√ Pengertian Pencitraan: Arti Pencitraan, Jenis dan Tujuan Pencitraan

Pengertian Pencitraan: Arti Pencitraan, Jenis dan Tujuan Pencitraan


Pengertian Pencitraan

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan pencitraan? Secara umumnya pengertian pencitraan adalah suatu usaha untuk menggambarkan bagaimana sesuatu atau seseorang itu baik atau buruk di mata masyarakat. Arti pencitraan adalah seseorang yang membuat citra sebaik mungkin dihadapan publik padahal fakta sebenarnya orang itu tidak sesuai dengan sifat aslinya.

Arti dari pencitraan dapat didefinisikan sebagai berikut:

  1. Upaya untuk menonjolkan citra terbaik seseorang atau sesuatu di mata publik. 
  2. Usaha seseorang untuk membuktikan eksistensi di depan umum.
  3. Menunjukkan terlalu banyak perasaan bahwa itu tidak sesuai dengan kebenaran.

Istilah kata "pencitraan" sering digunakan dalam politik dan seni. Namun pada dasarnya istilah tersebut digunakan untuk menjelaskan suatu upaya atau usaha untuk lebih menggambarkan sesuatu atau seseorang di depan umum guna mempengaruhi opini publik.

Baca juga : Pengertian Ekspetasi

Arti Pencitraan Menurut Para Ahli

Apa pendapat para ahli tentang pencitraan kata pencitraan berasal dari akar kata "citra", di mana kata tersebut dapat memiliki arti yang berbeda bila digunakan pada topik yang berbeda. Berikut cara para ahli menjelaskan pencitraan tersebut:

1. Bill Canton

Dalam pandangan Bill Canton, citra berarti kesan, perasaan, citra diri public terhadap suatu perusahaan kesan yang disengaja dari suatu objek, orang, atau organisasi.

2. Huddleston

Menurut pendapat Huddleston mengenai pencitraan, konsep citra adalah seperangkat keyakinan yang berkaitan dengan gambaran yang memiliki citra atau memperolehnya dari pengalaman.

Baca juga : Pengertian Kompetensi

3. Frank Jefkins

Menurut pendapat Frank Jeffkins mengenai arti pencitraan, pengertian citra adalah kesan seseorang terhadap sesuatu yang merupakan hasil dari pengetahuan dan pengalamannya.

4. Suharta Abdul Manjid

Menurut pendapat Suharta Abdul Manjid mengenai arti pencitraan, pengertian citra adalah gambaran yang terbentuk di masyarakat (konsumen/pelanggan) tentang baik buruknya suatu perusahaan.

5. Philip Kotler

Menurut pendapat Philip Kotler mengenai pencitraan, pengertian pencitraan adalah serangkaian keyakinan, pikiran, dan kesan yang dimiliki seseorang tentang suatu objek.

Baca juga; Pengertian Amanat

Tujuan Pencitraan

Dari penjelasan di atas, kita mengetahui bahwa pencitraan adalah segala upaya untuk membentuk atau membangun opini yang baik tentang sesuatu/seseorang/perusahaan agar mendapat perhatian dan tanggapan sesuai maksud dan tujuannya. Secara umum, beberapa target atau tujuan dari pencitraan adalah sebagai berikut:

1. Penalaran Tentang Konsep Abstrak

Melalui pencitraan, orang dapat bernalar tentang konsep-konsep abstrak dengan memvisualisasikan simbol, seperti diagram tentang sesuatu hal yang berkaitan dengan citra.

2. Prediksi Hasilnya

Pencitraan yang dilakukan akan membantu dalam penalaran dan pemecahan masalah, yaitu dengan memungkinkan seseorang untuk memprediksi hasil dari suatu tindakan. Misalnya, seseorang melihat sesuatu di rumah yang berantakan dan dia langsung mengerti cara membersihkannya.

3. Kenangan

Pencitraan juga dapat digunakan untuk mengingat informasi visual atau spasial. Misalnya, seseorang mencoba mengingat makan malam yang disajikan tadi malam.

4. Menjelaskan Situasi

Keterampilan pencitraan juga dapat membantu seseorang memberikan deskripsi verbal tentang sesuatu atau seseorang.

5. Menghafal Informasi

Melalui pencitraan, orang dapat mengingat informasi. Misalnya, ketika seseorang memvisualisasikan berbagai objek bernama seolah-olah nama objek berinteraksi, ingatannya meningkat secara signifikan.

6. Meningkatkan Kemampuan

Pencitraan juga bisa membantu seseorang meningkatkan kemampuannya dengan membayangkan dirinya melakukan suatu tindakan, sehingga membimbingnya untuk melakukan tindakan tersebut.

7. Tawarkan Ide Atau Wawasan

Setiap pencitraan yang diambil seseorang akan mengingatkannya akan wawasan penting, atau memberinya sebuah ide.

Baca juga : Pengertian Perencanaan

Jenis-Jenis Pencitraan

Pencitraan dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis pencitraan adalah sebagai berikut:

  • Citra visual, yaitu citra yang dihasilkan dengan cara visual.
  • Citraan auditori, yaitu citra yang diciptakan oleh citra auditori untuk membangkitkan suasana.
  • Pencitraan penciuman, yaitu pencitraan yang dilakukan dengan menggambar konsep-konsep abstrak ke dalam bau-bauan yang konkret.
  • Feeling, yaitu mengarahkan imajinasi seseorang melalui citraan yang ditimbulkan oleh rangsangan emosional, seolah-olah indera perasa merasakan sesuatu.
  • Citra taktil, yaitu citra yang dihasilkan oleh sentuhan yang membuat seseorang merasa seolah-olah disentuh atau apapun yang menyangkut keefektifan sensorik kulit.
  • Gambar dinamis, yaitu pencitraan, dirancang untuk membuat gambar menjadi hidup dengan menggambar sesuatu yang diam seolah-olah bergerak.

Demikian ulasan singkat dan sederhana mengenai arti pencitraan, tujuan, dan beberapa jenis pencitraan yang dilakukan oleh setiap orang untuk menggapai tujuannya dengan menggunakan pencitraan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.


Share

0 Response to "√ Pengertian Pencitraan: Arti Pencitraan, Jenis dan Tujuan Pencitraan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel