Kenapa Masih Ada Blogger Copy Paste? Inilah Penyebabnya

Kenapa Masih Ada Blogger Copy Paste? Inilah Penyebabnya


Penyebab Blogger Copy Paste

Beberapa penyebab kenapa masih banyak blogger copy paste? Diantaranya mereka tidak percaya terhadap kemampuan diri sendiri dengan begitu melakukan copy paste hasil karya orang lain, malas belajar menulis padahal menjadi seorang blogger harus pandai menulis artikel, terlalu mengutamakan kuantitas artikel daripad kualitas artikel, dan tidak serius dalam menjalankan kegiatan blogging.

Dunia blogging secara umum di dunia dan Indonesia saat ini bisa dibilang sudah banyak berkembang. Tidak hanya penulis, informasi blog yang ada juga bisa dikatakan terus berkembang pesat. Hal ini menjadi bukti bahwa perkembangan blog saat ini telah tumbuh dengan sangat baik. Nah, setelah mengembangkan blog ini, banyak blogger yang seharusnya sudah tahu bahwa hanya konten asli tanpa copy paste yang terbaik untuk blog.

Konten blog orisinil lebih baik dimata google dari pada artikel blog hasil copas dari blog orang lain, selain mencuri karya orang lain. Ini juga melanggar peraturan dalam membangun sebuah blog. Jadi, sebaiknya buatlah artikel blog yang orisinil hasil dari karya sendiri, karena hasilnya lebih memuaskan ketimbang copas dari website orang lain.

Namun faktanya di lapangan sampai sekarang kita masih melihat blog-blog yang dibuat dengan menyalin dan menempel artikel (copy paste). Tentu saja, ini sangat bertentangan dengan aturan dan pedoman penulisan dan blogging yang benar. Tapi kita harus bertanya, kenapa masih ada blogger copy-paste? Ini penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga : 5 Tanda Anda Belum Siap Menjadi Seorang Blogger Full Time

1. Tidak Percaya Diri Terhadap Kemampuan Diri Sendiri

Hal nomor satu yang menyebabkan blogger copy paste ada adalah kurangnya kepercayaan pada kemampuan diri sendiri. Sikap tidak percaya pada kemampuan diri sendiri seperti itu sangat mungkin membuat para blogger melakukan copy paste artikel. Ini tentu saja sangat buruk dan bukan hal yang baik. Karena seorang blogger yang juga seorang penulis dianggap sebagai pelanggar aturan dan pedoman terkait penulisan dan konten blog.

Sama seperti mengerjakan tugas Anda di sekolah, mengerjakan konten blog asli Anda sendiri adalah karya yang harus orisinil sebagai seorang blogger. Ini bukan hanya tentang orisinalitas, ini tentang  kejujuran. Jika Anda mengisi blog Anda dengan meniru alias hasil copas, Anda dapat dianggap tidak jujur dan tentunya menjadi seorang plagiat.

Jadi jangan biarkan diri Anda menyalin-menempelkannya (copy paste) sekali pun. Karena jika Anda memiliki kebiasaan ini, Anda pasti akan tergoda untuk melakukannya lagi dan lagi. Ketika ini terjadi, Anda dapat yakin bahwa Anda terbiasa menyalin dan menempelkan artikel karya orang lain. Ingatlah untuk percaya pada diri sendiri untuk menghindari kebiasaan copy paste artikel blog orang lain.

Baca juga : 7 Tips Blogging Untuk Anak Sekolah dan Mahasiswa

2. Tidak Tertarik Belajar Menulis 

Hal selanjutnya yang dapat menyebabkan copy-paste pada blogger adalah kurangnya blogger dalam belajar menulis. Selain tidak percaya diri dengan tulisannya, blogger yang tidak tertarik untuk belajar menulis juga bisa menjadi plagiat dengan terbiasa copy paste tulisan dari blog lain. Ketika seseorang terjun ke dunia blogging, mau tidak mau ia juga harus bergelut dengan dunia menulis. Ini menjadi sebuah kewajiban jika Anda memutuskan menjadi seorang blogger.

Jadi disini blogger setidaknya harus memiliki ketertarikan pada dunia tulis menulis. Kurangnya minat menulis memaksa blogger instan ini untuk menyalin dan menempel (copy paste). Penulis mengatakan "blogger instan" karena copy paste blogger tidak memerlukan waktu lama dan akan segera berhenti sendiri. Ini karena mereka tidak mendapatkan hasil apa pun dari aktivitas blogging mereka.

Belajar menulis itu penting karena menulis memungkinkan kita memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya. Sesederhana apa pun kata yang dituliskan, pasti akan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkannya. Menulis itu penting karena menulis adalah sarana komunikasi yang akurat dan terpercaya.

Baca juga: 5 Langkah Blogger Menghasilkan Uang dari Kegiatan Blogging

3. Terlalu Memperhatikan Kuantitas, Bukan Kualitas 

Hal berikutnya yang bisa dilakukan seorang blogger copy paste adalah mereka terlalu fokus pada kuantitas (jumlah) artikel daripada kualitas artikel blog. Ya, semakin banyak artikel yang dipublikasikan, maka semakin cepat pula pengunjung mengunjungi blog tersebut. Tapi percayalah, itu tidak akan bertahan lama.

Ini karena Google sudah memiliki sistem sendiri untuk memeringkat blog atau situs web dengan konten yang bernilai dan asli. Jadi berapapun konten artikel yang di submit, jika konten tersebut ternyata hasil copy paste percuma dan tidak akan membuat blog mereka rank yang baik di mata google. Oleh karena itu, saat menulis artikel blog, utamakan kualitas konten blog yang baik dan informatif.  Meskipun artikel sedikit, tetapi Google menyukainya karena orisinil.

Konten blog orsinil sangat disukai Google karena dengan artikel hasil karya sendiri tentunya Google memberikan apresiasi dan memberikan rank yang tinggi pada artikel tersebut. Oleh karena itu, dengan membuat konten blog original tentunya selain mendaptkan rank bagus juga melatih kita untuk menulis artikel dengan baik dan benar.

Baca juga : Sikap Dasar yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Blogger Pemula

4. Tidak Serius dan Hanya Mencari Receh

Terakhir, hal yang memotivasi seorang blogger untuk melakukan copy paste adalah tidak serius dan hanya mencari receh. Kurangnya tujuan dan keseriusan dalam menjalankan blog menyebabkan seseorang kurang semangat dan gairah untuk menulis artikel blog yang bagus. Jadi alih-alih menulis  artikel berkualitas, mereka cenderung menjiplak atau copy paste. Dan kebanyakan blogger yang tidak ada niat atau keseriusan adalah orang yang hanya mencari recehan untuk ngeblog.

Padahal blogger bisa dijadikan bisnis jangka panjang dengan Google adsense dan affiliasi iklan lainnya. Ketika blog sudah memilki pengunjung blog yang stabil dan bisa menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan Anda. Selain itu bisa menutup biaya internet, listrik, membeli sesuatu untuk meningkatkan produktifitas dalam proses membangun blog Anda.

Baca juga : Ingin Cepat Menjadi Blogger Sukses, Jangan Teori Saja, Segera Praktikkan!

Semaksimal mungkin hindari copas artikel dari blog orang lain, jadilah content creator dengan menulis artikel dengan tangan sendiri dan ide sendiri. Sehingga pengunjung blog akan merasa disajikan konten blog yang fresh dan bisa mendapatkan pengetahuan baru dari artikel yang kita buat, dan jangan lupa berikan informasi akurat dan terpercaya yang membuat visitor blog merasa terbantu dengan artikel blog yang telah kita buat sendiri.

Share

0 Response to "Kenapa Masih Ada Blogger Copy Paste? Inilah Penyebabnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel