Apakah Benar Seorang Blogger Jomblo Lebih Berpeluang Mempunyai Blog Sukses?

Apakah Benar Seorang Blogger Jomblo Lebih Berpeluang Mempunyai Blog Sukses?


Seorang Blogger Jomblo Lebih Berpeluang Memiliki Blog Sukses

Percakapan saya dengan seorang teman blogger tentang status (relationship) dan kaitannya dengan profesi membuat saya ingin menulis artikel tentang blogger dan jomblo. Menurut seorang teman, status seseorang (lajang, punya pacar, istri/suami) sangat erat kaitannya dengan tingkat kesuksesan.

Secara spesifik beliau mengatakan bahwa seorang blogger yang masih lajang (tanpa pasangan) alias jomblo memiliki peluang lebih besar untuk memiliki blog/website yang sukses. Alasannya sederhana karena blogger lajang bisa fokus membangun blog, sedangkan blogger yang sudah memiliki pasangan sulit untuk fokus. Lucu memang jika ingin membahas hal ini, tapi benarkah blogger jomblo cenderung memiliki blog yang lebih sukses?

Menjadi seorang blogger memiliki tantangan tersendiri. Tidak hanya ngeblog, blogger juga dianggap sebagai profesi yang "terhormat", blogger juga dituntut untuk menyediakan konten blog yang bermanfaat dan biasanya harus ada "riset" untuk tulisannya, sehingga sering kali orang lain mengcopy paste tulisannya tanpa memberikan kredit... miris sekali ya.

Kembali ke pembahasan…

Benarkah blogger lajang lebih berpeluang memiliki blog/website yang sukses? Seperti apa blog yang sukses itu? Anda dan saya mungkin sedikit berbeda. Menurut saya, blog yang sukses adalah yang memenuhi satu atau lebih kriteria berikut;

  • Blog dengan traffic tinggi 
  • Blog yang menguntungkan 
  • Blog yang isinya menginspirasi dan dikenal luas oleh pembaca 
  • Blog yang isinya bermanfaat bagi orang lain 
  • Pada dasarnya blog yang sukses adalah blogger yang bermanfaat bagi blogger dan pembacanya.

Jadi, jika blog Anda memenuhi salah satu atau lebih dari kriteria di atas, berarti blog tersebut sudah masuk dalam kategori blog sukses, terlepas dari apakah status Anda sedang menjalin hubungan, menikah atau lajang. Sebagai contoh saya akan memberikan sedikit pengalaman membangun blog Mulkiaja.com beberapa tahun yang lalu, waktu itu saya bukan seorang jomblo dan saya bisa membangun blog sampai saat ini yang menurut saya cukup berhasil.

Baca juga : Cara Menerapkan Gambar atau Foto Pada Konten Blog

Status ‘Blogger Jomblo’ Tentunya Akan Membuat Anda Lebih Fokus?

Kilas balik ke awal blog Mulkiaja.com pada September 2020. Saat itu saya masih berpacaran dengan wanita yang sekarang menjadi istri saya. Saat itu saya sudah meninggalkan pekerjaan kantoran, sementara pacar saya baru saja lulus dari universitas dan memasuki dunia kerja. Jika tantangannya cukup berat sebagai blogger pemula, apakah status pacaran menghentikan saya untuk fokus membangun blog?

Memang awalnya IYA. Tetapi seiring berjalannya waktu saya kembali ke tujuan saya, saya dapat membuat blog yang hebat. Status pacaran memang bisa memakan waktu lama karena seringkali pasangan meminta perhatian lebih. Namun pada akhirnya, terserah kita apakah kita senang dengan apa yang terjadi, atau kita dapat memfokuskan kembali tujuan kita untuk membuat blog/situs web yang "hebat sekali".

Anda harus setuju dengan saya bahwa status seseorang (lajang atau tidak) tidak ada hubungannya dengan kesuksesan karena tingkat kesuksesan setiap orang pasti berbeda. Mereka yang sudah memiliki pasangan (istri/pacar/kekasih) biasanya tidak bisa atau kesulitan untuk fokus membangun blog/website. 

Bagi sebagian besar blogger, keadaan tidak fokus ini seringkali membuat mereka tidak mampu membangun konten blog dengan baik dan mereka berjuang untuk konsisten dalam memposting artikel di blognya, padahal kita tahu bahwa konten adalah “nafas” sebuah blog. Saya tidak mengatakan sulit fokus = gagal, namun yang pasti tantangan membangun blog/website semakin sulit ketika kita menghadapi situasi sulit fokus. Benerkan?

Ini adalah tantangan yang telah saya hadapi selama bertahun-tahun. Di saat sulit fokus, saya harus mulai membangun blog/website yang sukses dan menghasilkan uang (minimal menurut saya) karena saya sudah waktu itu saya menganggur hehehe. Situasi stres memaksa saya untuk bekerja lebih keras, bahkan lebih dari yang pernah saya bayangkan. Dan hasilnya, TIDAK BURUK. Jadi, lajang atau tidak, Anda tetap bisa fokus membangun blog yang sukses.

Baca juga : 4 Hal yang Biasanya Menjadi Tujuan Seseorang Ketika Ngeblog

Apakah Seorang Blogger Jomblo Lebih Produktif? 

Ada yang mengatakan: “Pertama cari kesuksesan, lalu pikirkan tentang pasangan atau pernikahan. Ketika kamu sukses, kamu mandiri secara finansial, jika kamu memiliki pasangan sebelum sukses, pasangan bisa membuatmu fokus untuk mengejar mimpimu. 

Menurut saya pernyataan ini tidak bisa diterapkan secara universal karena tentu situasi dan kondisi setiap orang berbeda-beda. Memang ada orang yang lebih sukses tanpa pasangan, tapi banyak juga orang yang lebih produktif dan sukses setelah menemukan pasangan. Menurut saya itu hanya pola pikir saja, jika orang mau sukses dan mau bekerja keras pasti akan berhasil seiring berjalannya waktu. Betulkan?

Jadi ketika berbicara tentang kehidupan seorang blogger, apakah blogger jomblo benar-benar lebih produktif? Bisa iya bisa tidak.

Saya memiliki seorang kenalan yang mengatakan bahwa setelah menikah, dia semakin sedikit waktu untuk ngeblog, dan blognya sedang berjuang untuk berkembang, dan bahkan prioritas ngeblog telah berhenti. Ini benar-benar bisa terjadi, mungkin karena prioritas hidupnya berubah setelah menikah. 

Ada juga blogger yang sudah punya pacar merasa kesulitan membangun blognya saat sibuk menulis artikel tiba-tiba pacarnya menelpon atau mengirim sms. Jika telp/sms tidak segera dijawab maka sang pacar akan marah, namun jika telp/sms tersebut segera dibalas, bisa jadi ide untuk menulis artikel akan "menguap"  hilang dan tetap tidak terpublikasi.

Bagi para blogger yang sudah memiliki partner (termasuk saya sendiri), memang menjadi tantangan tersendiri untuk konsisten dalam ngeblog. Seringkali pasangan kita atau bahkan keluarga kita menganggap bahwa ngeblog itu hanya sekedar surfing web, buang-buang waktu dan kuota internet. Akan lebih baik jika kami menjelaskan dan memberikan informasi yang lebih detail tentang profesi seorang blogger. Blogging memang dianggap sebagai profesi yang kurang “bergengsi”, tapi kalau soal pola pikir, blogger adalah sekumpulan orang pintar. Bahkan berbicara tentang penghasilan, banyak blogger menghasilkan uang yang luar biasa.

Baca juga : 5 Ciri-Ciri Blog Anda Banyak Disukai Oleh Visitor

Bagaimana Dengan Blogger Individu Alias Jomblo?

Mungkin yang masih jomblo punya waktu lebih banyak dan cenderung lebih rajin mengelola blognya. Tetapi jika menyangkut blog yang sukses, itu tidak berarti bahwa orang lajang adalah masternya. 

Sebagai blogger lajang, jangan terlalu asyik ngeblog di kamar sampai lupa berinteraksi dengan dunia nyata, bisa jadi bujangan karatan hehehe. Dari waktu ke waktu, "ngopi" dengan blogger lain yang tahu bahwa ada blogger/bloggerwati yang terpesona dengan "apa yang Anda katakan" dan senyum menawan Anda.

Dan nyatanya banyak blogger jomblo yang tidak produktif dan tidak bisa memperbaiki blognya. Ternyata seorang blogger sering bingung karena tidak pernah punya teman, tersenyumlah jika kamu salah satunya lol.

Baca juga : Apakah Cara Membuat Blog Anda Sudah Efisien? Coba Cek 5 Hal Ini

Jadi menurut saya produktivitas blogger tidak bisa diukur dari rasionya. Tidak masalah jika Anda lajang atau memiliki pasangan, Anda tetap bisa produktif dengan blog yang sukses. 

Blogging yang sukses adalah hak dan peluang bagi semua orang, baik itu blogger lajang atau blogger yang sedang jatuh cinta.

Share

0 Response to "Apakah Benar Seorang Blogger Jomblo Lebih Berpeluang Mempunyai Blog Sukses?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel