√ Inilah Susahnya Ngeblog, Masih Tertarik Jadi Seorang Blogger?

Inilah Susahnya Ngeblog, Masih Tertarik Jadi Seorang Blogger?


Susahnya Menjadi Seorang Blogger

Untuk menjadi seorang blogger membutuhkan ekstra kerja keras karena banyak tugas yang harus diselesaikan, seperti membuat konten blog, membuat gambar ilustrasi postingan blog, mencari backlink, search engine optimization (SEO), memperbanyak keyword, dan lainnya.

Hingga saat ini, iming-iming menghasilkan uang secara online selalu menarik minat semua orang. Apalagi jika mempertimbangkan penghasilan tambahan yang luar biasa besar dan berbagai kemudahan yang ditawarkan dengan bekerja di Internet. Salah satu kegiatan favorit anak muda sekarang adalah menjadi seorang blogger. Mengelola banyak blog dan kemudian memonetisasi blog tersebut dengan harapan menghasilkan banyak uang dengan sedikit kerja atau tanpa usaha.

Padahal sebenarnya ngeblog itu pekerjaan yang melelahkan dan berat. Apalagi bagi kita yang masih baru dan sangat pemula dalam dunia blogging, maka jika tidak ada tekad pasti hanya akan membuang waktu dan tenaga saja. Di bawah ini adalah beberapa hal yang menurut blogger paling sulit, terutama bagi pemula.

Baca juga : 5 Langkah Blogger Menghasilkan Uang dari Kegiatan Blogging

1. Susahnya Mendapatkan Approve Google Adsense

Sulit untuk disetujui dan diterima oleh Google Adsense sepertinya menjadi masalah klasik bagi para blogger pemula, Bisa dibilang mendapatkan approval Google Adsense itu sulit dan mudah. Agar blog bisa diapprove oleh Google dan kemudian diterima sebagai publisher Adsense, ada beberapa poin yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Permasalahannya seringkali para blogger pemula nekad untuk diterima menjadi publisher Adsense tanpa memperhatikan kualitas dari blog itu sendiri. Pemula cenderung terburu-buru mendaftarkan blog agar disetujui sebagai publisher pemula. Menurut saya yang terbaik adalah membuat blog sebaik mungkin dan konsisten dulu dalam mengelola blog baru memikirkan strategi selanjutnya.

Syarat yang harus diperhatikan sebelum mengajukan blog ke Google Adsense, blog harus berisi minimal 100 artikel, setiap artikel minimal 1000 kata, gambar harus original, Domain TLD, menggunakan template SEO Friendly, dan lainnya. Syarat tersebut perlu diperhatikan dan dicek kembali agar blog diterima oleh Google Adsense.

Baca juga : 11 Tips Untuk Meningkatkan Percaya Diri Seorang Blogger

2. Mendapatkan Banyak Pengunjung Blog Tidaklah Mudah 

Dalam persaingan yang semakin ketat seperti sekarang ini, mendapatkan jumlah pengunjung blog tidaklah mudah. Banyak niche blog atau pembahasan yang begitu padat dengan blogger sekarang. Dan tentunya hal itu mempersulit untuk mendapatkan visitor blog.

Hal ini sering memaksa para blogger menghalalkan segala cara untuk menarik pengunjung, seperti menyebarkan berita bohong seperti meninggalnya artis populer, dan sebagainya. Perlu usaha dan tenaga ekstra untuk bisa bersaing dengan blog lain dan mendapatkan pengunjung yang banyak.

Buatlah artikel yang berkualitas yang membuat pembaca merasa senang ketika membaca artikel blog Anda, selain itu buatlah artikel dengan informasi yang bermanfaat sehingga ketika pengunjung blog datang lalu membaca artikel Anda, akan merasa terbantu dan menemukan solusi terhadap apa yang mereka cari.

Ketika artikel berkualitas diutamakan maka visitor blog akan berdatangan, bahkan pengunjung blog akan dengan senang hati datang kembali untuk membaca artikel terbaru Anda. Perlahan-lahan blog akan meningkat visitor blognya, dan Google Analytics semakin baik. 

Baca juga : Apakah Bisa Konsisten Ngeblog? Berikut 5 Caranya untuk Anda

3. Harus Menulis Artikel Setiap Hari Secara Konsisten 

Namun, sebagai seorang blogger, Anda harus rajin menulis artikel yang nantinya diterbitkan. Setiap hari Anda harus memperbarui blog Anda agar pengunjung tidak meninggalkan blog Anda. Tak terbayangkan betapa melelahkannya menulis artikel setiap hari, apalagi saat sedang stuck menulis. Apalagi jika mulai bosan, pasti akan menambah berat perjalanan Anda untuk menjadi seorang blogger.

Menulis artikel adalah sebuah kewajiban bagi setiap blogger, karena dengan adanya update artikel setiap hari tentu membuat pengunjung blog betah berlama-lama di blog Anda. Oleh karena itu, jangan pernah lelah untuk membuat konten blog, karena blog yang tidak diperbarui akan menurun pengunjung blognya.

Baca juga : Ingin Cepat Menjadi Blogger Sukses, Jangan Teori Saja, Segera Praktikkan!

4. Bersaing Di Halaman Pertama Sangat Melelahkan 

Bersaing untuk mendapatkan page one di Google adalah hal yang sulit, karena kita harus bersaing dengan blog lain dengan peringkat blog yang lebih baik. Hal ini akan menyulitkan bagi blogger pemula karena mereka baru saja memulai untuk menjadi seorang blogger. 

Ini sangat berkaitan dengan poin nomor dua, jika Anda menargetkan kata kunci dan kemudian berhasil menaklukkan halaman satu, itu bisa menjadi sumber pengunjung Anda. Tapi jangan senang dulu, karena untuk mendapatkan satu posisi halaman harus mengalahkan banyak blog lain yang tentunya sangat sulit.

Apalagi untuk kata kunci yang populer dan banyak diminati orang, ini pasti akan menguras tenaga dan waktu Anda. Di sinilah banyak blogger yang menyerah, yang kemudian mengurungkan niat mereka untuk terus menekuni dunia blogging. Tetapi ini menjadi sebuah tantangan bagi blogger pemula untuk belajar bagaiamana caranya menjadi seorang blogger profesional dan sukses, ketika Anda fokus untuk membangun sebuah blog maka blog Anda akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

5. Mendapatkan Uang dari Blog Membutuhkan Waktu 

Menghasilkan uang dari blog bukanlah perkara mudah dan cepat, karena segala sesuatunya pasti ada proses yang harus dilalui. Menjadi blogger sukses perlu kerja keras dan perjuangan tanpa kenal lelah, setiap hari harus konsisten membuat artikel blog dan mempostingnya di blog.

Ini menunjukkan bahwa tidak semua bisa anda dapatkan dengan serta merta, semuanya membutuhkan proses dan waktu yang tidak sedikit. Mendapatkan uang dari blog mungkin setahun adalah waktu yang bisa dikatakan sangat cepat.

Beberapa blogger mengatakan bahwa mereka mendapatkan uang dari blog hanya setelah tiga, empat dan bahkan lima tahun ngeblog. Jadi semuanya bukanlah pekerjaan instan dan butuh kerja keras, semua tergantung kerja keras anda untuk mempertahankan dalam dunia blog ini.

Bilamana Anda sabar dan konsisten dalam dunia blog ini, maka perlahan-lahan blog akan diterima oleh Google Adsense, tentunya Anda bisa menghasilkan uang dari blog. Namun, kesabaran lagi-lagi menjadi hal yang harus dimiliki oleh blogger pemula.

Baca juga :  Jangan Biarkan 5 Keinginan Instan Ini Menghambat Karier Blogging Anda

6. Memakan Banyak Waktu, Energi dan Pikiran 

Pasti menyita waktu dan tenaga anda. Waktu yang dihabiskan bersama keluarga dan orang tersayang pasti akan berkurang karena aktivitas ngeblog. Dan ini adalah hal yang sulit, apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Dan tidak hanya menghabiskan waktu dan tenaga, tetapi juga dapat mengurangi secara finansial. Dan semua itu tidak bisa menjamin Anda akan mendapatkan uang dari aktivitas ngeblog Anda.

Ketika setiap hari dituntun membuat konten blog, ini akan banyak menyita waktu, dimana seharusnya quality time bersama keluarga. Justru malah digunakan untuk menulis artikel, dan mempostingnya di blog. Memang menjadi seorang blogger banyak tugas yang harus dikelola dengan baik dan rutin, tetapi tugas tersebut merupakan syarat untuk mencapai kesuksesan dalam dunia blog.

Bagaimana, masih tertarik untuk jadi blogger? Atau berhenti di sini. Itu semua tergantung apa yang Anda inginkan dan Anda sendiri yang bisa memutuskan, lanjut atau menyerah untuk sukses menjadi seorang blogger profesional!

Share

0 Response to "√ Inilah Susahnya Ngeblog, Masih Tertarik Jadi Seorang Blogger?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel