√ Mengenal Blog Kedokteran dan Kegunaannya

Mengenal Blog Kedokteran dan Kegunaannya


Blog Kedokteran dan Kegunaannya

Kedokteran adalah ilmu dan praktik diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit. Kedokteran mencakup berbagai praktik perawatan kesehatan yang telah berkembang untuk memelihara dan memulihkan kesehatan melalui pencegahan dan pengobatan penyakit. 

Pengobatan modern menggunakan biomedis, penelitian biomedis, genetika, dan teknologi medis untuk mendiagnosis, mengobati, dan mencegah cedera dan penyakit, biasanya melalui obat-obatan atau pembedahan, serta berbagai perawatan, termasuk psikoterapi, bidai dan traksi eksternal, peralatan medis, biofarmasi, dan terapi radiasi.

Blog saat ini telah menjelma menjadi bagian dari media internet, kini banyak digunakan oleh banyak pengguna internet. Apalagi sekarang, ketika manfaat blog tidak hanya untuk menyebarkan informasi, tetapi juga untuk kedisiplinan dan bisa menghasilkan uang, seorang blogger bisa mendapatkan penghasilan dari blognya.

Tentu saja, keunggulan ini membuat pembuatan dan pengelolaan blog semakin menarik. Oleh karena itu, tidak heran jika kemudian kita menemukan banyak blog dengan tema dan topik yang berbeda-beda. Menurut data saat ini, tercatat sekitar 125.000 blog baru diterbitkan setiap hari, atau 1,5 blog baru per detiknya.

Baca juga: Cara Menentukan Niche Blog yang Tepat Untuk Anda? Berikut Ini Jawabannya

Potensi Blog dengan Niche Kedokteran

Salah satu blog yang sedang berkembang saat ini adalah blog medis. Blog kedokteran (Medical Blogosphere) adalah blog yang membahas isu-isu yang berkaitan dengan dunia kesehatan dan hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan medis.

Pengelola blog kedokteran biasanya adalah para dokter (dokter keluarga, spesialis, dokter gigi, dokter hewan) atau mahasiswa kedokteran, serta perorangan dan komunitas warga negara Indonesia. Orang-orang yang terlibat dalam mengelola dan menulis blog medis sering disebut sebagai "blogger medis".

Saat ini semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga gaya hidup sehat. Healthy Lifestyle atau gaya hidup sehat harus menjadi penting bagi siapa saja yang ingin hidup bebas penyakit. 

Jika Anda terbiasa mengikuti gaya hidup sehat, ada baiknya jika Anda bisa membagikannya dengan orang lain. Blog bisa digunakan untuk berbagi tips-tips tentang menjaga kesehatan. 

Ada banyak hal yang bisa dibahas tentang pola hidup sehat, seperti tips olahraga secara teratur, resep makanan sehat, memilih makanan sesuai nutrisi yang tepat, menjaga daya tahan tubuh, sampai dengan menjaga kesehatan mental.

Aspek dan Unsur yang Ada Pada Blog Kedokteran

Karena pentingnya memvalidasi informasi kesehatan di Internet dari The Health on the Net Foundation (HON), ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan saat membaca blog medis. Beberapa aspek dan elemen dari blog medis meliputi:

1. Identitas Penulis Blog Kedokteran

Aspek dan elemen pertama dari blog kedokteran adalah identitas penulis. Ya, identitas penulis ini  sangat dibutuhkan dalam blog medis. Karena dengan aspek ini, kepercayaan pembaca terhadap blog bisa meningkat drastis. Jadi, jangan hanya membaca artikel tentang medis, tetapi harus tahu siapa penulisnya.

Kepercayaan dari  para pembaca ini dapat tercipta karena para pembaca ini mengetahui penulis dibalik nama penulis dan tanggung jawab dari artikel tersebut. Anda dapat mencantumkan identitas penulis blog medis ini di bagian bawah setiap artikel atau di halaman "kontak" atau "tentang" jika ditulis melalui artikel blog Anda.

2. Referensi Blog Kedokteran

Referensi atau daftar pustaka merupakan hal yang penting dalam sebuah blog, khususnya blog kedokteran. Pengesahan membuat pembaca merasa yakin dan percaya pada artikel blog. Tapi tanpa  daftar referensi, pembaca akan meragukan artikel Anda. Anda tidak dapat benar-benar menggunakan referensi jika artikel yang Anda tulis benar-benar murni pendapat Anda.

Namun, agar lebih terpercaya, sebaiknya pendapat atau argumen pribadi ini juga didukung oleh informasi dari referensi yang ada. Untuk tulisan yang mengandung klaim ilmiah, seperti dalam dunia medis, sudah selayaknya mencantumkan kutipan atau tautan sumbernya agar pembaca dapat melakukan penelitian lebih lanjut. Dalam dunia medis sendiri bahkan ada metode medis berbasis bukti (evidence-based medicine) tertentu, yang tentu saja membutuhkan referensi untuk semua yang dipublikasikan.

3. Istilah Kedokteran atau Medis

Tentu saja, dalam dunia kedokteran ada banyak istilah medis. Sekarang, jika Anda akan memulai blog medis, Anda dapat menggunakan Bahasa kedokteran atau International Classification of Diseases (ICD). Untuk membuat Bahasa medis yang digunakan pasien dan masyarakat umum setiap hari.

4. Update Artikel Blog

Terakhir, salah satu aspek atau elemen yang harus dimiliki blog kedokteran adalah update konten (tulisan). Agar sukses dengan jenis blog ini, memperbarui (menulis) konten benar-benar sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan tanpanya.

Baca juga : Ingin Cepat Menjadi Blogger Sukses, Jangan Teori Saja, Segera Praktikkan!

Manfaat Blog Kedokteran 

  • Memudahkan masyarakat dalam mencari informasi tentang kesehatan di Internet. 
  • Media blog kedokteran berguna untuk mengkomunikasikan informasi yang mungkin tidak dikomunikasikan di ruang praktik. 
  • Bagi mahasiswa, jenis blog ini bisa menjadi sarana belajar yang efektif untuk memperdalam ilmunya. 
  • Membuka saluran komunikasi pasien-dokter melalui blog ini memberikan peluang untuk mengurangi jumlah kesalahan medis atau penyalahgunaan. 
  • Fitur komunikasi interaktif memungkinkan pasien menerima saran kesehatan melalui blog.

Memperbaharui artikel blog kedokteran sangatlah penting, karena setiap artikel bisa jadi ada tambahan referensi pengobatan dan lain-lainnya. Jadi, sebagai blogger harus rajin-rajin update konten blog agar pembaca merasa puas terhadap artikel yang disajikan. Apalagi artikel blog kesehatan yang pastinya akan terus ada  perubahan dalam jangka waktu tertentu.

Selain membaca artikel blog kedokteran, Anda juga bisa menggunakan buku kedokteran sebagai tambahan daftar bacaan untuk menambah pengetahuan tentang dunia kesehatan.

Share

0 Response to " √ Mengenal Blog Kedokteran dan Kegunaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel