√ 5 Ciri-Ciri Blog Anda Banyak Disukai Oleh Visitor

√ 5 Ciri-Ciri Blog Anda Banyak Disukai Oleh Visitor


Tanda-Tanda Blog Disukai Oleh Pengunjung

Blog adalah media informasi yang menyajikan konten-konten blog yang dicari oleh semua orang, informasi yang disajikan tentunya harus memberikan solusi terhadap pembacanya. Selain itu, ketika blogger pemula ingin mengetahui seberapa banyak orang yang berkunjung ke dalam blognya, dan berapa banyak visitor yang berkunjung kembali ke dalam blognya.

Untuk mengetahui hal tersebut ada caranya, pertama bisa menggunakan Google analytics. Cara ini adalah cara paling umum yang pasti semua orang sudah tahu mengenai Google analytics. Penting untuk tahu berapa banyak pengunjung blog yang menyukai artikel-artikel dalam blog yang sedang kita bangun. 

Pastinya ketika banyak pengunjung blog merasa senang dan terbantu dengan posting-postingan artikel yang kita buat, ini menjadi sebuah kebanggan tersendiri bahwa kita berhasil memberikan konten blog yang bermanfaat untuk visitor blog.

Sebagai blogger, sudah sewajarnya kita berharap blog kita disukai dan dinikmati banyak orang. Mengapa? Tentunya jika banyak orang yang menyukai dan menyukai blog kita, apa yang kita  rencanakan dengan blog kita seperti popularitas blog atau monetisasi akan lebih terwujud. Tapi bagaimana kita tahu jika pengunjung menyukai blog kita atau tidak? Berikut tanda-tanda atau ciri-ciri yang menunjukkan bahwa blog kita disukai banyak orang.

Baca juga : Inilah Susahnya Ngeblog, Masih Tertarik Jadi Seorang Blogger?

1. Repeat Visitor 

Ciri atau tanda pertama banyak orang menyukai blog Anda  adalah adanya repeat visitor. Apa tamu yang kembali? Return visitor adalah tamu atau pengunjung blog yang mengunjungi blog berulang kali. Artinya jika seseorang datang pertama kali, dia akan tertarik untuk datang kedua kali dan seterusnya. 

Lalu bagaimana kita mengetahui jika ada pengunjung yang datang lebih dari satu kali (repeat visitor)? Caranya hanya dengan memasang Google Analytics di blog Anda. Anda akan melihat catatan untuk pengunjung berulang ini di bagian return visitor pada bagian audience overview.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai Google Analytics bisa melalui search engine atau melalui  video di Youtube, banyak konten kreator yang memberikan pelajaran tentang Google Analytics dan bisa Anda pelajari untuk memahaminya.

2. Bounce Rate dan Avg. Session Duration

Tanda selanjutnya bahwa blog Anda disukai banyak orang adalah rasio pentalan (bounce rate) dan rata-ratanya durasi sesi (Avg. Session Duration).  Sebenarnya apa itu bounce rate dan avg. session duration?

Bounce rate sendiri adalah persentase pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman website Anda atau kemudian keluar meninggalkan blog Anda.

Sedangkan Avg. session duration adalah durasi sesi rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung dalam satu sesi kunjungan (biasanya 1 sesi selama 30 menit).

Dapat disimpulkan bahwa semakin rendah bounce rate blog anda maka semakin baik pula nilai blog anda begitu juga sebaliknya. Durasi sesi itu sendiri adalah syarat, semakin lama waktu rata-rata. Durasi sesi blog Anda berarti blog Anda berharga karena itu pertanda banyak pengunjung yang menyukai blog dan menghabiskan banyak waktu untuk melihat-lihat konten blog.

Penting untuk diperhatikan mengenai bounce rate dan avg. duration session, karena indicator tersebut menunjukkan bahwa jika pengunjung kembali lagi dan membaca konten-konten blog Anda. Maka anda berhasil memberikan artikel blog yang baik dan bermanfaat bagi visitor blog.

Baca juga : Mau Tetap Eksis Dalam Persaingan Blog? Gunakan 4 Tips Berikut Ini

3. Komentar

Selain itu, ada fitur dan tanda yang disukai dan disukai banyak orang di blog, banyak komentar  muncul. Ya, komentar selalu menjadi tolok ukur atau standar yang telah dibaca dan ditanggapi dengan cermat oleh pengunjung terhadap konten blog. Jadi mulai sekarang aturannya adalah semakin banyak orang yang berkomentar di blog Anda, berarti semakin mencerminkan bahwa blog tersebut disukai dan disenangi oleh pengunjung blog.

Namun khusus untuk komponen yang satu ini perlu diperhatikan bahwa komentar yang menandakan suatu blog disukai adalah komentar yang benar-benar komentar tentang isi artikel blog tersebut, bukan komentar berupa iklan atau spam lainnya, atau komentar berupa backlink blog yang hanya ingin mengarahkan blog mereka sendiri atau disebut meninggalkan backlink.

Terkadang banyak komentar yang hanya berupa link dan mengarah terhadap blog mereka, sehingga kita harus cermat dan hati-hati terhadap spam backlink seperti itu. Rajin mengecek komentar untuk menghindari spam backlink dari orang lain, tetapi jika komentar mereka mengenai pembahasan artikel yang dibaca. Maka tidak ada salahnya kita membalasnya dengan menjawab pertanyaan mereka.

4. Share atau Backlink

Alasan banyak orang senang dan menyukai blog Anda adalah karena orang lain telah memberikan backlink di blog Anda yang mungkin tidak Anda kenali. Tidak hanya tautan, sharing artikel atau tulisan yang kita buat juga menunjukkan bahwa orang menyukai dan menikmati blog Anda. Satu hal lagi, jika ada pengunjung yang merekomendasikan blog Anda, ini juga merupakan tanda bahwa blog Anda disukai dan disukai oleh komunitas online.

Banyaknya share dan backlink dari banyak orang menunjukkan bahwa artikel-artikel yang telah dibuat bermanfaat bagi para pembaca online, tentunya sebagai seorang blogger profesional kita senang bilamana konten blog yang telah dibuat dapat memberikan informasi yang solutif terhadap pengunjung blog.

Oleh karena itu, buatlah artikel yang sederhana, mudah dibaca, pembahasannya mendalam, informasi akurat dan terpercaya. Artikel tersebut tentunya akan banyak disukai oleh visitor blog dan banyak orang yang akang membagikan artikel Anda dan mendapatkan backlink dari blogger lainnya.

Baca juga : Ingin Cepat Menjadi Blogger Sukses, Jangan Teori Saja, Segera Praktikkan!

5. Subscriber atau Followers

Terakhir, tanda dan ciri bahwa banyak orang senang dan menyukai blog adalah banyak pelanggan atau pengikut. Apa itu subscriber? subscriber adalah orang yang mendaftarkan emailnya untuk berlangganan dan mengikuti blog Anda. Bisa dibilang subscriber ini semacam follower di media sosial, tapi di blog istilahnya subscriber. Subscriber juga dapat diistilahkan sebagai pelanggan artikel-artikel dalam blog Anda.

Inilah mengapa pelanggan penting bagi siapa saja yang ingin blognya populer atau menghasilkan pendapatan. Maka dari itu usahakan untuk membuat konten yang original dan bermanfaat untuk banyak orang, agar nantinya banyak pengunjung yang mendaftarkan emailnya sebagai tanda sudah menjadi subscriber.

Seperti yang dibahas tadi bilamana Anda memberikan artikel-artikel yang bermanfaat, tentunya pengunjung blog akan dengan senang hati menjadi subscriber blog Anda. Selain itu, setiap kali ada update artikel terbaru mereka akan mendapatkan notifikasi di emailnya, karena telah menjadi subscriber Anda dan otomatis artikel terbaru yang kita buat akan masuk dalam inbox emailnya.

Jadi, followers juga berperan penting dalam kesuksesan sebuah blog, sehingga sebagai seorang blogger kita harus memberikan konten-konten blog yang memberikan solusi terhadap visitor blog. Konten blog menjadi sebuah patokan seberapa besar kualitas artikel yang telah Anda buat, jangan pernah membuat konten blog asal-asalan karena artikel yang kita buat akan berdampak terhadap kepuasan pengunjung blog. 

Baca juga : Cara Membangun Blog dan Mengembangkan dengan Cara Anda Sendiri

Anggap saja pengunjung blog adalah tamu yang akan membaca artikel kita, pada saat tamu tersebut merasa terbantu dengan artikel blog yang telah dibaca. Maka dilain waktu mereka akan kembali untuk membaca artikel yang lainnya. 

Hal ini berkaitan dengan kesuksesan sebuah blog dalam memberikan pengetahuan terhadap pembacanya, artikel yang memberikan ilmu terhadap pembacanya lambat laun akan segera menjadi blog yang sukses. 

Share

0 Response to "√ 5 Ciri-Ciri Blog Anda Banyak Disukai Oleh Visitor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel