Kenapa Setiap Brand Wajib Memiliki Blog, Inilah Alasannya

Kenapa Setiap Brand Wajib Memiliki Blog, Inilah Alasannya


Kolaborasi Brand dengan Blog Sebagai Media Promosi

Sebenarnya brand itu apa? Seberapa penting brand memiliki sebuah blog untuk perkembangannya. 

Branding bukan hanya tentang membuat desain, nama, logo, tagline atau elemen visual lainnya. Branding membutuhkan konsistensi dalam integrasi elemen visual, layanan bisnis, kinerja dan atribut produk, metode pemasaran yang menyampaikan janji dan persepsi yang kemudian menciptakan merek dan nilai bagi pelanggan potensial. 

Tujuan utama branding adalah untuk memastikan bahwa produk dan layanan Anda tetap tertanam kuat di benak dan hati konsumen. Setiap bisnis memiliki cara branding yang unik. Bagaimana dengan Anda (yang memiliki produk atau layanan) saat Anda membangun merek?

Definisi asli brand adalah nama produk atau layanan yang berasal dari sumber tertentu. Dengan menggunakan pengertian tersebut, maka kata brand sendiri identik dengan istilah “trademark” atau merek dagang.

Peran merek dalam bisnis sangatlah penting. Begitu pula jika Anda baru memulai dan mengembangkan bisnis Anda saat ini, Anda perlu memiliki brand yang memperkuat strategi pemasaran bisnis Anda. Brand juga berperan sangat penting dalam branding bisnis Anda sendiri agar lebih dikenal dan populer sehingga memudahkan promosi Anda.

Nah, branding memainkan peran optimal dalam produk bisnis saat Anda menggabungkannya dengan blog. Melihat perkembangan internet dan bisnis online di dunia yang semakin cepat, termasuk Indonesia yang berkembang pesat, blog menjadi pilihan yang sangat tepat. Ketika Anda menggunakan sumber media blog dalam branding bisnis Anda, Anda mendapatkan banyak fitur dan manfaat untuk memperkenal produk Anda.

Baca juga : Mau Tetap Eksis Dalam Persaingan Blog? Gunakan 4 Tips Berikut Ini

Di bawah ini adalah beberapa alasan yang tepat untuk memaksimalkan peran blogging dalam branding bisnis Anda.

1. Memperkuat Identitas Brand

Blog bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi brand yang Anda miliki, brand bila dikolaborasikan dengan blog tentu sangat efektif karena apapun bisnisnya saat ini sudah online semua. Sehingga adanya blog mempermudah kita dalam memperkuat identitas brand yang sedang kita tawarkan kepada konsumen.

Saat ini hampir semua perusahaan besar maupun kecil selalu menggunakan media online untuk memenuhi segala kebutuhannya. Tidak hanya perusahaan online, perusahaan offline juga mulai menyelenggarakan berbagai kampanye melalui media online. Di sini, manfaat branding blog sangat jelas.

Tentu saja blog bagus penting untuk tujuan branding. Dengan bantuan blog, Anda juga bisa memperkuat brand image perusahaan Anda, apalagi sekarang perkembangan dunia internet semakin pesat. Pengguna internet juga semakin banyak, sehingga dimungkinkan untuk memperkuat citra merek Anda dengan bantuan blog Anda.

Baca juga : Ingin Cepat Menjadi Blogger Sukses, Jangan Teori Saja, Segera Praktikkan!

2. Sarana Periklanan yang Sangat Efektif 

Bisnis offline sekarang semuanya sudah online, contohnya produk kebutuhan setiap orang ada di online shop seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, dan media online shop lainnya. Ini menujukkan bahwa dengan adanya blog menjual produk lebih mudah kepada calon konsumen, dan blog sebagai media periklanan yang efektif untuk brand Anda.

Sekalipun bisnis Anda berbasis bisnis offline, tidak ada salahnya menggunakan blog sebagai sarana promosi brand Anda. Dengan menggunakan blog, brand Anda menjadi lebih dikenal luas oleh  konsumen dari semua kalangan.

Tidak hanya konsumen lokal atau di sekitar Anda, tetapi dengan menggunakan blog sebagai alat periklanan, jangkauannya lebih luas. Dan ini sangat bagus, walaupun mungkin saja orang yang Anda jangkau belum tentu berbisnis dengan perusahaan Anda, tapi setidaknya brand Anda akan semakin populer dan dikenal banyak orang.

Baca juga : Cara Membangun Blog dan Mengembangkan dengan Cara Anda Sendiri

3. Peningkatan Popularitas dengan SEO Blog 

Search Engine Optimization (SEO) adalah hal yang tidak dipisahkan dalam dunia blogging, karena dengan SEO blog akan lebih mudah berada ditingkat teratas dalam search engine seperti Google. Oleh karena itu untuk meningkatkan popularitas brand, kita harus menggabungkan antara brand, blog, dan SEO sebagai kombinasi yang efektif untuk medongkrak posisi di halaman pencarian Google.

Jika Anda menggunakan blog sebagai sarana periklanan, mau tidak mau harus menggunakan teknik SEO untuk meningkatkan popularitas di mesin pencari. Bahkan, ini berdampak lebih baik untuk merek Anda, tidak peduli apa bisnis Anda, apa yang Anda jual, atau informasi apa yang Anda sampaikan melalui blog Anda. SEO blog memainkan peran yang sangat penting.

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang menyadari peran SEO dan bahkan rela mengeluarkan anggaran besar untuk menyewa pakar SEO. Makanya kamu juga harus seperti itu, dan kamu juga harus sedikit-sedikit main SEO untuk brand kamu, baik oleh kamu sendiri maupun orang lain. Jadi, jika blog Anda mampu mengambil posisi yang baik di mesin pencari sebagai target branding bisnis Anda, merek bisnis Anda akan menjadi lebih populer dan akan meningkatkan peluang bisnis Anda.

Baca juga :  Jangan Biarkan 5 Keinginan Instan Ini Menghambat Karier Blogging Anda

4. Mengelola Lalu Lintas Informasi Brand

Blog digunakan sebagai lalu lintas informasi brand seperti memperkenalkan informasi produk, promosi yang tersedia, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan brand Anda. Informasi brand ini memperlihatkan bahwa manfaat kombinasi antara brand dengan blog semakin penting untuk dijalankan. 

Selain sebagai sarana periklanan dan branding, blog juga sangat berguna untuk mengelola komunikasi brand perusahaan Anda. Blog dapat digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi. Informasi diskon, company profile, seperti informasi promosi dan informasi penting lainnya. Di sini, Anda bisa melihat bagaimana konsumen menanggapi informasi yang Anda komunikasikan tentang brand bisnis Anda melalui blog Anda.

Kemudian Anda juga dapat menganalisis tanggapan konsumen yang berbeda. Ini adalah informasi penting untuk meningkatkan layanan dan kualitas produk. Dimana kebutuhan apa saja yang diinginkan konsumen bisa kita analisa melalui lalu lintas informasi brand.

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

5. Sebagai Bahan untuk Kampanye Di Media Sosial

Manfaatkan sebaik mungkin media sosial untuk kampanye brand, iklankan produk, promo diskon, dan hal-hal menarik lainnya. Pengguna media sosial setiap hari terus bertambah dari kalangan remaja bahkan hingga dewasa, kondisi ini menujukkan bahwa bisnis yang kita miliki memiliki peluang yang sangat besar agar lebih populer melalui media sosial.

Media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk promosi bisa menggunakan facebook, twitter, Instagram, pinterest, dan media sosial lainnya. Gunakanlah media sosial sebijak mungkin karena brand akan berkembang dengan cepat melalui media sosial.

Blog juga dapat digunakan sebagai bahan kampanye dan iklan melalui media sosial. Media sosial kini memiliki peluang yang luar biasa karena jumlah pengguna media sosial semakin meningkat. Selain jumlah pengguna yang terus meningkat, jenis media sosial juga semakin banyak dan fungsi dan fiturnya juga semakin canggih.

Anda dapat memanfaatkan berbagai saluran media sosial ini dengan bahan kampanye untuk blog brand perusahaan Anda. Ini membuat iklan di media sosial lebih mudah sebagai alat untuk memperkenalkan brand Anda.

Baca juga: 5 Langkah Blogger Menghasilkan Uang dari Kegiatan Blogging

Kesimpulan

Apapun brand yang kita miliki lebih baik bila dipromosikan melalui media online seperti blog atau website, ha linin tentunya akan mempercepat popularitas brand di dunia maya. Jadi, manfaatkan blog sebagai sarana untuk promosi merek Anda, karena teknologi berkembang pesat setiap harinya. Maka sebagai pelaku bisnis kita harus mengikuti perkembangan jaman dan memanfaatkannya sebaik mungkin untuk brand Anda.

Share

0 Response to "Kenapa Setiap Brand Wajib Memiliki Blog, Inilah Alasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel