√ Mau Tetap Eksis Dalam Persaingan Blog? Gunakan 4 Tips Berikut Ini

√ Mau Tetap Eksis Dalam Persaingan Blog? Gunakan 4 Tips Berikut Ini


Tips Agar Tetap Eksis di Tengah Persaingan Blog

Menjadi seorang blogger profesional merupakan impian semua orang, bahkan saat ini banyak bermunculan blog baru. Ini menunjukkan bahwa dunia blogging semakin menarik bagi semua kalangan, bagaimana tidak menarik. Aktifitas blogging ini bisa menghasilkan uang dari kegiatan ngeblognya, bahkan bisa menutupi semua kebutuhan Anda dalam hidup ini. 

Blog sebagai aplikasi web online dalam bentuk tulisan benar-benar menjadi fenomena saat ini yang begitu menakjubkan. Betapa tidak, dengan segala dukungan blogging dan tawaran menggiurkan ini, tak jarang banyak orang yang ingin menjadi seorang blogger. Orang-orang yang suka ngeblog disebut blogger melakukannya bukan tanpa alasan.

Blog memungkinkan para blogger ini untuk mengekspresikan diri dan mendapatkan penghasilan yang cukup menguntungkan pada saat yang bersamaan. Nah, disinilah banyak blogger baru bermunculan di dunia maya. Para pengguna internet berlomba-lomba menarik perhatian pengunjung agar blognya tetap hidup dan populer.

Oleh karena itu, persaingan antar blogger tidak dapat dihindari. Bahkan hampir semua niche blog (topik) di luar sana, persaingannya sangat ketat. Lalu bagaimana caranya agar blog kita tetap eksis di tengah ketatnya persaingan antar blog tersebut? Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda coba.

Baca juga : Ingin Cepat Menjadi Blogger Sukses, Jangan Teori Saja, Segera Praktikkan!

1. Tetaplah Berikan Konten Blog Terbaik 

Memberikan konten blog terbaik bagi pembaca adalah sebuah kewajiban bagi setiap blogger, artikel yang berkualitas akan membuat pembaca merasa terbantu dan mendapatkan solusi dari artikel blog yang kita sajikan. Kepuasan pembaca adalah hal yang perlu diperhatikan pada saat kita memposing sebuah artikel, jangan sembarangan dalam membuat artikel dan buatlah artikel sebaik mungkin untuk pengunjung blog.

Tips pertama bagi kompetitor di dunia blogging adalah berikan yang terbaik untuk blog Anda. Ya, seperti halnya dalam persaingan bisnis, Anda memang perlu menawarkan yang terbaik kepada calon konsumen Anda. Pengunjung dan netizen juga harus diberikan yang terbaik dalam semua hal yang terkait dengan blog ini. Lalu bagaimana caranya? Jika perusahaan mereka harus menawarkan produk dan layanan terbaik, maka untuk layanan blog juga Anda harus membuat konten blog yang berkualitas tinggi.

Juga jangan lupa untuk menjaga tampilan blog Anda terlihat baik dan nyaman bagi pembaca. Ya, karena blog ini adalah aplikasi web yang bisa diakses dengan melihat, masalah layar ini tidak bisa dikesampingkan. Tampilan harus mendukung dengan memiliki konten terbaik tadi. Jika Anda dapat mencapai dua hal ini, peluang Anda untuk sukses ngeblog semakin tinggi.

Baca juga : Cara Membangun Blog dan Mengembangkan dengan Cara Anda Sendiri

2. Jadikan Blog Anda Berbeda dan Memiliki Ciri Khas Tersendiri 

Memang saat ini begitu banyak blog bermunculan, hampir semua topik blog (niche) sudah ada dan bisa kita temukan. Jadi, jika Anda menginginkan membuat niche blog yang baru, itu mustahil bisa sukses. Terlepas dari itu, blog niche dengan tema baru sepertinya niche blog Anda adalah topik blog yang tidak banyak diminati orang.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir jika niche blog sudah ada atau bahkan banyak yang menggunakannya. Sebagai seorang blogger, Anda dapat membuat strategi pembeda (difference) agar ciri khas Anda tercermin dalam blog Anda. Juga, perusahaan sering menerapkan strategi diferensiasi ini untuk mempengaruhi calon customer mereka.

Bagaimana Anda membedakan sebuah blog? Caranya adalah Anda bisa memberikan lebih banyak konten orisinil atau juga artikel yang didukung oleh penelitian dan studi serta video. Tapi ini hanya salah satu contoh, Anda bisa menggunakan teknik lain untuk memberi dampak dengan melihat blog kompetitor terlebih dahulu.

Buatlah strategi dengan beberapa skema, untuk dijadikan eksperimen dalam blog yang sedang dibangun. Beberapa eksperimen strategi tersebut bisa dicoba satu per satu mana yang paling efektif dan efisien untuk perkembangan blog Anda.

Baca juga :  Jangan Biarkan 5 Keinginan Instan Ini Menghambat Karier Blogging Anda

3. Menerapkan Strategi Khusus 

Strategi khusus dalam perang juga penting apalagi dalam dunia blogging strategi khusus harus ada, untuk membuat blog yang berbeda dari kebanyakan blog pada umumnya. Strategi bisa dijadikan sebagai uji coba dalam blog agar membuat blog lebih menarik dan disukai oleh pengunjung blog.

Tips membuat blog di tengah persaingan yang sangat ketat berikut ini adalah dengan menggunakan strategi khusus. Sama seperti dalam bisnis dimana pengusaha menerapkan berbagai strategi seperti menawarkan harga diskon, mengatur undian dan lainnya, ini juga bisa dilakukan di dunia blogging.

Tapi tidak lagi diskon atau undian yang biasa dilakukan sebuah bisnis, tetapi strategi seperti blogwalking, bergabung dengan komunitas blog dan juga promosi dalam situs bookmarking, kampanye web bisa menjadi cara yang aman untuk menjaga blog Anda tetap hidup. Anda juga dapat membuat strategi review blog untuk pengguna internet yang ingin melihat blog Anda.

Berbagai macam cara bisa Anda coba untuk dijadikan eksperimen strategi agar menemukan strategi yang cocok dan efektif untuk blog yang Anda sedang bangun. Tetapi strategi harus variatif agar tidak mudah dibaca oleh kompetitor blogger lain.

Baca juga : Inilah Susahnya Ngeblog, Masih Tertarik Jadi Seorang Blogger?

4. Lakukan Secara Konsisten  

Terakhir, tips agar menonjol di antara blog pesaing adalah dengan melakukan keempat hal di atas secara konsisten. Ya, seorang blogger harus konsisten dalam berkarya, termasuk eksistensi dan kepopuleran blognya. Hanya dengan kegigihan seorang blogger bisa berhasil dalam persaingan saat ini. Dan tanpa konsistensi, usaha blogger selama ini bisa hancur dalam sekejap.

Seperti yang sudah disebutkan dalam artikel lain, bahwa menjaga konsistensi adalah wajib hukumnya. Karena untuk mencapai kesuksesan dalam dunia blogging, konsistensi yang menentukan keberhasilan Anda. Maka dari itu buatlah artikel blog setiap hari secara konsisten dan jauhkanlah diri Anda dari kegiatan yang bisa mendistraksi kegiatan blog harian Anda.

Carilah blogger panutan yang bisa dijadikan role model dalam dunia blogging, mereka bisa dijadikan sebagai acuan dalam proses menjalankan aktifitas ngeblog. Karena mereka termasuk blogger yang sudah sukses, tiru bagaimana mereka menjaga konsistensinya dalam membuat konten blog.

Anda bisa dengan membaca artikel blognya untuk mengetahui sejarah mereka, mulai dari membuat blog pertama, proses perkembangan blognya, cara menjadikan blognya SEO, dan cara mengembangkannya lainnya yang bisa Anda coba terapkan dalam blog yang Anda kelola.

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

Kesimpulan

Kita tidak pernah tahu mana cara yang efektif untuk perkembangan blog, maka dari itu cobalah beberapa strategi khusus diatas yang sudah disampaikan. Semoga cara tersebut cocok untuk membuat blog lebih unik dan tetap eksis ditengah persaingan blog yang semakin ketat.

Dengan adanya persaingan justru membuat kita semakin semangat, tentunya adanya persaingan membuat kita tahu seberapa jauh kemampuan kita dalam dunia blogging ini. Jadi, ambil sisi positifnya saja dalam persaingan dunia blog, dan jadikan kompetitor sebagai acuan untuk perkembangan blog kita.

Demikianlah pembahasan sederhana mengenai bagaimana caranya agar blog tetap eksis meski di tengah persaingan blog yang ketat, apapun caranya bisa Anda coba sebagai bahan eksperimen dalam sebuah blog. 

Share

0 Response to "√ Mau Tetap Eksis Dalam Persaingan Blog? Gunakan 4 Tips Berikut Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel