulai bisnis sebagai desainer pakaian, karena itu bukan bidang saya. Namun yang pasti untuk memulai bisnis ini tentunya Anda harus memiliki keunggulan dalam desain pakaian dan memiliki beberapa contoh desain terbaik yang pernah Anda lakukan untuk dipamerkan kepada calon pelanggan.

Untuk inspirasi, Anda dapat meniru apa yang dilakukan  salah satu teman Facebook saya, yang memiliki bisnis merancang dan menjahit gaun dan kain pengantin. Anda dapat melihat situs web di Payetgaunpesa.com. Di halaman ini Anda dapat melihat gambar-gambar pakaian yang saya desain dan  menurut saya sangat indah.

Baca juga : Bisnis yang Laku Setiap Hari di Pasaran dan Bisa Dikerjakan Oleh siapapun

7. Menjadi  Desainer atau Dekorator Interior

Ibu rumah tangga dengan latar belakang dekorasi interior atau ahli dalam desain interior, keterampilan ini harus digunakan sebagai peluang bisnis. Sebagai bisnis rumahan yang memiliki keahlian di bidang desain harus memanfaatkan sebagai peluang bisnis dirumah.

Tidak semua orang ahli dalam mendekorasi rumah mereka. Ide bisnis rumahan  ini bisa diwujudkan oleh ibu rumah tangga yang mampu menata interior  rumah agar asri dan nyaman. Terkadang ibu rumah tangga lebih paham dari pada suami dalam hal menata ruangan baik itu dalam posisi furniture maupun perabot lainnya.

Biasanya, pekerjaan ini membantu pemilik rumah/kantor untuk menentukan konsep warna, memilih furnitur dan aksesori yang tepat untuk dipakai. Menjadi desainer merupakan ide usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Tidak seperti desain interior yang membutuhkan pembelajaran teknik arsitektur, seorang desainer interior biasanya mempelajari keterampilan ini tanpa harus menempuh pendidikan formal. Kemampuan ini diperoleh melalui proses belajar mandiri mempelajari estetika desain interior. Biasanya, profesi dekorasi  interior dibutuhkan setelah pekerjaan konstruksi/renovasi selesai.

Dorothy Draper adalah salah satu desainer interior Amerika yang paling terkenal. Wanita ini memiliki kemampuan dekorasi interior yang sangat unik, berani dalam warna, elegan, ceria dan penuh kehidupan. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang desain di Dorothydraper.com. Nah, jika Anda seorang ibu rumah tangga yang tertarik dengan dekorasi rumah, jangan  ragu untuk menjadikan keahlian dekorasi rumah sebagai bisnis.

Sebenarnya masih  banyak ide bisnis rumahan yang bisa dieksplorasi oleh ibu rumah tangga. Namun, saya tidak dapat mencantumkan semua ide bisnis rumahan  dalam artikel ini.

Pertimbangan pengusaha yang juga  ibu rumah tangga; Kebutuhan ekonomi memang penting, tetapi pekerjaan rumah tangga seorang wanita juga merupakan tanggung jawab yang  besar. Jadi pilihlah  bisnis rumahan yang bisa terus berjalan tanpa mengorbankan tanggung jawab  sebagai  ibu rumah tangga.

Baca juga : Peluang Usaha Digital Printing yang Menjanjikan di Era Digital

Terima kasih telah membaca postingan saya. Saya harap artikel ini memberi Anda beberapa inspirasi untuk memulai bisnis rumahan Anda :)


Share

0 Response to " 6 Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel