√ 10+ Peluang Usaha Sampingan Bermodal Kecil Cocok untuk Karyawan

Usaha sampingan untuk karyawan yang ingin mempunyai penghasilan tambahan

Peluang Usaha Sampingan Bermodal Kecil

Seorang karyawan yang bekerja di suatu perusahaan besar atau kecil, pasti ingin memiliki usaha sendiri suatu saat nanti atau sering dikenal dengan usaha sampingan. Padahal, menjadi karyawan (apalagi jika jabatannya bagus dan bekerja di perusahaan besar dengan gaji yang lumayan) adalah sesuatu yang membanggakan karena ia memiliki penghasilan tetap setiap bulan, jam kerja yang teratur, dan kesehatan yang diberikan perusahaan dan juga memiliki nilai prestise yang tinggi.

Ini adalah impian kebanyakan orang yang bekerja di perusahaan orang lain. Namun, tentu saja, tidak semua orang akan memiliki kesempatan yang sama seperti orang lain, dan bahkan jika seseorang telah bekerja cukup keras di suatu perusahaan, ada faktor X yang menghalangi untuk membuka usaha sampingan.

Baca juga : Bisnis yang Laku Setiap Hari

Bekerja di suatu perusahaan menawarkan keuntungan di satu sisi, yaitu asuransi kesehatan perusahaan, gaji bulanan yang tetap, jenjang karir, dan beberapa keuntungan lainnya. Namun di sisi lain, menjadi pegawai kantoran juga memiliki beberapa kekurangan, seperti; kesempatan berkarir terbatas bagi karyawan, resiko dipecat jika pekerjaannya tidak ideal, merasa gaji tidak sesuai dengan beban kerja, tidak banyak. Saat di kantor, orang-orang yang bekerja di kantor sering kali merasa terjebak hidup lelah dengan semua pekerjaannya sehari-hari sebagai karyawan. Banyak dari mereka memutuskan untuk keluar dari zona nyaman kantor mereka dan memulai sesuatu yang baru dan menantang.

Nah, hal itulah yang menyebabkan banyak karyawan berusaha memanfaatkan peluang bisnis sampingan yang ada di sekitar mereka. Kebanyakan dari mereka bisa menjalankan usaha sampingan sambil bekerja di kantor,

Namun banyak juga yang akhirnya menjadikan usaha sampingan ini sebagai sumber penghasilan utama mereka. Karyawan juga sering meninggalkan kantor untuk bekerja untuk fokus pada bisnis mereka, yang memang menunjukkan potensi yang sangat baik kedepannya.

Ketika kita berbicara tentang peluang bisnis sampingan, ada banyak jenis bisnis yang dapat kita manfaatkan yang ada di sekitar kita. Peluang bisnis sampingan ini seringkali tidak kita sadari karena kita terlalu fokus pada pekerjaan kantoran. Jika Anda seorang karyawan dan sedang mencari peluang bisnis sampingan, berikut dibawah ini peluang bisnis yang perlu Anda lihat potensinya.

Baca juga : Pola Pikir Pengusaha yang Wajib Ditiru Bila Anda Ingin Sukses

I. Jadikan Hobi Sebagai Bisnis Sampingan

Banyak orang yang sukses menjalankan bisnis yang berawal dari hobi. Bisnis ini juga cukup menguntungkan. Jenis hobi apa saja yang bisa dijadikan peluang bisnis sampingan?

1. Hobi Memancing

Tidak heran jika banyak pria yang senang memancing, baik air tawar maupun air asin. Jika Anda memiliki hobi memancing, mengapa tidak mencoba menjadikan hobi Anda sebagai usaha sampingan karyawan?

Siapapun yang memiliki hobi memancing dan mungkin Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang teknik dan metode memancing yang baik, dan juga mengetahui peralatan memancing yang dibutuhkan. Bagaimana cara memanfaatkan peluang ini?

Anda bisa menawarkan peralatan memancing dan memasarkannya ke teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Tapi tentu saja ini membutuhkan dana. Jika Anda tidak memiliki cukup dana, Anda dapat menjual keterampilan memancing Anda kepada penggemar memancing pemula. Beri mereka pelatihan memancing yang baik dan saran terbaik.

Tentu saja, Anda harus memiliki keterampilan khusus untuk memancing. Jika Anda ingin menjual keterampilan memancing Anda secara online, menjual ebook memancing adalah cara terbaik dan termurah. Media online bisa menjangkau banyak orang, dan inilah kesempatan Anda untuk menjual ebook yang Anda buat.

Baca juga : Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

2. Hobi Memasak

Usaha sampingan memasak biasanya ini dilakukan oleh wanita, tetapi pria juga bisa melakukannya, karena banyak pria yang memiliki kemampuan memasak. Memiliki hobi memasak merupakan salah satu hobi yang menyenangkan karena berkaitan dengan rasa dari makanan yang dibuat. Selain menyenangkan, hobi kuliner bisa dijadikan sebagai peluang bisnis sampingan bagi karyawan yang memiliki keahlian kuliner, bagaimana caranya?

Dengan keahlian memasak Anda, Anda dapat menjalankan usaha makanan, bisnis katering atau menjual kue buatan sendiri. Setahu saya, industri makanan memiliki potensi komersial yang baik karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Untuk menjalankan bisnis makanan ini tentunya Anda membutuhkan modal yang cukup agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan sebaik mungkin.

Nah, jika Anda tidak memiliki dana untuk memulai bisnis makanan, Anda masih bisa mendapatkan sampingan dari kemampuan Anda dengan menjual ebook. Buat eBook tentang memasak atau kue dengan resep khas Anda, jual online menggunakan media sosial seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, blibli, Facebook, Twitter, atau melalui blog pribadi Anda.  Seorang ibu rumah tangga sangat cocok menjalankan usaha sampingan di rumah untuk membantu ekonomi keluarga.

Selain hal diatas masih banyak usaha sampingan dirumah yang bisa dijalankan melalui hobi. Silahkan jelajahi hobi Anda dan lihat apakah Anda dapat mengubahnya menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Baca juga : Peluang Usaha Makanan

II. Manfaatkan Pengetahuan Atau Keterampilan Khusus Sebagai Pekerjaan Sampingan

Setiap orang pasti memiliki keterampilan dan keahlian yang berbeda-beda. Akan sangat bagus jika kita bisa menggunakan keahlian dan keterampilan kita untuk melakukan usaha sampingan. Selain bisa membantu orang lain yang ingin mempelajari skill yang kita miliki, kita juga bisa menghasilkan uang dari skill tersebut. Apa saja Keahlian dan keterampilan apa yang bisa kita jual?

1. Keterampilan Membuat Situs Web/Blog (Pengembang Web)

Ini adalah keterampilan dengan potensi bisnis yang sangat besar. Saat ini semakin banyak pebisnis atau individu yang ingin memiliki website atau blog, namun tidak memiliki keahlian untuk membuatnya. Tentu saja, Anda dapat menggunakannya untuk menghasilkan pendapatan.

Berdasarkan informasi harga pasar saat ini dan dari beberapa sumber, harga jasa untuk membuat sebuah website/ blog yaitu berkisar dari Rp 1.000.000 hingga Rp 100 juta per website. Perihal harga tentu saja Anda harus menyesuaikan dengan budget Anda dan desain website yang Anda kerjakan. Jika menjadi web developer membuat Anda tertarik silahkan baca artikel ini sampai selesai.

2. Keterampilan Memainkan Alat Musik

Saat ini banyak orang yang ingin memiliki kemampuan bermain musik, dan mereka bahkan rela membayar lebih untuk belajar musik dari orang lain. Saya salah satu orang yang memanfaatkan keahlian bermain musik. Saya sangat menyukai gitar ini dan memainkannya dengan sangat baik. Waktu masih kuliah, saya biasa memberikan les privat kepada siswa lain, mengajari siswa lain bermain gitar, dan biayanya menurut saya cukup besar. Anda mungkin memiliki keahlian dalam instrumen lain seperti piano, terompet, drum, bass, dll. Anda bisa menggunakan keahlian Anda sebagai peluang bisnis sampingan yang dapat menguntungkan Anda.

Kita dapat menemukan banyak jenis keterampilan lainnya. Namun sebelum kita menjalankan bisnis sampingan ini, pastikan Anda adalah orang yang sangat ahli di bidangnya.

Baca juga : Peluang Usaha Digital Printing yang Menjanjikan di Era Digital

III. Menggunakan Internet untuk Pemasaran Bisnis

Sebagus apapun sebuah bisnis, perlu didukung dengan pemasaran yang baik. Internet adalah salah satu media pemasaran paling efektif saat ini karena kita dapat memasarkan produk apa pun melalui internet. Beberapa bisnis yang saat ini dilakukan dengan online antara lain:

1. Bisnis MLM 

Dulu banyak bisnis MLM yang beroperasi secara offline. Saya juga melakukannya, dan gagal. Namun, sejak bisnis MLM ditangani secara online, proses pemasaran menjadi jauh lebih mudah dari sebelumnya. Dan kemudahan itu juga yang saya rasakan saat melakukan MLM online. Baca ulasan saya di artikel ini. Seorang karyawan atau bahkan ibu rumah tangga bisa menjalankan bisnis MLM online tanpa harus ikut campur dalam pekerjaan utamanya. Bisnis MLM termasuk kerja sampingan untuk ibu rumah tangga yang cocok dalam membantu keuangan keluarga.

Baca juga : Fakta Bisnis Online

2. Pemasaran Online Untuk Bisnis Makanan 

Pemasaran melalui Internet sangat fenomenal dan cepat berkembang pesat, hal ini yang tidak disangka oleh para pengusaha makanan seperti Mie Ayam Gerobakan, Tahu Jeletot Taisi, Angkringan Nasi Kucing, Radja Pizza dan masih banyak lagi bisnis makanan lainnya. Sistem franchise yang mereka tawarkan secara online ternyata cukup menggiurkan bagi sistem ini untuk mengembangkan bisnis mereka.

Selain hal di atas, sebenarnya masih  banyak peluang bisnis sampingan yang bisa diraih oleh seorang karyawan yang ingin menjalankan bisnisnya sendiri. Namun,  kita harus ingat bahwa ini adalah kegiatan sampingan, Anda tidak boleh mengganggu pekerjaan utama Anda sebagai pekerja kantoran.

Jika Anda benar-benar ingin fokus pada bisnis Anda dan ingin berhenti dari pekerjaan lama Anda, maka Anda perlu mempertimbangkan semua kemungkinan yang mungkin terjadi. Bisnis tidak selalu berjalan mulus meskipun kita bekerja keras untuk membuatnya sukses, jadi kita harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum mengambil keputusan.

Baca juga : Pengertian Manajemen Pemasaran

Selesai sudah artikel tentang peluang usaha sampingan untuk karyawan, semoga dapat menginspirasi orang yang membaca blog ini. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga sukses ya.


Share

0 Response to " √ 10+ Peluang Usaha Sampingan Bermodal Kecil Cocok untuk Karyawan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel