√ Hati-Hati, Inilah Efek Negatif Aktifitas Blogging Yang Berlebihan

Hati-Hati, Inilah Efek Negatif Aktifitas Blogging Yang Berlebihan


Dampak Negatif Dari Aktifitas Blogging Yang Berlebihan

Perkembangan internet yang semakin canggih dan dunia blog yang berkembang pesat membuat semua orang tertarik untuk menjadi seorang blogger sukses, ditambah bisa menghasilkan uang dari aktifitas blogging. Hal ini menjadi sebuah fenomena menarik dikalangan masyarakat umum, tetapi tentu ada dampak negatif ketika kita terlalu fokus dalam dunia blog sehingga melupakan aktifitas kehidupan nyata yang sesungguhnya.

Menjadi blogger sukses dan menghasilkan banyak uang di internet adalah impian banyak orang saat ini. Terlihat santai tapi tetap menghasilkan uang adalah iming-iming yang paling menarik. Tapi percayalah, bisnis blogging ini sebenarnya tidak semudah yang kita bayangkan. Anda tetap harus bekerja keras dan berusaha keras untuk berhasil mengembangkan blog.

Apalagi jika Anda baru pemula dan baru mengembangkan dan membangun blog, Anda membutuhkan tenaga lebih untuk menjaga konsistensi mengelola blog. Selain butuh kerja keras, Anda juga perlu mewaspadai beberapa dampak negatif dari blogging yang berlebihan. Di bawah ini adalah beberapa konsekuensi ngeblog yang berlebihan dari pengalaman pribadi saya.

Baca juga : Alasan Kegiatan Blogging Cocok Untuk Seorang Introvert

1. Kesehatan Fisik Akan Terganggu

Membuat artikel blog membutuhkan beberapa puluh menit bahkan berjam-jam tergantung seberapa banyak kosa kata yang dibuat. Proses membuat artikel menyita banyak waktu sehingga kesehatan akan terganggu bilamana dalam membuat artikel terlalu berlebihan.

Dalam menjalankan kegiatan ngeblog, kesehatan tubuh kita yang paling berpengaruh. Karena kesibukan menjadi seorang blogger pasti akan menguras tenaga dan energi Anda. Blogging sering kali mengharuskan bekerja hingga larut malam. Dan seringkali Anda tidak mengetahuinya, karena Anda menjalaninya dengan antusias dan semangat yang tinggi.

Akan terasa nanti ketika tubuh Anda sangat lelah dan mengantuk, yang kemudian memperlambat Anda dan menjadi loyo karena kelelahan. Dan yang paling lelah adalah mata yang disebabkan oleh berjam-jam menatap layar dan kurang tidur. Jika terlalu lama duduk, selain mata, punggung juga terasa sangat lelah.

Terkadang ketika semangat dalam membuat konten blog membuat kita lupa bahwa kesehatan adalah hal yang paling penting untuk dijaga, membuat konten blog memang sebuah kewajiban ketika membangun sebuah blog, namun kesehatan adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh Anda.

Baca juga : Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

2. Psikologi Akan Terpengaruh

Psikologi seorang blogger tentu saja dipengaruhi oleh aktivitas ngeblognya. Keinginan besar untuk belajar tentang blog terkadang bisa membuat seseorang terobsesi ingin sukses instan dalam dunia blog. Sehingga membuat pikiran mereka untuk terus menerus memikirkan tentang blog. Dan itu sebenarnya tidak terlalu baik secara psikologis untuk kesehatan mental Anda.

Hal ini membuat Anda sulit untuk fokus pada apapun di luar blog, sehingga tentunya Anda juga kesulitan untuk melakukan tugas lain di luar blog. Hal yang sangat buruk jika Anda seorang blogger dan masih aktif bekerja di bidang lain, sulit bagi Anda untuk berkonsentrasi.

Tentunya harus membagi waktu antara pekerjaan utama dan menjadi seorang blogger, memang hal ini harus Anda atur sebaik mungkin pembagian waktunya. Karena dengan memiliki dua pekerjaan tentu harus ada jadwal yang ditentukan, seperti kapan harus membuat artikel dan kapan harus bekerja pada pekerjaan utama Anda. 

Dengan memiliki banyak jobdesk tentunya akan membuat kita jenuh dan terkadang merasa lelah karena harus mengerjakan pekerjaan lain selain pekerjaan utama. Tetapi jika Anda konsisten terus menerus dan blog sudah bisa menghasilkan uang, dan bisa menutupi semua kebutuhan hidup. Maka menjadi seorang full time blogger menjadi sebuah pilihan yang lebih baik dibandingkan menjadi seorang karyawan di perusahaan orang lain.

Baca juga : 5 Hal Positif yang Harus Dilakukan Seorang Blogger

3. Jarang Bersosialisasi Dengan Lingkungan Masyarakat

Efek negatif selanjutnya dari blogging yang berlebihan adalah pada sisi sosial Anda. Anda menjadi orang yang kurang pergaulan di dunia nyata. Pergaulan memang membutuhkan banyak waktu untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitar Anda.

Padahal komunikasi dan interaksi dengan lingkungan masyarakat sangat penting, apalagi jika sudah berkeluarga. Karena seperti yang kita ketahui, seringkali ada kegiatan di lingkungan sekitar kita, seperti bakti sosial, menghadiri undangan pernikahan dan kegiatan ringan semacamnya. Jika Anda tidak pernah bergaul dengan orang-orang di sekitar Anda, pada titik tertentu Anda akan mengalami kesulitan juga.

Oleh karena itu, antara menjadi seorang blogger dan bergaul dengan masyarakat sekitar harus diatur waktunya sebaik mungkin, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya pembagian waktu memang hal yang harus diperhatikan oleh Anda. Pergaulan dengan lingkungan sangat penting untuk menjaga tali silaturahmi dengan masyarakat.

Ketika keduanya berjalan beriringan dengan baik, maka Anda bisa dikatakan berhasil dalam mengelola aktifitas harian Anda. Manajemen waktu memang sangat penting dalam menjalankan aktifitas blogging. 

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

4. Waktu Bersama Keluarga Menjadi Berkurang

Selain harus bekerja di perusahaan orang lain, ketika pulang kerja ada keluarga yang sudah menanti. Tetapi disisi lain harus mengelola blog dengan membuat artikel untuk postingan blog setiap hari, tentunya hal ini akan menganggu quality time bersama keluarga Anda. 

Tentu saja, waktu bersama untuk keluarga dan orang-orang tersayang semakin sedikit. Namun waktu Anda akan didedikasikan untuk aktivitas yang akan meningkatkan performa blog Anda. Siang dan malam, waktu Anda dihabiskan untuk rutinitas blogging seperti menulis artikel, optimasi blog, branding dan sejenisnya.

Rutinitas seperti itu akan sangat merusak hubunganmu dengan keluargamu. Sedikit demi sedikit, Anda menjauh dan terisolasi dari keluarga Anda. Oleh karena itu, cerdaslah dalam mengatur waktu antara keluarga dan menjadi seorang blogger.

5. Sering Lupa Untuk Mengurus Diri Sendiri 

Lupa mengurus diri sendiri karena berlebihan dalam menjalankan aktifitas blogging setiap harinya, ini adalah dampak negatif yang harus dihadapi oleh para blogger. Karena kesehatan dan kebersihan merupakan hal yang wajib, untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan sehat, tetapi terkadang hal ini justru menjadi masalah bagi blogger yang tidak mampu mengatur jadwal hariannya.

Karena jadwal yang sangat padat, para blogger sering lupa untuk mengurus diri mereka sendiri. Seringkali kebutuhan sendiri terlupa, makan sering telat, mandi juga malas dan kebutuhan pokok lainnya. Tampaknya mereka terlalu terobsesi dengan blog mereka sehingga mereka hanya memikirkan bagaimana mengembangkan blog mereka untuk menghasilkan uang dari blognya.

Manajemen waktu menjadi hal yang wajib diperhatikan dan diatur sebaik mungkin, agar aktifitas blogging tidak berlebihan dan tujuan-tujuan Anda dalam mengelola sebuah blog bisa tercapai tanpa menganggu aktifitas lainnya. Jadilah blogger yang cerdas dalam hal manajemen waktu sehingga kesuksesan bisa tercapai tanpa ada kegiatan lain yang terganggu.

Baca juga : Waktu Produktif Menulis Untuk Seorang Blogger

Demikianlah beberapa konsekuensi atau dampak negatif dari blogging yang berlebihan. Poin-poin di atas adalah pengalaman pribadi saya beberapa tahun yang lalu ketika saya masih sangat terobsesi dengan blogging. Menjadi bergairah tentang membangun blog Anda adalah penting, tetapi yang paling penting adalah jangan terlalu terobsesi, dan mengabaikan efek negatif yang sebenarnya bisa menjadi bumerang bagi Anda sendiri.

Share

0 Response to "√ Hati-Hati, Inilah Efek Negatif Aktifitas Blogging Yang Berlebihan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel