√ 3 Cara Menggunakan Blog Untuk Menghasilkan Uang Dari Internet

Cara Menggunakan Blog Untuk Menghasilkan Uang Dari Internet


Cara Memanfaatkan Blog Untuk Menghasilkan Uang

Kemajuan teknologi di era digital telah memenuhi banyak keinginan. Salah satunya adalah keinginan untuk mendapatkan uang tanpa harus bekerja di kantor, yang dapat diwujudkan dengan hadirnya teknologi berupa internet.

Selain membuka toko online dengan membeli VPS murah, semakin banyak orang terkadang membuat blog pribadi dan menggunakannya untuk menghasilkan uang secara online.

Kehadiran blog di dunia maya tidak bisa diremehkan lagi. Kehadirannya sama pentingnya dengan platform penyedia informasi yang setara dengan media online mainstream pada umumnya. Faktanya, banyak orang  lebih mempercayai informasi dari blog karena hubungan emosional yang tercipta dengan penulis pemilik blog itu sendiri.

Melihat fenomena tersebut, tak heran jika profesi blogging mulai naik daun di kalangan milenial. Namun pada kenyataannya, banyak orang yang tidak memahami bahwa blog tidak langsung menghasilkan pendapatan dalam waktu singkat.

Butuh kesabaran dan ketekunan untuk akhirnya mendapatkan banyak traffic tinggi dan memonetisasi blog Anda secara optimal. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk meningkatkan lalu lintas blog Anda dan menghasilkan uang lebih cepat dengan blogging.

Baca juga : Ingin Cepat Menjadi Blogger Sukses, Jangan Teori Saja, Segera Praktikkan!

Berikut 3 cara memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang secara online:

1. Maksimalkan Affiliate Marketing

Salah satu program yang semakin banyak digunakan sebagai sumber penghasilan dari internet adalah affiliate marketing. Tujuan dari program ini adalah untuk mempromosikan suatu produk dari sebuah merek terkenal. Setelah Anda mendaftar, Anda dapat mulai mencari pengguna baru untuk brand tersebut guna mendapatkan penghasilan tambahan.

Menjadi member atau anggota Affiliate Marketing ini cukup mudah. Yang harus Anda lakukan adalah pergi ke situs web brand yang memiliki program dan meletakkan tautan khusus di situs web Anda. Tautan tersebut biasanya disematkan dalam spanduk atau kata kunci khusus di dalam artikel ulasan produk brand tersebut.

Maksimalkan Affiliate Marketing

Tantangan umum dengan program ini adalah meyakinkan dan mengarahkan pengunjung blog untuk mengklik tautan dan membeli dari situs web brand afiliasi Anda ke produk tersebut.

Misalnya, Anda sudah terkait dengan merek penyedia hosting web. Jadi, buatlah konten yang berhubungan dengan penggunaan hosting. Anda bisa membuat konten-konten seperti manfaat menggunakan hosting, cara memaksimalkan hosting sebagai website jual beli online, dan lain-lain.

Konten blog saja tidak cukup untuk digunakan sebagai platform untuk meningkatkan pendapatan pemasaran afiliasi Anda. Anda juga bisa memaksimalkan pemasaran afiliasi dan kupon afiliasi  melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Konten ulasan pemasaran afiliasi juga dapat dibuka untuk khalayak yang lebih luas.

Baca juga : Pengaruh Besar Media Sosial Dalam Kegiatan Blogging

2. Menyediakan Layanan Periklanan

Pemasaran Internet dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain SEO, iklan atau promosi dapat digunakan sebagai alat untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke konten Anda. Anda dapat menggunakan opsi ini  dengan membuka layanan periklanan di blog. Penghasilan dapat didasarkan pada jumlah klik atau peringkat situs web Anda di mesin pencari.

Salah satu tools yang paling umum digunakan oleh pengiklan adalah jaringan periklanan seperti Google Adsense. Blog yang ingin memasang iklan Adsense harus mendaftar terlebih dahulu. Jika berhasil, iklan akan ditempatkan di area atau tempat yang disediakan untuk memasang iklan di blog.

Menyediakan Layanan Periklanan

Penghasilan Adsense mengikuti traffic blog Anda. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak pendapatan yang Anda dapatkan. Selain jaringan iklan, Anda dapat menargetkan iklan kepada mereka yang memiliki layanan terkait dengan konten yang Anda buat. Katakanlah Anda memiliki  desain dan arsitektur web. Anda bisa menyediakan ruang khusus bagi perusahaan atau brand furniture yang ingin mempromosikan produknya melalui website Anda sesuai dengan target pasarnya.

Tidak hanya menawarkan ruang untuk pengiklan, tetapi Anda juga dapat menawarkan layanan penulisan untuk membuat konten berbayar atau postingan bersponsor. Dengan layanan ini, pengiklan membayar Anda untuk mengirimkan ulasan dan tautan ke situs web bisnis mereka. Setelah Anda mempublikasikan konten Anda, Anda juga membagikannya di media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Baca juga: 5 Langkah Blogger Menghasilkan Uang dari Kegiatan Blogging

3. Membuka Kursus Online (Online Course)

Apakah Anda memiliki pengalaman sebagai chef di dunia kuliner? Atau mungkin Anda sudah lama berkecimpung di dunia fotografi sebagai fotografer profesional? Cobalah memulai buka jasa kursus online atau kursus online di blog Anda.

Dengan mempunyai blog, Anda bisa memperkaya kontennya dengan berbagai informasi tentang bidang yang sudah Anda ketahui. Jika blog Anda kuat dalam konten, citra atau merek pribadi Anda akan berkembang sebagai seorang profesional di bidang ini. Kredibilitas blog juga akan meyakinkan pengunjung Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang Anda.

Membuka Online Course

Itulah mengapa tidak ada salahnya untuk menjadi instruktur di platform pembelajaran online seperti BitDegree, Udemy, Skillshare dan banyak platform pembelajaran online lainnya sebelum memulai kursus online melalui website pribadi Anda. Platform ini selanjutnya dapat meningkatkan pengalaman "jam terbang" Anda sebagai instruktur online. Dengan cara ini, kinerja Anda akan meningkat dan lebih banyak orang akan mempercayai layanan kursus yang Anda berikan.

Jika Anda berniat 'menjual' jasa dan mendapatkan penghasilan sebagai guru online melalui website Anda, ada banyak pilihan. Jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform situs web Anda, selain mengembangkan portofolio Anda melalui platform pembelajaran online, Anda juga perlu menginstal plugin seperti Easy Digital Downloads. Plugin ini mengarahkan pengunjung situs web ke file yang mereka butuhkan informasi lebih lanjut di kelas Anda.

plugin seperti Easy Digital Downloads

Dengan menggunakan plugin yang tepat, Anda dapat memaksimalkan website pribadi Anda untuk berbagi informasi dengan mereka yang ingin belajar online dengan lebih mudah. Panduan yang berbeda seperti e-learning dapat ditempatkan dalam format yang berbeda seperti PDF, video dengan panjang tertentu, trek audio yang dapat didengarkan sambal menjalankan kegiatan lain.

Plugin Easy Digital Downloads memungkinkan Anda membatasi akses ke unduhan. Pembatasan akses ini dapat digunakan untuk membebankan biaya atau biaya tertentu kepada anggota situs Anda untuk akses ke informasi "premium" yang diinginkan. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan lebih banyak penghasilan dari konten yang Anda buat.

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

Kesimpulan

Dalam proses membangun sebuah blog membutuhkan waktu dan proses yang lumayan lama, apalagi jika kita malas update konten blog, tentu hal ini akan memperlambat kesuksesan Anda. Terkadang konsistensi dalam menjalankan blog adalah syarat untuk bisa menghasilkan uang dari blog, karena pengunjung blog membutuhkan artikel-artikel yang terus up to date.

Informasi yang mereka butuhkan tentunya informasi terbaru yang akurat dan terpercaya, sehingga ketika visitor merasa terbantu dengan informasi yang kita sajikan. Dilain waktu mereka akan kembali mengunjungi blog Anda dan betah berlama-lama dalam blog Anda.

Baca juga : Apakah Benar Seorang Blogger Jomblo Lebih Berpeluang Mempunyai Blog Sukses?

Menggunakan blog untuk menghasilkan uang di Internet bukanlah uang cepat yang dapat dihasilkan hanya dengan 1-2 posting. Mengoptimalkan konten ini dari waktu ke waktu membutuhkan ketekunan dan konsistensi. Secara teratur mengatur konten yang dibutuhkan pengunjung Anda untuk meningkatkan lalu lintas. Dengan begitu penghasilan blog juga akan mengikuti seiring berjalannya waktu. Selamat ngeblog!

Share

0 Response to "√ 3 Cara Menggunakan Blog Untuk Menghasilkan Uang Dari Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel