√ 7 Tips Blogging Untuk Anak Sekolah dan Mahasiswa

7 Tips Blogging Untuk Anak Sekolah dan Mahasiswa


Tips Ngeblog untuk Pelajar Anak Sekolah dan Mahasiswa

Ngeblog memang sudah tidak asing lagi, siapa yang tidak mengenal kegiatan ini. Perkembangannya meningkat pesat dan banyak bermunculan blogger pemula yang ingin belajar ngeblog. Selain ingin belajar membuat artikel, tidak sedikit blogger pemula yang bertujuan ingin menghasilkan uang dari kegiatan bloggingnya. Oleh karena itu, dari kalangan mahasiswa dan pelajar banyak yang menjalani kegiatan blog, baik itu sebagai pekerjaan part time, dan ada juga yang full time.

Saat ini, blogging adalah kegiatan yang bisa dilakukan siapa saja. Karyawan, pekerja, ibu rumah tangga, pelajar dan anak sekolah bisa juga melakukan kegiatan ngeblog. Aktifitas blogging ini memang memakan banyak waktu jika Anda tidak bisa melakukannya dengan efisien dan efektif. Apalagi bagi mereka yang ngeblog sebagai pekerjaan sampingan, tetap harus memprioritaskan bisnis utamanya.

Bagi yang masih kuliah atau sekolah, hendaknya selalu mengutamakan pendidikan. Walaupun mungkin Anda juga sampingan dengan membangun blog. Jika saat ini Anda sedang belajar dan juga mengerjakan proyek blog, maka ada baiknya Anda menyimak tips ngeblog untuk pelajar atau mahasiswa di bawah ini.

Baca juga: Jangan Biarkan 5 Keinginan Instan Ini Menghambat Karier Blogging Anda

1. Disiplin Dalam Alokasi Waktu 

Karena Anda memiliki tanggung jawab lain sebagai seorang mahasiswa, Anda harus bisa disiplin dengan waktu Anda. Jangan biarkan aktivitas blogging Anda mengganggu aktivitas utama Anda sebagai mahasiswa. Anda harus dapat mengatur waktu Anda secara efektif dan efisien, Anda harus terus belajar seperti siswa lainnya. Rencanakan blogging Anda, cobalah di luar kegiatan akademik agar tidak mengganggu studi mata pelajaran Anda.

Lebih baik lagi jika Anda merencanakan pembagian waktu antara sekolah dan mengelola blog Anda. Jika Anda sudah memiliki jadwal, yang harus Anda lakukan adalah tetap pada jadwal Anda. Jangan sampai rusak karena pasti akan mengacaukan semuanya, baik  belajar maupun ngeblog.

Tetapkan pembagian waktu tersebut untuk mempermudah dalam menjalankan kegiatan blogging dan menyelesaikan pelajaran disekolah maupun kampus tempat Anda belajar. Keduanya sama pentingnya baik itu sekolah maupun ngeblog, cerdaslah dalam mengatur waktu dalam proses mencapai tujuan Anda. Dengan disiplin waktu pada akhirnya semua bisa berjalan beriringan dengan lancar dan tanpa menganggu aktifitas lainnya.

Baca juga : Ingin Cepat Menjadi Blogger Sukses, Jangan Teori Saja, Segera Praktikkan!

2. Kurangi Waktu Bermain Game, Gunakan Untuk Ngeblog 

Poin kedua ini pasti kadang-kadang mengganggu fokus kita, karena bagaimanapun main adalah kegiatan yang sangat disukai oleh setiap orang. Selain untuk refreshing main juga untuk meluangkan waktu bertemu dengan teman-teman. Jika sudah menjadi seorang blogger sekaligus pelajar, waktu main akan berkurang karena harus dibagi dua untuk belajar dan untuk ngeblog.

Salah satu cara mengatur waktu saat ngeblog dan tetap aktif sebagai mahasiswa adalah dengan mengurangi waktu bermain. Jika Anda biasanya pergi bermain dengan teman-teman Anda, Anda dapat menguranginya. Gunakan waktu bermain untuk membuat blog dengan teman. Hal ini dikarenakan waktu utama Anda tetap bisa belajar pada jam sekolah.

Tetap fokuslah pada keduanya antara belajar disekolah dan kegiatan ngeblog. Karena dalam membangun sebuah blog memerlukan waktu yang lama untuk mencapai kesuksesan, terkadang butuh pengorbanan waktu yang lumayan untuk menjalankan kegiatan blogging. Sehingga sebagai seorang pelajar harus bisa disiplin waktu untuk membuat artikel blog.

Baca juga : Sikap Dasar yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Blogger Pemula

3. Cobalah Pembahasan Topik Blog Pelajaran Sekolah 

Nah, bisa dibilang sambil menyelam dan minum air. Jadi cobalah ngeblog untuk membahas pelajaran sekolah. Ini akan memudahkan Anda untuk bekerja membangun blog dan sekaligus sambil belajar dari sekolah. Jadi, jika Anda mendapatkan materi dari seorang guru di sekolah, Anda hanya perlu menyalin dan memberikan sedikit tambahan penjelasan lalu mempostingnya di blog Anda.

Jika Anda melakukannya, itu merupakan nilai tambah tersendiri. Anda kurang lebih memahami pelajaran sekolah, karena dengan memposting pelajaran tersebut di blog sama saja dengan mengulang dan mempelajari ulang suatu mata pelajaran di sekolah.

Niche blog pendidikan sangat tepat untuk Anda seorang pelajar, karena dengan membahas topik tersebut akan lebih muda dalam membuat konten blog. Selain itu dengan membahas niche blog pendidikan tentunya berkaitan dengan kegiatan sehari-hari sebagai seorang pelajar, sekaligus bisa berbagi ilmu yang dipelajari disekolah dengan mempostingnya di blog.

Baca juga : Cara Membangun Blog dan Mengembangkan dengan Cara Anda Sendiri

4. Gunakan Waktu Istirahat 

Waktu istirahat adalah waktu yang penting untuk dimanfaatkan sebaik mungkin, apalagi jika sedang dalam menjalankan kegiatan sekolah dan ngeblog. Tentunya harus bisa memaksimalkan waktu istirahat tersebut, selain untuk menjaga tubuh agar tetap fit juga untuk menjaga konsistensi dalam menjalankan kedua aktifitas tersebut.

Gunakan waktu istirahat untuk menjaga kesehatan Anda. Bahkan jika ada jam istirahat singkat dari sekolah, Anda dapat menggunakan waktu itu untuk blog Anda. Ya, itu terserah Anda, Anda dapat memposting konten blog, menulis artikel, atau kegiatan blogging lainnya.

Tujuannya adalah menggunakan waktu untuk ngeblog dengan sebaik mungkin. Namun jika tidak bisa, jangan dipaksakan, misalnya jika harus mengerjakan tugas di sekolah, lebih baik dahulukan tugas itu.

Baca juga : 5 Akibat Buruk Terlalu Sering Mengubah Template Blog Anda

5. Memaksimalkan Waktu Liburan untuk Blogging 

Ketika ada libur disekolah manfaatkan libur tersebut untuk membuat konten blog, karena libur hanya sebentar jadi waktu singkat ini digunakan sebaik mungkin. Dengan adanya libur kita bisa membuat artikel blog, membuat gambar ilustrasi postingan blog, mencari ide-ide artikel, mencari backlink, dan lain-lain.

Waktu liburan juga bisa digunakan untuk ngeblog. Atau misalnya mengisi waktu liburan untuk jalan-jalan bisa menjadi topik yang menarik untuk mengisi blog Anda. Maksimalkan selalu waktu liburan Anda untuk ngeblog agar tidak mengganggu belajar selama Anda beraktivitas. Dengan cara ini dimungkinkan untuk mengurangi aktivitas ngeblog Anda saat belajar di sekolah aktif kembali.

Baca juga: 5 Langkah Blogger Menghasilkan Uang dari Kegiatan Blogging

6. Istirahat Dulu Saat Ada Ujian 

Nah, ini penting banget untuk dipahami. Bagaimanapun, Anda seorang pelajar, tentu terkadang Anda harus mengikuti ujian atau ulangan. Istirahat dulu dari ngeblog, jika jadwalmu padat dengan ulangan dan ujian, sebaiknya belajar dulu untuk persiapan ujian.

Jeda ini juga bagus untuk sekedar refreshing dan menghilangkan penat otak ngeblog. Kemudian, setelah ujian selesai, Anda bisa kembali ngeblog, tentunya dengan ide-ide baru. Pada saat ujian nasional fokuslah terlebih dahulu pada ujian tersebut, karena lebih baik menyelesaikan ujian agar mendapatkan nilai yang maksimal. Kegiatan blogging sementara ditunda dulu, nanti setelah ujian nasional selesai barulah lanjutkan lagi, menjaga fokus pada satu hal lebih baik dari pada harus menganggu ujian nasional.

Baca juga : Menjadi Penulis Artikel, Awal yang Baik Bagi Mereka yang Ingin Belajar Blogging

Pada akhirnya setiap orang punya tujuannya masing-masing dan punya cara tersendiri untuk mencapai kesuksesannya, sebagai pelajar dengan memiliki pekerjaan sampingan sebagai seorang blogger tentu akan terlihat keren. Selain bisa menambah pengetahuan mengenai dunia blogging juga bisa menghasilkan uang dari blog, bisa digunakan untuk bayar sekolah atau kuliah, bayar domain dan hosting, dan biaya-biaya lainnya.

Share

0 Response to "√ 7 Tips Blogging Untuk Anak Sekolah dan Mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel