Cara Membangun Blog dan Mengembangkan dengan Cara Anda Sendiri

Cara Membangun Blog dan Mengembangkan dengan Cara Anda Sendiri


Cara Membuat Blog Sukses dengan Cara Anda Sendiri

Cara membuat blog yang sukses memang tidak semudah apa yang kita bayangkan, banyak hal yang harus dipelajari. Mulai dari membuat konten blog, membuat gambar untuk ilustrasi artikel, konsisten membuat artikel, SEO, backlink, dan lain-lain. Tetapi perlu kita sadari bahwa kesuksesan itu harus dikaitkan dengan perjuangan dan pengorbanan. Artinya dalam dunia blogging tentunya kita harus bersabar dalam proses mengembangkan blog yang sedang dibangun.

Membuat dan mengembangkan blog memang sangat sulit dan membutuhkan proses yang sangat panjang. Teknik SEO yang berbeda, ribuan tautan (backlink), dengan banyak e-book yang berbeda tidak dapat menjamin bahwa Anda akan berhasil mengembangkan blog. Namun ada juga blog yang nyaris tanpa teknik SEO, tanpa backlink, namun bisa menjadi blog yang sukses. Inilah keunikan blogging, jadi jika Anda memulai blog dan mengembangkan blog, Anda harus menemukan cara Anda sendiri.

Terlihat sulit memang, tetapi jika Anda dapat mengembangkan blog dengan metode dan cara yang Anda temukan sendiri, akan mudah di masa depan ketika Anda ingin memulai blog baru lagi. Untuk membantu Anda menemukan cara untuk memulai blog Anda sendiri, di bawah ini adalah beberapa tips untuk memulai sebuah blog, dengan memprioritaskan keterampilan inti Anda yang dapat Anda coba terapkan.

Baca juga : Mau Jadi Seorang Blogger? Inilah 5 Keterampilan Dasar yang Harus Dipelajari

1. Kesuksesan Blog Lain Belum Tentu Juga Kesuksesan Untuk Blog Anda 

Membuat dan mengembangkan blog itu sulit, apalagi jika kita mulai dari nol. Saat ini, dengan dunia blog yang terus berkembang pesat, saat ini banyak para senior blogger berbagi banyak informasi tentang blogging. Mulai dari teknik meningkatkan trafik blog, bahkan sangat mudah ditemukan di mesin pencari.

Cukup masukkan kata kunci yang Anda inginkan dan itu akan menunjukkan berbagai teknik yang dapat Anda terapkan ke blog Anda. Tetapi Anda juga harus tahu bahwa tidak semua teknik ini mungkin cocok dan tepat untuk blog Anda. Bisa jadi teknik yang satu ini bisa meningkatkan traffic blog, tapi belum tentu cocok jika Anda menggunakannya di blog Anda. Jadi ya, Anda juga harus banyak bereksperimen dan mengamati sendiri.

Mungkin sering kita lihat blog orang lain yang sudah sukses menghasilkan uang, terlintas seperti mudah dalam menjalankan blogging, padahal banyak hal yang harus dikerjakan dalam dunia blog. Tentunya kita bisa belajar pada blog orang lain yang sudah sukses dan mengikuti arahannya agar blog yang sedang dikembangkan bisa sukses seperti mereka.

2. Beda Orang Pastinya Beda Karakter Blog

Selanjutnya, jika ingin mengembangkan blog, tentunya harus ada guru atau seseorang yang bisa ditanyakan tentang blogging. Mulai sekarang, biasanya bukan hanya satu orang, tetapi bisa dua atau lebih. Nah, Anda juga perlu memahami bahwa biasanya semua orang ini memiliki karakter atau ciri khas masing-masing dalam mengembangkan blog Anda. Misalnya ada yang mengutamakan jumlah artikel yang banyak, atau ada yang mengutamakan jumlah kata dalam sebuah artikel, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Memang, mereka biasanya memberi kita informasi baru dari pengalaman mereka. Kitaakan benar-benar mengarah ke karakter tertentu dari waktu ke waktu juga. Dan ini bisa menjadi ciri khas yang  membedakan Anda dengan blogger lain, manfaatkan sebaik mungkin ciri khas tersebut.

Baca juga : Sikap Dasar yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Blogger Pemula

3.  Catat Setiap Kali Terjadi Sesuatu Di Blog Anda. 

Ini bisa sedikit rumit karena melacak semua yang terjadi di blog. Ya, biasakan menuliskan semua yang terjadi di blog Anda. Jika jumlah pengunjung bertambah atau berkurang, biasakan untuk mencatatnya lalu temukan alasannya.

Apakah itu terjadi secara alami atau di luar kebiasaan ngeblog Anda. Ini sangat penting karena jika Anda menemukan alasan untuk memulai sebuah blog, akan lebih mudah bagi Anda untuk membangun blog lain di masa mendatang.

Evaluasi dalam proses membuat blog adalah hal yang perlu diperhatikan, mulai dari visitor, perubahan template blog, postingan populer, dan backlink. Sebagai seorang blogger hal-hal yang berkaitan dengan proses mengembangkan blog harus dievaluasi baik itu perbaikan ataupun penyempurnaan.

Baca juga : Ingin Cepat Menjadi Blogger Sukses, Jangan Teori Saja, Segera Praktikkan!

4. Jangan Lelah Mencoba Cara Terbaru 

Mencoba cara terbaru dan diterapkan pada blog yang sedang dibangun adalah hal yang harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana eksperimen Anda berjalan, apakah eksperimen tersebut berhasil dalam blog Anda atau justru kurang maksimal. Maka dari itu cara-cara terbaru untuk mengembangkan blog terus Anda coba, agar mengetahui eksperimen mana yang cocok untuk blog Anda.

Jadi, Jangan lelah mencoba cara baru, meskipun sering tidak berhasil. Karena dengan bereksperimen, meskipun tidak berhasil, Anda mendapatkan pengetahuan baru dan itu sangat penting dalam proses pengembangan blog Anda.

Selalu ada banyak cara baru untuk mengembangkan blog, Anda bisa mencobanya dengan teknik lain atau dengan pengamatan Anda sendiri. Atau dengan mengombinasikan beberapa teknik yang ada, maka dapat terungkap sebuah teknik baru yang bisa menjadi kunci untuk meningkatkan trafik ke blog Anda.

Baca juga : 11 Tips Untuk Meningkatkan Percaya Diri Seorang Blogger

5. Percaya Pada Diri Sendiri, Tidak Selalu Bergantung Pada Orang Lain 

Agar blog berkembang dengan baik, Anda harus percaya pada kemampuan Anda terlebih dahulu. Jangan terlalu mengandalkan keahlian orang lain, ada baiknya sesekali bertanya atau meminta bantuan senior lainnya.

Namun, jangan pernah bergantung terhadap mereka, anda harus bisa mandiri dan berjalan sendiri dalam mengembangkan blog anda. Jika tidak, Anda tidak akan pernah bisa membangun blog sendiri jika terus menerus bergantung pada orang lain.

Pada akhirnya kesuksesan dalam dunia blogging bilamana blog tersebut merupakan hasil karya sendiri tentu akan sangat memuaskan dibandingkan dengan blog yang dibuat hasil karya orang lain. Oleh karena itu, pastikan membuat blog dengan tangan Anda sendiri agar nantinya kita akan merasakan proses dalam membangun sebuah blog sampai dengan bisa menghasilkan uang dari Google. Percayalah diri sendiri bahwa Anda mampu untuk membuat blog dengan jerih payah diri Anda sendiri, lambat laun blog Anda akan mencapai pada titik kesuksesan itu.

Share

0 Response to " Cara Membangun Blog dan Mengembangkan dengan Cara Anda Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel