√ 9 Persiapan Sebelum Terjun Memulai Bisnis agar Sukses Tepat Waktu

√ 9 Persiapan Sebelum Terjun Memulai Bisnis agar Sukses Tepat Waktu


Persiapan Sebelum Terjun Memulai Bisnis

Sukses adalah sesuatu yang semua orang cari. Salah satu cara yang dilakukan banyak orang adalah dengan memulai bisnis online. Ide menjadi seorang wirausahawan telah menjadi trend di semua kalangan, terutama anak muda. Begitu banyak orang saat ini telah menjadi pengusaha sukses ketika mereka masih muda. Hal ini memang tidak mengherankan, karena banyak orang mulai merasa lelah dan terbatas hanya dengan menjadi seorang karyawan, sehingga ide memulai bisnis menjadi pilihan mereka.

Persiapan apa saja yang harus diperhatikan sebelum memasuki dunia bisnis? Kebanyakan orang akan berkata, uang paling terpenting untuk modal!

Tidak, bukan uang.

Modal terpenting setiap pebisnis adalah MINDSET atau Mentalitas, antara lain: mentalitas, keberanian, disiplin, optimisme dan kesabaran.

Dunia bisnis adalah salah satu dari banyak jalur karir impian. Selain untuk memenuhi kebutuhan finansial, kesuksesan dalam dunia bisnis juga dapat meningkatkan gengsi seseorang.

Namun tidak dapat kita pungkiri bahwa tidak mudah untuk bisa sukses di dunia bisnis. Pendidikan formal juga tidak menjamin kesuksesan bisnis.

Belum lagi banyaknya tantangan yang harus dihadapi, persaingan, dan bayangan kegagalan dan kebangkrutan yang kerap menghantui. Ketakutan tersebut sedikit banyak akan mempengaruhi semangat berwirausaha seseorang yang ingin memulai bisnis.

Terutama bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang bisnis, pasti akan ada tantangan yang sangat berat untuk berhasil.

Memulai bisnis yang sukses tidak selalu berjalan mulus, dibutuhkan beberapa keterampilan dan langkah yang tepat. Bahkan ada yang berpendapat bahwa tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Namun nyatanya, siapa pun bisa menjadi wirausahawan jika mau belajar dan bekerja keras.

Baca juga : Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Sebenarnya Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Apa Saja?

Melalui pengalaman pribadi, di sini saya ingin berbagi sedikit tentang sembilan persiapan sebelum memulai bisnis.

1. Kemauan dan Mental yang Kuat

Ini modal terpenting yang harus dimiliki semua calon wirausaha!

Mengapa?

Karena dalam dunia bisnis, apapun itu, banyak rintangan dan tantangan yang kita hadapi, walaupun kita sendiri tidak mengetahuinya.

Kenyataan yang kadang terjadi sangat berbeda dengan apa yang kita pelajari secara teori atau dari pengalaman orang lain.

Hampir dapat dipastikan bahwa sangat sedikit pengusaha yang dapat langsung meraih kesuksesan dari bisnis pertama dan kedua mereka.

Oleh karena itu, pengaruh psikologis dan tekad yang kuatlah yang dapat menuntut para pebisnis sukses untuk menghadapi segala rintangan dan masalah dalam proses pengembangan bisnisnya dan pantang menyerah.

Seperti yang pernah saya tulis di artikel lain, kisah inspiratif para pengusaha sukses. Tak satu pun dari mereka dapat dengan mudah berhasil di dunia bisnis, tetapi penuh perjuangan dan kesabaran.

Untuk itu, bagi kita yang ingin memasuki dunia bisnis, pastikan kita sudah memiliki mindset dan tekad yang kuat bahwa kita siap menghadapi segala kemungkinan yang ada.

Baca juga : Peluang Usaha Makanan

2. Buktikan Bahwa Konsep Bisnis Anda Adalah yang Terbaik

Yakinlah bahwa tidak ada investor yang mau berinvestasi di bisnis Anda karena mereka belum mengetahui standar  konsep bisnis Anda. Oleh karena itu, hal ini menunjukkan bahwa konsep bisnis ini akan membawa pengembalian yang sangat tinggi bagi  investor. Terapkan konsep bisnis Anda dengan modal minimum untuk memberikan bukti nyata kepada investor. Setelah Anda membuktikan bahwa konsep Anda adalah yang terbaik,  percayalah bahwa  investor  akan mencari Anda.

3. Tidak Takut Gagal

Seperti kata pepatah, kegagalan akan selalu menunggu didepan. Oleh karena itu, jika kita takut gagal, berarti kita takut akan kesuksesan.

Faktanya, dari kegagalan inilah kita belajar untuk memperbaiki kesalahan kita dan menjadi jalan kita menuju kesuksesan.

Oleh karena itu, jika kita ingin memasuki dunia bisnis, kita perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk segala macam kegagalan. Jika perlu, buat kelipatan, seperti Plan A, B, dan C.

Jadi ketika kita gagal, Kita sudah memiliki rencana cadangan dan kita tidak mudah putus asa untuk memulainya kembali.

Baca juga : Fakta Bisnis Online

4. Harus Belajar Disiplin

Disiplin bukanlah sifat dasar manusia, kita tidak mendapatkannya sejak lahir.

Dan kedisiplinan merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam setiap aspek, termasuk dalam dunia bisnis.

Jadi bagi kita yang ingin terjun ke dunia bisnis, mulai sekarang kita harus bisa belajar disiplin dalam segala hal yang kita lakukan.

Mulailah dari hal terkecil dalam hidup kita, seperti bangun tidur, makan, beribadah, menjaga kesehatan, menabung, dan lain-lain.

Jadi ketika kita memasuki dunia bisnis di masa depan, kita akan siap untuk mengelola bisnis yang kita lakukan dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi.

Namun, sulit untuk menjadi sukses tanpa disiplin yang ketat.

Misalnya, jika Anda ingin menjadi blogger profesional, Tentunya kita harus bisa konsisten menyajikan tulisan yang menarik dan bermanfaat.

Ini bukan tugas yang mudah karena untuk menjadi blogger, diperlukan keterampilan menulis, penyampaian yang baik, dan sumber informasi yang terpercaya.

Nah, jika kita tidak mengikuti disiplin, tentu kita menjadi malas dan akhirnya tidak sengaja menulis artikel atau mengambil jalan pintas dengan menyalin dan menempelkan karya orang lain. Pendekatan ini sebenarnya menghalangi kita untuk sukses.

Baca juga : Pola Pikir Pengusaha yang Wajib Ditiru Bila Anda Ingin Sukses

5. Harus Bisa Mengambil Risiko

Tentu saja dalam dunia bisnis, kita pasti menghadapi beberapa risiko. Misalnya; ketidakpastian pendapatan, potensi kegagalan, keluhan pelanggan, penipuan, dan lain-lain.

Semua risiko tersebut tidak dapat dihindari, terutama bagi kita yang baru terjun ke dunia bisnis.

Tetapi jika kita menggunakan risiko ini sebagai alasan untuk tidak bergerak maju, dan ketakutan yang tidak semestinya untuk membuat keputusan, justru hal seperti itu yang menghalangi atau menghambat kesuksesan kita.

Oleh karena itu keberanian untuk mengambil resiko sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Tentunya di dunia ini tidak ada satupun bisnis yang tidak ada resiko, Kita harus mengingatnya.

6. Belajar Pada Orang yang Tepat

Sama seperti seseorang  berteman dengan seorang pembuat wewangian, sedikit banyak pasti orang itu juga akan menerima wewangiannya. Hal yang sama juga berlaku dalam dunia bisnis.

Belajar dari orang baik mempercepat jalan menuju kesuksesan karena mereka sudah mengetahuinya dan pernah mengalaminya sebelum kita.

Kita tidak boleh membiarkan diri kita ditipu oleh para ahli yang memproklamirkan diri atau "Mastah". Nyatanya, hanya "Mastahu" yang  memanfaatkan keluguan para pemula dan menyedot uang mereka.

Baca juga : Peluang Usaha Sampingan Bermodal Kecil

7. Sikap Optimis

Bayangkan suatu saat bisnis Anda menjadi  bisnis  besar dan dapat mencapai target pasar  yang Anda inginkan. Ini akan membantu kita untuk terus mendorong diri kita sendiri, bahwa suatu saat kita pasti akan bisa meraih kesuksesan ini. Rasa optimis ini harus terus kita tanamkan, karena dengan rasa optimis ini akan menumbuhkan rasa percaya diri kita bahwa kita juga bisa menjadi orang sukses.

Jika kita tidak percaya pada kemampuan kita sendiri, siapa lagi? Dan bagaimana  kesuksesan datang kepada kita?

Iya kan?

8. Kesabaran  

Hal terakhir yang perlu kita persiapkan untuk memasuki dunia bisnis adalah kesabaran. Sebuah kata yang mudah diucapkan, namun sulit untuk dipraktekkan.

Terkadang ada hal yang sudah kita lakukan secara maksimal, namun hasilnya tidak seperti yang kita harapkan.

Dan seringkali hasil yang diharapkan membutuhkan waktu lama untuk merasakan kenyataan.

Kesabaran juga merupakan  faktor penting dalam kesuksesan bisnis.  Tanpa kesabaran, kita bisa  cepat menyerah dan mundur, meski kesuksesan sedikit lagi dicapai.

Baca juga : Bisnis yang Laku Setiap Hari

9. Tahu Kapan Harus Berhenti Mencoba

Seorang kapten yang bijaksana tidak  tenggelam dengan kapalnya. Ini adalah pepatah yang menjelaskan bahwa orang bijak adalah orang yang tahu kapan harus mencoba dan kapan harus berhenti. Berhenti mencoba tidak selalu merupakan bentuk  menyerah, terkadang hal-hal membuat Anda berhenti atau Anda hanya akan menjadi lebih buruk. Hal yang sama berlaku untuk memulai bisnis. 

Terkadang bisnis yang kita mulai tidak akan membawa Anda pada kesuksesan, sebaliknya Anda akan gagal. Ketika situasi ini muncul, Anda perlu tahu kapan harus berhenti. Menjadi cerdas dan peka terhadap keadaan Anda akan membantu Anda menghindari kesulitan.

Baca juga : Peluang Usaha Digital Printing

Kesimpulan

Berikut adalah beberapa poin penting mengenai persiapan sebelum memasuki dunia bisnis. Poin-poin yang disebutkan dalam artikel ini didasarkan pada pengalaman pribadi saya.

Mungkin orang lain punya resep sukses yang berbeda. Tidak ada salahnya jika Anda juga membagikan pengalaman Anda melalui halaman komentar, agar semakin banyak orang yang terinspirasi.

Jadi inilah 9 tips bagi anda yang ingin sukses dalam memulai bisnis. Jangan ragu untuk memulai meskipun Anda baru pemula, teruslah belajar dan coba keberuntungan Anda. Tidak ada yang tidak mungkin selama kamu berani bermimpi dan mau mencoba. Jalani semua ingin selalu memberikan yang terbaik karena saya yakin proses tidak akan mengecewakan hasilnya. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Share

0 Response to "√ 9 Persiapan Sebelum Terjun Memulai Bisnis agar Sukses Tepat Waktu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel