5+ Kelebihan Menggunakan Domain .com dan .XYZ dibandingkan Dengan Domain Lainnya

5+ Kelebihan Menggunakan Domain .com dan .XYZ dibandingkan Dengan Domain Lainnya


5 Keunggulan Nama Domain .com dan .XYZ 

Dalam hal pemasaran, nama domain memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan merek atau citra perusahaan yang tidak lekang oleh waktu. Tak heran banyak orang malah mengatakan bahwa kesuksesan sebuah brand dimulai dari pemilihan nama domain yang tepat.

Permasalahannya adalah ada banyak pilihan yang tersedia untuk Anda seperti domain .com dan domain .xyz yang populer saat ini. Mana yang harus Anda pilih? Sebelum melakukan riset, penting untuk mengetahui manfaat domain tertentu seperti .com dan .xyz.

Oleh karena itu, seseorang tidak boleh ceroboh saat menyiapkan nama domain. Seperti yang sudah Anda ketahui, nama domain adalah alat pemasaran yang sangat kuat. Namun, Anda perlu mengetahui cara menggunakannya untuk menarik calon pelanggan atau pengunjung blog ke situs web Anda.

Untuk mencapai tujuan ini membutuhkan penelitian dan perhitungan yang cermat. Salah langkah, akibatnya bisa fatal: website Anda akan kalah bersaing dan tersingkir dari pertarungan sengit SEO antar website dan blog di Google.

Sebelum Anda mulai memikirkan nama domain terbaik untuk situs web Anda, mari kita tinjau secara singkat aspek nama domain.

Baca juga : Kenapa Bisnis Anda Harus Memiliki Sebuah Website atau Blog Bisnis?

Apa itu Domain?

Domain adalah nama unik yang membedakan situs web dari yang lain. Misalnya, nama domain  Harian Kompas adalah "kompas.com" dan "tempo.co" adalah nama domain majalah Tempo. 

Setiap website memiliki nama domainnya masing-masing, yang berfungsi sebagai “alamat” website di dunia maya.

Anda dapat menggunakan banyak ekstensi domain, tetapi Anda harus memilih ekstensi domain yang paling sesuai dengan bisnis Anda dan jenis situs web yang Anda buat. 

Berikut ada beberapa contoh ekstensi domain:

  1. .com : untuk situs web komersial 
  2. .org : untuk situs web organisasi 
  3. .net : untuk internet/online 
  4. .biz : untuk tujuan komersial 
  5. .edu : untuk situs web pendidikan 
  6. .info :  untuk  informasi 
  7. .name : untuk personal untuk website 
  8. .pro : untuk kebutuhan profesional 
  9. .asia : untuk website khususnya di Asia 
  10. .gov : untuk website pemerintah 
  11. .jobs : untuk website informasi ketenagakerjaan 
  12. .mil : untuk website militer 
  13. . mobi : untuk website mobile  
  14. .tel : untuk website telekomunikasi 
  15. .co.id : untuk tujuan komersial 
  16. .desa.id : untuk website pemerintah desa 
  17. .go.id : untuk website instansi pemerintah 
  18. .sch.id : untuk sekolah / website  universitas 
  19. .or.id : untuk website organisasi 
  20. .web.id :  website individu atau organisasi

Sebenarnya bisa menggunakan ekstensi domain apa saja, meskipun tidak sesuai dengan nama domain di atas. Misalnya, membeli nama domain dengan ekstensi .com (komersial) untuk blog pribadi. 

Namun, beberapa ekstensi nama domain tidak dapat digunakan secara bebas. Misalnya domain .ac.id, .mil, .go.id, .edu, .gov, .sch.id. Dan domain yang paling umum dan tersedia secara bebas adalah domain yang diakhiri dengan .com.

Baca juga : Langkah Sederhana Untuk Memaksimalkan SEO Sebuah Website

Keuntungan  dan Manfaat Menggunakan Nama Domain untuk Website : 

1. Meningkatkan Kredibilitas Usaha Kecil Menengah 

Perusahaan atau bisnis Anda akan terlihat profesional jika website Anda memiliki nama domain sendiri. Jika Anda mempublikasikan situs web Anda dengan situs web yang dihosting gratis, URL Anda akan terlihat seperti ini: www.hostingratis.mulkiaja.com.

Meskipun ditawarkan secara gratis, URL turunan ini sayangnya tidak seefektif membangkitkan minat pengunjung seperti misalnya www.mulkiaja.com.

2. Nama Domain yang Tepat Dapat Menargetkan Konsumen Spesifik 

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan nama domain yang tepat untuk bisnis Anda, Anda mungkin tiba-tiba memiliki pengunjung yang menjelajahi Internet untuk mencari topik tersebut. 

Misalnya, toko dengan nama domain www.tokotempatsampahdotcom kemungkinan besar akan menarik calon pembeli yang mencari segala sesuatu tentang tempat sampah.

Meskipun hasil mesin pencari sulit untuk diprediksi, www.tokotempatsampahdotcom mungkin lebih sering muncul di hasil pencarian ketika orang mencari informasi tempat sampah daripada nama domain generik seperti www.tokoalatkebersihandotcom.

Baca juga : Cara Menggunakan Blog Untuk Menghasilkan Uang Dari Internet

3. Bagus Untuk Meningkatkan Brand Awareness dari Visitor

Dan yang paling penting, nama domain yang tepat dapat meningkatkan kesadaran pengunjung situs terhadap merek Anda. Jika nama domain Anda cocok dengan nama bisnis Anda, hal itu akan memperkuat kehadiran online Anda, memudahkan pelanggan untuk mengingat situs web Anda dan mengunjungi website Anda lain waktu.

Di antara banyak ekstensi yang tersedia, .com dan .xyz adalah dua yang menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Ada beberapa alasan mengapa pemilik website lebih memilih kedua plugin ini dibanding plugin lainnya.

Keunggulan domain .com dan .xyz berikut ini juga bisa membuat Anda paham betapa spesialnya kedua ekstensi ini.

3 Kelebihan Domain .com

Kelebihan Domain .com

1. Populer Di Kalangan Pengguna Internet 

Faktanya, sebagian besar situs web menggunakan nama domain .com untuk meninggalkan jejaknya yang tak terukur di dunia maya.

Pada tahun 1985, diperkirakan bahwa .com akan mendominasi pasar ekstensi domain, terutama untuk bisnis tradisional (offline) yang ingin melebarkan sayapnya di Internet. Dengan munculnya domain dotcom, domain ini berkembang menjadi ekstensi yang  popularitasnya meningkat dibandingkan opsi lainnya.

Dan hari ini, lebih dari tiga dekade kemudian, .com telah menjadi pilihan utama bagi sebagian besar merek terkemuka dunia. Faktanya, investor dan perusahaan besar tidak ragu untuk merogoh kocek mereka untuk mendapatkan domain .com yang berkualitas.

Namun, ada juga penyedia domain .com seperti DomaiNesia yang menawarkan tarif sewa domain yang terjangkau. Anda dapat melihat daftarnya jika Anda ingin memeriksa domain .com murah sebelum memutuskan untuk menggunakan ekstensi ini.

2. Meningkatkan Kredibilitas Situs Website

Saat ini internet telah memperkenalkan lebih dari seribu ekstensi nama domain alternatif. Sayangnya, masih banyak orang yang belum terbiasa dengan ekstensi baru ini. 

Hal ini tentunya juga dipengaruhi oleh banyaknya perusahaan yang masih cenderung mengandalkan .com untuk mempromosikan brand mereka, sehingga menimbulkan perbandingan yang tidak proporsional antara keberadaan .com dengan domain lainnya.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa nama domain .com menunjukkan kredibilitas sebuah website, terutama jika dilihat dari persepsi konsumen. Bahkan, kebanyakan orang sudah menganggap bahwa domain .com adalah salah satu faktor yang menentukan apakah sebuah website bisa dipercaya kontennya.

Baca juga : 5 Ciri-Ciri Blog Anda Banyak Disukai Oleh Visitor

3. Disukai Oleh Mesin Pencari (terutama Google) 

Meskipun asumsi ini tidak selalu benar, telah ditemukan bahwa Google menempatkan domain yang relatif netral seperti .com  lebih tinggi dalam hasil pencarian daripada domain yang identik dengan kode negara tertentu, yang sering diasumsikan hanya berisi konten yang hanya dapat digunakan oleh penduduk di area tersebut.

Satu-satunya alasan Google memilih beberapa domain tertentu daripada yang lain adalah karena pengguna internet menggunakan .com secara default. Dengan kata lain, ketika ditanya tentang domain, kebanyakan orang mencantumkan .com sebagai domain ideal mereka. Akibatnya, Google menyadari asumsi pengguna. 

Faktanya, lebih dari 50% dari semua situs web di Internet menggunakan nama domain .com. Jadi, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa nama domain ini memiliki pengaruh yang signifikan, terutama dalam meningkatkan SEO website. Ini karena pengunjung lebih cenderung mengklik nama situs web dengan akhiran dotcom daripada nama dengan akhiran selain dotcom. 

Selain itu, .com juga lebih mudah diingat dan pengunjung cenderung berakhir di situs yang sama sekali berbeda saat menggunakan ekstensi selain .com.

2 Keunggulan Nama Domain .XYZ 

Kelebihan Domain xyz

1. Domain Unik 

Domain seperti .co dan .org mungkin lebih populer daripada .xyz, tetapi domain terkenal biasanya tampak laku di pasaran. Jika tujuan Anda ingin berbeda dan unik, mengapa tidak memilih domain ini?

Bayangkan berapa banyak orang yang membicarakan  website Anda jika Anda menggunakan domain .xyz. Dan itu belum semuanya. Bayangkan alamat email hebat yang akan Anda dapatkan dengan nama domain unik ini! 

Pengunjung tidak akan kesulitan menemukan situs Anda di antara banyak situs lain dengan domain umum.

2. Tidak Terkait Dengan Satu Industri 

Banyak  gTLD baru (generic top-level domain) memiliki cakupan regional atau terbatas pada sektor tertentu, seperti domain .cologne atau .car (sinonim untuk parfum dan mobil). Namun, ceritanya berbeda dengan domain .xyz. 

Ekstensi domain internasional generasi lama ini sangat cocok untuk bisnis, blogger, atau bisnis e-niaga di ceruk atau industri apa pun. 

Dibandingkan dengan domain gTLD yang baru lainnya, domain.xyz terlihat ringkas dan menarik. Aspek-aspek ini membuatnya menjadi tambahan yang layak untuk domain generik konvensional.

Baca juga : 4 Hal yang Biasanya Menjadi Tujuan Seseorang Ketika Ngeblog

Kesimpulan 

Nama domain adalah aset penting untuk situs web dan bisnis Anda. Itulah mengapa penting untuk segera dalam membuat keputusan yang tepat. 

Pertanyaan seperti "pilih .com atau .xyz" hanyalah salah satu dari banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan saat membuat situs web. 

Selain memilih ekstensi, ada hal lain yang harus Anda ketahui tentang nama domain. Nama domain Anda harus memenuhi persyaratan berikut.

  • Kuat 
  • Pendek 
  • SEO friendly 
  • Mudah ditulis 
  • Mewakili citra atau merek Anda 

Jadi, apapun pilihan Anda, selalu ingat untuk melakukan lima kriteria di atas saat membuat keputusan. Juga pertimbangkan kembali keunggulan masing-masing domain .com dan domain .xyz sebelum benar-benar mengambil keputusan untuk memilih domain yang tepat untuk Anda.

Share

0 Response to "5+ Kelebihan Menggunakan Domain .com dan .XYZ dibandingkan Dengan Domain Lainnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel