Hukum Pareto: Kekuatan Formula 80/20 yang Mungkin Tidak Pernah Anda Ketahui

Hukum pareto adalah


Hukum Pareto yang Mungkin Tidak Pernah Anda Ketahui

Sebenarnya apa itu hukum Pareto? Setiap orang di dunia hidup dalam satu kesatuan dan membentuk sistem kehidupan yang berkesinambungan. Beberapa berperan sebagai bos dan yang lainnya adalah pekerja bawahan. Beberapa akhirnya berhasil, namun banyak pula yang masih merangkak dengan kegagalan.

Tapi pernahkah rekan-rekan Anda mendengar bahwa ada rumus khusus untuk membandingkan segala sesuatu di dunia ini. Ekonom terkenal Vilfredo Pareto mengungkapkan bahwa manusia benar-benar hidup dalam rasio perbandingan 80/20.

Sebagai contoh sederhana, apakah Anda percaya bahwa untuk mencapai 80% kesuksesan hidup kita, kita hanya perlu memaksimalkan 20% usaha kita? Beberapa orang mungkin menolak gagasan ini, namun ternyata Pareto menunjukkan bahwa penemuannya membuka mata jutaan orang akan manfaat yang sangat besar dari pemahaman prinsip 80/20.

Baca juga : Fakta Bisnis Online

Sejarah Awal Hukum Pareto

Sebelum kita membahas lebih detail apa dan bagaimana Hukum Pareto diterapkan, akan lebih lengkap jika kita mengetahui sejarah lahirnya hukum 80/20 tersebut. 

Hukum pareto dikenal juga dengan beberapa istilah yang berbeda yaitu aturan 80-20 (hukum 80/20), The Law of The Vital Few atau The Principle of Factor Sparsity, merupakan gagasan konsultan manajemen bernama Joseph M. Juran. Sering terjadi banyak salah tafsir disini, saya mengetahui dari beberapa sumber bahwa hukum pareto diciptakan oleh ahli ekonomi dari negara Italia, Vilfredo Pareto.

Benar bahwa konsep hukum Pareto pertama kali diungkapkan oleh Joseph M.Juran, Namun memang benar lahirnya konsep ini berdasarkan hasil penelitian ekonom Vilfredo Pareto pada tahun 1896. Saat itu, Pareto melakukan penelitian bertajuk "Cours d'économie politique" di University of Lausanne.

Dalam penelitian ini, Pareto mengungkapkan fakta bahwa 80% luas tanah Italia sebenarnya hanya dimiliki oleh 20% warganya. Tidak hanya dari sudut pandang pemerintah kota, bahkan tanaman daerah setempat menunjukkan bahwa 80% produk kacang tanah lokal hanya berasal  dari 20% ladang tanaman kacang yang berada disana.

Inilah semangat dari hukum Pareto, yaitu adanya hubungan matematis dimana 80% reaksi sebenarnya berasal dari hanya 20% tindakan yang dilakukan. Beberapa waktu lalu, Joseph M. Juran memadatkan ini ke dalam hukum Pareto yang lebih umum. Ia sangat yakin bahwa konsep 80/20 dapat diterapkan pada semua aspek kehidupan manusia, sosial, budaya, ekonomi dan lainnya.

Baca juga : Pola Pikir Pengusaha yang Wajib Ditiru Bila Anda Ingin Sukses

Hukum Pareto Sebagai  Nilai Kehidupan 

Hukum Pareto mengatakan bahwa antara hukum ini dengan kehidupan manusia terdapat hubungan sebab akibat yang sangat erat. Pareto sendiri percaya bahwa konsep 80/20 bisa menjadi nilai hidup bagi masyarakat.

Misalnya, Apakah rekan-rekan Anda percaya bahwa 80% kesuksesan Anda adalah 20% dari usaha Anda selama ini? Artinya hanya ada 20% tindakan dan pikiran dalam hidup kita yang harus  dimaksimalkan untuk mencapai 80% kesuksesan. Ada 20% waktu dalam hidup kita yang harus  dimaksimalkan, karena pada 20% waktu dalam hidup kita itu terletak 80% kesuksesan.

Sederhananya, hukum Pareto memberitahu kita untuk mempertajam intuisi kita dan mencari 20% dari usaha. Bayangkan efisiensi waktu, tenaga dan pikiran yang bisa kita dapatkan jika kita bisa menemukan 20% dari alasan tersebut. Kemudian kita dapat memaksimalkannya untuk mencapai 80% kesuksesan dalam hidup kita.

Baca juga : Peluang Usaha Sampingan Bermodal Kecil

Hukum Pareto Dalam Kehidupan Umat Manusia 

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Hukum Pareto yang dibuat M. Juran merupakan konsep universal, artinya dapat diterapkan pada banyak hal. Bukan dalam arti pengembangan diri, seperti yang kita bahas di atas, tetapi lebih luas lagi, kita melihat manfaat hukum 80/20 di banyak bidang lainnya.

Sebagai contoh global lainnya, data tahun 1992 tentang nilai output dalam kaitannya dengan total populasi dunia menunjukkan bahwa sekitar 82% dari total kekayaan dunia dikuasai oleh 20% kelas kaya. Pada saat yang sama, 80% orang hanya menerima tidak lebih dari 20% dari semua kekayaan yang tersedia.

Padahal jika dilihat lebih dalam, masih banyak fakta menarik yang mendukung konsep 80/20. Dan sebagai manusia, kita mungkin percaya atau tidak percaya akan keberadaan konsep 80/20. Namun satu hal yang pasti, jika kita memahami “keajaiban” konsep 80/20, sebenarnya kita bisa lebih memaksimalkan diri kita sendiri, memaksimalkan potensi energi dan waktu yang ada pada kita.

Baca juga : Bisnis yang Laku Setiap Hari

Informasi lebih lanjut tentang cara menerapkan hukum pareto ini dibahas dalam artikel selanjutnya.

Share

0 Response to " Hukum Pareto: Kekuatan Formula 80/20 yang Mungkin Tidak Pernah Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel