√ Pengertian Kreatif: Bentuk, Arti, dan Ciri-Ciri Orang Kreatif Lengkap

kreatif adalah sebuah kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru yang menjadikan inovasi dari sebuah upaya yang menghasilkan perbedaan


Pengertian Kreatif

Saat ini setiap orang harus selalu berpikir kreatif, apalagi di dunia kerja, sehingga banyak yang mengatakan bahwa di era modern ini kemampuan untuk berkreasi itu seperti kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Setiap orang pasti memiliki kemampuan kreatif, tetapi tidak semua orang bisa memanfaatkan kemampuan ini secara maksimal. Padahal, hampir semua aktivitas modern saat ini membutuhkan kemampuan berpikir kreatif. Jadi, jangan pernah malas untuk terus meningkatkan kemampuan kreatif.

Tingkat kreatif inilah yang menjadi sumber kekuatan lahirnya sebuah inovasi baru. Jadi kreativitas sering digunakan dalam dunia bisnis. Dalam dunia bisnis, kreativitas akan digunakan untuk menciptakan produk baru agar tetap bersaing dengan kompetitor dan konsumen tidak bosan. Bahkan, kreativitas dalam bisnis juga digunakan untuk memikirkan cara mempromosikan produk. Dengan cara beriklan yang kreatif ini dapat meningkatkan penjualan suatu produk.

Berbicara kreatifitas pastinya setiap orang memiliki kreatifitas tersendiri, namun masih banyak orang yang belum memahami apa yang dimaksud dengan kreatif? Secara umumnya, pengertian kreatif adalah kemampuan yang ada pada individu atau kelompok yang memungkinkan mereka untuk menerobos atau mengambil pendekatan tertentu dalam memecahkan masalah dengan cara yang berbeda.

Makna kreatif juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru atau cara-cara baru yang berbeda dari hal-hal yang telah ada sebelumnya.

Secara etimologis, kata “creative” berasal dari bahasa Inggris “to create” yang artinya menciptakan atau mencipta. Oleh karena itu, kreativitas berarti kemampuan untuk menciptakan ide dan konsep ketika memecahkan suatu masalah.

Baca juga : Pengertian Pencitraan

Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

Para ahli banyak mengemukakan pendapatnya tentang pengertian kreatif agar lebih memahami apa arti kreatif, Pengertian kreatif menurut para ahli. Dibawah ini adalah pengertian kreatif menurut para ahli:

1. Widyatun

Menurut pendapat Widyatun (Tahun 1999), pengertian kreatif adalah kemampuan memecahkan masalah yang memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk berkreasi dan memunculkan ide-ide baru/adaptif dengan fungsi dan tujuan yang menyeluruh.

Baca juga: Pengertian Evaluasi

2. Shadiq (Tahun 2010)

Menurut pendapat Shadiq, pengertian kreatif adalah ide-ide perencanaan konseptual dan progresif yang diperlukan untuk pemikiran dan pekerjaan orang-orang yang memecahkan masalah sosial dalam masyarakat berkembang.

3. James R. Evans

Menurut pendapat James R. Evans ( Tahun 1994), pengertian kreatif adalah kemampuan untuk menemukan hubungan baru, melihat suatu subjek dari perspektif yang berbeda, dan menggabungkan beberapa konsep yang sudah ada di masyarakat menjadi konsep yang berbeda.

Baca juga: Pengertian Koordinasi

4. Conny R. Semiawan

Menurut pendapat Conny R. Semiawan, arti kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan ide-ide baru untuk pemecahan masalah.

5. Supriadi

Menurut pendapat Supriadi, definisi kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa ide maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang sudah ada. Kreativitas adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang berarti peningkatan kemampuan berpikir, yang ditandai dengan kontinuitas, diskontinuitas, diferensiasi, dan integrasi antara tahap proses perkembangan.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut pendapat KBBI, kreatif adalah kemampuan atau daya cipta untuk mencipta, kreativitas juga dapat berarti kreasi terkini dan orisinal, karena kreativitas adalah proses mental yang unik yang menghasilkan sesuatu yang baru, paling beda dan orisinil.

6. Havvel

Menurut pendapat Havvel, arti kreatif adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sistem atau kombinasi baru.

Bentuk Kreatif

Dalam kehidupan manusia, hal-hal kreatif dapat direalisasikan ke dalam banyak bentuk, antara lain:

1. Produk (Barang/ Jasa)

Produk yang dihasilkan juga merupakan bentuk kreativitas. Tentu saja, tanpa proses kreatif, produk akhir tidak dapat memenuhi harapan konsumen.

2. Gagasan

Kreativitas juga dapat dicapai melalui gagasan yang mengatasi masalah yang ada. Gagasan dapat diungkapkan secara langsung atau melalui essai, buku, dan cara lainnya.

3. Ide

Berpikir kreatif menghasilkan ide-ide yang unik dan luar biasa. Ide adalah suatu pemikiran yang menciptakan solusi dari masalah yang ada di masyarakat yang belum terselesaikan.

Baca juga: Pengertian Implementasi

Ciri-Ciri Orang Kreatif

Setelah memahami apa itu kreativitas dan bagaimana bentuk dari sebuah kreatifitas, mari kita lihat beberapa ciri-ciri orang kreatif. Ciri-ciri orang kreatif adalah sebagai berikut:

1. Suka Tantangan

Bagi orang-orang kreatif, tantangan dan kesulitan adalah hal yang memicu semangat. Umumnya, mereka menghadapi tantangan dengan optimisme dan mengambil risiko.

Hal ini dilihat sebagai pelajaran ketika mereka gagal memenuhi tantangan. Ada rasa puas tertentu ketika mereka mengatasi kesulitan yang mereka hadapi.

2. Mudah Beradaptasi

Orang yang kreatif adalah orang yang dapat berpikir cepat dan menemukan ide atau gagasan untuk memecahkan suatu masalah. Hal ini memudahkan mereka untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan senang membantu kasus dalam kelompok kecil.

3. Selalu Berimajinasi

Mereka yang sering berimajinasi kemungkinan besar adalah orang yang kreatif. Secara umum, orang yang suka berimajinasi memiliki otak kanan yang lebih dominan daripada otak kirinya. 

Mereka juga sering disebut pemimpi realistis karena mampu menghidupkan imajinasinya dan menpraktekkan dalam bentuk nyata.

4. Mudah Bosan

Orang kreatif cenderung imajinatif dan selalu terbuka dengan hal-hal baru di sekitarnya. Hal inilah yang membuat mereka mudah bosan dan selalu ingin mencoba hal baru.

Orang-orang kreatif memiliki rasa ingin tahu dan suka mempelajari hal-hal baru. Mereka menghabiskan waktu luang mereka dengan membaca buku, menonton video, dan meneliti topik yang mereka minati. Mereka akan senang dapat memahami konsep yang belum mereka ketahui dan akan selalu mencari peluang untuk terus mengeksplorasi dan mempelajari keterampilan baru.

5. Kepribadian Misterius

Orang-orang kreatif rentan terhadap kepribadian yang tidak menentu yang membuat kepribadian mereka tidak dapat diprediksi. Sensitivitas dan empati mereka tinggi, tetapi seringkali sikap mereka membingungkan orang lain.

Baca juga: Pengertian Komunikasi

Contoh Perilaku Kreatif

Ada banyak  contoh perilaku kreatif yang dilakukan orang dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh perilaku kreatif:

  1. Mengubah barang dagangan lama yang  tidak terpakai menjadi sesuatu yang dapat digunakan. Misalnya membuat tempat sampah dari botol plastik bekas.
  2. Mengubah objek yang  rusak dan tidak dapat digunakan menjadi sesuatu yang baru dan dapat digunakan. Misalnya membuat lampu hias dari plastik bekas.
  3. Mengubah unsur alam yang tidak terpakai menjadi sesuatu yang berguna. Misalnya membuat tas unik dari daun kering.

Selain yang disebutkan di atas, masih  banyak  contoh perilaku kreatif  di sekitar kita.

Baca juga : Pengertian Kompetensi

Kesimpulan

Kreativitas adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menciptakan hal-hal baru atau produk baru dan juga digunakan untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada. Meski kemampuan berkreasi sudah hadir sejak dini, namun tidak semua orang mau mengasah kemampuan tersebut. Oleh karena itu, agar kemungkinan kreatif tidak pernah habis, seseorang harus memiliki keinginan yang kuat untuk menyempurnakannya.

Baca juga : Pengertian Ekspetasi

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian kreatif, bentuk dan ciri umumnya, serta contoh perilaku kreatif. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk Anda.


Share

0 Response to "√ Pengertian Kreatif: Bentuk, Arti, dan Ciri-Ciri Orang Kreatif Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel