Menjadi Penulis Artikel, Awal yang Baik Bagi Mereka yang Ingin Belajar Blogging

Menjadi Penulis Artikel, Awal yang Baik Bagi Mereka yang Ingin Belajar Blogging


Menjadi Penulis Artikel, Dasar untuk Menjadi Seorang Blogger

Artikel adalah jenis tulisan yang berisi opini, gagasan, pemikiran dan kritik terhadap suatu isu yang sedang berkembang di masyarakat. Jadi, artikel adalah karya tulis yang memuat pendapat yang ditulis dalam bahasa ilmiah tentang fakta, fenomena, informasi, dan peristiwa tertentu. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel adalah karya tulis yang dibuat dengan lengkap. Tujuan umum penulisan artikel adalah untuk mempengaruhi, mendidik, menginformasikan, membujuk dan menghibur pembaca. Sebuah artikel biasanya dimuat di beberapa media mulai dari  buletin, majalah, koran hingga website.

Penulis artikel banyak membuat artikel dan menjualnya kepada pemesan artikel, banyak blogger menggunakan jasa penulisan artikel untuk postingan dalam blognya. Nah, sebagai penulis artikel dengan banyak membuat artikel untuk dijual lagi, lama-lama Anda akan menjadi seorang penulis artikel yang handal. Sehingga ketika membuat blog sendiri tidak perlu bingung dalam membuat konten blog yang orisinil, pada akhirnya manfaat sebagai penulis artikel merupakan dasar untuk menjadi seorang blogger profesional.

Belajar jadi blogger itu lumayan susah, kadang saat memulai pun kita banyak mengalami kebingungan mau mulai dari mana. Tentu saja pasti sangat sulit, apalagi bagi orang yang sama sekali tidak mengerti blogging. Selain itu, biasanya agak sulit bagi orang yang baru mengenal dunia blogging untuk membangun interaksi yang intens dengan blogger berpengalaman lainnya. Ini biasanya karena para pemula memiliki keengganan atau ketakutan tertentu karena takut menganggu aktifitas blogging mereka.

Sebenarnya kita bisa mendapatkan banyak informasi berguna tentang blogging dari para blogger ahli ini. Bagi Anda yang baru mengenal blogging, salah satu cara untuk memulainya adalah dengan menjadi  penulis artikel. Mengapa Anda harus menjadi penulis artikel? Ya memang tidak harus, tapi ada baiknya juga menambah banyak informasi. Di bawah ini adalah beberapa alasan bagus untuk memulai blogging sebagai penulis artikel.

Baca juga : Manfaat dan Keuntungan Update Artikel Blog Setiap Hari

1. Bisa Membangun Koneksi Dengan Blogger Lain

Hal ini sangat penting bagi blogger pemula, tidak hanya blogger pemula saja, senior juga sangat penting untuk membangun koneksi atau pertemanan dengan blogger lain. Memulai komunikasi  dengan blogger memang tidak mudah, namun jika Anda memiliki jasa penulisan artikel atau menjadi  penulis artikel, tentunya sedikit banyak membuka komunikasi Anda dengan para blogger.

Setidaknya Blogger yang memesan artikel dari Anda tentu mengenal mereka dan ada komunikasi. Anda harus bisa memanfaatkan situasi ini, mengembangkan komunikasi yang baik dan benar secara intens. Dekatilah mereka secara personal, tidak hanya sebagai pelanggan, tetapi jadikan sebagai teman yang dapat berbicara tentang blogging suatu hari nanti.

Sosialisasi antar sesama blogger itu penting untuk membangun karir blogger Anda kedepannya, hubungan sebagai penulis artikel blog dan pemesan, maupun sebagai sesama blogger saling berbagi ilmu mengenai dunia blogging. Jadi, jagalah koneksi tersebut jangan sampai ada pihak yang dirugikan, karena bisnis yang baik itu saling menguntungkan kedua belah pihak, baik itu Anda maupun blogger lainnya.

Baca juga : Cara Membangun Blog dan Mengembangkan dengan Cara Anda Sendiri

2. Sebagai Latihan Konsistensi yang Baik 

Konsistensi seringkali menjadi masalah dalam menjalankan profesi sebagai seorang blogger, karena blog merupakan sebuah media informasi yang terus menerus harus diupdate baik itu postingan blog, maupun pembaharuan tema dan lain-lainnya. Untuk menjaga konsistensi dalam membangun sebuah blog perlu adanya latihan-latihan seperti menjadi penulis artikel, agar kita terbiasa dalam membuat konten blog dan tidak lagi kebingungan dalam membuat artikel.

Menjadi seorang blogger membutuhkan banyak kesabaran dan konsistensi, jika Anda tidak memilikinya, Anda akan sulit untuk berhasil dalam blogging. Jadi menjadi penulis adalah latihan yang sangat baik dalam menjaga konsistensi, terutama dalam hal membuat konten blog.

Ketika Anda melayani banyak blogger, tentunya Anda harus konsisten dalam membuat artikel untuk  mereka. Jika Anda tidak bisa menjaga konsistensi sebagai penulis artikel,  klien akan meninggalkan Anda. Sama halnya dengan blog yang Anda jalankan, jika Anda tidak rajin membagikan konten Anda, tentu pengunjung blog Anda perlahan akan meninggalkan Anda.

3. Bisa Mengetahui Perkembangan Informasi Seputar Blog 

Cara menjadi blogger yang baik adalah dengan sering-sering up to date tentang perkembangan informasi seputar blog. Nah, dengan menjadi penulis artikel kita bisa mengetahui apa saja perkembangan dunia blog melalui pemesan artikel dari blogger lainnya. Mulai dari niche blog, keyword, dan bisa saling tukar backlink dengan blogger lainnya.

Dengan menjadi penulis artikel, Anda tentu dapat dengan mudah mengikuti berita terkait blogging. Terutama yang Anda dapatkan terkait dengan topik blog yang berbeda dan tentunya kata kunci yang diincar oleh pelanggan artikel. Disana anda akan mendapatkan banyak sekali materi yang bisa anda gunakan untuk mengembangkan blog anda.

Klien Anda pasti sudah memesan berbagai artikel dan bagus untuk memperluas portofolio topik blog Anda. Jadi, menjadi penulis artikel akan memberi Anda banyak ide yang bisa Anda bangun saat membuat blog sendiri.

Baca juga : Sikap Dasar yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Blogger Pemula

4. Dapat Meningkatkan Kualitas Penulisan Artikel

Ini juga sangatlah penting karena menjadi penulis artikel jelas mempengaruhi kualitas tulisan. Pelanggan sangat tidak mau menerima artikel fiktif apalagi artikel copas. Saat Anda menjadi penulis artikel, keterampilan menulis Anda secara bertahap akan meningkat. Di saat yang sama, membuat blog pasti membutuhkan konten yang berkualitas, jadi menjadi penulis artikel yang baik dengan sendirinya akan membantu meningkatkan kualitas blog yang Anda sedang kembangkan.

Dengan menjadi penulis artikel tentunya banyak ilmu yang bisa kita dapatkan mulai dari merangkai tulisan yang sesuai kaidah-kaidah Bahasa indonesia yang baik dan benar, kerangka tulisan yang baik, menambah kosa kata, kata kunci (keyword), dan tentunya beberapa hal tersebut secara tidak langsung meningkatkan kemampuan kita dalam membuat konten blog yang berkualitas dan bisa mudah dicerna oleh para pembaca. 

Baca juga : Ingin Cepat Menjadi Blogger Sukses, Jangan Teori Saja, Segera Praktikkan!

5. Bisa Mempelajari Berbagai Macam Niche Blog yang Berbeda 

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari menjadi penulis artikel adalah Anda memiliki kesempatan dan waktu untuk meriset blog yang berbeda. Kesempatan untuk belajar, ditambah orang lain bayar lagi, bukankah itu menguntungkan. Jadi jika Anda ingin mengembangkan niche blog, Anda sudah memiliki banyak pengetahuan dari banyak niche blog yang Anda kerjakan sebagai penulis artikel. Karena setiap niche tentunya memiliki kesulitan tersendiri dalam merumuskan artikel yang berkualitas.

Niche blog merupakan bagian dari blog yang sangat penting untuk diperhatikan, karena jika kita sedang fokus pada niche blog tertentu, harus terus membuat artikel yang berkaitan dengan niche blog tersebut. Misalnya, niche blog pendidikan secara konsisten kita harus membuat artikel yang berkaitan dengan niche blog pendidikan mulai dari tentang pelajaran disekolah, buku, kurikulum, kompetensi, soal-soal ulangan, kisi-kisi ujian nasional, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pendidikan. 

Dengan seiring berjalannya waktu, ketika kita konsisten dalam membangun sebuah blog perlahan-lahan blog kita akan berkembang pesat dan bisa menghasilkan uang dari blog. Kesuksesan memang membutuhkan kesabaran, ketekunan, kerja keras, dan pengorbanan untuk mencapainya.

Baca juga: Jangan Biarkan 5 Keinginan Instan Ini Menghambat Karier Blogging Anda

Tetapi, ketika sudah memutuskan untuk menjadi seorang blogger, maka jagalah konsistensi tersebut sehingga bisa lebih cepat dalam mencapai target-target dalam dunia blogging ini. Apapun yang sedang kita jalani akan membuahkan hasil bilamana kita rajin merawatnya, menyiramnya, dan memupuknya. Seperti halnya blog ini, jika sering dirawat tentunya akan membuahkan hasil dan bisa menghasilkan uang dari blog.

Share

0 Response to "Menjadi Penulis Artikel, Awal yang Baik Bagi Mereka yang Ingin Belajar Blogging"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel