Mau Jadi Seorang Blogger? Inilah 5 Keterampilan Dasar yang Harus Dipelajari

Mau Jadi Seorang Blogger? Inilah 5 Keterampilan Dasar yang Harus Dipelajari


5 Keterampilan Dasar Untuk Menjadi Seorang Blogger

Keterampilan dasar merupakan keterampilan standar yang harus dimiliki setiap orang yang berprofesi sebagai blogger. Keterampilan dasar ini merupakan modal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap blogger yang ingin menjadi blogger profesional agar diharapkan dapat menghasilkan blog yang berkualitas dalam berbagai hal.

Saat ini, profesi menjadi seorang blogger semakin populer di kalangan pengguna internet. Profesi ini memiliki banyak keuntungan yang menarik seperti pendapatan sekaligus popularitas dan banyak orang yang ingin serius berkomitmen pada industri web online dalam bentuk aplikasi website online ini. Memang eksistensi blogger masa kini semakin bisa diraih berkat dukungan teknologi dan jaringan internet yang semakin maju serta kemampuan berbagi momen melalui media sosial dan aplikasi pesan instan.

Profesi blogging semakin menarik dengan pertanyaan-pertanyaan ini. Namun untuk menjadi seorang blogger, Anda perlu memahami beberapa hal, salah satunya adalah keterampilan dasar. Ya, seorang blogger memang membutuhkan beberapa keterampilan dasar yang dapat membawanya ke jalan menuju kesuksesan. Keterampilan dasar apa yang harus dimiliki seorang blogger? Berikut ikhtisarnya.

1. Ilmu Coding

Keterampilan dasar pertama yang harus Anda miliki sebagai seorang blogger adalah keterampilan atau pengetahuan coding (pemrograman). Mengapa Anda membutuhkan pengetahuan pengkodean? Karena saat membuat blog, Anda perlu menyesuaikan dan menentukan template yang digunakan di blog yang sedang Anda bangun.

Coding adalah penulisan urutan kode untuk berkomunikasi dengan komputer. Dengan kode ini kita dapat meminta komputer untuk melakukan sesuatu sesuai dengan instruksinya. Misalnya, membuat situs web, membangun aplikasi, memproses data, atau masalah terkait teknologi lainnya.

Menyiapkan dan mengkonfigurasi template blog sekarang disebut coding. Saat Anda mengatur dan menyesuaikan template blog ini, Anda benar-benar perlu mengerjakan kode-kode untuk membuat  blog lebih menarik. Bilamana Anda seorang pemula dalam dunia blog, lebih baik pelajari dasar-dasar coding terlebih dahulu agar untuk tahap selanjutnya lebih mudah mengerti tentang ilmu coding.

Baca juga : 11 Tips Untuk Meningkatkan Percaya Diri Seorang Blogger

2. Ilmu Menulis dan Jurnalistik 

Selanjutnya, keterampilan atau pengetahuan dasar yang harus dimiliki seseorang yang ingin menjadi seorang  blogger adalah keterampilan menulis dan jurnalistik. Ya, jika Anda ingin mengisi konten atau memperbarui blog setiap hari, Anda harus benar-benar menulis artikel. Tanpa artikel atau konten, blog Anda bisa dianggap mati. Ya, itu sebabnya belajar menulis ide dan juga menulis kata-kata diperlukan untuk memperbarui blog Anda setiap hari.

Juga, jangan lupa aturan etika jurnalistik untuk dipelajari. Karena tidak semua mata pelajaran atau topik dapat ditulis dengan senang hati. Karena ada hal-hal yang dilarang dan tidak pantas untuk ditulis dan dipublikasikan di media yang harus Anda waspadai sebagai seorang blogger. Sekarang kode etik jurnalistik menyatakan hal-hal yang boleh dan dilarang ketika Anda menulis blog sebagai media informasi.

3. Ilmu Desain 

Selanjutnya, keterampilan atau pengetahuan dasar yang harus dimiliki calon blogger adalah Ilmu Desain. Untuk apa ilmu desain? Tentu saja, untuk melengkapi apa yang Anda tulis dengan gambar. Ya, karena gambar juga menentukan perkembangan blog. Semakin menarik gambar yang Anda tampilkan, maka semakin banyak pula pengunjung yang akan datang ke blog Anda.

Gambar yang menarik biasanya juga diperlukan untuk menampilkan judul blog (Header). Jadi untuk membuat blog yang menarik ini, Anda harus memiliki keterampilan atau pengetahuan desain yang harus Anda miliki untuk membuat tulisan atau tampilan Anda lebih menarik.

Biasanya para blogger menggunakan desain gambar dengan aplikasi seperti coreldraw, adobe photoshop, canva, dan aplikasi lainnya. Pilihlah aplikasi desain yang mudah agar lebih cepat dalam membuat desain gambar untuk postingan blog.

Baca juga : Sikap Dasar yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Blogger Pemula

4. Ilmu Komunikasi dan Sosial

Dalam dunia blogger, seorang blogger sangat perlu membangun relasi dengan banyak orang, terutama dengan para blogger lainnya. Sekarang membangun hubungan dengan orang lain membutuhkan keterampilan komunikasi dasar dan hubungan sosial yang baik.

Tidak hanya tatap muka di komunitas blog, tetapi juga secara online misalnya via Zoom, jika Anda berkomunikasi melalui komentar blog atau obrolan grup, Anda harus dapat berkomunikasi dengan baik. Dengan komunikasi dan relasi sosial yang baik, Anda akan mendapatkan banyak blogger yang berguna untuk perkembangan blog Anda ke depannya.

Hubungan sosial antar sesama blogger itu penting, karena bilamana kita ada kendala dengan hal-hal yang berkaitan dengan blog. Kita bisa menanyakan langsung kepada para mentor blog yang sudah senior. Makanya perbaikilah hubungan sosial itu dan buatlah komunikasi yang baik dengan mereka.

5. Ilmu Manajemen Bisnis

Terakhir, pengetahuan dan keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang blogger adalah  manajemen bisnis. Apa hubungannya blogger dengan bisnis? Tentu saja. Jadi jika Anda seorang blogger yang menggunakan domain dan hosting berbayar atau mungkin template berbayar, Anda pasti harus menghitung untuk membayar biaya tahunan.

Sekarang akan lebih baik dan lebih menyenangkan jika Anda bisa membayar pengeluaran ini dari penghasilan blog Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk mempelajari ilmu manajemen bisnis dengan baik untuk memastikan konsistensi dan keberlanjutan blog Anda.

Baca juga : Ingin Cepat Menjadi Blogger Sukses, Jangan Teori Saja, Segera Praktikkan!

Jadi, ketika harus bayar domain dan hosting per tahun, kita tidak lagi bingung karena tinggal membayarnya dari penghasilan uang dari blog. Tetapi, bilamana blog masih baru, maka harus membayarnya sendiri terlebih dahulu dari dompet pribadi. Bersabarlah nanti perlahan-lahan blog Anda bisa menghasilkan uang dan bisa dijadikan untuk pembayaran domain dan hosting Anda.

Share

0 Response to "Mau Jadi Seorang Blogger? Inilah 5 Keterampilan Dasar yang Harus Dipelajari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel