√ Pengertian Manajemen Perubahan: Tujuan, Tingkatan, dan Komponennya

Pengertian Manajemen Perubahan: Tujuan, Tingkatan, dan Komponennya


Apa pengertian manajemen perubahan? Untuk memahami arti istilah ini, perlu diketahui arti dari setiap kata yang dikandungnya, kata "manajemen" dan "perubahan". 

Sederhananya, manajemen adalah proses mengelola atau mengelola apa adanya. Konsep perubahan adalah proses, tindakan atau transformasi yang berubah menjadi satu sama lain. 

Istilah manajemen perubahan biasanya digunakan dalam manajemen organisasi atau bisnis dan merupakan salah satu faktor keberhasilan terpenting untuk bisnis apa pun. 

Baca juga : Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian Manajemen Perubahan

Secara umumnya, pengertian manajemen perubahan adalah suatu bentuk pendekatan berbasis proses yang bertujuan untuk mengembangkan individu, kelompok, dan organisasi / perusahaan lebih baik di masa depan. Pandangan lain adalah bahwa manajemen perubahan adalah area yang membimbing individu dalam mempersiapkan, memperlengkapi, dan mendukung mereka untuk beradaptasi dengan baik terhadap perubahan mereka untuk memfasilitasi keberhasilan organisasi mereka. 

Manajemen perubahan  sering dikaitkan dengan manajemen sumber daya manusia karena tujuan utama perubahan adalah sumber daya manusia. Mengelola perubahan perusahaan sering dilakukan dengan mengubah dari kebijakan sederhana menjadi kebijakan kompleks yang mempengaruhi perubahan perusahaan.

Baca juga : Pengertian Manajemen Biaya

Dimana sebuah organisasi atau perusahaan membuat perubahan, itu mempengaruhi satu atau beberapa hal berikut: 

  • Alur kerja. 
  • Sistem. 
  • Struktur organisasi. 
  • Peran profesional. 

Sebagai makhluk dinamis, manusia tidak dapat berdiam diri dalam kondisi lingkungan yang selalu berubah, sehingga diperlukan perubahan untuk mengarahkan pergerakan manusia ke arah yang diinginkan guna mencapai tujuan ekonomi seperti Bisnis atau perusahaan. 

Baca juga : Pengertian Manajemen

Manajemen perubahan (Change Management) dapat dipahami secara luas dari sudut pandang dan tujuannya. Namun, hampir semua manajemen perubahan adalah tentang membimbing bisnis atau bisnis Anda lebih baik, untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Pengertian Manajemen Perubahan Menurut Para Ahli

Manajemen perubahan (Change Management) adalah proses memperbarui organisasi Anda secara terus-menerus. Perubahan ini mempengaruhi arah, struktur dan kemampuan pasar, pelanggan dan pekerja untuk memenuhi kebutuhan yang berubah. 

Baca juga : Pengertian Administrasi

Berikut adalah penjelasan mengenai pengertian manajemen perubahan menurut para ahli:

1. Menurut J. Winardi 

Menurut pendapat Winardi, pengertian manajemen perubahan adalah upaya seorang manajer untuk mengelola perubahan secara efektif dan memerlukan pemahaman tentang motivasi, kepemimpinan, konflik, kerjasama tim, dan komunikasi.

2. Wibowo

Menurut pendapat Wibowo, pengertian manajemen perubahan adalah proses sistematis dalam menerapkan pengetahuan, struktur, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan kepada mereka yang terkena dampak perubahan dalam proses perubahan. 

Baca juga : Pengertian Unsur-Unsur Administrasi

3. Fred Nickols

Menurut pendapat Nickols, manajemen perubahan dapat dibagi menjadi tiga bagian: 

  • Manajemen perubahan adalah tugas mengelola perubahan yang dilaksanakan, baik yang direncanakan maupun tidak. 
  • Manajemen perubahan adalah bidang praktik profesional di mana para ahli di bidang manajemen perubahan dianggap sebagai agen perubahan. 
  • Manajemen perubahan adalah ilmu yang mencakup model, metode, teknik, alat dan keterampilan dan yang membentuk dasar bagi praktik perubahan organisasi.

Baca juga : Pengertian Ekspetasi

Tujuan Manajemen Perubahan

Tujuan Manajemen Perubahan

Setidaknya ada tiga tujuan manajemen perubahan yang menjadi dasar perubahan organisasi/bisnis, antara lain: 

  1. Menjaga kelangsungan hidup bisnis, baik jangka pendek maupun jangka panjang. 
  2. Beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal (sikap karyawan, perubahan strategi bisnis, perubahan teknologi dan peralatan, dll) dan lingkungan eksternal (perubahan pasar, peraturan, undang-undang, kebijakan pemerintah, teknologi)). . 
  3. Meningkatkan efisiensi perusahaan agar dapat bersaing di pasar ekonomi modern. Upaya tersebut meliputi peningkatan efisiensi tenaga kerja, perbaikan sistem dan struktur organisasi, serta penerapan strategi bisnis.

Baca juga : Pengertian Manajemen Komunikasi

Secara umumnya, manajemen perubahan memiliki delapan komponen dalam pengelolaan perubahannya: 

  1. Tujuan perubahan itu sendiri
  2. Aspek strategis perubahan yang perlu dievaluasi
  3. Strategi perubahan yang diterapkan 
  4. Sumber daya yang ada
  5. Manajer perubahan dalam perusahaan
  6. Agen perubahan 
  7. Organisasi 
  8. Target pasar yang pasti

Tingkatan Manajemen Perubahan Dalam Bisnis

Tingkatan Manajemen Perubahan Dalam Bisnis

Seperti disebutkan di atas, manajemen perubahan biasanya merupakan upaya untuk mengatur dan menjalankan bisnis ke arah yang diinginkan. Perusahaan memiliki beberapa level manajemen perubahan, antara lain: 

1. Personal Change 

Level ini merupakan level paling dasar dalam proses manajemen perubahan. Semua orang terus-menerus tunduk pada perubahan, tetapi perubahan ini tidak secara otomatis mengarah ke arah yang diinginkan. Di sini, peran pemimpin bisnis adalah menyelaraskan arah perubahan individu dengan tujuan perusahaan. Oleh karena itu, manajemen perubahan di sini dapat dikombinasikan dengan psikologi untuk menentukan jenis perilaku dimana seorang manajer dapat memahami perilaku individu dan menentukan jenis perilaku yang memungkinkan perubahan yang cocok untuknya. 

Misalnya, tentukan waktu yang tepat untuk mengajari seseorang keterampilan baru dan bagaimana perubahan akan diterapkan pada individu tersebut.

2. Perubahan Organisasi

Manajemen bisnis organisasi ini terkait erat dengan manajemen proyek. Manajemen proyek membantu memastikan solusi untuk proyek yang dirancang, sementara manajemen perubahan berperan dalam memastikan bahwa solusi bekerja secara efektif. 

Manajer harus menentukan sumber daya mana yang perlu diubah agar proyek berhasil dan perubahan mana yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan itu.

Baca juga : Budaya Organisasi

3. Evolusi Kapasitas Perusahaan 

Pada tingkat ini, manajemen perubahan memainkan peran langsung dalam manajemen perusahaan, membantunya beradaptasi secara efektif terhadap perubahan di dunia dan pasar. Mengelola perubahan di sini bisa lebih kompleks untuk mencakup semua aspek bisnis. 

Misalnya, seorang manajer melakukan perubahan pada metode pemasaran yang sebelumnya dianggap gagal memenuhi tujuan perusahaan. Oleh karena itu, inisiatif para pemimpin sangat diperlukan di sini untuk memajukan perusahaan. 

Transformasi bisnis sangat penting untuk melanjutkan bisnis kami dan terus meningkatkan keuntungan. Karena berubah berarti melakukan sesuatu secara terus menerus dengan berbagai cara dan cara yang sebelumnya dianggap tidak efektif. 

Manajemen perubahan dibangun oleh manajer, tetapi dalam praktiknya sering dilakukan langsung oleh pemimpin. Sehingga gotong royong dapat membentuk perubahan yang lebih optimal.

Baca juga : Pengertian Manajemen Agribisnis

Kesimpulan

Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa manajemen perubahan adalah proses, alat dan metode yang dikelola oleh orang-orang untuk mencapai hasil yang diinginkan. 

Manajemen perubahan memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas bisnis dan mencegahnya dari ancaman dalam dunia bisnis yang terus berubah. 

Demikian uraian singkat tentang manajemen perubahan, mulai dari pengertian, tujuan, fungsi, dan komponennya. Semoga artikel ini membantu Anda dengan intuisi Anda.


Share

Belum ada Komentar untuk "√ Pengertian Manajemen Perubahan: Tujuan, Tingkatan, dan Komponennya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel